This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Tips Merancang Desain Untuk Mobile Apps Berbasis Edukasi


22 Mar 2024 by Billy Gani

Menurut Anda, kategori mobile apps apa yang digunakan setiap orang selama pandemi saat terkunci di dalam rumah dan merasa bosan? Bermain game? Percaya atau tidak, pada awal tahun 2020, aplikasi berbasis edukasi untuk sistem iOS diunduh hampir 1,5 kali lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Menariknya, tren ini masih berlanjut pada tahun 2024 ini. Banyak orang yang terus menggunakan aplikasi edukasi, menunjukkan angka yang jauh di atas angka sebelum pandemi dan setelah pandemi mereda. Jumlah pengunduhan pada tahun 2024 meningkat sebesar 123% dibandingkan rata-rata tahun 2019 dan 42% di atas rata-rata tahun 2020.
 
Jika Anda ingin memanfaatkan momen dan membuat aplikasi berbasis edukasi, artikel ini sepertinya dapat cocok untuk Anda telusuri lebih dalam.
 
 
Apa Yang Sebenarnya Dimaksud Dengan Mobile Apps Berbasis Edukasi
 
Mobile apps berbasis edukasi merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu pembelajaran, mengasah kemampuan, atau bahkan mengorganisirkan proses belajar untuk orang lain. Selain dalam format mobile apps, produk digital berbasis edukasi juga dapat berupa layanan berbasis desktop, platform online, dan sebagainya.
 
Mobile apps berbasis edukasi dapat bekerja sebagai guru atau asisten yang mengetahui hampir segala macam hal dan dapat bekerja untuk membantu Anda setiap harinya.
 
 
Beberapa Konsep Mobile Apps Berbasis Edukasi
 
Aplikasi Flashcard - Teknik pembelajaran dan menghafal dengan kartu saat ini sudah menjadi modern. Beberapa aplikasi menawarkan serangkaian kartu flash yang dibuat secara handal dan beberapa diantaranya memungkinkan pengguna untuk membuatnya sendiri. Misalnya, Chegg Prep memiliki jutaan kartu flash gratis dan bahkan mencakup subjek sempit seperti mitosis dalam biologi.
 
 
Game Edukasional - Permainan ini dapat memberikan pelajaran untuk orang dewasa maupun anak-anak. Aplikasi pendidikan Elevate salah satu contohnya. Aplikasi ini membuat pelatihan memori dan perhatian menjadi menyenangkan, dengan banyak teka-teki dan tantangan kecepatan yang berbeda.
 
 
Aplikasi Kamus - Dibuat untuk menambah kosa kata pengguna. Beberapa di antaranya memiliki fungsi tambahan seperti aplikasi Merriam-Webster dengan permainan dan berita terkini.
 
Aplikasi Pembelajaran Bahasa - Aplikasi pendidikan kasual sering digunakan untuk membantu menghafal kata-kata, berlatih menulis atau berbicara, dan banyak lagi. 
 
 
Aplikasi Pembelajaran Khusus - Aplikasi ini memiliki satu tujuan, baik dengan menguasai tulisan tangan atau coding. Banyak aplikasi jenis ini ditujukan untuk anak-anak, seperti Otsimo, yang membantu anak autis berkomunikasi lebih baik.
 
 
Aplikasi Untuk Persiapan Ujian - Meniru struktur, waktu, dan tema ujian, aplikasi ini mempersiapkan para pelajar untuk berbagai ujian dan tes lainnya. Misalnya, BARBRI menyediakan materi dan kuis untuk melatih calon pengacara dalam ujian pengacara.
 
 
Platform Pendidikan - Aplikasi dan layanan yang dibuat oleh sekolah atau universitas untuk siswa di dalamnya. Aplikasi ini dapat memiliki akses berbasis undangan dan banyak fungsi: video, tugas, profil dengan nilai, dan sebagainya.
 
 
Bagaimana Anda Dapat Mengembangkan Mobile Apps Berbasis Edukasional
 
Bayangkan jika Anda mengembangkan sebuah mobile apps untuk belajar bahasa baru. Untuk meraih audiens sebesar mungkin, Anda perlu menambahkan beberapa bahasa dari beberapa negara untuk meraih pengguna dari usia 12 hingga diatas 45 tahun. Berikut beberapa tips dalam mengembangkan mobile apps berbasis edukasional. 
 
 
 
 
Evaluasi Project Terlebih Dahulu
 
Mulailah dengan memeriksa pengembangan proyek mobile apps dan persyaratan yang perlu Anda lakukan. Berikut sekiranya beberapa tips untuk membantu Anda memprioritaskan fitur mobile apps berbasis edukasi. Untuk membuat mobile apps berbasis pembelajaran yang kompetitif, Anda mungkin perlu menambahkan:
 
Desain UI / UX Yang Berkualitas
 
Anda dapat mulai dengan menyusun logika internal dari mobile apps berbasis pendidikan dan membuat mind mapping. Anda dapat memindahkannya ke dalam bentuk wireframe hitam putih. Ketika logika dan ide Anda sudah terkoordinasi, tim developer dapat menentukan gaya rancangan desain untuk mobile apps, lalu merancang detailnya dan membuat UI kit untuk pengembangan mobile apps yang efektif dan nyaman untuk digunakan.
 
Untuk mobile apps berbasis edukasi dengan tujuan pembelajaran bahasa, desain sangatlah penting. Hal ini menentukan pengalaman pengguna yang positif dan membantu agar mobile apps berbasis edukasi Anda untuk menjadi lebih menonjol.Entah dengan gaya yang menyenangkan dengan banyak ilustrasi dan animasi (seperti di Duolingo atau Chineasy) atau gaya sederhana dengan foto dan video (seperti di Babbel).
 
 
Pengujian Mobile Apps
 
Menguji mobile apps berbasis edukasi secara menyeluruh sangat penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang lancar dan aman. Mari kita lihat lebih dekat aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum merilisnya kepada publik.
 
 
Fungsionalitas - Mobile apps berbasis edukasi berisi berbagai alat untuk belajar, seperti kuis, pelajaran, dan video. Anda perlu memastikan setiap alat berfungsi dengan lancar dan sebagaimana mestinya.
 
 
Keamanan Aplikasi - Pengujian keamanan komprehensif sangat penting untuk menemukan titik lemah yang dapat dieksploitasi oleh pengguna jahat seperti peretas. Dengan cara ini, kami memastikan data senantiasa aman dan Anda mengikuti semua aturan tentang melindungi informasi pengguna.
 
 
Manajemen Data - Bayangkan saja Anda menyimpan rekor Anda pada sebuah aplikasi selama lebih dari setahun dan kemudian melihat bahwa kemajuan Anda terhapus secara tidak sengaja karena beberapa bug dalam mobile apps. 
 
Itulah sebabnya Anda perlu memeriksa apakah mobile apps berbasis edukasi menyimpan semuanya dengan benar dan menjaga kemajuan serta informasi Anda tetap aman.
Seperti yang Anda lihat, pengujian mobile apps berbasis edukasi adalah proses mendetail yang memastikan pengguna dapat menikmati pembelajaran tanpa masalah. Jadi, Anda perlu menggunakan pengujian manual dan otomatis untuk memberikan mobile apps yang berkualitas tinggi.
 
Perilisan & Dukungan Pelanggan
 
Langkah ini dapat diibaratkan seperti memulai sebuah perjalanan. Biasanya hal ino bukan hanya tentang meluncurkan mobile apps berbasis edukasi satu kali dan melupakannya. Hal ini adalah proses yang berkelanjutan.
 
Pertama, Anda dapat meluncurkan aplikasi dan memberikannya bagi pengguna. Sebelum itu, Anda harus mendapatkan persetujuan dari toko aplikasi (Google Play & App Store) dan menyiapkan semua materi pemasaran (screenshot deskripsi, video promosi).
 
 
 
 
Begitu sudah ada pengguna yang mulai menggunakan aplikasi, Anda perlu menawarkan dukungan untuk pengguna. Misalnya, berikan FAQ dan tutorial untuk memandu mereka jika mengalami masalah. Anda juga harus melacak masukan mereka untuk menemukan dan memperbaiki masalah apapun dengan cepat.
 
Seiring berkembangnya dengan dunia edukasi saat ini, Anda dapat menambahkan lebih banyak mata pelajaran dan kursus ke dalam mobile apps Anda. Tim developer Anda dapat memperbarui mobile apps dengan menambahkan fitur baru berdasarkan permintaan agar pengguna tetap tertarik. Selain itu, lebih baik untuk tim Anda agar memeriksa langkah-langkah keamanan secara rutin untuk melindungi data pengguna dan menjaga kepercayaan mereka.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan informasi dalam merancang mobile apps untuk industri fintech yang dapat Anda kembangkan sebagai produk digital Anda.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.