This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Kenali Cara Mengoptimalkan Rute FSM Untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda


22 Feb 2024 by Billy Gani

Menjaga pemberian rute untuk teknisi lapangan Anda tetap teratur dapat memakan waktu dan membuat tantangan tersendiri bagi bisnis Anda. Optimalisasi rute layanan untuk teknisi  adalah salah satu solusi terbaik untuk jadwal layanan yang campur aduk dan rute yang tidak dikelola.
 
Sebelum membahas kesulitan dalam memecahkan keterbatasan dan preferensi dalam optimasi rute, pertimbangkan pentingnya prosedur ini. Bisnis berbasis field service saat ini sangat bergantung pada transportasi dan jaringan pengiriman yang efisien dalam lanskap yang selalu berubah.
 
Untuk mempertahankan keunggulan pada pasar dan memenuhi kebutuhan klien, bisnis Anda harus memastikan pemberian layanan tepat waktu dan hemat biaya. Optimalisasi rute dalam layanan lapangan bermanfaat bagi bisnis Anda dan lingkungan juga.
 
Mari kita bahas lebih dalam tentang hal ini dalam artikel berikut.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Pengoptimalan Rute Untuk Bisnis Berbasis FSM?
 
Pengoptimalan rute layanan lapangan adalah proses menemukan rute paling ekonomis untuk penyampaian layanan dari bisnis Anda. Ada berbagai aspek yang diperlukan untuk membangun rute yang optimal, termasuk penjadwalan, transportasi, dan pemberhentian rute. Pengoptimalan rute layanan lapangan juga demikian.
 
Sebagai pemilik bisnis atau manajer layanan lapangan, Anda harus mempertimbangkan aktivitas keseharian dari teknisi layanan lapangan Anda, ekspektasi klien, dan jenis software pelacakan lokasi teknisi yang digunakan untuk melacak lokasi mereka ketika menjalankan tugasnya  dalam memberikan solusi terbaik untuk pelanggan Anda.
 
Ada banyak komponen bergerak dalam pengoptimalan rute ini. Banyak bisnis telah beralih untuk menggunakan otomatisasi dalam meningkatkan efisiensi untuk jalur layanan bisnis mereka dan menjaga proses ini berjalan lancar.
 
 
Bagaimana Anda Dapat Meningkatkan Pengoptimalan Rute Untuk Layanan FSM?
 
Sebagai sebuah bisnis yang berjalan dalam industri layanan lapangan, bagaimana Anda dapat mengoptimalkan rute pengiriman teknisi Anda? Salah satu jawaban yang paling sering ditemukan dan senantiasa efektif adalah otomatisasi. Software otomatisasi untuk pengoptimalan rute dapat membantu bisnis Anda secara nyata dan lebih efektif.
 
Mengoptimalkan jadwal adalah langkah pertama dalam menyempurnakan rute dari layanan bisnis Anda. Pengoptimalan jadwal saat ini dapat ditambahkan dengan bantuan AI untuk mengoptimalkan jadwal layanan Anda secara real-time berdasarkan batasan bisnis yang dapat dikonfigurasi. 
 
Dengan perkembangan ekonomi baru dan teknisi yang menjadi lebih  mandiri, memiliki software untuk penjadwalan layanan lapangan menjadi lebih penting dari sebelumnya.
 
Hal ini dapat memperhitungkan seluruh tim  dan teknisi untuk memastikan bahwa tidak ada pekerjaan yang terlewatkan dan setiap karyawan digunakan untuk potensi terbaiknya. Belum lagi, akan lebih mudah bagi tim dan teknisi dalam menyesuaikan pergantian shift, liburan, dan izin. Karena akses real-time ini, hari-hari pembuatan jadwal yang kurang efisien dapat dikurangi dan memberikan pihak bisnis dan tim Anda keleluasaan yang lebih baik.
 
 
Bagaimana Pengoptimalan Rute Dapat Membantu Bisnis FSM Anda?
 
Anda dapat meningkatkan aktivitas keseharian bisnis secara signifikan dengan menggunakan software manajemen layanan lapangan( FSM)  untuk perencanaan rute bagi teknisi Anda. Anda dapat dengan mudah memilih teknisi yang tepat dengan keterampilan yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sedikit keausan kendaraan sambil mengakses data waktu nyata. Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan dari bisnis Anda dengan menggunakan mobile apps berbasis FSM.
 
Dengan bantuan software manajemen layanan lapangan, rute terpendek akan dihitung dan ditampilkan, yang akan membantu teknisi lapangan Anda untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat dan menyelesaikan tugas.
 
 
 
 
Standar serupa berlaku untuk bisnis dengan skala besar dan kecil - Anda harus dapat merencanakan tugas dengan cepat dan memiliki visibilitas terhadap teknisi lapangan Anda. Meskipun, seringkali hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
 
Teknisi lapangan mungkin mengalami kekurangan komunikasi di lapangan, atau Anda mungkin mendapati teknisi Anda membuang-buang waktu ketika berkendara keliling kota. Pemesanan layanan berulang menunjukkan bahwa jadwal Anda kurang stabil dan Anda tidak memberikan pengalaman positif bagi pelanggan.
 
Apa pendekatan terbaik untuk mengatasi hambatan-hambatan ini? Menggunakan software manajemen layanan lapangan untuk penjadwalan dan pengiriman dari teknisi Anda.
 
 
Manfaat Penggunaan Pengoptimalan Rute Dengan Software FSM
 
Masalah yang Anda hadapi bersifat universal, baik ketika Anda menjadwalkan layanan pada cakupan wilayah yang lebih kecil atau mencakup wilayah yang lebih luas di seluruh negara. Sulit untuk memaksimalkan pesanan dan pendapatan dari kendaraan dan teknisi kerja Anda jika memiliki tantangan ini.
 


Software manajemen layanan lapangan untuk pengoptimalan rute dapat membantu bisnis Anda. Berikut beberapa manfaat penggunaannya diantaranya : 
 
 
Meningkatkan Pendapatan Teknisi Lapangan Sekaligus Mengurangi Biaya
 
Bisnis mana yang tidak tertarik untuk menurunkan biaya operasional dan meningkatkan pendapatan per teknisi lapangan? Margin yang rendah selalu menjadi kekhawatiran bagi bisnis apa pun yang menawarkan rute pengiriman atau layanan di tempat. 
 
Aspek kunci dari manajemen tenaga kerja dengan bantuan software adalah memastikan bahwa tim teknisi dan internal Anda dapat bekerja seefisien mungkin dan tidak membuang-buang bahan bakar atau tenaga dari teknisi Anda.
 
 
Skalakan Tim Layanan Tanpa Menambah Lebih Banyak Staf 
 
 
Pengiriman/Perencanaan
 
Setiap hari, tim internal bisnis Anda Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengatur jadwal, shift, pengiriman teknisi ke tempat pelanggan, dan janji temu. Software FSM dengan pengoptimalan rute layanan lapangan dapat mengurangi prosedur perencanaan dari jam menjadi menit. Jadwal dapat dibuat untuk bisnis Anda terlebih dahulu, sehingga menghasilkan perencanaan jangka panjang yang lebih baik.
 
Hal ini juga memperhitungkan ketersediaan tim dari bisnis Anda – hari libur, liburan, istirahat makan siang, waktu istirahat mengemudi dapat lebih terkontrol, ketersediaan waktu dari pelanggan (misalnya, hanya hari Senin dan Kamis), tenggat waktu, dan faktor lainnya.
 
Hal ini mungkin tampak berisiko karena banyak hal yang dapat berubah sebelum tanggal pengiriman atau layanan, namun sebenarnya tidak. Sistem manajemen layanan lapangan juga memungkinkan Anda bereaksi dengan cepat terhadap kejadian tak terduga seperti pembatalan pelanggan atau kerusakan kendaraan dan merencanakan ulang seluruh jadwal.
 
Perencanaan jangka panjang memungkinkan bisnis Anda untuk mengetahui di mana Anda memiliki ruang untuk mengembangkan dan meningkatkan skala operasional, sehingga menghasilkan omset  dan margin keuntungan yang lebih besar.
 
 
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda
 
Bisnis modern Anda senantiasa berjalan dengan adanya resiko -  Ulasan pelanggan saat ini lebih mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan Anda dibandingkan sebelumnya. Pada tahun 2023 kemarin, 97% pelanggan menggunakan internet untuk mencari bisnis lokal, dan 85% dari mereka meninjau ulasan pelanggan sebelum melakukan transaksi pembelian layanan atau produk yang mereka butuhkan.
 
Ulasan senantiasa penting tidak hanya untuk bisnis raksasa e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia. Hal ini berdampak pada semua bisnis yang berhubungan dengan pelanggan. Jika Anda ingin calon pelanggan dari bisnis Anda mempercayakan uang mereka kepada Anda, Anda harus membangun reputasi online yang realistis dan positif bagi mereka.
 
 
 
 
Estimasi waktu kedatangan, pelacakan, dan notifikasi melalui SMS dan email secara real-time yang diberikan sebelum pengiriman atau panggilan layanan terjadi dapat membantu Anda menghindari penundaan, pengiriman teknisi yang terlewat, atau janji temu yang ditunda. Hasilnya, kepuasan klien dan loyalitas brand Anda senantiasa meningkat.
 
Dengan bantuan software manajemen layanan lapangan yang berkualitas, Anda dapat meningkatkan frekuensi kedatangan teknisi lapangan Anda secara tepat waktu dan menghindari kegagalan pengiriman teknisi ke rumah pelanggan secara lebih efektif. 
 
 
 
Buat pelanggan Anda senang yang juga dapat mengurangi kontak dukungan yang tidak diinginkan, seperti pertanyaan “Apakah teknisi sudah dalam perjalanan menuju rumah saya?” atau panggilan telepon yang diterima sebagian besar bisnis yang menyediakan layanan jasa setiap hari.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi bagaimana Anda dapat mengoptimalkan software field service bagi bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan software teknisi untuk bisnis field service management yang Anda jalankan, EANNOVATE melalui e-Field dapat membantu Anda.

e-Field merupakan Sistem Manajemen pekerja Lapangan terbaru dari EANNOVATE. e-Field adalah solusi siap sedia untuk memantau kinerja, pelacakan langsung, memantau kehadiran teknisi, memperbarui status, penjadwalan, dan banyak lagi untuk teknisi Anda. e-Field tepat digunakan untuk memberikan pelayanan dari cleaning, service, instalasi untuk mencapai kepuasan pelanggan anda. 
 
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui website e-Field.