Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Cloud E - Commerce Untuk Bisnis Anda

22 Apr 2024 by Billy Gani
Komputasi dengan basis sistem cloud telah menjadi populer pada banyak e - commerce website saat ini karena kenyamanan, ketersediaan, dan kinerjanya. Penjual ritel online yang menginginkan solusi fleksibel untuk bisnis e-commerce mereka dan senantiasa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang cloud eCommerce.
 
Ada beberapa solusi berbasis cloud berbeda yang dapat dijelajahi oleh bisnis Anda. Dalam artikel ini, kami akan mencoba menjelaskan berbagai opsi komputasi berbasis cloud yang cocok untuk perdagangan digital. 
 
Hasilnya, jika Anda memilih untuk menggunakan platform berbasis e-commerce untuk melakukan penjualan produk atau layanan secara digital, kemungkinan besar Anda dapat mengandalkan komputasi berbasis cloud.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Cloud E-Commerce?
 
Cloud e-commerce mengandalkan teknologi komputasi berbasis cloud untuk menangani hosting, mengelola dan menskalakan penyimpanan data, menjalankan pembayaran, aplikasi manajemen inventaris, dan sebagainya.
 
Banyak pengguna bisnis lebih memilih solusi berbasis cloud dibandingkan solusi lokal secara langsung karena menyederhanakan pemeliharaan, keamanan, dan skalabilitas. Selain itu, hal ini memungkinkan bisnis Anda untuk lebih berfokus pada toko online dan pengalaman pelanggan mereka dibandingkan pada proses coding dan infrastruktur IT.
 
Platform eCommerce berbasis cloud memudahkan bisnis Anda untuk membuat dan memelihara etalase digital tanpa perlu mengelola server fisik secara langsung pada lokasi. Dengan solusi cloud untuk website e-commerce, bisnis Anda tidak perlu memikirkan persoalan teknis apa pun di balik toko Anda.
 
Perdagangan digital secara lokal masih sebagian besar memerlukan perangkat keras komputasi fisik seperti server untuk dioperasikan pada lokasi bisnis. Dengan menghosting toko e-commerce Anda secara fisik pada lokasi, hal ini memerlukan investasi waktu dan uang yang besar, namun menawarkan kendali penuh atas toko online Anda.
 
 
 
 
Namun, jika bisnis Anda berkembang secara pesat, Anda dapat menemukan beberapa kesulitan ketika mencari solusi lokal untuk menskalakan penjualan secara lokal untuk bisnis berbasis e-commerce. Hosting lokal harus dapat dimasukkan ke dalam rencana bisnis jika memilih rute ini bergantung pada seberapa penting investasi bisnis yang diperlukan.
 
Dan juga, Anda perlu secara proaktif merencanakan naiknya jumlah pengguna secara signifikan ketika memasuki periode tertentu seperti promo potongan harga besar atau permintaan yang meningkat secara umum dari waktu ke waktu. Kegagalan dalam mengukur peningkatan traffic ini dapat berdampak buruk pada datangnya pengguna potensial yang membuat website e-commerce Anda untuk crash dengan lebih sering.
 
 
Solusi Cloud Computing Yang Tepat Untuk Bisnis Berbasis E-Commerce
 
Ada beberapa solusi berbasis cloud dalam bisnis e-commerce yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan fleksibilitas dari website Anda. Namun, beberapa rekomendasi di bawah ini dapat dinilai paling tepat untuk digunakan.
 
 
SaaS (Software as a Service)
 
Vendor penyedia layanan SaaS menyediakan solusi software untuk bisnis melalui kehadiran online. Pada hampir semua kasus, SaaS memerlukan biaya berlangganan bulanan untuk melanjutkan akses. Manfaat besar penggunaan SaaS adalah software tidak perlu diinstal untuk dijalankan pada komputer atau perangkat apa pun.
 
 
 
 
Selama Anda memiliki koneksi Internet, software berbasis SaaS dapat diakses dari mana saja. Dengan SaaS eCommerce seperti SOLUX.id, bisnis Anda dapat membayar sedikit biaya bulanan dan segera mulai menjual produk tanpa harus memikirkan penskalaan, pemeliharaan, pembaruan, keamanan, atau hosting. Tetapi, satu-satunya kelemahan SaaS, seperti kebanyakan opsi berbasis cloud, adalah Anda tidak akan dapat menggunakan software terkait tanpa koneksi Internet yang stabil.
 
 
PaaS (Platform as a Service)
 
Penyedia layanan berbasis PaaS menyediakan hardware dan software bagi bisnis Anda melalui Internet, yang memungkinkan mereka mengembangkan dan menjalankan aplikasi mereka sendiri. Seperti SaaS, PaaS umumnya memerlukan biaya berlangganan bulanan untuk melanjutkan akses.
 
Manfaat besar dari penggunaan PaaS adalah memungkinkan bisnis Anda untuk mengembangkan dan memelihara aplikasi Anda sendiri tanpa berinvestasi pada infrastruktur teknologi yang mendasarinya. Misalnya, dibandingkan dengan berinvestasi pada software dan hardware, bisnis Anda perlu membayar sedikit biaya berlangganan untuk mengakses teknologi yang Anda perlukan tanpa harus bertanggung jawab atas hosting.
 
PaaS sangat tepat untuk bisnis yang menginginkan kontrol lebih besar atas produknya dibandingkan SaaS namun tidak ingin membeli perangkat keras dan perangkat lunak hardware atau software atau bertanggung jawab atas hosting. 
 
 
IaaS (Infrastructure as a Service)
 
Vendor penyedia layanan IaaS menawarkan layanan seperti jaringan, penyimpanan, virtualisasi, dan masih banyak lagi, melalui Internet. Dibandingkan dengan berinvestasi pada infrastruktur IT secara lokal yang biasanya lebih mahal, IaaS menghadirkan infrastruktur IT melalui cloud.
 
Dibandingkan dengan PaaS dan SaaS, IaaS menawarkan fleksibilitas terbesar bagi bisnis Anda. Dengan IaaS, bisnis e-commerce Anda pada dasarnya menyewa infrastruktur yang didukung oleh komputasi cloud yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi, platform, dan layanan yang bisnis Anda butuhkan.
 
IaaS sering kali disusun dengan sistem pembayaran sesuai pemakaian, yang berarti bahwa bisnis Anda hanya membayar sumber daya yang benar-benar Anda gunakan. Selain itu, IaaS memungkinkan Anda untuk sepenuhnya mengendalikan infrastruktur produk dan layanan yang mereka berikan.
 
 
SaaS dapat menjadi opsi cloud untuk website e-commerce yang terbaik bagi banyak bisnis karena paling sederhana untuk mulai digunakan. PaaS dan IaaS juga merupakan pilihan yang baik, namun bisnis Anda memerlukan developer yang terampil untuk menggunakan layanan ini secara efektif, salah satunya dari SOLUX.id.
 
SaaS untuk website e-commerce seperti Shopify populer karena tidak memerlukan pengembangan profesional. Bisnis dapat dengan cepat membuat etalase digital dengan sedikit atau tanpa pengetahuan teknis. 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang cloud e-commerce yang dapat dipertimbangkan untuk bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membangun website berbasis e-commerce yang berkualitas, kami dapat membantu.

Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon