This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Mengenal Lebih Dalam Akan Title Tag & Koneksinya Dengan SEO Untuk Bisnis Anda


14 Sep 2023 by Billy Gani

Title Tag merupakan bagian dari kode HTML yang mengindikasikan judul dari sebuah halaman website, yang muncul pada hasil pencarian, unggahan media sosial, dan tab browser. Dalam SEO, pengoptimalan title tag merupakan salah satu cara termudah untuk membantu meningkatkan peringkat Anda dalam Google. Title Tag memberikan sinyal kepada Google tentang apa isi dari website Anda.
 
Mari kita bahas lebih dalam pada artikel berikut ini.
 
Title tag muncul sebagai tautan dalam hasil pencarian Google (SERP), seperti ini : 
 
 
 
 
Biasanya, title tag idealnya dituliskan dalam 50 - 60 karakter. Dengan ini, kalimat yang Anda tuliskan tidak terpotong jika diakses melalui perangkat seperti smartphone.
 
Mengapa Title Tag Penting Untuk Diperhatikan?
 
Title tag merupakan faktor peringkat yang sudah terkonfirmasi. Google menggunakan title tag dari website Anda untuk mendapatkan wawasan tentang apa website Anda dan seberapa relevan konten di dalamnya dengan kueri yang diisi oleh pengguna. Title tag juga memberitahu mesin pencarian bagaimana cara yang tepat dalam menampilkan judul halaman website Anda pada tiga letak kunci - hasil pencarian, tab pencarian, dan media sosial.
 
Title Tag Senantiasa Muncul Pada Hasil Pencarian
 
 
 
 
Judul yang berkualitas akan meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong terjadinya klik yang lebih banyak. Karena hal tersebut, judul dari halaman Anda (bersamaan dengan deskripsi meta) harus dapat berperan sebagai judul utama dan menarik pengguna untuk menekan hasil tautan title tersebut. 
 
Title Tag Muncul Pada Tab Pencarian
 
 
 
 
Title tag memberitahukan mesin pencarian tentang bagaimana halaman dan judul website Anda muncul pada tab browser. Hal ini membantu pengguna bernavigasi dalam halaman yang tepat ketika mereka memiliki banyak tab yang terbuka. Berikut contoh diatas adalah contoh dari title tag dalam tab pengguna. 
 
Title Tag Muncul Dalam Media Sosial
 
Title tag menentukan bagaimana sebuah tautan akan muncul ketika dibagikan melalui media sosial.
 
 
 
 
Judul ini menyajikan konteks penting dalam unggahan media sosial terkait. Jika title tag hilang atau tidak akurat, elemen dari unggahan tersebut mungkin juga akan terpengaruh.
 
 
Bagaimana Cara Menulis Title Tag Yang Tepat Untuk SEO Bisnis Anda
 
Jaga Agar Isinya Senantiasa Singkat & Jelas
 
Meskipun Google tidak akan menghukum Anda untuk menggunakan judul yang panjang, Google mungkin memperpendek atau menulis ulang judul tersebut. Dan versi judulnya tidak selalu masuk akal. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menuliskan judul dengan jumlah ideal maksimal pada 60 karakter.
 
 
 
 
Karena Anda memiliki ruang yang terbatas, penting untuk menentukan apakah nama brand Anda perlu dimasukkan atau tidak. Dengan tidak menuliskannya, Anda dapat menuliskan judul yang lebih detil.
 
Tips Dalam Menjaga Agar Judul Anda Senantiasa Singkat & Jelas
 
Gunakan Judul Yang Unik
 
Judul yang unik membantu mesin pencarian menentukan isi halaman dan dapat mempengaruhi pengguna untuk menekan tautan dari website Anda. Bayangkan Anda menjalankan bisnis berbasis website e-commerce yang memiliki judul umum yang sama untuk setiap halaman, seperti “Toko Furniture dan Dekorasi Rumah:”
 
Jika pengguna secara khusus menelusuri meja kopi, judul umum mungkin menunjukkan bahwa halaman Anda tidak cocok dengan penelusurannya (meskipun memang cocok). Dan juga, “meja kopi” tidak muncul di judul mana pun.
 
Halaman khusus yang Anda buat dapat memiliki judul tentang meja kopi. Jadi , memasukkan kata kunci tersebut membuat judul halaman lebih intuitif bagi pembaca dan mesin pencarian.
 
Targetkan Satu Kata Kunci Utama dari Bisnis Anda
 
Hal terbaik yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah memasukkan hanya satu kata kunci target dalam tag untuk judul halaman tertentu. Memasukkan banyak kata kunci ke dalam satu judul halaman dapat merusak peringkat halaman tersebut. Hal ini juga dapat membingungkan pengguna, sehingga mengurangi kemungkinan mereka untuk menekan tautan ke halaman Anda.
 
Judul yang lebih sederhana dan natural akan bekerja lebih baik.
 
Tips - Anda dapat menggunakan On-Page SEO Checker dari Semrush untuk menemukan masalah SEO pada halaman, termasuk penjejalan kata kunci pada title tag dari website Amda. Jika Anda tidak dapat memilih hanya satu kata kunci target untuk mewakili halaman Anda, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk memisahkan konten Anda menjadi beberapa halaman.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan panduan yang dapat kami bagikan tentang title tag untuk website dan koneksinya dengan SEO untuk produk dan website dari bisnis Anda. Jika masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan penggunaan SEO untuk website bagi bisnis Anda dengan berbagai tips dan informasi diatas, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO agency & services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Selain itu, jika Anda masih baru mulai ingin menggunakan website yang lengkap dengan SEO berkualitas, layanan website development dari EANNOVATE juga dapat membantu Anda. 
 
Dan jika Anda mencari tempat yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.