Image

QUICK CONTACT













Image

5 Komponen Kunci Dalam Mengembangkan Website E - Commerce Yang Berkualitas

10 Aug 2022 by Billy Gani
Pada tahun 2019, bisnis e-commerce sudah mencapai $2,3 triliun dolar dalam penjualan dengan proyeksi $4,5 triliun pada tahun 2021. Dengan pasar yang berkembang pesat, tidak mengherankan bahwa dunia telah menjadi semakin kompetitif dan lebih banyak perhatian diberikan pada pengembangan web berbasis e-commerce jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
 
Konsumen menjadi kurang sabar dengan toko online yang kikuk dan berbelit-belit dan menuntut sistem yang intuitif serta responsif, di mana mereka dapat berbelanja tanpa membatasi diri.
 
Untuk bertahan dan berkembang secara online, bisnis e-commerce Anda perlu memastikan bahwa pengalaman pengguna senantiasa berkualitas. Hal tersebut harus dipertimbangkan pada setiap langkah proses pengembangan , karena pada akhirnya akan menentukan keberhasilan toko dan retensi dari basis pelanggan.
 
Jadi, apa saja komponen kunci dari pengembangan web e-commerce yang sukses? Mari kita dalami.

Fungsionalitas

Penjualan berbasis perangkat seluler menyumbang 34,5% dari total penjualan dalam bisnis e-commerce, dengan hampir dua pertiga populasi global sekarang terhubung menggunakan perangkat seluler. Hal ini penting bagi untuk diperhatikan dalam pengembangan website e-commerce agar memiliki fungsionalitas dalam setiap mesin pencarian.
 
Website e-commerce yang mudah dinavigasi tentu akan membuat Anda menonjol di antara yang lain, dengan banyak pengguna saat ini merasa frustrasi dengan opsi e-commerce dalam seluler yang ada. Hanya 12% pembeli yang mengatakan bahwa mereka menganggap berbelanja menggunakan perangkat seluler cukup nyaman.
 
Produk pada toko harus diatur dengan baik, diberi label dengan informasi terperinci yang memungkinkan tab pencarian menjadi alat yang efektif bagi setiap pengguna. Menyediakan fungsi pelengkapan otomatis dan juga opsi pencarian yang difilter dapat membantu mendorong penjualan, dengan 30% penjualan datang setelah menggunakan fitur pencarian.
 
Menu navigasi yang jelas, dengan tombol check-out yang terlihat di setiap halaman dan informasi transparan tentang biaya serta waktu pengiriman, seluruhnya dapat memberikan efek positif pada pengalaman pengguna akhir.

Responsivitas

Pengguna tidak suka menunggu dan mengingat banyaknya bisnis e-commerce saat ini,, mereka tidak akan bertahan lama jika mereka menganggap toko e-commerce Anda tidak responsif. Dengan menggunakan bantuan dari pengembang website e-commerce yang berkualitas dan profesional, bisnis Anda dapat mengoptimalkan kinerja website dan pengalaman berbelanja yang dihasilkan untuk pengguna.
 
Sebuah penelitian oleh Google menunjukkan bahwa 53% pengguna dengan perangkat seluler meninggalkan website yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk dimuat, dan hal ini dapat berdampak besar pada keuntungan Anda.
 
Salah satu metode untuk mencapai hal ini adalah dengan menggabungkan file sumber daya JavaScript atau CSS ke dalam satu file, yang dapat mempercepat interaksi dengan website karena Anda hanya perlu mengunduh satu file JavaScript, bukan sepuluh.
 
Mengkompres gambar ke ukuran terkecil yang tetap memberikan visual berkualitas juga dapat membantu mempercepat waktu download. Sedangkan caching dapat mengurangi waktu pengiriman data antara web server dan database server.

Personalisasi

Pasar global dengan pandangan internasional yang memanfaatkan data geo-lokasi untuk menyesuaikan mata uang dan bahasa secara otomatis adalah salah satu cara yang tepat untuk terhubung dengan pelanggan yang lebih luas. 
 
Hal ini adalah area pengembangan web e-commerce yang senantiasa berkembang, dan bila dilakukan dengan benar, dapat menjadi alat cross-selling dan up-selling yang kuat.
 
Membuat penggunaan yang paling efisien dari semua data yang disediakan oleh pelanggan Anda adalah kunci dari pendekatan ini. Apakah mereka pelanggan yang kembali? Perangkat apa yang mereka gunakan? Apa minat mereka?
 
Semua informasi yang dikumpulkan dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, hasil pencarian atau bahkan homepage dapat disesuaikan agar sesuai dengan minat pengguna. Tidak ada yang ingin melihat konten yang tidak relevan bagi mereka, dan dengan minat pelanggan, mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu dan uang di toko Anda.

Chat-Bots

Dengan julukannya sebagai berdagang dengan percakapan, bot menjadi fitur penting dalam pengembangan web berbasis e-commerce, baik dalam menawarkan dukungan pelanggan atau memulai penjualan. Contohnya dalam area di mana Facebook menginvestasikan banyak penelitian,dan dengan adanya kemitraan terintegrasi dengan bisnis seperti Uber yang menawarkan gagasan tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan untuk dunia e-commerce.
 
Kemampuan untuk berintegrasi pada berbagai platform dan dengan sistem Anda sendiri yang sudah ada mutlak diperlukan untuk toko e-commerce Anda, seperti kemampuan untuk menambahkan fitur baru saat tersedia, jika tidak, toko online Anda akan kehilangan keunggulan apa pun yang pernah dimilikinya.

Transparansi

Untuk memiliki pelanggan yang senang berbelanja di toko e-commerce Anda dan akan tetap seperti itu, sangat penting untuk memastikan bahwa website e-commerce Anda berbicara jelas tentang apa yang dapat ditawarkan dan berapa biayanya.
 
Informasi tentang waktu pengiriman, ketersediaan stok dan biaya pengiriman, bersamaan dengan berbagai pilihan opsi pembayaran yang juga terdaftar, memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan dan juga dapat mengurangi beban pertanyaan dari tim layanan pelanggan.
 
Ulasan pelanggan dapat memberikan dorongan bagi mereka yang masih ragu dan memiliki detail kontak untuk ditampilkan dapat mengurangi kecemasan pembeli tentang siapa sebenarnya yang mereka hadapi. Keamanan yang didukung dengan SSL dengan sertifikasi penuh adalah persyaratan dasar daru pengembangan website berbasis e-commerce.
 
Hampir seluruh faktor kunci diatas bermuara pada satu faktor, pengalaman pengguna, karena semakin banyak penjual yang membangun kehadiran online, semakin besar persaingan untuk meningkatkan standar pengalaman belanja secara online.
 
Sangat penting untuk menemukan layanan pengembangan website berbasis e-commerce terbaik untuk bisnis Anda, agar memungkinkannya meningkat untuk memenuhi tuntutan yang berkembang dari waktu ke waktu.
 
 
 
Berikut adalah informasi lebih dalam tentang beberapa komponen kunci dalam mengembangkan website e-commerce yang berkualitas untuk bisnis Anda. Kini saatnya Anda untuk memperkuat kehadiran online dari bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membangun website berbasis e-commerce yang berkualitas untuk bisnis Anda, kami dapat membantu.

Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon