Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Lebih Dekat Tentang Aplikasi Sales Lapangan & Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

19 Mar 2024 by Billy Gani
Tim sales lapangan merupakan tim penting yang rela keluar ketika panas dan hujan untuk menjual produk bisnis Anda kepada target potensial. Mereka tentunya berhak untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, khususnya dalam meningkatkan performa bisnis Anda. Dan juga, tentu saja mereka akan lebih giat bekerja jika pekerjaannya lebih mudah dilakukan setiap harinya.
 
Disinilah aplikasi sales lapangan berfungsi efektif untuk bisnis Anda. Dan juga, hal ini tentunya penting bagi perspektif bisnis Anda. Tim yang lebih terorganisir akan memberikan hasil kerja yang lebih efektif dan cepat, mengurangi beban kerja, dan meningkatkan produktivitas.
 
Mari kita bahas tentang aplikasi sales lapangan  lebih dalam pada artikel berikut ini.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Aplikasi Sales Lapangan?
 
Aplikasi sales lapangan merupakan software handal yang dapat diakses dalam genggaman tangan berbasis perangkat untuk membantu tim sales lapangan Anda dalam mengerjakan tugas mereka. Mereka dapat melihat prospek klien, tugas yang diberikan kepada mereka, jadwal pertemuan dengan klien, memasukkan hasil pertemuan, mengumpulkan dokumen, dan menavigasikan rute pada lokasi meeting dalam satu genggaman tangan.
 
Seringkali, sales lapangan Anda hanya akan menemui prospek penjualan yang memenuhi syarat. Mereka biasanya merencanakan rute penjualan secara manual dan harus mengingat di mana dan kapan tindak lanjutnya. Pekerjaan mereka mungkin juga mengharuskan mereka mengumpulkan dan memverifikasi dokumen.
 
Melakukan semua hal ini secara manual akan menimbulkan kebingungan dan banyak janji temu dengan klien yang terlewat. Itulah sebabnya memiliki aplikasi sales lapangan yang dirancang untuk mengatasi semua kesulitan mereka adalah jawabannya. Aplikasi sales untuk lapangan juga memudahkan tim internal bisnis Anda lainnya untuk melacak jarak tempuh, menetapkan prospek, memantau kinerja, serta mengotomatiskan proses back-office dari bisnis Anda.
 
 
Manfaat Penggunaan Aplikasi Sales Lapangan
 
Aplikasi sales lapangan dapat menjadi aset bisnis yang bernilai untuk setiap bisnis. Dengan mengotomatiskan proses alur kerja, dan menyajikan data serta mendapatkan wawasan bisnis baru, aplikasi sales lapangan dalam membantu bisnis Anda untuk meningkatkan performa sales dan pertumbuhan bisnis Anda. Mari kita dalami beberapa manfaat penggunaannya berikut ini : 
 
 
Meningkatkan Produktivitas
 
Dengan mengotomatiskan tugas-tugas seperti pengambilan pesanan, pembuatan faktur, dan pelaporan, sales penjualan mendapatkan lebih banyak waktu untuk berfokus pada penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.
 
 
Peningkatan Layanan Pelanggan
 
Dengan akses ke data pelanggan dan informasi produk secara real-time, sales lapangan dapat menjawab pertanyaan pelanggan dengan lebih akurat dan cepat. Mereka bahkan dapat merekomendasikan produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
 
 
Peningkatan Penjualan
 
Dengan software untuk melacak kinerja dan mengelola saluran penjualan, tim sales lapangan dapat mencapai lebih banyak kesepakatan dengan calon klien potensial. Aplikasi penjualan untuk sales lapangan juga dapat membantu sales penjualan mengidentifikasi prospek dan peluang baru.
 
 
Mengurangi Biaya Yang Diperlukan
 
Aplikasi untuk sales lapangan dapat membantu bisnis Anda mengurangi biaya seperti biaya perjalanan, dokumen, dan biaya administrasi.
 
 
Peningkatan Visibilitas & Wawasan
 
Aplikasi sales untuk penjualan pada lapangan dapat memberikan visibilitas dan wawasan yang lebih baik untuk bisnis Anda dan tentang operasi penjualan dari tim sales. Data ini dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik mengenai harga, pemasaran, dan pengembangan produk dari bisnis Anda.
 
 
 
 

Masalah Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Aplikasi Sales  Lapangan
 
Sebelum memilih aplikasi sales lapangan untuk tim Anda, Anda harus mengetahui kebutuhan  bisnis Anda terlebih dahulu. Apa tujuan utama tim sales lapangan Anda, seperti apa kesehariannya, seberapa besar tim Anda? 
 
Berikut beberapa masalah umum yang dihadapi oleh sales lapangan, dan bagaimana Anda dapat menyelesaikannya dengan menggunakan aplikasi sales lapangan yang lebih baik.
 
 
Masalah #1 - Tidak Dapat Merencanakan Rute Pertemuan Dengan Klien Secara Baik
 
Tanpa aplikasi, tim sales lapangan mungkin akan merencanakan hari yang tidak menentu untuk diri mereka sendiri. Mereka mungkin mulai dari titik A untuk pertemuan pertama mereka, kemudian melakukan perjalanan 10 km ke selatan ke titik B dan kemudian melakukan perjalanan lagi 12 km ke utara ke titik C. Hal ini hanya membuang-buang waktu karena ia menghabiskan sebagian besar waktunya bepergian.
 
Solusi - Aplikasi manajemen penjualan lapangan dapat menunjukkan kepada tim sales lapangan tentang pertemuan apa yang telah dijadwalkan pada hari itu dan statusnya. Dan karena hal tersebut, sales terkait dapat menentukan rute terbaiknya.
 
 
Masalah #2 - Melewatkan Meeting & Janji Temu Dengan Calon Klien Potensial
 
Jika seorang sales dari bisnis Anda memiliki 50 pertemuan yang dijadwalkan dalam seminggu, kemungkinan besar dia dapat melewatkan beberapa pertemuan tersebut. Hal ini bisa jadi karena kurangnya waktu atau sesederhana karena dirina lupa. Hal ini dapat menyebabkan kerugian bisnis bagi bisnis Anda.
 
Solusi - Aplikasi manajemen sales lapangan dapat mengirimkan pengingat sebelum adanya janji temu sehingga kemungkinan mereka lupa menjadi lebih rendah. Selain itu, ketika prospek baru ditugaskan kepada mereka atau tugas baru dibuat untuk mereka, mereka akan menerima pemberitahuan instan. 
 
Dengan cara ini mereka dapat segera menindaklanjuti petunjuk dan mengurangi waktu panggilan balik  kepada pelanggan.
 
 
Masalah #3 - Ada Analisis Yang Tepat Mengenai Kinerja dari Sales Anda
 
Berbeda dengan tim sales internal, tim sales lapangan tidak terhubung langsung ke dalam CRM. Artinya, atribusi yang tepat dalam hal tenaga penjualan, pendapatan, dan geografi mungkin tidak dapat dilakukan.
 
Solusi - Dengan memiliki laporan rinci tentang penggunaan aplikasi, manajer dari tim sales penjualan dapat secara akurat memeriksa produktivitas dan efisiensi tim penjualan lapangan mereka. Selain itu, memiliki software CRM yang menyinkronkan data antara aplikasi desktop dan seluler yang akan lebih menyederhanakan prosesnya.
 
 
 
Berikut beberapa informasi tentang aplikasi sales lapangan untuk bisnis Anda manfaatnya dalam meningkatkan pertumbuhan dari bisnis berskala kecil Anda yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai keuntungan yang lebih maksimal.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan aplikasi sales lapangan,  CRM Sales App , aplikasi untuk sales performance automation software, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau mencari informasi tentang dunia SaaS dan CRM,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon