Image

QUICK CONTACT













Image

Memahami Tentang Arah & Tujuan Dari Desain Grafis Modern Untuk Produk Digital

20 May 2020 by Billy Gani

Desain grafis dapat dideskripsikan sebagai bidang aktivitas yang bersandar pada beberapa arah seperti visual,seni, komunikasi dan juga psikologi. Pada dasarnya, desainer grafis melakukan tugas yang berhubungan dengan komunikasi kepada orang lain dengan menggunakan elemen visual seperti gambar dari beberapa gaya dan kompleksitas, jenis font, piktogram, bentuk dan ukuran, warna dan bayangan, garis dan kurva, dan sebagainya. 

Desainer grafis membuat seluruh elemen dari persepsi visual untuk dapat menyampaikan pesan sehingga memiliki fungsinya tersendiri. Dapat disimpulkan bahwa berkata desainer grafis merupakan orang yang mengaplikasikan talenta mereka untuk mengkomunikasikan seni yang bermanfaat kepada pengguna. 

Saat ini, para desainer grafis memiliki cakupan yang sangat luas untuk mengaplikasikan kreativitas mereka. Secara umum, hal ini termasuk: desain editorial, identitas (logo dan brand), ikon dan piktogram, typography, grafis dan elemen antarmuka, iklan cetak, alat cetak besar seperti poster dan papan iklan, kemasan produk, dan sebagainya.

Jadi, mudah untuk dilihat bahwa desainer modern dalam bidang ini memiliki banyak opsi untuk mengaplikasikan kreativitas mereka. Dalam setiap arahan dibawah, tujuan utama dari desain grafis adalah untuk menyajikan tujuan tertentu atau bahkan menyajikan hal tersebut sebagai teknik seni.

Desain grafis dalam dunia modern saat ini dirancang untuk perangkat digital yang senantiasa berkembang. Kehadirannya tidak hanya mempercantik objek fisik atau digital, tetapi juga membantu penggunanya, membantu dalam navigasi, dan membimbing pengguna untuk mendapatkan pengalaman yang kaya akan estetika dan manfaat dari pemecahan masalah yang diberikan.

Saat ini, desain grafis dapat menyajikan berbagai tujuan yang berbeda. Objek desain grafis yang hanya melayani satu tujuan sangatlah jarang terjadi. Berikut beberapa arahan dan tujuan yang dapat kami bagikan dalam dunia desain:

Identifikasi

Tujuan ini digunakan untuk alasan branding. Hal ini terutama menyangkut pembuatan logo yang menjadi pondasi dari setiap strategi branding. Hal ini adalah tugas dimana desainer bekerja dengan banyak faktor untuk menggabungkan fitur-fitur spesifik dari target audiens, hukum, dan aturan harmoni artistik, psikologi warna,bentuk yang berdampak pada persepsi dan emosi manusia, situasi saat ini di pasar, serta tujuan bisnis dari merek atau perusahaan.

Sejumlah logo yang dibuat oleh desainer telah membuktikan bahwa gambar simbolik memainkan peran penting dalam setiap tahap dari strategi branding, termasuk percetakan (seperti poster, kartu nama, template dokumentasi perusahaan, dsb), desain antarmuka (ketika brand atau perusahaan menggunakan sumber dan saluran digital untuk menjangkau klien mereka seperti blog, website, aplikasi, widget,item bermerek (seperti alat tulis, cangkir, notebook, dll) dan sebagainya.

Logo yang efisien biasanya didasarkan pada analisis mendalam yang didukung oleh bakat dan keterampilan desainer dalam menghadirkan perpaduan yang seimbang antara seni dan fungsionalitas. Dengan memikirkan semua rincian, desainer grafis dapat memilih jenis gambar logo yang sesuai dengan tujuan perusahaan atau strategi brand yang ingin mereka lakukan.

Mempercantik Tampilan

Hal berikut ini merupakan fungsi yang digunakan secara luas dari item desain grafis yang komprehensif pada semua bidang pengguna dalam berinteraksi dengan hal-hal visual, mulai dari iklan,sampul buku, hingga antarmuka pengguna dari semua jenis, kemasan, foto, dan sebagainya. Bukan rahasia lagi bahwa pengguna tidak hanya makhluk yang rasional tetapi juga emosional, dan kebanyakan dari kita memiliki dorongan dalam segi visual dan estetika yang terlibat dalam melihat sesuatu.

Meskipun konten dan fungsi adalah faktor paling penting dalam membuat penyelesaian masalah produk, tren klasik lama tidaklah berubah - setiap orang masih percaya bahwa tampilan yang bagus adalah kartu undangan. Tampilan yang menarik dan penuh gaya secara tradisional sangat penting untuk membuat pengguna Anda berpikir untuk mencoba produk, terutama dalam kondisi persaingan ketat modern.

Desain grafis dan segala ragamnya dapat menjadi alat yang kuat untuk memperindah antarmuka. Hal ini dapat diterapkan dalam detail sekecil apapun seperti ikon dan hingga elemen penting seperti ilustrasi dan maskot.

Menjelaskan & Membimbing 

Fungsi dari elemen desain grafis secara luas digunakan dalam setiap jenis antarmuka seperti tutorial, manual, tips penggunaan alat, panduan, dan sebagainya. Selain itu, grafik berdasarkan analisis menyeluruh dari target audiens meningkatkan mekanisme empati dan daya tarik emosional yang juga meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung tujuan bisnis Anda.

Memperkuat Navigasi

Elemen grafis khusus merupakan alat yang hebat untuk meningkatkan navigasi dan fungsi penggunaan. Berdasarkan penelitian dan pengujian dari pengguna, hal ini memiliki dampak besar pada konversi,mempertahankan pembaca, serta memberikan alur perjalanan yang mudah dalam website atau aplikasi. Selain itu, semua pengaruh positif ini didukung oleh kenikmatan estetika yang diperoleh pengguna dari elemen visual yang terlihat canggih dan komposisi yang harmonis.

Membuat Teks Anda Terlihat Lebih Trendi

Satu lagi perspektif penting dari desain grafis yaitu typography. Desainer biasanya ingin membuat copy yang diterapkan dalam produk tidak hanya agar dapat dibaca tetapi juga untuk menarik perhatian dan bersifat emosional. 

Seperti yang dapat kita lihat, ada beberapa tujuan yang dapat ditetapkan serta beberapa tujuan yang dapat dicapai melalui desain grafis. Berbagai pendekatan memungkinkan Anda untuk menciptakan solusi desain asli yang unik dan dengan dukungan riset pengguna, analisis, dan pengujian elemen desain grafis yang efisien dapat meningkatkan kegunaan, memperkuat branding, dan memberikan pengalaman pengguna yang positif serta efisien. Disitulah titik di mana seni dan fungsionalitas dapat bergabung dan berbaur untuk memecahkan masalah serta membuat pengguna  lebih bahagia.

Berikut kami bagikan informasi tentang peran desain grafis dalam desain UX untuk produk digital yang perlu Anda perhatikan bagi bisnis Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan produk digital dengan UI UX Design yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.

 

Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower,
16th Floor Unit 1601,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Tanah Abang. Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon