This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Mengenal Elemen Penting Dalam Merancang Website Company Profile Anda


27 Mar 2024 by Billy Gani

Pelanggan yang puas merupakan strategi bisnis yang paling efektif, ujar Michael LeBoeuf. Dan kebahagiaan pelanggan, sama seperti sekiranya kebahagiaan personal bukanlah sebuah destinasi, tetapi sebuah perjalanan. Dalam dunia modern dengan komunikasi online yang aktif, website berbasis company profile menjadi salah satu bagian perjalanan pengguna, yang biasa juga dapat menjadi awal. 
 
Dalam artikel berikut ini, mari kita pertimbangkan beberapa elemen kunci ketika Anda ingin mulai merancang desain dari website company profile yang bisnis Anda miliki.
 
 
Apa Yang Sebenarnya Dimaksud Dengan Website Company Profile
 
Website company profile atau website korporat merupakan website yang bertujuan untuk merepresentasikan sebuah perusahaan atau bisnis, aktivitas, sejarah, dan misi yang dimilikinya. Target audiens utama dari website dengan jenis ini biasanya sebuah bisnis atau perusahaan yang memiliki layanan atau produk - bergantung pada jenis bisnis, konversi keuntungan untuk pembelian, kesepakatan atau kontrak tertentu. 
 
Dan juga, sebuah website dengan jenis company profile ini biasanya memberikan informasi tentang layanan dan alur kerja, lalu membagikan kunci nilai dan filosofi perusahaan, serta menampilkan portfolio dan tanda kepercayaan kepada pelanggan.
 
Website company profile harus dapat merepresentasikan brand korporat secara kredibel, terpercaya, dan profesional, secara langsung membantu menghubungkan klien potensial kepada tim representatif dari bisnis atau perusahaan. Dan juga, segmen lain dari pengguna mungkin membutuhkan mereka yang ingin bekerja dalam bisnis atau perusahaan terkait seperti para pencari kerja. 
 
Dalam hal ini, biasanya website memiliki fitur informasi tentang tim, lowongan pekerjaan yang tersedia, persyaratan yang dibutuhkan untuk tim dalam bisnis, dan aktivitas serta acara yang dijalankan.
 
Website dengan jenis company profile menjadi titik kontak penting untuk membagikan posisi, nada, dan tone dari brand Anda. Bagaimana Anda menggambarkan bisnis atau brand Anda? Apakah brand Anda mudah dideskripsikan oleh pelanggan? Menyenangkan atau serius? Apakah komunikasinya kepada calon pembeli dengan gaya formal, informal, atau semi formal?
 
Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin terdengar jauh dari bisnis, yang biasanya senantiasa membahas tentang keuangan, keuntungan, tempat penjualan, dan hal-hal lainnya. Namun, tetap saja, jawabannya mempengaruhi fitur yang menentukan citra dari bisnis atau perusahaan Anda. 
 
Jenis hubungan bisnis juga sangat mempengaruhi aspek inti desain untuk UX dalam struktur dan konten dalam website untuk bisnis atau perusahaan. Hal ini menetapkan jenis hubungan B2C, B2B, atau B2C dan memungkinkan tim kreatif menemukan tata letak yang tepat dan pola interaksi mental yang umum, yang dapat memprediksi kemungkinan perilaku pengguna.
 
Mari kita periksa beberapa poin penting yang harus disertakan dalam website berbasis company profile untuk mencapai tujuan yang dijelaskan.
 
 
Proposisi Nilai Yang Jelas
 
Proposisi nilai adalah presentasi yang lugas dan tajam mengenai permasalahan yang dipecahkan dari bisnis atau perusahaan dan manfaat yang diberikan kepada pelanggannya. Jangan salah, struktur dan konten dari website berbasis company profile untuk bisnis dan perusahaan harus berkisar pada detik-detik pertama interaksi dari pengguna. Dan setiap detail harus mampu mengungkap esensinya.
 
Salah satu pendekatan praktisnya adalah dengan beralih dari inti ke detail, trik yang disebut Prinsip Piramida Terbalik secara tertulis. Ide ini membuat pengguna beralih dari apa yang perlu diketahui pada hal yang menyenangkan untuk diketahui, mulai dair pesan inti hingga detailnya, yang mungkin tidak terlalu penting.
 
Dengan mengatur konten berdasarkan hal ini, tim Anda dapat mengungkap pengalaman menarik dimana pengguna dapat segera menangkap informasi penting dan kemudian menyelami lebih dalam jika mereka mau atau beralih ke komunikasi langsung jika semua yang mereka butuhkan sudah habis dan menyelam lebih dalam pada hal lain selain dari tujuan mereka. Jenis konten utama yang berperan dalam hal ini meliputi teks, visual, dan video.
 
 
 
 
Konten teks memainkan peran penting dalam komunikasi dengan pengguna. Presentasi visualnya yang efektif tidak hanya penting untuk kinerja halaman yang tinggi, namun gaya, struktur, dan kosa kata juga harus sesuai dengan harapan pengguna akan sebuah halaman. Gaya dan cara teks harus mengikuti tujuan bisnis dan kebiasaan serta kebutuhan dari target audiens Anda.
 
Riset pengguna akan lebih efektif dalam masalah ini untuk melihat bagaimana pengguna ingin berkomunikasi, sementara copywriter profesional akan membantu memperkuat desain dengan kekuatan kata-kata. Dan menurut prinsip Piramida Terbalik yang disebutkan di atas, dalam teks, instruksi, dan pesan yang digunakan untuk website company profile, sebaiknya Anda berfokus pada informasi bernilai mulai dari awal dan tidak mengalihkan perhatian pengguna dengan terlalu banyak pendahuluan.
 
Tentu saja, hal ini tidak membuat Anda untuk membuat teks dan copy yang tidak menarik, tidak emosional, dan hanya berisi informasi. Namun,  cobalah untuk meminimalkan bagian yang mendukung dan memaksimalkan bagian yang lebih aktif dalam menarik perhatian pengguna.
 
Penting juga untuk diingat bahwa teks itu sendiri adalah bagian dari desain. Jadi, font yang digunakan untuk menyajikannya, ukurannya, komposisinya, susunannya, dan penempatannya dalam tata letak halaman website juga secara signifikan mempengaruhi bagaimana informasi tersebut dirasakan, asosiasi mana yang ditetapkan, dan seberapa meyakinkan pesan tersebut terlihat oleh pengguna.
 
Selain itu, satu poin penting lagi  untuk menyajikan proposisi nilai secara lebih efektif adalah Anda perlu menggunakan berbagai jenis gambar. Bukan rahasia lagi bahwa dalam banyak kasus, sebuah gambar dapat bermakna ribuan kata. Untuk berbagai jenis website, khususnya website berbasis company profile, gambar sangat mendukung dan efektif dalam menyampaikan pesan yang dibutuhkan.
 
Gambar ini biasanya merupakan bagian dari konten yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik secara estetis dan emosional, yang sangat penting untuk kesan pertama yang ingin dibuat oleh banyak bisnis dengan kehadiran website company profile mereka.
 
 
Identitas Visual Yang Konsisten
 
Identitas visual yang kuat adalah citra yang diciptakan melalui fitur-fitur yang membedakan dan meningkatkan kesadaran pengguna serta kemampuan mengenali bisnis Anda pada ranah online. Dalam desain, branding bekerja melalui serangkaian elemen visual yang mendefinisikan gaya brand, seperti logo, typography, warna brand, dan sejenisnya. Keseluruhannya merupakan alat yang ampuh untuk menciptakan pengenalan visual dari brand bisnis Anda.
 
Berdasarkan analisis target audiens dan riset pemasaran/pelanggan, branding memainkan peran penting dalam promosi produk karena persepsi visual sangat cepat dan mudah bagi kebanyakan orang, jauh lebih mudah dibandingkan ketika membaca teks dan jauh lebih berkesan dibandingkan ketika mendengarkan pidato.
 
Terlebih lagi, jika brand Anda sudah mapan, tanda-tanda identitas visual yang terlihat pada detik pertama ketika mengakses sebuah website akan meningkatkan tingkat kepercayaan dari pengguna. Jadi, identitas visual harus digunakan secara konsisten dalam website bersamaan dengan titik kontak komunikasi serta promosi bisnis atau perusahaan lainnya.
 
 
Tanda Pencapaian & Kepercayaan
 
Tidak diragukan lagi, salah satu faktor penting kesuksesan bisnis adalah kepercayaan. Jadi, dalam merancang dan mengembangkan website berbasis company profile, kita harus memikirkan bagaimana cara yang tepat dalam menyajikan pengguna informasi. 
 
Hal ini perlu menunjukkan pengakuan publik atau pakar, pendapat klien, kemitraan, pencapaian, dan hal lain yang dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang kepercayaan dan keandalan dari bisnis atau perusahaan Anda.
 
Berikut beberapa poin yang dapat diperhatikan :
 
Favicon
 
 
 
 
Favicon, juga dikenal sebagai ikon URL atau ikon bookmark, adalah jenis simbol yang mewakili produk atau brand Anda pada baris URL browser dan pada tab bookmark. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan koneksi visual cepat saat mereka menjelajahi mesin pencarian. Hal ini juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap fungsionalitas dari website Anda.
 
Kecil namun bermakna, elemen UI atau antarmuka ini terbukti efektif untuk mempromosikan website company profile yang produktif dan identitas visualnya dapat dikenali dengan baik.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang elemen penting dalam merancang website company profile yang sekiranya dapat Anda pertimbangkan ketika akan menggunakannya untuk bisnis Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.