Image

QUICK CONTACT













Image

Langkah Penting Dalam Merancang Solusi Custom CRM Untuk Bisnis Anda

24 Jun 2024 by Billy Gani
Hampir semua bisnis — entah apapun skala atau industrinya — akan memperoleh banyak manfaat dari pemanfaatan CRM. Namun,  tidak ada sistem universal dan siap pakai dan cocok untuk setiap bisnis atau perusahaan. Selain itu, beberapa bisnis atau perusahaan sangat unik sehingga mungkin tidak menemukan satu pun CRM yang memenuhi kebutuhan dengan tepat pada pasar.
 
Bisnis atau perusahaan dengan jenis ini mungkin berada dalam posisi sulit dan terpaksa mengeksplorasi opsi tertentu — termasuk membuat solusi CRM khusus dari awal.
Dalam artikel berikut ini, kami akan membahas kapan bisnis Anda sekiranya perlu membuat solusi CRM khusus, mengapa lebih baik bagi Anda untuk menggunakan software CRM yang sudah tersedia, langkah-langkah mengembangkan solusi CRM dari awal, dan beberapa informasi tentang objek khusus — praktiknya jalan tengah diantara kedua jenis sistem tersebut.
 
 
 
Mengapa Bisnis Anda Sekiranya Butuh Custom CRM
 
Memiliki Kebutuhan Spesifik Yang Tidak Ada Dalam Solusi CRM Yang Sudah Tersedia
 
 
Setiap bisnis atau perusahaan memiliki keunikannya masing-masing, namun ada beberapa bisnis yang lebih unik dibandingkan yang lain — baik dalam hal struktur, skala, industri, atau kebutuhan bisnis secara umum. Membangun CRM khusus biasanya cocok untuk bisnis atau perusahaan semacam ini.
 
Bisnis dengan kebutuhan spesifik mungkin memiliki kebutuhan atau menjalankan proses yang terlalu spesifik atau tidak lazim untuk ditemukan dalam CRM yang siap pakai — bisnis terkait tidak menemukan kesesuaian dengan pola dan batasan yang ditetapkan oleh sistem yang sudah ada.
 
Misalnya, bisnis berbasis pendidikan seperti sekolah swasta terkadang kesulitan menyelaraskan proses pembelajaran dengan CRM yang sudah tersedia. Universitas, sekolah dasar, dan tempat penitipan anak memiliki siswa dan orang tua yang harus diajak berkomunikasi dan dipertanggungjawabkan, dan konsep "kesepakatan" — yang merupakan inti dari beberapa CRM — tidak selalu dapat diterapkan dalam konteks operasi mereka.
 
 
Bisnis Anda Hanya Memerlukan Fitur Kecil Saja dari CRM
 
Beberapa bisnis mungkin tidak memerlukan semua fungsi, fitur, dan manfaat dari CRM yang sudah tersedia Operasi dari bisnis atau perusahaan ini mungkin cukup ramping sehingga hanya memerlukan sedikit fitur yang ditawarkan oleh sistem semacam itu. Dalam kasus ini, perusahaan atau bisnis mungkin merasa lebih praktis atau hemat biaya untuk membuat CRM dari awal yang hanya mencakup hal-hal yang mereka perlukan.
 
 
Mengapa Anda Mungkin Tidak Menginginkan Solusi CRM Khusus
 
 
Harga Yang Kurang Terjangkau Untuk Bisnis Berskala Kecil
 
Solusi CRM yang dikembangkan secara khusus sering kali merupakan investasi awal yang besar. Harganya umumnya berkisar jutaan rupiah, namun sistem dengan serangkaian fitur yang sangat luas mungkin berharga lebih dari belasan juta.
 
Keuntungan dari skema penetapan solusi secara custom ini adalah Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan CRM yang sudah jadi dalam jangka panjang — yang, bergantung pada ukuran bisnis Anda, bisa mencapai beberapa juta dalam sebulan.
 
Namun, biasanya paket paling mahal yang ditawarkan CRM siap pakai disediakan untuk perusahaan berskala besar. Bisnis dengan skala kecil sering kali membayar lebih sedikit untuk CRM yang sudah dikemas sebelumnya, sehingga dalam banyak kasus, membuat sistem khusus tidak hemat biaya untuk bisnis semacam ini.
 
 
Solusi CRM Yang Sudah Tersedia Sudah Lebih Terpercaya & Rapi Untuk Digunakan
 
Solusi CRM yang di custom yang baru saja diselesaikan adalah yang hal baru dan pertama dari jenisnya — Hal ini merupakan software baru yang belum teruji oleh waktu, ditingkatkan secara konsisten, atau disempurnakan secara menyeluruh. Di sisi lain, CRM yang sudah tersedia dan dimiliki oleh berbagai vendor kemungkinan sudah ada di pasaran selama beberapa waktu.
 
Artinya, sistem ini mungkin telah mendapat banyak perhatian, di-debug secara rutin, dan telah melalui setidaknya beberapa pembaruan. Sejarah seperti itu menjadikan vendor profesional dengan produk digital yang sudah mapan menjadi pilihan yang lebih stabil bagi banyak —atau sebagian besar — bisnis.
 
 
 
 
 
Bagaimana Anda Dapat Merancang Solusi Custom Untuk Kebutuhan CRM Bisnis
 
Pahami Tujuan, Batasan, & Budget Bisnis Anda
 
Langkah pertama untuk membuat CRM kustom adalah menentukan apakah dan mengapa Anda memerlukannya. Anda harus hati-hati mempertimbangkan apa yang Anda inginkan dari sistem bisnis Anda — apa yang ingin Anda capai dengan CRM untuk bisnis Anda?
 
Apakah Anda ingin mengurangi biaya melalui otomatisasi? Apakah Anda ingin menjadikan kolaborasi antar departemen lebih lancar dan mudah diakses? Apakah Anda ingin membentuk strategi penjualan baru berdasarkan analisis tingkat lanjut?
 
Dari sana, pertimbangkan batasan lain yang mungkin dihadapi bisnis atau perusahaan Anda saat membuat CRM yang di custom khusus. Pastikan Anda mengetahui segala sesuatunya mengenai kebijakan privasi dan faktor legal lainnya. Anda juga perlu mempertimbangkan siapa yang akan menggunakan sistem dan berbagai tingkat akses yang dimiliki oleh tim Anda.
 
Terakhir — dan mungkin yang paling penting — pahami berapa banyak budget yang bersedia Anda keluarkan untuk sistem baru ini. CRM yang dikustomisasikan tidaklah murah, dan label harga dapat bertambah dengan cepat bila Anda ingin menyertakan fitur tambahan. Pahami dengan baik situasi keuangan bisnis Anda, dan tetapkan budget yang sesuai untuk sistem Anda.
 
 
Tentukan Fitur Pilihan & Spesifikasi Teknis dari Bisnis Anda
 
Pada langkah ini, bisnis Anda membuat daftar keinginan yang dibutuhkan dari bisnis Anda. Identifikasi berbagai fitur yang ingin Anda sertakan dalam CRM khusus untuk bisnis Anda. Apakah Anda menginginkan fitur analisis penjualan? Alat manajemen akun? Basis pengetahuan? Sumber daya segmentasi klien? Integrasi dengan aplikasi dan layanan pihak ketiga tertentu?
 
Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan semacam ini dan tuangkan serta tentukan semua fitur yang Anda inginkan. Kemudian, periksa fitur-fitur tersebut untuk mengidentifikasi fitur-fitur yang benar-benar Anda perlukan. Setelah keinginan dan kebutuhan bisnis yang diperhitungkan, pilih serangkaian fitur yang sesuai dengan tujuan dan dan budget dari bisnis Anda.
 
 
Program, Lakukan QA & Uji Secara Berkala Software CRM Bisnis Anda
 
Setelah Anda mengunci dan mempresentasikan desain dan prototipe Anda kepada tim developer, pemrograman dapat dimulai. Anda sudah mempunyai kerangka kerja — sekarang saatnya untuk menyempurnakannya. Anda perlu menetapkan hasil yang sulit dan memiliki peta jalan proyek untuk tahap ini.
 
Dari sana, tim developer Anda akan mulai memprogram dan membangun arsitektur sistem CRM untuk bisnis. Setelah semuanya siap, bisnis atau perusahaan Anda akan melakukan QA dan pengujian khusus untuk memastikan bahwa CRM baru Anda bebas dari kegagalan dan bug sebelum tim Anda mulai memanfaatkannya.
 
 
Luncurkan CRM & Latih Tim Bisnis Anda
 
Setelah Anda menguji CRM yang dikustomisasikan untuk bisnis Anda hingga merasa yakin dengan kegunaan, fungsionalitas, dan kurangnya bug, Anda dapat memulai peluncuran dari sistem CRM Anda. Hal ini adalah proses bertahap. Anda tidak bisa hanya menekan satu tombol dan berkata, "Ya, CRM baru kami sudah siap digunakan sekarang." Tidak semudah itu.
 
Anda harus memperkenalkan sistem ke dalam alur kerja dari bisnis Anda dengan lancar — melakukan integrasi database apa pun yang Anda perlukan untuk menyelesaikannya. Anda juga harus menginstal software CRM baru pada seluruh perangkat dari tim bisnis Anda.
 
Dan mungkin yang paling penting, Anda perlu mengajari tim Anda cara menggunakan sistem ini. Anda harus memiliki infrastruktur pelatihan yang solid untuk memastikan bahwa karyawan Anda memanfaatkan CRM Anda secara efektif.
 
 
 
Berikut beberapa informasi tentang langkah kunci dalam mengembangkan solusi custom CRM untuk bisnis Anda dan manfaatnya dalam meningkatkan pertumbuhan dari bisnis yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai keuntungan yang lebih maksimal.
 
Untuk peningkatan yang besar, Anda dapat menggunakan layanan dari SOLUX.id untuk aplikasi sales lapangan yang sekiranya dapat digunakan untuk bisnis Anda. Aplikasi sales lapangan berbasis seluler dari SOLUX dirancang untuk mengintegrasikan semua fitur yang diperlukan untuk menjadi lebih unggul di lapangan.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan aplikasi sales lapangan,  CRM Sales App , aplikasi untuk sales performance automation software, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau mencari informasi tentang dunia SaaS dan CRM,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon