This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Mengenal  Pengaruh Push Notifications Untuk Website & SEO dari Bisnis Anda  


19 Mar 2024 by Billy Gani

Push notifications untuk website dapat merepresentasikan kesempatan besar bagi para pemasar untuk berhubungan dengan target audiens potensial - jika digunakan dengan efektif. Statistik menunjukkan bahwa hampir 80% pemasaran terjadi dan berhasil, dihasilkan dari jumlah browser yang mendukung penggunaan web push (PushPushGo), dengan tingkat CTR hingga hampir tujuh kali lebih tinggi dibandingkan dengan pemasaran berbasis email, dan tingkat pembukaan email yang lebih besar hingga 50%.
 
Namun, penggunaan push notifications saat ini masih membagi pengguna. Beberapa pengguna masih suka untuk menerima pembaruan berita yang bernilai dan informatif tentang brand atau bisnis yang mereka ikuti , tetapi di sisi lain masih banyak pengguna yang berpikir bahwa hal tersebut berdampak buruk terhadap keseluruhan pengalaman mereka jika tidak ditampilkan secara benar.
 
Dalam artikel berikut ini, mari kita bahas lebih dalam tentang push notifications untuk website ,dan melihat bagaimana Anda dapat mengoptimalkannya dengan SEO untuk meningkatkan performa digital dari bisnis Anda.
 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Push Notifications Website?
 
Push notifications untuk website merupakan pesan yang dikirimkan oleh website bagi pengguna yang menyetujui untuk menerima informasi tentang bisnis terkait. Notifikasi ini dikirimkan dalam layar perangkat desktop atau seluler ketika mereka mencari sesuatu secara online. Pengguna tidak perlu memasuki website Anda untuk menerima notifikasi ini.
 
Tampilan dari push notifications berbasis website ini bervariasi tergantung sistem operasi dari perangkat yang dimiliki oleh pengguna. Dalam format desktop, pesan yang dapat diklik ini biasanya akan bergeser dari bagian atas kanan atau bawah kanan.
 
Penting bagi Anda untuk mengingat bahwa ada beberapa jenis notifikasi yang dapat diterima pengguna. Contohnya “push notifications website” dan “push notifications” tidaklah hal yang sama. Mari kita bahas singkat tentang perbedaannya : 
 
 
Anatomi Pesan dari Web Push Notifications
 
Penting bagi bisnis Anda dan tim pemasar untuk memahami ada beberapa elemen yang perlu dikonfigurasikan atau dimaksimalkan dari hasil push notifications berbasis website, berikut beberapa diantaranya : 
 
 
 
 
Berikut beberapa komponen kunci dari push notifications berbasis website yang perlu Anda pahami : 
 
 
Judul
 
Judul notifikasi merupakan nama dari bisnis Anda. ingatlah bahwa bergantung pada browser yang digunakan, judul yang panjang mungkin dapat terpotong yang dapat mempengaruhi SEO dan keterlibatan dari pengguna. Sebaiknya Anda menggunakan kurang dari 30 karakter untuk bagian judul.
 
 
Konten
 
Konten merupakan dimana Anda mendeskripsikan pesan yang ingin Anda sampaikan. Karakternya harus Anda jaga agar senantiasa singkat untuk berbagai jenis mesin pencarian yang bervariasi, yaitu di bawah 120 karakter.
 
 
URL
 
Hal ini merupakan domain website Anda, dan membuat pengguna dengan mudah mengidentifikasikan push notification dari website Anda.
 
 
Ikon
 
Anda memiliki opsi untuk memilih gambar apapun yang Anda inginkan, tetapi bijaklah dalam memilih ikon bisnis, untuk meningkatkan kesadaran merek. Ukuran ikon yang direkomendasikan adalah 192 x 192 pixels.
 
 
Ikon Browser

Hal ini merupakan logo dari browser yang mengirimkan pesan dari bisnis Anda. Bergantung pada mesin pencarian terkait, mungkin bagi Anda untuk mengubah atau menghilangkannya jika memang dirasa tidak diperlukan.
 
 
 
Gambar Notifikasi
 
 
 
 

Untuk pengguna yang menggunakan sistem OS Windows, Android, atau Chrome, push notifications berbasis website juga dapat menampilkan gambar. Ukurannya sekitar 360 x 240 pixels. Pastikan bahwa gambar yang Anda pilih senantiasa relevan dan membantu mengkomunikasikan pesan Anda dengan jelas.
 
 
Notification Badge
 
Badge ini muncul ketika pengguna menggunakan Chrome atau perangkat seluler berbasis Android mereka. Hal ini dapat menjadi kesempatan bagi pemasar untuk membuat pesan bermakna bagi pengguna, khususnya ketika ikon Chrome dalam notifikasi dapat digantikan dengan ikon dari bisnis Anda. Ukuran yang direkomendasikan adalah 72 x 72 pixels. Ingatlah bahwa badge ini biasanya akan diubah menjadi format warna monokrom.
 
 
 
Cara Mengoptimalkan Push Notifications Berbasis Website Untuk Bisnis Anda
 
Sederhananya, ketika Anda membuat sebuah push notifications berbasis website, tidak secara langsung hal tersebut dapat menjadi alat pemasaran. Untuk menghasilkan strategi yang khusus dari push notifications berbasis website, Anda perlu secara strategis memikirkan pesan apa yang ingin Anda sampaikan. Berikut beberapa faktor yang dapat Anda pertimbangkan : 
 
 
Waktu Yang Tepat Senantiasa Penting
 
Jangan membuat kesalahan umum dimana Anda mengirimkan push notifications tanpa memikirkan waktu ketika pengguna menerimanya. Pastikan bahwa Anda memahami dimana pengguna berada dan menjadwalkan notifikasi berdasarkan zona waktu tempat mereka berada untuk memastikan Anda meraih perhatian ketika mereka sedang aktif menggunakan perangkatnya.
 
 
Konten Yang Menarik Adalah Kunci
 
Selalu ingat target audiens Anda ketika merancang push notifications berbasis website dan konten di dalamnya. Buatlah pesan Anda jelas, dan hindari penggunaan jargon. Pesan Anda harus bersifat persuasif dan jelas  dalam mengindikasikan pesan apa yang Anda maksud dan bagaimana manfaatnya didapatkan oleh pengguna. 
 
 
Gunakan Rekomendasi Yang Terpersonalisasi
 
Pendekatan yang dipersonalisasi sangat penting, karena dapat membantu menumbuhkan loyalitas merek di antara pengguna dan meningkatkan tingkat reaksi hingga empat kali lipat. Pendekatan ini juga berfungsi dengan baik di antara pengguna yang kurang terlibat, karena Anda dapat mengirim pesan tindak lanjut yang dipersonalisasi kepada mereka.
 
Pastikan pesan tersebut relevan bagi pengguna, dan pastikan untuk memanfaatkan fitur penyesuaian dan segmentasi semaksimal mungkin melalui penyedia push notifications berbasis website.

 
 
Ciptakan Rasa Urgensi Untuk Membuka Notifikasi Pada Pengguna

Buatlah konten yang berorientasi pada tindakan pengguna, karena hal ini akan meningkatkan kemungkinan konversi, namun menciptakan rasa urgensi saat pengguna melihatnya. 
 
Misalnya, Anda harus memberi pengguna keterangan akan waktu terbatas untuk mengambil tindakan — Pengguna lebih suka mengunjungi website Anda secara langsung dan berinvestasi dibandingkan dengan menundanya sampai nanti dan berujung dengan lupa.
 
 
Hindari Pengiriman Notifikasi Yang Terlalu Sedikit
 
Meskipun frekuensi pastinya akan bergantung pada audiens dan industri Anda, pastikan bahwa pengguna cukup terlibat dengan bisnis dan brand Anda. Jika Anda mengirim terlalu sedikit notifikasi, mereka mungkin lupa alasan mereka berlangganan dan mengikuti website Anda lalu memilih untuk tidak ikut serta di dalamnya lagi.
 
Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda sepenuhnya memahami kepribadian pengguna, gaya hidup mereka, dan kebutuhan mereka sehingga Anda dapat menentukan seberapa sering pemberitahuan harus dikirim untuk tingkat keterlibatan yang lebih maksimal.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi yang dapat kami bagikan tentang pengaruh push notifications untuk website & SEO dari bisnis Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan penggunaan SEO untuk website bagi bisnis Anda dengan berbagai tips dan informasi diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO agency & services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Selain itu, jika Anda masih baru mulai ingin menggunakan website yang lengkap dengan SEO berkualitas, layanan website development dari EANNOVATE juga dapat membantu Anda. 
Dan jika Anda mencari tempat yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.