This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Mengenal Lebih Dekat akan Pengujian Keamanan Untuk Software Digital Anda


20 Feb 2024 by Billy Gani

Jika bisnis Anda ingin mengurangi kelemahan keamanan dan menghilangkan ancaman keamanan, anda perlu memprioritaskan pengujian keamanan bagi software Anda. Kebanyakan bocornya data terjadi pada kurang kuatnya lapisan keamanan pada aplikasi yang digunakan.
 
Oleh karena itu, bisnis Anda harus memprioritaskan pengujian keamanan dari mobile apps yang Anda miliki. Sayangnya, banyak dari bisnis yang sampai saat ini masih kewalahan dengan banyaknya informasi pengujian keamanan yang tersedia.
 
Pengujian keamanan untuk software digital apa yang paling penting untuk mobile apps dari bisnis Anda? Alat pengujian keamanan untuk software dengan jenis manakah yang terbaik untuk digunakan?
 
Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba membantu bisnis Anda  dalam menyaring kekayaan informasi pengujian keamanan. Selain itu, kami juga membantu memberikan beberapa informasi untuk memahami segala hal yang perlu diketahui tentang pengujian keamanan software digital sehingga dapat mengurangi kelemahan dan meningkatkan postur dari segi keamanan untuk produk digital bisnis Anda.
 
 
Perbedaan Jenis Dari Pengujian Keamanan Untuk Software
 
Ada beberapa cara dan jenis pengujian yang senantiasa berbeda untuk melakukan pengujian keamanan. Pendekatan pengujian keamanan yang paling sesuai untuk mobile apps website Anda akan bergantung pada kebutuhan bisnis dan masalah keamanan yang paling berpotensi bahaya untuk produk digital Anda.
 
Berikut beberapa jenis pengujian keamanan software digital yang biasa digunakan: 
 
 
Pengujian Penetrasi
 
Pengujian penetrasi sangat bernilai karena dapat mensimulasikan serangan dari peretas online. Umumnya, pengujian penetrasi akan menargetkan sistem atau komponen aplikasi dari produk digital tertentu untuk melihat ketahanannya terhadap serangan berbahaya.
 
Pengujian dengan cara penetrasi adalah cara terbaik untuk menyoroti risiko dan kerentanan keamanan karena serangan ini meniru kondisi dan pola serangan pada dunia nyata.
 
 
Pengujian dengan Pemindaian Kerentanan
 
Pemindaian kerentanan adalah proses otomatis yang memanfaatkan pemindai kerentanan untuk mencari potensi kerentanan dengan membandingkan sistem software dengan tanda kerentanan yang diketahui. Menemukan kerentanan sangat penting sebelum hal tersebut dapat dieksploitasi. Untungnya, pemindai kerentanan mengotomatiskan seluruh proses, sehingga memudahkan bisnis dan tim Anda dalam menemukan dan mengatasi kerentanan yang ditemukan.
 
Satu-satunya masalah adalah alat keamanan ini bergantung pada tanda kerentanan yang diketahui, sehingga serangan baru dapat mengeksploitasi kerentanan yang tidak ditemukan.
 
 
Pemindaian Keamanan
 
Pemindaian keamanan melibatkan identifikasi kelemahan dalam jaringan atau sistem dan menawarkan solusi untuk meminimalkan kerentanan gangguan keamanan dari produk digital terkait. Alat pengujian keamanan untuk software digital ini sering kali menawarkan pengujian keamanan secara otomatis dan manual.
Ada dua jenis alat pemindaian keamanan, pengujian keamanan aplikasi dinamis, dan pengujian keamanan aplikasi statis. Alat pengujian keamanan dengan sifat dinamis dijalankan tanpa pengetahuan sebelumnya tentang sistem atau software yang diuji.
 
Alat pengujian dinamis mengidentifikasi kerentanan dalam kondisi aketika aplikasi Anda dijalankan. Di sisi lain, alat pengujian keamanan statis dijalankan dengan pengetahuan sebelumnya tentang sistem atau software terkait. Oleh karena itu, alat pengujian statis mencari kerentanan dalam kode sumber aplikasi yang tidak digunakan.
Ada juga alat pengujian keamanan aplikasi interaktif, yang biasa disebut dengan hybrid. Alat pengujian dengan sifat hybrid ini menggunakan kombinasi teknik pengujian dinamis dan statis. Alat-alat ini bekerja dengan baik dalam lingkungan pengembangan dengan metode Agile dan DevOps di mana alat dinamis atau statis tradisional mungkin terlalu memakan waktu.
 
 
Ethical Hacking / Peretasan Secara Etis
 
Peretasan etis melibatkan peretasan software, jaringan, atau sistem dari bisnis Anda. Perbedaan antara peretasan etis dan peretasan jahat adalah tujuan akhirnya. Peretas jahat melakukan peretasan untuk keuntungan pribadi. Peretasan etis melakukan peretasan untuk mengungkap kelemahan dan celah dari keamanan sistem. Bisnis Anda dapat mempekerjakan peretas etis untuk menemukan kelemahan dalam software digital yang bisnis Anda miliki.
 
 
 
 
Apa perbedaan antara pengujian penetrasi dan peretasan etis yang kedengarannya sama? Kedua konsep ini serupa, namun berbeda. Penguji penetrasi fokus pada area tertentu yang dapat diminta oleh bisnis Anda.
 
Di sisi lain, peretas etis menyerang sistem dimanapun dan dengan cara apa pun yang mereka inginkan, sehingga hal ini merupakan ujian yang jauh lebih luas terhadap praktik keamanan dari produk digital dan sistem bisnis Anda.
 
 
Audit Keamanan
 
Audit keamanan tidak melibatkan pengujian software secara aktif. Audit keamanan merupakan pemeriksaan software digital secara mendetail untuk menemukan kelemahan dalam kode.
 
Audit tidak selalu harus menjadi proses internal. Ada juga audit eksternal, yang dapat membantu karena tim audit eksternal tidak memiliki hubungan yang sama dengan software digital seperti yang dimiliki bisnis Anda.
 
 
Risk Assessment
 
Jenis pengujian untuk software digital ini ini melibatkan analisis dan klasifikasi risiko keamanan yang dapat diamati secara lebih mendalam. Risiko dinilai dari rendah hingga tinggi.
 
Selain memberi peringkat risiko keamanan dari rendah ke tinggi, penilaian risiko juga menawarkan pengendalian dan tindakan bagi bisnis Anda yang dapat diadopsi untuk meminimalkan risiko mereka.
 
 
Posture Assessment 
 
Posture Assessment menggabungkan berbagai pengujian keamanan yang tercantum di atas untuk menunjukkan keseluruhan postur keamanan suatu dari sebuah bisnis. Posture Assessment mungkin tidak memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda, namun akan sangat berguna setelah Anda menetapkan standar keamanan untuk melihat seberapa efektif dan kuat standar keamanan tersebut.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi tentang pentingnya pengujian keamanan untuk software yang dapat Anda kenali lebih dalam untuk pengembangan produk digital dari bisnis Anda.
 
Jika Anda mencari tim software house yang profesional dan berkualitas untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan software house profesional seperti WebsiteMobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi software house solusi Anda.
 
Selain itu, untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.