Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Bagaimana Field Service Mendatangkan Pertumbuhan Bagi Bisnis Anda

09 Jul 2024 by Billy Gani
Layanan lapangan dapat membantu mendorong pertumbuhan pendapatan dengan menjual secara langsung kepada pelanggan Anda degan layanan  atau produk yang sudah ada, yang juga disebut upselling atau cross-selling. 
 
Kemungkinan besar, tim teknisi lapangan Anda sudah melakukan hal ini tanpa banyak bimbingan atau pemikiran sebelumnya. Kami menemukan bahwa 65% teknisi lapangan berhasil menjual layanan atau produk ke pelanggan yang sudah ada.
 
Namun pertanyaannya adalah, bagaimana Anda dapat menjangkau audiens ini pada waktu yang tepat, dengan pesan yang tepat, dengan cara yang tidak membuat mereka merasa seperti sedang ditawari produk atau layanan saat teknisi Anda melakukan kunjungan?
 
Berikut dalam artikel ini, kami memberikan beberapa informasi dan tips untuk membantu menyiapkan bisnis berbasis field service Anda akan hal ini.
 
  • Dapatkan  persetujuan dari pimpinan atau berikan persetujuan bagi tim dan teknisi Anda untuk melakukan up selling/cross-selling di lapangan

  • Berinvestasilah pada software field service berkualitas untuk membuat penjualan menjadi cepat dan mudah dilakukan oleh tim lapangan Anda 

  • Latih tim dan teknisi layanan lapangan tentang taktik penjualan

  • Tawarkan insentif untuk memotivasi tim dan teknisi Anda

Mari kita gali masing-masing praktik terbaik untuk upselling dan cross-selling dalam bisnis berbasis layanan lapangan.
 
 
Buatlah Alasan Bisnis Untuk Melakukan Up Selling & Cross-selling
 
Sebagian besar pemimpin bisnis selalu berupaya meningkatkan porsi pembelian dari pelanggan mereka untuk produk yang sejenis dari apa yang sudah ditawarkan oleh tim mereka. Mereka juga tahu bahwa kepercayaan pelanggan dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.
 
Hal ini dapat dijadikan alasan bisnis untuk menggunakan teknisi layanan lapangan sebagai penjual yang lebih mudah untuk diajak bicara oleh tim kepemimpinan Anda.
 
Bagaimanapun, tim teknisi lapangan Anda setiap hari berada di lapangan dan membangun kepercayaan dengan pelanggan serta memecahkan masalah bagi mereka.
 
Jika digabungkan, pendapatan dari setiap kunjungan layanan teknisi lapangan sambil mengandalkan kepercayaan pelanggan akan menentukan pertumbuhan pendapatan.
 
 
Mempertimbangkan Penggunaan Manajemen Layanan Lapangan Berbasis AI
 
Tim teknisi lapangan Anda memerlukan manajemen layanan lapangan mobile-ready yang didukung oleh AI untuk membuat upaya up selling menjadi lebih mudah dan cepat. Berikut beberapa contoh bagaimana memiliki software layanan lapangan berkualitas dapat membantu teknisi lapangan Anda mendapatkan penjualan yang lebih dari biasanya : 
 
  1. Dengan ringkasan yang dihasilkan AI, Anda dapat memberi pengarahan kepada teknisi lapangan tentang interaksi layanan sebelumnya, riwayat aset, penawaran, dan komunikasi bahkan sebelum mereka tiba di lokasi kerja. Detail ini dapat membantu tim Anda mempersiapkan pendekatan penjualan konsultatif yang disesuaikan secara pribadi dengan kebutuhan dan preferensi spesifik pelanggan.

  2. AI dapat membuat rekomendasi untuk peningkatan, penggantian, atau pemeliharaan dari data pelanggan baru yang dikumpulkan di lokasi. Untuk peningkatan penjualan yang mudah seperti baterai baru atau perjanjian tingkat layanan (SLA), tim Anda dapat langsung memberikan langkah selanjutnya.

  3. Namun untuk penjualan yang lebih melibatkan, seperti peralatan yang disesuaikan, beri tahu teknisi lapangan Anda bahwa tidak masalah untuk meneruskan prospek ke bagian penjualan dalam tim Anda. AI dapat membuat daftar pertanyaan atau daftar pemeriksaan agar tim pemasaran Anda dapat dengan cepat menangkap detail penting agar dapat menyerahkannya dengan lancar.

  4. Kuotasi secara mobile dapat memungkinkan teknisi Anda memberikan harga langsung pada lapangan untuk proyek yang sekiranya diperlukan pelanggan di masa depan. Membuat dokumen yang disesuaikan dengan perincian item baris, gambar, dan pengambilan tanda tangan memudahkan pelanggan Anda untuk langsung berkomitmen.

  5. Kemampuan pembayaran dalam aplikasi seluler dari software layanan lapangan memungkinkan teknisi lapangan Anda dengan segera mengumpulkan penjualan tambahan yang mereka lakukan. Mereka akan segera menerima kredit dan mendapatkan insentif lebih cepat.

  6. Di akhir setiap janji pertemuan dengan pelanggan, mintalah teknisi lapangan untuk meminta pelanggan mengisi survei kepuasan pelanggan secara digital dari software field service lapangan mereka.

    AI dapat menganalisis respon balik pasca-layanan untuk mengidentifikasi potensi peluang peningkatan penjualan.

    Misalnya, jika pelanggan memiliki bisnis restoran mengatakan bahwa mereka mengalami masalah dalam memelihara secara berkala freezer mereka, teknisi layanan lapangan Anda dapat menyarankan produk atau layanan yang cocok untuk membantu kebutuhan mereka terkait freezer tersebut.
 
 

 
 
Tawarkan Pelatihan & Dukungan Yang Meningkatkan Penjualan
 
Selain memiliki pemberdayaan manajemen layanan lapangan yang tepat, berikan pelatihan yang tepat kepada teknisi Anda untuk mengidentifikasi isyarat pelanggan dan terlibat dalam upaya up selling/cross-selling.
 
Teknisi lapangan Anda bukanlah tenaga penjualan, dan Anda juga tidak boleh berasumsi bahwa mereka akan menikmati proses penjualan. Kedua peran tersebut memerlukan keahlian yang berbeda, namun masing-masing berperan penting dalam pertumbuhan pendapatan dari bisnis Anda.
 
Latih teknisi lapangan Anda tentang teknik penjualan dan cara mengenali isyarat pelanggan. Hal ini dapat mencakup peningkatan penjualan yang mudah, seperti memperpanjang garansi atau SLA, dan peningkatan penjualan yang lebih melibatkan seperti memperbarui peralatan yang sudah ketinggalan zaman. 
 
Gunakan artikel basis pengetahuan tentang cara menjual untuk membantu teknisi layanan lapangan Anda mendapatkan informasi terbaru.
 
Teknisi layanan lapangan Anda harus merasa nyaman dengan praktik dasar pra-penjualan. Salah satu keterampilan yang paling penting adalah bagaimana menetapkan ekspektasi pelanggan terhadap kontak dari tim Anda.
 
Jika pelanggan mengajukan pertanyaan yang paling cocok dijawab oleh tim pemasaran, teknisi layanan lapangan harus memberikan jangka waktu dan saluran tertentu yang dapat digunakan untuk menghubungi mereka.
 
Menemukan peluang dan menciptakan prospek dalam CRM akan langsung disalurkan ke tim sales dan pemasaran untuk ditindaklanjuti. Hal ini membantu menciptakan kemitraan yang berharga antara bagian Layanan dan Penjualan.
 
Tim Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut, dan teknisi lapangan tidak merasa melakukan pekerjaan tim sales. Hal ini merupakan solusi saling menguntungkan keduanya.
 
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi mengenai bagaimana field service dapat mendatangkan pertumbuhan yang lebih positif yang mungkin diperlukan untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan software teknisi untuk bisnis field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE dapat membantu Anda.

EANNOVATE menyediakan solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. Software kami sangat tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami, disini.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon