Image

QUICK CONTACT













Image

Mengembangkan Dashboard Sales Yang Dapat Anda Pertimbangkan Penggunaannya 

29 May 2024 by Billy Gani
Semua data tentunya senantiasa baik, namun tidak semua data relevan untuk mengambil keputusan yang lebih baik. Itulah sebabnya sales penjualan memerlukan dasbor penjualan untuk memvisualisasikan data yang dapat ditindaklanjuti, menganalisis kinerja, dan membuat keputusan penting bagi bisnis Anda.
 
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang dimaksud dashboard penjualan, contoh dashboard penjualan, dan tips menggunakan dashboard penjualan untuk tim sales dari bisnis Anda.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Sales Dashboard?
 
Dasbor penjualan adalah representasi visual dari data penjualan Anda. Sebagai sales penjualan, tim Anda dapat memfilter informasi menggunakan periode waktu yang berbeda dan bahkan mengambil data real-time dengan beberapa dasbor penjualan.
 
Dasbor penjualan memberikan insight tentang indikator kinerja utama (KPI) dari bisnis Anda. Matriks umum yang dilacak mencakup pencapaian kuota, tingkat konversi, ukuran transaksi rata-rata, pendapatan, dan kebocoran saluran penjualan.
 
Berdasarkan KPI, Anda dapat melacak kemajuan tim menuju sasaran dan target pendapatan, menyesuaikan kompensasi, dan memberikan bonus. Mereka juga dapat mengidentifikasi masalah sebelum menjadi masalah besar dan mengambil keputusan penting lainnya.
 
 
Bagaimana Anda Dapat Membuat Dashboard Penjualan Untuk Sales Anda
 
 
Tentukan Matriks Penjualan Mana Yang Akan Anda Lacak
 
Apakah ada tujuan atau target spesifik yang ingin Anda capai? Dasbor dapat membantu Anda memvisualisasikan kemajuan Anda menuju tujuan tersebut.
Pertama, mulailah dengan mengidentifikasi metrik penjualan yang ingin Anda lacak. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:
 
  • Matriks apa yang secara rutin Anda tinjau dalam bisnis Anda, pertemuan tatap muka, dan di antara tim sales Anda?
  • Apakah Anda menganggap beberapa matriks lebih penting dibandingkan matriks lainnya?
  • Apa indikator kinerja utama (KPI) Anda?
  • Apakah Anda memiliki banyak tim sales dalam bisnis Anda?

Matriks penjualan yang Anda pilih biasanya akan jatuh dalam beberapa kategori berikut ini : 
 
  • Matriks penjualan aktivitas
  • Matriks saluran penjualan
  • Matriks penjualan dan  perolehan prospek
  • Matriks penjangkauan penjualan
  • Matriks penjualan konversi utama
  • Matriks produktivitas penjualan
  • Matriks perekrutan dan orientasi
  • Proses penjualan, alat, dan metrik adopsi pelatihan.


Identifikasikan Bagaimana Dashboard Akan Digunakan
 
Tidak ada satu dasbor penjualan yang cocok untuk semua kebutuhan, jadi Anda perlu mengetahui bagaimana tim sales Anda akan menggunakan dasbor tersebut. Apakah dasbor akan membantu masing-masing sales penjualan melacak kemajuan mereka terhadap kuota bulanan? Atau akankah Anda menggunakannya untuk melihat sales dengan kinerja terbaik pada kuartal tersebut?
 
Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan : 
 
  • Siapa yang akan menggunakan dasbor? Sales penjualan, manajer, VP, atau eksekutif?
  • Bagaimana mereka menggunakannya? Apakah mereka memeriksa dashboard setiap hari, mingguan, atau bulanan?
  • Informasi apa yang ingin mereka lihat? matriks, visualisasi, dan penghitungan manakah yang akan mereka lihat?

Pikirkan juga di mana tim Anda akan melihat dasbor. Misalnya, jika Anda memiliki tim sales lapangan yang selalu bepergian, pertimbangkan untuk membuat versi dasbor yang ramah seluler sehingga tim Anda dapat melihatnya dari ponsel, tablet, atau komputer.
 
 
Pilih Penyedia Layanan Dashboard Sales 
 
Jika Anda sudah menggunakan sistem CRM, kemungkinan besar sistem Anda tersebut dilengkapi dengan fitur dasbor dengan pelaporan yang dapat digunakan tim Anda. Namun, jika Anda tidak menggunakan CRM, ada alat pelaporan mandiri untuk mensinkronkan atau mengimpor data Anda guna membuat dasbor dan laporan akan bisnis Anda.
 
 
SOLUX.id - Penyedia Aplikasi & Dashboard Untuk Sales Bisnis Anda
 
SOLUX.id merupakan solusi digital untuk meningkatkan penjualan yang mudah digunakan dan multi-guna dengan mendorong produktivitas & motivasi karyawan, pertumbuhan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan. 
 
 
 
 
SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang memungkinkan perusahaan atau bisnis Anda untuk meningkatkan produktivitas tim penjualan, menemukan prospek potensial, men-track progress deal, mengelola funnel penjualan, menyimpan informasi kontak, dan bahkan men-generate penawaran. Selain itu, SOLUX menawarkan fitur analitik dan pelaporan yang bermanfaat bagi Anda untuk mengelola tim, menganalisis strategi, dan mengoptimalkan proses penjualan.
 
 
Menarik Data Untuk Dashboard Penjualan
 
Jika Anda menggunakan dasbor yang terintegrasi dengan CRM, Anda akan dapat dengan mudah menyinkronkan data di antara dasbor tersebut. Misalnya, CRM dari SOLUX.id memungkinkan tim Anda untuk membuat laporan penjualan berdasarkan data dari database pelanggan. Anda dapat membuat dasbor dan laporan untuk melacak kinerja penjualan, mengidentifikasi tim sales penjualan dengan kinerja terbaik, membuat perkiraan penjualan, dan masih banyak lagi.
 
Meskipun demikian, prosesnya akan bersifat manual jika tim Anda menggunakan spreadsheet untuk mengelola prospek dan pelanggan, dan bukan CRM. Untungnya, ada templat dashboard penjualan dari Excel yang dapat membantu Anda membuat laporan dari awal.
 
 
Mengembangkan Laporan Untuk Dashboard Penjualan
 
Saat membuat laporan, Anda dapat memilih dari berbagai diagram untuk memvisualisasikan data Anda. Bergantung pada data apa yang Anda tambahkan ke dasbor, Anda dapat menggunakan grafik untuk:
 
  • Membandingkan nilai (misalnya, membandingkan penjualan dari dua wilayah berbeda). Hal ini dapat ditampilkan sebagai diagram batang, diagram kolom, diagram garis, diagram lingkaran, dan plot penyebaran.

  • Komposisi (misalnya, total penjualan yang dikelompokkan berdasarkan perwakilan penjualan). Anda dapat mendemonstrasikan asal penjualan dengan diagram lingkaran, diagram batang, diagram kolom, diagram area, dan sebagainya.

  • Tren (misalnya, pertumbuhan pendapatan dari bulan ke bulan). Tampilkan tren dengan diagram garis, diagram garis sumbu ganda, atau diagram kolom.

Ingatlah bahwa visualisasi yang berkualitas senantiasa mudah dibaca dan ditindaklanjuti. Pengguna dasbor dari bisnis Anda harus dapat membaca dan memahami grafik secara sekilas, tanpa harus menekan laporan dan membukanya secara lengkap. Setelah dasbor dan laporan siap digunakan, bagikan laporan kepada tim bisnis Anda. Jangan takut untuk kembali ke tahap awal jika beberapa laporan tidak memenuhi kebutuhan tim sales Anda.
 
 
 
Berikut informasi akan panduan singkat tentang pentingnya customer relationship management (CRM) untuk tim sales dalam meningkatkan pertumbuhan dari bisnis Anda yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai keuntungan yang lebih maksimal.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan CRM Sales App , aplikasi untuk sales performance automation software, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM dan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon