Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Kesalahan Yang Umumnya Ditemukan Ketika Menggunakan CRM Untuk Bisnis

18 Jun 2024 by Billy Gani
Dengan sedemikian banyaknya vendor penyedia layanan CRM, sistem & fitur untuk dipilih, menemukan software CRM terbaik untuk bisnis Anda dapat menjadi tantangan tersendiri. Dan mempertimbangkan kebanyakan bisnis yang masih menggunakan Excel untuk melacak penjualan, memilih software berbasis CRM yang berkualitas akan menjadi teritorial baru bagi sebagian besar bisnis.
 
Maka dari itu, dalam artikel berikut ini kami mencoba mengumpulkan beberapa informasi dari referensi sumber Hubspot yang dapat memberitahu Anda beberapa kesalahan umum dalam mengevaluasi dan memilih software CRM - sehingga bisnis Anda tidak perlu merasakannya.
 
 
Ketidakinginan Dalam Menggunakan CRM
 
Kesalahan terbesar yang dapat dilakukan bisnis adalah tidak menggunakan CRM di dalam strateginya. Tidak hanya perusahaan atau bisnis berskala kecil, tetapi juga masih banyak bisnis atau perusahaan yang berskala menengah hingga besar yang masih enggan menggunakan CRM. Manfaat dari CRM senantiasa besar, dan dalam pasar saat ini tidaklah ada alasan untuk tidak menggunakan strategi yang mudah dijangkau, moderen, dan mudah diimplementasikan ini.
 
 
Kegagalan Dalam Mendefinisikan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan CRM
 
Kesalahan terbesar yang dapat dilakukan oleh bisnis atau perusahaan ketika menggunakan CRM adalah belum menentukan apa yang sebenarnya diperlukan dari sistem bisnis. Hal ini membuat sulit untuk membandingkan sistem dengan benar. 
 
Bisnis Anda akan lebih cenderung membuat pilihan berdasarkan faktor-faktor yang kurang penting, seperti apakah Anda pernah mendengar tentang sistem tersebut, menggunakannya sebelumnya, atau sudah menggunakan software dari vendor yang sama.
 
Jika hal ini terjadi, sistem yang Anda pilih mungkin terlalu rumit, atau tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Membuat pilihan yang salah membuat sistem CRM tidak dapat digunakan dengan benar dan akhirnya menciptakan banyak masalah yang dapat diselesaikan.
 
Memang hal ini mengambil lebih banyak waktu, tetapi Anda dapat membuat daftar dari apa yang bisnis Anda perlukan dan menilai sistem CRM terkait berdasarkan daftar tersebut - secara idealnya, dapat memisahkan fitur terpenting yang memang bisnis Anda butuhkan. Anda dapat berakhir dengan memiliki daftar pendek yang dapat dipertimbangkan. 
 
Sebagian besar vendor penyedia CRM menyediakan free trial, sehingga Anda dapat menjalankan tes dari daftar singkat tersebut untuk menentukan sistem mana yang tepat untuk bisnis dan tim Anda gunakan. 
 
 
Memiliki Tujuan Yang Terlalu Rumit
 
Kesalahan terbesar yang sekiranya sering terjadi ketika menggunakan CRM adalah memiliki tujuan terlalu rumi dan membatasi adopsi maksimal dari CRM itu sendiri. Hal ini merupakan fakta dimana ketika tim pengembangan terlalu berfokus tentang bagaimana CRM dapat membantu pekerjaan mereka dan melupakan siapa yang akan menggunakan sistem tersebut. 
 
Hal yang juga terkadang dilupakan adalah bahwa siapa yang menggunakan sistem CRM terkait dan apakah sistem tersebut dapat membantu mereka menjual dengan lebih pintar, baik, dan cepat. 
 
Kami senantiasa menyarankan untuk memulai dengan fokus penjual dan memastikan bahwa bisnis Anda senantiasa mendapatkan manfaat dari CRM terkait.
 
 
Terlalu Percaya akan Fungsionalitas Yang “Out of The Box”
 
Seringkali Anda menemukan bahwa bisnis atau perusahaan membeli software berbasis CRM dengan gagasan bahwa software tersebut memiliki fitur out-of-the-box dan akan ‘berfungsi’ bagi bisnis mereka. Mereka menginvestasikan banyak uang dalam software CRM, padahal sebelumnya hanya menggunakan segelintir dokumen Excel yang berfungsi dengan cukup baik. Kenyataannya adalah fungsionalitas ’out-of-the-box’ menyediakan platform yang harus dan masih dapat  dibangun.
 
Untuk memastikan Anda membuat keputusan yang tepat saat memilih software CRM, Anda perlu menyelaraskan dengan jelas tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang Anda dengan platform terkait, dan memastikan Anda telah memilih CRM yang sesuai dengan bisnis Anda untuk jangka panjang.
 
Jika Anda meluangkan waktu untuk memilih vendor dan sistem CRM yang sempurna untuk bisnis berdasarkan tujuan dan metrik keberhasilan Anda, hal ini membuat Anda  tidak perlu mencari alternatif lain di masa depan.
 
 
Lupa Akan Strategi Penjualan dari Bisnis Anda
 
Kesalahan terbesar yang dilakukan dari bisnis dalam memilih CRM adalah tidak sesuai dengan tujuan dan strategi tim penjualan yang sudah dimiliki. Jika tim sales Anda menganggapnya terlalu berlebihan atau sulit untuk digunakan secara konsisten, maka hal tersebut akan sia-sia. Daya tanggap adalah segalanya dalam penjualan. 
 
 
 
 
Memilih Sistem Yang Tidak Kompatibel Dengan Bisnis Anda
 
Seiring dengan berkembangnya bisnis dan penjualan Anda, Anda pasti akan menghadirkan alat untuk otomatisasi pemasaran, panggilan telepon, dan manajemen kinerja penjualan -- jika Anda belum memilikinya. Semakin terintegrasi CRM Anda dengan alat tersebut, semakin baik. Hal ini akan menyelamatkan Anda dari banyak sakit kepala di kemudian hari.
 
 
Tidak Mengetahui Apa Data Yang Diperlukan Tim Sales Anda
 
Kesalahan terbesar lainnya yang dilakukan beberapa bisnis ketika memilih CRM adalah tidak memikirkan data spesifik yang perlu dikumpulkan sejak dini dan bagaimana CRM dapat memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis bersamaan dengan strategi bisnis. 
 
Bisnis Anda perlu memikirkan gambaran besar dan potensi penggunaan CRM Anda, bukan hanya apa yang Anda inginkan dari CRM saat ini. Banyak bisnis dan perusahaan yang pada awalnya berpikir tentang CRM sebagai alat ’penjualan’ namun semua prospek memulai hubungan dengan pelanggan melalui tim pemasarannya.
 
 
Mengabaikan Fitur Penting Dalam CRM
 
Kesalahan terbesar saya memilih CRM adalah tidak mempertimbangkan bagaimana data dimasukkan ke dalam sistem. Sangat mudah untuk berpikir bahwa Anda akan mengingat setiap detail percakapan penjualan yang Anda lakukan dengan prospek. 
 
Namun, kami dapat  menjamin bahwa Anda tidak akan bisa mengingat semua detailnya. Maka dari itu, menggunakan sistem CRM seperti SOLUX.id memudahkan pencatatan semua panggilan dan email Anda.
 
 
 
Berikut informasi akan kesalahan yang umumnya ditemukan ketika menggunakan CRM dalam bisnis yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai performa bisnis yang lebih maksimal.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon