Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Field Service Management (FSM)

18 Feb 2021 by Billy Gani

Teknologi telah senantiasa berevolusi dengan tempo yang cepat saat ini. Perubahan juga senantiasa terjadi secara simultan dalam setiap industri pada zaman digital ini. Hal ini perbedaan yang berkualitas dalam dunia bisnis yang dapat Anda rasakan salah satunya dari berkembangnya penggunaan bisnis berbasis mobile working. 

Dengan adanya berbagai platform dan alat kerja berbasis digital saat ini, melaksanakan pekerjaan secara operasional pun menjadi semakin mudah dan efektif. Begitu juga yang dirasakan dalam dunia pekerjaan berbasis teknis di lapangan. Teknisi dengan perangkat seluler di genggamannya sekarang dapat memberikan kinerja yang lebih baik dan melakukan pekerjaan mereka secara efisien tanpa perlu pengawasan secara langsung.

Apa Saja Hambatan Yang Senantiasa Terjadi Dalam Industri Dengan Teknisi Saat Ini?

  • Kesulitan dalam mengelola karyawan atau teknisi (khususnya dengan tingkat pendidikan yang rendah)
  • Kesulitan dalam merancang jadwal untuk setiap pekerjaan yang berdatangan (biasanya hanya berupa survival mode - berpikir hanya untuk hari demi hari).
  • Kesulitan untuk memeriksa log kerja dari setiap teknisi - Siapa saja yang bekerja dengan baik, atau melenceng dari pekerjaan dan waktu yang dihabiskan.
  • Membagi pekerjaan kepada teknisi secara tidak efisien - Misalnya jika A memiliki keahlian membenarkan mesin cuci, karena banyaknya pesanan akan service lain, A juga diberatkan dengan tugas untuk melaksanakan service mesin lain, padahal hal tersebut bukanlah keahlian dari A.
  • Bergantung pada kertas - Hal ini bersifat kurang baik karena berpengaruh pada penghabisan sampah kertas dan juga memiliki potensi kehilangan jika dibawa oleh teknisi dalam jumlah yang terlalu banyak dan bisa terselip.
  • Ada resiko dimana teknisi dapat “mengelabui” tim internal perusahaan karena tidak ada bukti konkrit akan pekerjaan dan perlengkapan yang dapat dilacak secara bersamaan.
  • Tidak dapat melacak alat atau perlengkapan yang diambil atau hilang saat dibawa oleh teknisi dalam melaksanakan service.

Apa Yang Sebenarnya Dimaksud Dengan Field Service Management?

Field Service Management merupakan solusi berbasis aplikasi maupun website untuk melacak dan memonitor setiap pekerjaan lapangan yang dilakukan teknisi agar senantiasa selaras dan terukur oleh perusahaan. Field Service Management dapat diartikan sebagai sistem yang terintegrasi dan dirancang untuk melacak berbagai komponen operasional dalam pekerjaan lapangan.

Komponen operasi tersebut biasanya berupa manajemen persediaan, pelacakan teknisi, penjadwalan kerja, pembagian shift dan deskripsi pekerjaan, portal bagi pelanggan, dan sebagainya. 

Jika ditinjau dari sektor software-as-a-service (SaaS), manajemen komponen melalui sistem manajemen lapangan ini dapat dikendalikan dan dikontrol melalui portal berbasis aplikasi atau website yang dapat diakses dari perangkat seluler teknisi terkait maupun perangkat desktop tim internal pada perusahaan.

Apa Saja  Manfaat Dari Field Service Management Untuk Perusahaan Anda?

Berdasarkan riset dari Capterra, ditemukan bahwa 97% pengguna software Field Service Management (FSM) memiliki beberapa dampak positif  pada bisnis yang mereka jalankan.

Field Service Management ini dapat membantu Anda untuk menjalankan tindakan operasional dari setiap teknisi dan memudahkan pengawasan terhadap setiap service yang dilakukan. Beberapa manfaat yang paling terasa dari penggunaan field service management ini adalah:

  • Data yang lebih terukur dan dilihat serta dilacak secara real-time. Hal ini memudahkan para tim internal untuk melacak keberadaan teknisi dan parts atau alat apa saja yang digunakan oleh teknisi. 
  • Sistem yang berjalan dengan lebih transparan dan ramah lingkungan (paperless).
  • Proses operasional layanan yang lebih efektif untuk tim internal, teknisi, dan tentunya konsumen Anda.
  • Penjadwalan yang lebih efisien - Salah satu masalah terbesar bagi teknisi lapangan dan operator internal adalah penjadwalan dengan e-field management ini, Anda dapat melakukan penjadwalan dan peringatan waktu yang lebih baik dan secara real-time. 
  • Mencocokkan Teknisi dengan Pekerjaan - Bagaimana jika Anda mengirim teknisi yang salah untuk pekerjaan yang salah? Tidak hanya akan menghasilkan pengalaman negatif bagi pelanggan Anda, hal tersebut juga akan mempengaruhi moral dari teknisi Anda. Field Service Management ini dapat membantu Anda mengarahkan tugas spesifik pada teknisi tertentu, yang memastikan Anda tidak berada dalam situasi diatas.

Apa Saja Hal Yang Membuat Field Service Management Ini Tepat Untuk Operasional Perusahaan Anda?

Ada 4 poin utama untuk Anda pertimbangkan ketika berinvestasi dengan software Field Service Management :

Penjadwalan Pekerjaan Teknisi Yang Lebih Efisien

Tentunya, penggunaan field service management ini dapat memobilisasi teknisi lapangan Anda dengan lebih efisien. Field Service Management dapat mempermudah Anda dalam membuat rancangan jadwal dari setiap teknisi sehingga dapat dengan mudah dilacak dan dikelola secara real-time.

Absensi Kehadiran & Pekerjaan Yang Lebih Baik

Anda tentu ingin agar teknisi lapangan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan lebih baik. Dengan sistem ini, setiap teknisi akan dengan mudah Anda absen dan berikan tugas yang lebih baik dan sesuai dengan keahlian mereka. 

Penerapan Disiplin SOP Yang Baik

Dengan adanya sistem field service management untuk teknisi, Anda dapat senantiasa mengelola agar setiap teknisi yang bersangkutan senantiasa mematuhi SOP dari perusahaan. Baik dalam pengambilan parts, waktu service, hingga sampai teknisi mengembalikan parts pada perusahaan Anda. Hal ini juga menyingkirkan resiko kecurangan yang dapat dilakukan oleh teknisi jika tidak menggunakan bukti konkrit saat memberikan pekerjaan tertentu.

Paperless

Sistem ini senantiasa dilengkapi dengan pembuatan invoices dan daftar layanan lengkap yang dapat langsung dikirimkan pada perangkat konsumen Anda sehingga tidak membutuhkan banyak kertas untuk dibawa oleh teknisi dan mendukung pelestarian lingkungan.

Berikut adalah beberapa tips dan informasi tentang industri berbasis field service yang Anda jalankan dan mungkin diperlukan untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan software teknisi untuk bisnis field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE melalui e-Field dapat membantu Anda.

e-Field merupakan Sistem Manajemen pekerja Lapangan terbaru dari EANNOVATE. e-Field adalah solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. e-Field tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 


Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui website e-Field.

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor,
Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8.
Central Jakarta. 10220

Image
TELEPON
+6221 5091 9703
Image
E-MAIL
hello@eannovate.co.id

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon