This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Everyday Website Optimization - 6 Task For Your Daily SEO Routine


28 Apr 2021 by Billy Gani

Banyak dari Anda yang tentunya senantiasa mengunjungi website Anda setiap harinya, atau setidaknya, seminggu sekali. Tetapi, jika Anda sedang menjalankan bisnis kecil atau berada dalam tim, Anda tidak senantiasa dapat menghabiskan waktu banyak untuk mengelola pengoptimalan dari SEO yang Anda jalankan. Tentunya karena banyaknya hal yang juga harus Anda kerjakan. 
 
Maka dari itu, berikut ini kami berikan beberapa hal yang mungkin kecil tetapi senantiasa bermanfaat untuk Anda yang dapat diterapkan setiap hari atau minggu untuk tetap menjaga pengoptimalan dari SEO Anda.
 
Strategi SEO Jangka Panjang ( Long-term SEO Strategy )
 
Sebelum kita mulai memahami tentang hal yang dapat Anda kerjakan setiap hari ataupun minggu dalam SEO ini, Anda perlu memahami tentang pentingnya memiliki strategi jangka panjang untuk SEO. Ketika memang baik untuk memiliki daftar dari strategi yang dengan cepat dapat berjalan, Anda juga harus tetap memperhatikan gambaran yang lebih luas. Anda harus dapat mendasarkan strategi Anda pada riset kata kunci yang baik, melihat intensi pencarian pengguna, mengatur tujuan dan mengambil waktu untuk menganalisa bagaimana performa dari website Anda. 
 
Ketika Anda sedang menghabiskan waktu dalam website Anda, pertimbangkan beberapa hal berikut ini untuk diterapkan:

Pastikan Bahwa Konten Anda Senantiasa Fresh
 
Konten senantiasa penting untuk peringkat dari website Anda. Itulah mengapa Anda perlu menambahkan konten yang baru dan menjaga agar konten yang sudah ada senantiasa up-to-date. Menulis dan mempublikasikan konten baru atau memperbarui konten yang sudah ada harus menjadi bagian dari pengoptimalan website Anda setiap harinya. Anda tidak perlu mempublikasikan setiap unggahan artikel setiap harinya jika memang terlalu berat. Tetapi, Anda dapat bertahan pada jadwal publikasi yang lebih berkala dan sesuai dengan pekerjaan Anda.
 
Kemungkinan besarnya, Anda dapat memiliki banyak artikel yang memerlukan pembaruan kecil untuk bisa dipublikasikan ulang. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk menuliskan artikel yang baru, Anda dapat membuat daftar unggahan artikel seperti ini dan membuatnya menjadi tugas harian dalam pengoptimalan SEO yang Anda jalankan. 
Pekerjaan ini juga senantiasa membuat agar konten Anda senantiasa fresh dan hidup dalam merespon berbagai komentar dari audiens. Jika Anda mendapatkan banyak respon dari unggahan blog, cobalah untuk membalas setiap komentar tersebut secara berkala. Jika tidak, ada kemungkinan dimana para pengunjung dari website Anda dapat merasa terabaikan. Dan juga, tentu kurang baik untuk terlihat bahwa Anda meninggalkan pertanyaan yang diajukan oleh pengguna dan tidak meresponnya sama sekali dalam halaman website terkait.
 
Perhatikan Struktur Tautan Internal Anda
 
Mengerjakan struktur tautan internal dapat diibaratkan dengan menggulungkan karpet merah untuk pengunjung website dan Google. Dengan seiring berkembangnya website, Anda juga harus senantiasa memperbarui tautan internal dari website Anda. Hal yang harus diperhatikan setiap kali Anda melihat garis besar dari unggahan Anda adalah konten yang berdiri sendiri. Sungguh sia-sia memiliki konten yang tidak mendapatkan tautan apa pun dari halaman Anda yang lain.
 
Hal lain yang dapat Anda masukkan dalam strategi SEO harian Anda adalah dengan menautkan konten landasan Anda. Idealnya, Anda dapat menambahkan tautan yang relevan pada konten ini ketika memperbarui atau mempublikasikan artikel baru. Tetapi, untuk memastikan bahwa Anda tidak lupa akan konten landasan yang Anda miliki, periksalah unggahan terakhir Anda dan pastikan bahwa konten tersebut memiliki landasan yang baik dari segi tautannya.
 
Jaga Pengoptimalan Website Anda Agar Senantiasa Berada Pada Jalur Yang Tepat
 
Sebagian besar dari Anda akan setuju bahwa lebih baik melakukan sedikit pembersihan setiap hari, daripada menunggu rumah menjadi berantakan total. Hal ini dapat menjadi prinsip yang sama untuk website Anda. Jangan menunggu hingga jumlah halaman menjadi tidak dapat Anda kelola.
 
Salah satu cara untuk melakukannya sebagai bagian dari SEO harian Anda adalah dengan memperhatikan kanibalisasi konten Anda. Saat Anda mempublikasikan (ulang) konten secara rutin, hal ini hanya membutuhkan sedikit upaya ekstra untuk memastikan agar Anda tidak bersaing dengan konten lain dalam website Anda. 
 
Sayangnya, terkadang terlalu banyak hal yang baik, seperti konten yang berkualitas, yang dapat menimbulkan masalah. 
 
Jadi luangkan waktu untuk memastikan konten Anda agar tidak terulang kembali.
 
Optimalkan SEO Teknis Dari Website Anda
 
Banyak tugas teknis SEO yang membutuhkan waktu dan keahlian atau tidak perlu menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan secara rutin. Salah satunya adalah menjaga ukuran gambar Anda sekecil mungkin. 
 
Memiliki gambar berkualitas tinggi dalam website Anda memang suatu keharusan, tetapi Anda tidak ingin gambar yang Anda pilih memperlambat muatan dari website Anda. 
Tugas yang dapat dengan mudah dan cepat Anda selesaikan untuk ditambahkan ke rutinitas SEO Anda adalah mencoba menggunakan alat seperti ImageOptim atau website seperti Squoosh, JPEGmini, jpeg.io atau Kraken.io untuk mengoptimalkan ukuran dari gambar yang Anda gunakan.
 
Hal lain yang harus diperhatikan adalah duplikasi konten. Anda sudah berada di jalur yang benar jika Anda secara teratur mencari konten yang mungkin ter kanibalisasi, tetapi konten duplikat juga dapat dibuat secara tidak sengaja. 
 
Sekarang, Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan konten duplikat tersebut setiap hari. Namun Anda harus menyadari kemungkinannya, misalnya saat Anda membuat tag yang berlaku untuk grup postingan yang sama persis dengan tag lainnya. 
 
Satu hal terakhir yang dapat dengan mudah diterapkan dalam rutinitas publikasi konten Anda adalah dengan menambahkan data terstruktur. Tidak setiap jenis postingan cocok untuk hasil yang bernilai, tetapi untuk banyak jenis konten hal tersebut dapat menghasilkan perbedaan.
 
Senantiasa Memeriksa Analytics 
 
Google Analytics memiliki banyak data menarik yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan website Anda. Tetapi menguasai setiap aspek Google Analytics membutuhkan banyak waktu. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mendalami dan hanya memiliki sedikit pemahaman tentang alat analitik, pastikan untuk melihat dua laporan berikut seminggu sekali.
 
Yang pertama adalah laporan sumber atau media, yang dapat Anda temukan di bagian “Acquisition” dibawah item ’All Traffic’. Hal ini akan menunjukkan dari mana asal pengunjung dari website Anda. Periksa apakah Anda mendapatkan traffic organik dari mesin pencarian, seperti Google. Dan cobalah untuk memahami data yang Anda temukan. 
 
Sumber mana yang memiliki rasio pentalan tinggi, sumber mana yang mengarahkan traffic paling banyak ke website Anda? Jika Anda melihat data ini setiap minggunya, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui apakah website Anda berkinerja lebih baik daripada minggu sebelumnya.
 
Laporan kedua yang menarik adalah laporan akan halaman arahan yang dapat Anda temukan di bagian ’Behavior’ dibawah ’All Pages’. Halaman-halaman merupakan adalah halaman pertama yang dikunjungi pengguna ketika mengunjungi website Anda, yang memberi Anda wawasan tentang hal-hal yang diminati oleh pengguna dari website Anda. 
 
Hal ini pada dasarnya akan memberitahu Anda misalnya tentang deskripsi halaman di Facebook atau apakah hasil penelusuran dari website Anda menarik untuk ditampilkan dan membuat pengguna ingin menekannya.
 
Sekali lagi, cobalah lebih dalam untuk memahami datanya. Bagaimana rasio pentalan dari halaman arahan yang seharusnya tidak memiliki rasio pentalan tinggi, seperti halaman homepage Anda, misalnya? Dan jika Anda berani, tambahkan dimensi sekunder seperti ’sumber’ dalam laporan ini sehingga Anda yang dapat langsung melihat halaman mana yang dikunjungi melalui Google.
 
Pertahankan Kehadiran Anda Melalui Media Sosial
 
Jika Anda memiliki website, Anda mungkin aktif pada satu atau beberapa platform media sosial. Mengunggah pembaruan secara teratur untuk pengikut Anda merupakan cara yang baik untuk menunjukkan bahwa akun Anda senantiasa aktif. Anda dapat membagikan unggahan blog, dan juga gambar yang Anda ambil, kejadian dari kehidupan sehari-hari, hingga artikel lain yang menurut Anda menarik, dan sebagainya. 
 
Andalah yang paling mengenal audiens Anda, Anda tahu apa yang mereka sukai. Dan, saat Anda melakukannya, cobalah juga untuk berinteraksi secara teratur dengan orang-orang yang memberikan komentar di halaman media sosial Anda, sehingga Anda membuat mereka tetap senantiasa terlibat dengan Anda.
 
 
 
Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan rutinitas harian dalam mengoptimalkan SEO untuk website Anda. Sudah pernahkah Anda melakukan tips-tips tersebut? Atau Anda malah masih bingung untuk menggunakan SEO dalam bisnis dan website Anda? Jangan khawatir, kami dapat memberikan Anda solusinya.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
Reference: Yoast