This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Mengenal Tren & Tips Dalam Merancang Desain Website E - Commerce Yang Berkualitas


24 Jan 2022 by Billy Gani

Desain merupakan sebuah kesempatan untuk menciptakan kesan pertama yang berkualitas untuk website berbasis e- commerce dari bisnis . Hal ini memberikan efek langsung pada berapa banyak waktu yang akan dihabiskan pengguna dalam setiap halaman dan berapa banyak produk yang akan mereka beli. 
 
Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya seluruh aspek desain di dalamnya - mulai desain UI yang berkualitas hingga UX yang rumit. Dengan desain untuk website berbasis e - commerce, hal ini tidak hanya berbicara tentang tampilan website tetapi juga cara kerjanya.
 
Selain strategi pemasaran yang direncanakan dengan matang, Anda juga perlu mengemasnya menjadi menarik dan bermanfaat. Hanya butuh beberapa detik bagi seseorang untuk memutuskan apakah mereka akan tinggal dalam website Anda atau tidak. 
 
Dalam industri e-commerce yang kompetitif, website menjadi sebuah alat untuk menunjukkan kepada pengguna nilai produk dan membuat mereka tetap terlibat dengan brand Anda. Pasti ada alasan bagi pengguna untuk menggunakan website tertentu, dan desain dapat menjadi salah satu alasannya.
 
Karena itu, hingga saat ini, hanya 64% usaha kecil di Amerika Serikat yang memiliki website. Jumlah ini meningkat setiap bulan, karena semakin banyak bisnis menyadari pentingnya memiliki website. Situasi dengan adanya COVID-19 tentu semakin memperparahnya.
 
Metode berbelanja secara online telah meroket dan pemilik bisnis saat ini tidak dapat mengabaikannya lagi. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengetahui cara merancang desain dari website e - commerce yang berkualitas dan juga menjual. Mari kita beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat akan merancang desainnya pada artikel berikut ini.
 
Gunakan Foto & Video Yang Berkualitas
 
Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk memberikan produk dalam kehidupan nyata, representasi foto dan video dari produk tersebut adalah segalanya yang dapat diandalkan oleh pengguna. Hal ini menjadi titik di mana toko offline memiliki keunggulan yang tidak dapat disangkal. Setidaknya untuk sekarang. 
 
Dan juga, hal ini menjelaskan mengapa desain dari website berbasis e - commerce modern sangat penting dan foto serta video di dalamnya harus senantiasa berkualitas. Semakin baik representasi akan hal ini, semakin banyak pengguna akan menyukai toko online atau brand Anda.
 
 
 
 
Artikel terbaru oleh Baymard Institute menyatakan bahwa hampir seperempat dari website e - commerce masih belum memiliki gambar produk dengan kualitas yang memadai. Hal ini menyebabkan pengabaian akan halaman website oleh pengguna. 
 
Pertama, karena pengguna merasa malas untuk harus meneliti foto-foto yang berpiksel. Kedua, karena foto berkualitas rendah merusak kesan yang dibuat oleh produk Anda. Betapa baiknya produk Anda, foto yang buruk akan membuatnya terlihat buruk. Selain itu, pengguna dapat merasa bahwa foto berkualitas rendah menandakan bahwa Anda atau brand Anda tidak berusaha menjual produk tersebut, sehingga mereka cenderung mencari foto dengan produk serupa di tempat lain yang lebih baik untuk mereka.
 
Hal lain yang menjadi salah satu aspek baru adalah kemampuan untuk memperbesar foto. Ide utamanya adalah memberikan tingkat zoom yang memuaskan untuk memungkinkan pengguna mendapatkan semua informasi yang diperlukan.
 
Berikan Navigasi, Sistem Filter & Pencarian Yang Membuat Pengguna Nyaman
 
Kenyamanan adalah alasan utama mengapa pengguna berbelanja secara online. Berapa banyak produk yang akan dibeli pengguna jika mereka merasa tidak nyaman? Tren desain UX yang saat ini penting adalah membuat website yang membuat hidup lebih mudah bagi pengguna dan dengan lancar membawa mereka ke langkah paling penting — pembelian atau tindakan bertarget lainnya (meninggalkan detail kontak, mendaftar, dan sebagainya).
 
Untuk mencapai hal tersebut, Anda harus memikirkan setiap detail dari desain website terkait. Semuanya harus logis dan mengalir dari satu titik ke titik lain sehingga pengguna tidak terburu-buru ketika menjelajahi website, dan juga tetap mengikuti struktur yang mudah dalam bernavigasi di setiap halaman. Menu — halaman produk — keranjang — dan kembali.
 
Untuk mencapai hal ini, para profesional pada bagian desain membuat peta perjalanan pengguna dan menguji berbagai opsi. Hasilnya, yang paling optimal akan dipilih untuk digunakan.
 
 
 
 
Namun, ketika merancang desain dari website berbasis e - commerce, satu pertimbangan penting yang harus diingat adalah konteks atau desain dari toko online Anda. Misalnya, untuk toko furniture dengan 100 ribu produk, hal yang utama bukanlah seberapa bagus tampilan elemennya, tetapi seberapa nyaman fungsi pencarian dan navigasinya. Sedangkan untuk toko barang antik dengan 100 produk yang dipamerkan, desain senantiasa didahulukan.
 
Beri Penekanan & Jaga Hierarki Visual
 
Blok informasi yang paling penting harus ditempatkan di bagian atas halaman. Misalnya, pada hampir setiap halaman homepage toko online, Anda dapat melihat elemen berikut yang membantu memahami tentang apa website terkait:
 
Sebuah desain yang menjual harus senantiasa memiliki fitur hirarki visual yang jelas. Struktur sederhana dan hierarki visual yang dapat dipahami membantu pengguna dalam bernavigasi pada toko online Anda. Ditambah dengan penggunaan tombol CTA, pengguna dapat memahami dan melihat ke mana harus mengklik untuk pergi ke bagian yang diinginkan, dan di mana halaman yang hanya memiliki beberapa teks dengan informasi yang berguna. 
 
Ketika Anda memberikan penekanan visual ekstra (dengan bantuan warna atau typography) pada bagian penjualan atau produk terbaru Anda, hal ini dapat bertindak sebagai pemicu bagi pengguna dan memberikan rasa urgensi.
 
Tambahkan Estetika & Kepribadian Dari Brand Anda
 
Poin ini mungkin tampak bertentangan dengan poin sebelumnya, tetapi sebenarnya tidak. 38% pengguna meninggalkan halaman website jika mereka menganggap tata letaknya tidak menarik. Daya tarik adalah hal yang subyektif, tetapi ide utamanya adalah bahwa hanya karena sebuah website yang memiliki desain sederhana tidak berarti bahwa websitenya tidak memiliki keindahan dan kepribadian.
 
 
 
Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika merancang sebuah website e-commerce adalah menemukan keseimbangan antara estetika dan fungsi kegunaan. Dalam situasi di mana ada banyak website yang menjual (hampir) produk yang sama, hal tersebut tidaklah cukup untuk memberikan harga yang kompetitif. Desain website e-commerce yang menariklah yang memikat hati.
 
Pengguna tidak membaca semua teks yang mereka lihat. Dan terkadang mereka bahkan tidak yakin produk apa yang harus dipilih. Mereka hanya "membutuhkan pengering rambut". Jadi mereka datang ke halaman website tertentu tanpa mengerti secara jelas tentang apa yang mereka cari.
 
Disinilah langkah desain Anda bekerja. Seberapa nyaman halaman tersebut untuk dijelajahi, seberapa mudah halaman diakses dan apakah halaman terlihat jelas, seberapa menonjol CTA dan betapa sederhana serta nyamannya proses pembelian. Jika mereka menyukainya, mereka membelinya.
 
Jika tidak, mereka pergi ke website lain atau berubah pikiran. Produk sebenarnya menjadi hal sekunder dalam skenario ini. Lalu, bagaimana cara Anda untuk merancang desain dari website e - commerce tanpa membuatnya terlalu mencolok tetapi tetap kreatif dan emosional?
 
Pencitraan tidak hanya harus konsisten dengan brand Anda tetapi juga dapat dikaitkan dengan pengguna dan menciptakan hubungan emosional. Warna memainkan emosi secara psikologis, membangkitkan perasaan tertentu, dan mengatur nada dari website Anda. Copy perlu dibuat dengan nada tertentu yang dapat bekerja secara berbeda -  profesional, humoris, ramah, mengejutkan, empati, tergantung pada target audiens Anda.
 
Cantumkan Bukti Keberadaan Sosial Anda
 
Bahkan jika sebuah bisnis senantiasa berjalan dengan jujur, hal tersebut tidak menjamin untuk pelanggan berpikiran sama. Salah satu cara efektif untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan menggunakan bukti sosial. Hal ini dapat berupa:
 
Tetapi ingat, jangan mencantumkannya secara bersamaan. Banyak perusahaan yang memasukkan setiap informasi ke dalam website mereka dengan bukti sosial, dan terkadang terlihat membanggakan diri sendiri. Pertimbangkan bukti yang paling penting dan lebih tepat. Tempatkan diri Anda pada posisi pengguna dan pikirkan apa yang mungkin ingin mereka temukan dalam website yang belum mereka ketahui.
 
 
 
 
Berikut adalah informasi tentang tren dan tips desain untuk merancang website e-commerce bagi bisnis Anda. Jika Anda memerlukan layanan E - Commerce Web Development yang dilengkapi dengan proses analisa, perencanaan hingga implementasi platform digital untuk bisnis berkualitas, EANNOVATE dapat menjadi solusi Anda.
 
Untuk melengkapi hal diatas, kami juga memberikan layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Alterspace solusinya.