Image

QUICK CONTACT













Image

Mengembangkan Website Berbasis Online Marketplace Untuk Bisnis Anda

16 May 2024 by Billy Gani
Industri pasar global saat ini senantiasa berkembang selama lebih dari satu dekade dan diperkirakan menyumbang lebih dari 20% dari seluruh pembelanjaan pelanggan pada tahun 2027, menurut para ahli. Jadi, jika Anda berpikir untuk membangun pasar yang dapat menjadi Amazon berikutnya, sekarang adalah waktu yang tepat.
 
Dalam artikel ini, kami mencoba merangkum tips dan panduan dalam membangun platform marketplace berbasis e-commerce. 
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Platform marketplace Berbasis E Commerce?
 
Marketplace merupakan website yang menjadi tempat dimana banyak bisnis menawarkan produk atau layanan mereka kepada calon pembeli. Untuk menentukan cara mendapatkan jenis pasar yang tepat, mari kita lihat terlebih dahulu klasifikasi yang ada dan tips merancang website e commerce berbasis marketplace dalam artikel ini. 
 
Kriteria utama klasifikasi dari website e commerce marketplace didasarkan pada penjual dan pelanggan, fokus atau tujuan yang ingin dicapai, dan penawaran yang dimiliki di dalamnya. Berikut informasi singkat tentang klasifikasinya : 
 
 
Klasifikasi Marketplace Berdasarkan Pengguna 
 
  • Model Business-to-consumer (B2C) menggambarkan pasar tempat berbagai perusahaan atau bisnis menjual langsung produk kepada pengguna akhir. Contoh yang terkenal adalah Tokopedia, Shopee, Amazon.
  • Model Business-to-business (B2B) melibatkan bisnis yang menjual produk atau layanan mereka ke bisnis atau perusahaan lain. Alibaba merupakan salah satu contoh utama dari pasar dengan model B2B.
  • Model Customer-to-customer (C2C) adalah tempat pengguna individu berinteraksi satu sama lain. Jika Anda pernah membeli atau menjual melalui forum seperti eBay atau Etsy, Anda telah berpartisipasi dalam transaksi C2C.


Klasifikasi Marketplace Berdasarkan Tujuan / Fokus Yang Ingin Dicapai
 
  • Model Fokus Horizontal menawarkan berbagai macam produk kepada khalayak luas. Anda dapat menemukan berbagai produk seperti mainan, buku, pakaian, dan barang elektronik dalam target pasar ini.
  • Model Fokus Vertikal di sisi lain menawarkan produk atau layanan tertentu kepada audiens khusus. Contoh pasar vertikal yang kita kenali adalah Airbnb dan Udemy.


 
 
 
Klasifikasi Marketplace Berdasarkan Hal Yang Ditawarkan
 
  • Produk marketplace dengan model ini bergerak dalam menjual produk fisik yang dapat disentuh dan dirasakan, seperti pakaian, buku, dan produk perawatan kecantikan.
  • Model marketplace layanan dirancang untuk menghubungkan pembeli dengan profesional yang terampil untuk hampir semua aktivitas. Apakah Anda memerlukan desainer logo atau seseorang untuk menjalankan kampanye Iklan Facebook, Anda dapat menemukan spesialis untuk tugas tersebut di sana.
  • Model marketplace dengan fokus proyek memungkinkan wirausahawan untuk mengumpulkan uang untuk proyek startup mereka melalui crowdfunding. Kickstarter adalah contoh marketplace untuk proyek yang terkenal.


Manfaat Penggunaan Website E Commerce Berbasis Marketplace
 
Membangun website e commerce berbasis marketplace dapat menawarkan berbagai manfaat yang menjadikannya keputusan bisnis yang tepat. Berikut beberapa keuntungan utama penggunaannya : 
 
  • Peningkatan Peluang Pendapatan - Dengan menyediakan platform untuk banyak penjual, Anda dapat memperoleh pendapatan melalui komisi, biaya transaksi, atau model berlangganan. Selain itu, memulai website e commerce berbasis marketplace dapat memungkinkan Anda memperluas basis pelanggan, karena beragamnya produk atau layanan akan menarik audiens yang lebih besar.
  • Diversifikasi Aliran Pendapatan - Website e commerce berbasis marketplace menciptakan beberapa sumber pendapatan, memberikan jaring pengaman terhadap kemerosotan ekonomi atau fluktuasi pasar. Semakin banyak produk dan layanan yang ditawarkan dari website Anda, bisnis Anda akan semakin tangguh dan mudah beradaptasi.

    Oleh karena itu, ketika memutuskan bagaimana membangun website e commerce berbasis marketplace, pertimbangkan untuk memperkenalkan layanan bernilai tambah, seperti solusi layanan verifikasi, dengan biaya tertentu.
  • Mengurangi Risiko Keuangan - Tidak seperti ritel tradisional, website e commerce berbasis marketplace tidak memerlukan pengelolaan inventaris. Anda tidak perlu berurusan dengan pergudangan, logistik, atau pengiriman, karena tanggung jawab ini biasanya berada di tangan penjual.
  • Peluang Untuk Ekspansi Lebih Luas – Membangun website e commerce berbasis marketplace dapat menjadi usaha yang menguntungkan. Marketplace menarik bagi investor karena menyediakan berbagai strategi untuk mengekspansi bisnis. Anda dapat memilih untuk menjual pasar Anda atau mengambil jalur berbeda tergantung pada tingkat keterlibatan yang diinginkan di masa depan.


Tantangan Dalam Mengembangkan Website E Commerce Berbasis Marketplace
 
Dengan perencanaan yang efektif untuk melengkapi website marketplace dari bisnis Anda dengan fitur yang tepat, beberapa tantangan berikut dapat diatasi:
 
Menyeimbangkan Penawaran & Permintaan
 
Mencapai keseimbangan antara pasokan dan permintaan terkadang sulit, terutama bagi bisnis baru. Fluktuasi pasar dan persaingan dapat semakin mengganggu keseimbangan antara penjual dan pembeli pada marketplace, sehingga mempengaruhi pengalaman pengguna dan menghambat pertumbuhan pasar.
 
Namun bagaimana cara membuat website e commerce berbasis marketplace dan menghindari tantangan ini? Pertimbangkan untuk menerapkan fitur seperti struktur biaya yang fleksibel, harga dinamis, alat analisis bawaan, proses orientasi penjual yang mudah digunakan, dan pemeliharaan teknis yang konsisten.
 
 
Kontrol Kualitas
 
Keberagaman basis penjual, persaingan, dan ekspektasi pelanggan yang terus meningkat dapat mempersulit upaya memastikan kualitas barang dan layanan yang konsisten pada platform online. Pemeriksaan kualitas rutin diperlukan untuk memastikan bahwa penjual mematuhi kebijakan kualitas platform.
 
Selain itu, memungkinkan pembeli menilai penjual dan memberikan ulasan untuk produk dan layanan dapat meningkatkan pengalaman pengguna, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat. Menerapkan mekanisme penyelesaian sengketa dapat lebih meningkatkan kepuasan.
 
 
Mengubah Dinamika Pasar
 
Perdagangan online pada dasarnya bersifat dinamis, dengan preferensi pengguna yang berubah secepat cuaca. Untuk mencapai kesuksesan, marketplace harus tetap responsif terhadap perubahan ini dengan menyesuaikan penawaran, strategi pemasaran, dan pengalaman penggunanya.
 
Infrastruktur dan integrasi terukur yang meningkatkan kemampuan pasar Anda dapat membantu mengatasi tantangan ini.
 
 
 
 
Cara Membangun Website E Commerce Berbasis Marketplace
 
Tidak ada satu cara yang tepat untuk membangun marketplace. Berikut beberapa langkah kerja untuk membantu Anda mengembangkan produk dari website e commerce berbasis marketplace.
 
 
Menentukan Permintaan Yang Dibutuhkan
 
Dalam dunia pengembangan website marketplace, sangat penting untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan dan apa yang mendorong pilihan mereka. Preferensi ini dibentuk oleh berbagai faktor, seperti kebutuhan pelanggan, tren pasar saat ini, dan harga.
 
Untuk mendapatkan daya tarik, Anda harus mengetahui cara membangun website e commerce berbasis marketplace yang memberikan keseimbangan tepat dalam hal biaya, fitur, dan posisi untuk memenuhi harapan pelanggan dan jangka waktu tertentu. 
 
 
Tentukan Target Audiens Dari Bisnis Anda
 
Target pasar dari platform marketplace online terdiri dari pembeli dan penjual. Jadi, untuk merencanakan cara menciptakan pasar secara efektif, Anda perlu mengetahui cara menarik kedua kelompok tersebut. 
 
 
Ciptakan Proposisi Nilai
 
Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membangun marketplace seperti Amazon, tetapi Anda tentu tidak ingin hanya membuat tiruannya, bukan? Agar menonjol, Anda harus menawarkan sesuatu yang luar biasa kepada pengguna. 
 
Saat ini, permintaan pelanggan lebih tinggi dari sebelumnya, jadi sangat penting untuk lebih kreatif dalam memenuhi kebutuhan mereka. Cara terbaik untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menyusun proposisi nilai yang unik.
 
 
Pilih Model Pendapatan Yang Diinginkan
 
Untuk membangun website e - commerce berbasis marketplace yang menguntungkan, Anda harus merencanakan bagaimana Anda akan mengkomersialkannya. 
 
 
Pilih Fungsionalitas yang Diperlukan
 
Saat memutuskan cara membuat website  - commerce berbasis marketplace, Anda harus memilih fungsi yang selaras dengan kebutuhan target pasar Anda.
 
 
Temukan Tim Developer Yang Tepat
 
Berkolaborasi dengan tim developer yang dapat diandalkan dan berpengetahuan sangat penting untuk mewujudkan ide Anda dengan lancar dan sesuai anggaran Anda. Untuk memilih mitra, pertama-tama Anda harus memutuskan seberapa aktif Anda ingin terlibat dalam proses pengembangan website e - commerce berbasis marketplace.
 
 
Merencanakan & Melaksanakan Pembangunan
 
Untuk menyederhanakan proses pengembangan dan memastikan hasil yang berkualitas, tim developer biasanya mengikuti serangkaian langkah yang telah ditetapkan. Untuk proyek pengembangan marketplace dan startup yang kompleks, kami menyarankan untuk membangun MVP terlebih dahulu. 
 
Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan solusi dari bisnis Anda ke pasar dengan cepat dan dengan mudah melakukan penyesuaian jika strategi awal Anda tidak memberikan hasil yang diharapkan.
 
 
Perilisan & Pemeliharaan
 
Sebelum memperkenalkan solusi Anda ke marketplace, penting untuk memastikan bahwa semua fitur produk berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk memastikan bahwa website e-commerce berbasis marketplace online yang dibuat aman, andal, dan bebas bug, teknisi Quality Assurance melakukan pengujian manual dan otomatis.
 
Setelah peluncuran, penting untuk memastikan tim developer dapat melakukan perbaikan bug dan penyempurnaan berdasarkan masukan dari pengguna. Pemantauan berkelanjutan dan tanggap terhadap masukan pengguna membantu menyempurnakan dan meningkatkan pasar, memastikan pasar tetap efektif dan kompetitif.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang tips dan panduan dalam merancang custom website e-commerce berbasis marketplace  yang dapat dipertimbangkan untuk bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membangun website berbasis e-commerce yang berkualitas, kami dapat membantu.

Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon