Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Cara Mencari Platform E-Commerce Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

09 Sep 2022 by Billy Gani
Bisnis dengan model B2B senantiasa berubah dari sistem yang tradisional dari ranah offline menjadi online. Perubahan ini semakin menjadi masif, karena volume industri bisnis B2B saat ini di Amerika saja sudah meningkat ganda selama tahun 2009 - 2019 kemarin, berpindah dari keuntungan sebesar $3.1 miliar ke $6.7 miliar. Karena perkembangan yang sangat besar ini, teknologi berbasis e-commerce secara cepat menjadi bagian penting dari setiap industri dalam model B2B.

  • 35% bisnis dalam industri B2B mengatakan bahwa berinvestasi dalam teknologi platform berbasis e-commerce adalah prioritas utama mereka dalam 12 bulan ke depan.
  • 54% distributor berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik atau menambahkan lebih banyak fitur B2C sebagai prioritas utama mereka.

Biasanya didefinisikan sebagai penjualan barang atau jasa melalui transaksi online antar bisnis, model bisnis B2B telah mengubah ritel online untuk memproses pesanan secara digital. Hal ini menghasilkan peningkatan efisiensi dan efektivitas pembelian untuk semua bisnis berbasis B2B, dari B2B2C hingga grosir, produsen, dan juga distributor.

Tentunya Anda perlu memanfaatkan waktu dan kesempatan besar ini sebagai salah satu rencana dalam pengembangan industri bisnis B2B yang Anda miliki. Langkah pertama? Untuk menyajikan produk atau layanan terbaik bagi konsumen, Anda perlu mencari platform digital berbasis e-commerce yang tepat untuk bisnis B2B Anda.

Faktor Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Platform Untuk Bisnis E-Commerce

Jenis Bisnis Berbasis B2B

Setiap bisnis B2B memiliki kebutuhannya masing - masing. Ketika melakukan riset solusi dari apa yang bisnis Anda butuhkan, Anda perlu memahami terlebih dahulu perbedaan di antaranya :
 
  • B2B2C - Model bisnis Business-to-business-to-consumer (B2B2C) berada di tengah model B2B dan B2C, membuat bisnis Anda dapat terhubung langsung dengan konsumen.

  • Grosir - E-commerce dengan sistem grosir merupakan model bisnis B2B yang membuat Anda menjual produk dengan kapasitas besar kepada bisnis lain yang akan meneruskan penjualannya secara eceran kepada konsumen secara langsung.

  • Produsen - Produsen memproduksi produk dalam kapasitas besar dengan memanfaatkan suku cadang dan bahan baku yang dikombinasikan dengan tenaga kerja manual serta mesin. Dalam model B2B, produk jadi dijual ke pemasok, atau pedagang grosir lain.

  • Distributor - Distributor bekerja secara langsung dengan produsen untuk memberikan visibilitas dari produk yang mereka produksi, untuk meningkatkan penjualan dan memindahkan produk mereka dalam saluran distribusi.

Mendapatkan Dukungan & Adopsi Dari Tim Penjualan

Pertama, kemampuan dari tim Anda perlu bergantung pada beberapa hal berikut ini :
  • Tampilan antarmuka dari platform
  • Tingkat pengetahuan akan platform secara menyeluruh
  • Kemampuan tim Anda untuk menggunakannya sebagai solusi masalah dari konsumen.

Setiap tampilan antarmuka dari platform e-commerce yang Anda miliki senantiasa berbeda dan disesuaikan untuk pengguna dengan pengetahuan tingkat kode yang spesifik dari developer. Tidak setiap software B2B dapat bekerja untuk tim Anda. Itulah mengapa Anda perlu memilih platform yang tepat dan dapat digunakan serta adopsi untuk menghasilkan manfaat yang lebih baik bagi bisnis Anda.

Pastikan Penggunaannya Terintegrasi Dengan Sistem Bisnis Anda

Jika Anda memiliki software yang berbeda dan sama-sama penting dalam pengembangan bisnis Anda - misalnya ERP, PIM, CRM, OMS, dsb - maka carilah platform yang dapat berintegrasi dengan sistem tersebut. Anda tentu tidak ingin menemukan bisnis Anda berada dalam situasi dimana semua budget dan waktu sudah Anda investasikan tetapi menemukan bahwa ternyata software tersebut tidak dapat berintegrasi dengan software bisnis yang Anda gunakan. 
 
Tentunya hal tersebut hanya menghabiskan waktu dan tenaga Anda, dan menjadikannya pendapatan yang hilang. Hal ini dapat Anda hindari dengan menggunakan custom e-commerce web development yang berkualitas dan mudah diintegrasikan.

Fitur Penting Dalam Platform E-Commerce Yang Dapat Dipertimbangkan

Mari kita lihat beberapa fitur penting yang dapat Anda pertimbangkan penggunaannya dalam platform e-commerce dan produk digital bagi bisnis B2B Anda :

Kemampuan Menjual Produk Dalam Model B2B & B2C di Platform Yang Sama

Menjual produk dengan model B2B atau B2C tidak harus senantiasa terpisah - dalam dunia e-commerce modern seperti saat ini, kemampuan untuk melakukan dua penjualan dalam satu platform yang sama dapat menghemat waktu dan juga tenaga Anda. 
 
Hal ini mungkin bukan merupakan fitur yang dimiliki oleh seluruh software e-commerce di luar sana, maka dari itu jika Anda memerlukannya, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk menginvestigasikan solusi potensial bagi bisnis Anda.

Kemudahan Untuk Menambahkan Saluran atau Mitra Teknologi

Pengalaman penjualan berbasis omnichannel telah mengubah e-commerce menjadi lebih modern, membuatnya dapat berjalan dalam pendekatan untuk berbagai saluran. Mulai dari toko fisik hingga platform online dan juga media sosial. Pengalaman yang mulus dan berjalan bersamaan dalam seluruh saluran membantu Anda meningkatkan penjualan dan membawa lebih banyak pengalaman pengguna yang positif.
 
Ketika Anda melakukan riset akan fitur platform yang mungkin Anda perlukan, salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah omnichannel sebagai bagian penting. Dengan pengalaman berbelanja yang sudah berubah dari dekade terakhir ini, dapat menjual produk atau layanan dalam setiap saluran merupakan salah satu kunci akan suksesnya bisnis.

Penetapan Harga, Pembayaran & Penyesuaian Opsi Pemesanan

Bisnis B2B memiliki banyak bagian yang senantiasa bergerak. Antara alat manajemen pelanggan, pusat pemenuhan dan katalog, beberapa sistem yang berbeda perlu bekerja sama untuk membuat manajemen pesanan terpadu dan sistem kustomisasi.
 
Anda perlu memastikan platform e-commerce dari bisnis B2B Anda memungkinkan opsi transaksional dalam satu solusi terpadu karena memiliki beberapa alat yang tidak bekerja bersama akan mengakibatkan disorganisasi, kebingungan, dan potensi masalah dengan manajemen inventaris dan pemenuhan pesanan.
Hal ini sangat relevan jika Anda menjalankan bisnis hibrida yang menawarkan saluran B2C dan grosir karena mengurangi konflik saluran dan manajemen sangat penting untuk bisnis Anda.
 
Selain itu, Anda mungkin ingin memberikan pilihan pengiriman yang berbeda kepada klien terbaik Anda, bergantung pada tingkat, lokasi, atau faktor lainnya.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan faktor yang dapat Anda pertimbangkan untuk mencari platform yang tepat bagi website Anda. Kini saatnya Anda untuk memperkuat kehadiran online dari bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membangun website berbasis e-commerce yang berkualitas untuk bisnis Anda, kami dapat membantu.

Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon