Image

QUICK CONTACT













Image

Alasan Pentingnya Penggunaan Aplikasi Pelacakan Sales Untuk Tim Bisnis Anda

05 Jul 2024 by Billy Gani
Kalender, perencanaan, daftar tugas. Beberapa hal ini hanyalah beberapa alat yang biasa gunakan untuk tetap memantau aktivitas sehari-hari dalam kantor And. Namun bagaimana Anda bisa tetap memantau aktivitas penjualan dari tim Anda? Dengan software pelacak aktivitas penjualan. 
 
Jika Anda seorang manajer atau pimpinan dalam bagian penjualan, penting untuk menentukan matriks utama untuk mengevaluasi kinerja dari tim penjualan Anda.
Dengan menggunakan alat sasaran penjualan dan pelacakan aktivitas, Anda dapat memantau kinerja bisnis dengan lebih akurat dan mencapai sasaran penjualan dengan gambaran yang lebih jelas.
 
Dalam artikel berikut ini, kami mencoba menjelaskan tentang aplikasi pelacakan aktivitas penjualan dan cara menggunakannya. 
 
Aplikasi atau software untuk melacak aktivitas penjualan merupakan alat yang membantu tim sales penjualan Anda mengelola hal-hal seperti kontak, transaksi, dan kuota pelanggan dengan lebih efektif. Penggunaan software ini dapat mendukung tim sales dalam memantau dan menganalisis semua bagian yang bergerak dari proses penjualan mereka dan, pada gilirannya, membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik.
 
 
Mengapa Melacak Aktivitas Penjualan Penting Untuk Bisnis Anda
 
Baik dengan tujuan untuk mengasah keterampilan penjualan atau mengelola tim yang terdiri dari kontributor individu, melacak penjualan dan aktivitas yang mengarah ke sana, sangat penting untuk menjaga dan menutup jalur dengan sehat. 
 
Tanpa proses pelacakan yang tepat  atau software pelacakan aktivitas penjualan, pekerjaan dari tim bisnis Anda dapat terasa berat di mana masukan yang tidak dapat ditentukan akan menghasilkan keluaran yang tidak jelas — yang merupakan penyebab kelelahan dalam bisnis mana pun.
 
Untuk menciptakan budaya di mana talenta penjualan Anda benar-benar berkualitas, Anda perlu menerapkan solusi pelacakan yang tidak mengganggu proses bisnis yang dapat diidentifikasi dan diulang.
 
Kompleksitas dari software aktivitas penjualan Anda akan bervariasi sesuai ukuran dan anggaran dari bisnis Anda, mulai dari spreadsheet sederhana hingga bagian khusus  yang secara otomatis beroperasi di latar belakang.
 
Apapun yang terjadi, komponen utama dari pelacakan penjualan akan tetap sama. Berikut beberapa elemen pelacakan penjualan yang sekiranya penting untuk diketahui.
 
 
Elemen Pelacakan Penjualan
 
 
Sasaran Penjualan Bisnis
 
Dari pandangan atas ke bawah, software atau alat pelacak aktivitas penjualan harus dirancang untuk mencapai tujuan penjualan bisnis yang terukur. Jika sasaran Q3 adalah peningkatan pendapatan kuartal sebesar 10% sebesar $3MM, tim penjualan perlu menghasilkan tambahan penjualan sebesar $300K. 
 
Dengan menetapkan ukuran kesepakatan rata-rata, Anda dapat menentukan berapa banyak kesepakatan yang harus diselesaikan untuk mencapai tujuan dari bisnis Anda.
C-suite akan selalu menginginkan lebih banyak penjualan, itulah sebabnya  sangat penting untuk memiliki software pelacak aktivitas penjualan yang dapat menunjukkan kepada para petinggi bisnis tentang bagaimana cara mencapai tujuan.
 
Saat Anda ingin mencapai lebih banyak hal dalam departemen penjualan, baik 10% atau 50%, software pelacak aktivitas penjualan akan membantu pengambil keputusan memahami masukan tambahan apa yang diperlukan untuk mencapai angka tersebut. 
 
Hal ini dapat berbicara tentang meningkatkan jumlah karyawan Anda, mengotomatiskan alur kerja penawaran dari harga produk Anda, atau berinvestasi pada alat baru untuk meningkatkan skala penjualan bisnis.
 
 
 
 
Kuota Individual
 
Setelah tim sales Anda memiliki target yang terlihat, menentukan kuota individu akan berjalan semudah membagi total pendapatan yang diinginkan dengan jumlah repetisi dalam tim, dengan mempertimbangkan beberapa perbedaan wilayah dan aturan umum bahwa sekitar 70-80% repetisi Anda harus mampu memenuhi kuota mereka — jika tidak, kuota yang Anda tetapkan mungkin tidak realistis.
 
Melacak kuota sangat penting untuk menghitung komisi dari sales penjualan Anda, tetapi mungkin hal ini memiliki manfaat yang sering diabaikan.
 
Ketika beberapa kontributor di tim Anda secara konsisten melebihi kuota mereka, seluruh departemen akan memperhatikannya. Jika Anda telah merekrut orang yang tepat, rata-rata tim sales akan menyadari bahwa mereka perlu meniru perilaku individu yang berkinerja terbaik. 
 
Dalam sebuah bisnis yang menghargai komunikasi dan kolaborasi, peningkatan kinerja benar-benar dapat mengangkat semangat semua pihak.
 
 
Tolak Ukur Kinerja Tim Sales
 
Setelah Anda mengetahui berapa banyak pendapatan yang harus dihasilkan oleh setiap individu dari tim sales, Anda dapat mengelompokkan aktivitas yang secara historis diperlukan untuk menghasilkan pendapatan tersebut.
 
Baik tim penjualan Anda terdiri dari perwakilan siklus penuh atau SDR yang mengisi kalender dengan prospek yang memenuhi syarat, bekerjalah mundur dari target penjualan untuk menentukan masukan yang diperlukan dan uraikan tolak ukur tersebut dalam software pelacak aktivitas penjualan Anda.
 
 
 
 
Jika diperlukan 20 panggilan keluar untuk menjadwalkan demo yang memenuhi syarat dan AE Anda rata-rata mengonversi 20% demo, SDR Anda perlu melakukan 100 panggilan untuk menghasilkan kesepakatan yang tercapai.
 
Nilai kesepakatan tersebut dan ukuran dari sales penjualan Anda akan menginformasikan berapa banyak panggilan yang perlu dilakukan per bulan, dan software pelacak aktivitas akan merangkum masukan dari masing-masing kontributor Anda, perkembangan kesepakatan melalui tahapan saluran Anda, dan prospek baru yang muncul sebagai hasil dari upaya penjualan individu dan kolektif dari waktu ke waktu.
 
 
 
Berikut alasan pentingnya penggunaan aplikasi pelacakan sales untuk tim bisnis Anda ketika menggunakan CRM dalam bisnis yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai performa bisnis yang lebih maksimal.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon