This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Memahami Cara Merancang Mobile Apps Untuk Perawatan Para Lansia


05 Apr 2023 by Billy Gani

Siapa yang tidak memiliki sisi lembut untuk kakek nenek mereka? Kita semua punya. Benar? Namun dalam jadwal harian kita yang padat, kita menjadi begitu sibuk dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sehingga kita gagal memberikan perhatian yang layak mereka terima.
 
Pada tahun-tahun ini,  setelah penyebaran pandemi COVID-19, sektor pengembangan mobile apps telah muncul sebagai salah satu sumber daya yang memberikan Anda solusi untuk masalah ini. Pengembangan aplikasi perawatan untuk para lansia berada di garda depan perubahan ini, memberikan solusi mutakhir dan mudah digunakan yang dengan cepat menghubungkan para lansia pada sumber daya yang mereka butuhkan.
 
Mobile apps ini membuat hidup lebih mudah bagi pengasuh dan mempromosikan kemandirian bagi para lansia dengan menyediakan layanan seperti pengingat resep, pemesanan janji temu, dan pemantauan jarak jauh.
 
Jika Anda bekerja dalam sektor kesehatan dan mempertimbangkan hal ini untuk membantu para lansia dalam mempermudah aktivitas mereka, berikut beberapa tips dan informasi yang dapat kami bagikan untuk membantu Anda.
 

Mengapa Anda Perlu Mengembangkan Mobile Apps Untuk Para Lansia?

 
Ada beberapa alasan mengapa bisnis atau perusahaan Anda untuk dapat memutuskan untuk mengembangkan mobile apps bagi perawatan para lansia, seperti:
 
Untuk Membantu Para Lanjut Usia Mengelola Kesehatan & Aktivitas 
 
Banyak mobile apps perawatan untuk para lansia yang menawarkan fitur dan sumber daya untuk membantu mengelola kesehatan dan aktivitas sehari-hari mereka seperti melacak tanda-tanda vital, mengelola kondisi kesehatan tertentu, dan tetap teratur.
 
Jenis mobile apps ini dapat sangat membantu bagi para lansia  yang mungkin kesulitan meninggalkan rumah atau mengakses dukungan serta sumber daya secara langsung.
 
Untuk Membantu Perawat Dalam Mengelola Tugas Perawatan Bagi Para Lansia
 
Perawatan dapat menjadi tugas yang menuntut dan menghabiskan waktu, dan banyak mobile apps untuk perawatan lansia menawarkan fitur dan sumber daya untuk membantu para perawat dalam mengelola tugas perawatan agar senantiasa tetap teratur.
 
Jenis mobile apps ini dapat menyertakan fitur seperti alat penjadwalan, pengingat obat, dan alat komunikasi.
 
Untuk Meningkatkan Akses ke Pelayanan Kesehatan
 
Beberapa mobile apps  perawatan untuk para lansia menawarkan layanan pengobatan jarak jauh, yang memungkinkan para lansia untuk mengakses layanan kesehatan dari kenyamanan rumah mereka sendiri. Jenis aplikasi ini dapat sangat membantu bagi para lansia  yang mungkin kesulitan bepergian untuk menemui penyedia layanan kesehatan secara langsung.
 
Untuk Meningkatkan Keselamatan dari Para Lansia
 
Beberapa aplikasi perawatan untuk para lansia menawarkan fitur keselamatan dan fitur emergensi, seperti deteksi jatuh, pelacakan lokasi, dan tombol panik, yang dapat membantu para lansia agar tetap aman dan mendapatkan bantuan jika terjadi keadaan darurat. Jenis aplikasi ini dapat sangat membantu bagi para lansia yang tinggal sendiri atau mungkin berisiko lebih tinggi untuk jatuh atau keadaan darurat lainnya.
 

Jenis Aplikasi Perawatan Para Lansia

 Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran
 
Jenis aplikasi ini dapat membantu para lansia untuk melacak dan mengelola kesehatan mereka dengan menyediakan fitur seperti:
 
Pemantauan Tanda Vital
 
 
Beberapa aplikasi memungkinkan para lansia untuk melacak tekanan darah, detak jantung, dan tanda-tanda vital lainnya, dan memberitahu mereka jika ada perubahan yang mengkhawatirkan.
 
Latihan dan Pelacakan Nutrisi
 
Banyak aplikasi menawarkan alat untuk membantu para lansia dalam melacak aktivitas fisik dan nutrisi mereka, seperti dengan mencatat waktu olahraga dan makan. Beberapa aplikasi juga menyediakan rencana olahraga dan nutrisi yang dipersonalisasi.
 
Layanan Telemedis
 
Beberapa aplikasi menawarkan kunjungan virtual dengan penyedia layanan kesehatan, memungkinkan para lansia mengakses perawatan medis dari kenyamanan rumah mereka sendiri.
 
 

Aplikasi Keselamatan & Keadaan Darurat

 
Jenis aplikasi ini dapat membantu para lansia untuk tetap aman dan mendapatkan bantuan jika terjadi keadaan darurat dengan menyediakan fitur seperti:
 
Deteksi Jatuh
 
Beberapa aplikasi menggunakan sensor atau teknologi baru lainnya untuk mendeteksi jika para lansia terjatuh, dan dapat mengirimkan peringatan ke perawat atau layanan darurat jika diperlukan.
 
Pelacakan Lokasi
 
Beberapa aplikasi memungkinkan perawat atau orang yang dicintai untuk melacak lokasi para lansia, yang dapat membantu dalam keadaan darurat atau jika manula cenderung berkeliaran.
 
Tombol Panik
 
Beberapa aplikasi menawarkan tombol panik yang dapat digunakan oleh manula untuk mengirim peringatan ke perawat yang ditunjuk atau layanan darurat jika terjadi keadaan darurat.
 
 

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Pengembangan Aplikasi Perawatan Para  Lansia

Membuat mobile apps untuk para lansia bukanlah tugas yang menantang. Saat merancang mobile apps untuk para lansia, penting untuk mengingat beberapa hal.
 
Sebagian besar developer adalah generasi muda yang dapat mengabaikan keterbatasan dari para lansia. Berikut adalah beberapa hal terpenting yang perlu diingat saat merancang mobile apps untuk para lansia :
 
Rancang Desain UI  Yang Bersifat Ramah Pengguna
 
Perlu diingat bahwa teks kecil mungkin sulit dibaca oleh para lansia. Membuat tampilan antarmuka pengguna yang terang dan sederhana adalah kuncinya jika Anda menargetkan para lansia sebagai pengguna.
 
Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan sebagian dari kemampuan kita untuk membedakan warna, yang dapat membuat frustasi. Beberapa orang mengalami warna biru yang kabur atau tumpul.
 
Untuk mengatasinya, elemen UI penting tidak boleh dirender dalam font biru. Pertimbangkan rasio kontras teks Anda dengan hati-hati, dan jalankan aplikasi melalui berbagai pengujian menggunakan pembaca layar. Subtitel adalah cara terbaik untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk konten video dan audio.
 
Gunakan Ukuran Elemen UI Dengan Hati-hati
 
Diketahui bahwa seiring bertambahnya usia, keterampilan motorik kita memburuk, sehingga lebih sulit bagi orang tua untuk menggunakan smartphone. Untuk kegunaan yang lebih baik, tampilan antarmuka sentuh harus memiliki tombol yang lebih besar.
 
Koordinasi tangan-mata menurun antara usia 60 dan 65, yang mungkin membuat interaksi dengan UI menjadi lebih sulit. Developer Anda harus memperlebar jarak dari elemen UI agar tidak mengganggu satu sama lain dan membuat aplikasi lebih mudah digunakan.
 
Panduan penting yang perlu diingat adalah bahwa pengguna aplikasi tidak akan kesulitan membedakan warna. Pilih latar belakang dengan pola sederhana sedapat mungkin saat merancang desain dari mobile apps Anda.
 
Ada kemungkinan lebih tinggi bahwa para lansia akan kesulitan membedakan objek dengan latar belakang yang berantakan. Untuk memastikan agar mobile apps Anda terlihat berkualitas, penting untuk mengetahui warna apa yang disukai bagi para lansia.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan panduan dalam merancang mobile apps untuk perawatan para lansia yang dapat Anda kembangkan sebagai produk digital Anda.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Mobile App Development di Jakarta baik dalam industri Anda seperti jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan,  EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.