This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

4 UX Necessities That All Food Delivery Apps Should Have


06 Mar 2021 by Billy Gani

Frasa dagang dari brand Apple yang terkenal menyatakan bahwa, "Ada aplikasi untuk setiap kebutuhan Anda". Dengan tujuan untuk membuat hidup pengguna lebih nyaman, tentunya kita dapat setuju dengan hal ini, bukan?
 
Coba bayangkan - Anda lapar, isi kulkas Anda kosong, dan Anda ingin makanan untuk diantarkan ke depan pintu Anda. Dalam masa ini, apa yang akan Anda lakukan? Tentunya Anda sangat mungkin untuk melakukan frasa yang Apple katak tersebut dan mencari makanan yang Anda inginkan melalui aplikasi pengantaran makanan yang ada dalam perangkat seluler Anda. 
 
Anda tidaklah sendiri. Pengantaran makanan saat ini sudah senantiasa berkembang dari beberapa tahun terakhir dengan sedemikian banyaknya aplikasi yang berada pada App & Play Store seperti Gojek (GoFood), Grab (GrabFood), Kulina, atau Foodpanda Indonesia. Pada tahun 2015, Statista melaporkan bahwa konsumen yang menggunakan aplikasi pengantaran ini hampir meraih 30 miliar pengguna. Dan juga, karena semakin banyak konsumen yang bersandar pada aplikasi pengantaran makanan ini, jumlah tersebut juga senantiasa meningkat secara perlahan hingga di tahun 2021 ini.
 
Berikut ini beberapa informasi yang dapat kami berikan tentang apa saja yang diperlukan dalam UX aplikasi pengantaran makanan yang harus dimiliki agar senantiasa menghasilkan pengalaman pengguna yang positif:
 
Proses Onboarding Yang Sederhana
 
Mulai dari ketika pengguna mengunduh aplikasi pengantaran makanan, mereka tentunya senantiasa berekspektasi bahwa unduhan tersebut berjalan dengan cepat. Kami menemukan bahwa ada standar protokol yang dapat Anda ikuti. Anda dapat membuat profil akun dan memasukkan informasi pembayaran pada akhir transaksi. Bagaimanapun, aplikasi ini seharusnya tidak memiliki proses orientasi yang rumit - aplikasi Anda adalah aplikasi pengiriman makanan, bukan industri Fintech.
 
Inilah keseimbangan yang perlu Anda temukan dalam aplikasi Anda. Bagaimana Anda akan memisahkan langkah-langkah orientasi, sehingga tidak membebani pengguna Anda? Sebagian besar aplikasi pengantaran makanan membagi langkah-langkahnya menjadi pembuatan profil, pemilihan produk makanan, dan kemudian memasukkan informasi pembayaran di akhir sebelum pengiriman berjalan.
 
Jika aplikasi pengiriman Anda mengiklankan layanan yang cepat dan mudah, pengguna bahwa tidak perlu waktu lebih dari satu atau dua menit untuk membuat akun dan mengaktifkannya.
 
Kemudahan Pencarian Restoran & Menu
 
Ketika masuk ke beberapa aplikasi pengantaran makanan yang mungkin pernah Anda unduh, kebanyakan dari aplikasi tersebut senantiasa menampilkan pilihan restoran dan menu terbaik dari restoran tersebut. Hampir seluruh aplikasi memberikan Anda kemudahan dalam kolom pencarian untuk memberikan rekomendasi restoran terbaik untuk Anda. Lalu, setelah Anda menemukan restoran yang tepat, Anda dapat dengan mudah menelusuri menu yang Anda inginkan. 
 
Ada beberapa aplikasi yang membuatnya dalam bentuk kategori dan ada juga dalam bentuk daftar memanjang. Kami berpendapat bahwa kategorisasi menyajikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kategorisasi ini merampingkan menu besar menjadi klasifikasi yang mudah ditemukan dan dapat di navigasikan pengguna dengan mulus.
 
Hal ini harus menjadi aspek paling penting dari aplikasi pengantaran makanan milik Anda. Karena aplikasi pengantaran makanan mengambil pengalaman restoran dan memobilisasinya, aplikasi Anda perlu memberikan pengalaman [pencarian yang efisien dan jelas. Sama seperti cara seseorang menelusuri menu di restoran, semua produk makanan dalam menu harus Anda tampilkan di depan pengguna.
 
Daftar Waktu Pengiriman & Biaya Yang Jelas
 
Selain penelusuran menu, sebagai aplikasi ’pengiriman’, waktu dan biaya pengiriman yang Anda berikan juga harus jelas. Untuk UX pada aplikasi jenis ini, waktu pengiriman harus dicantumkan di sebelah restoran dan dapat bervariasi berdasarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna untuk menerima pesanan mereka. Dengan begitu, pengguna dapat memilih restoran yang sesuai, berdasarkan batasan waktu dan jadwal yang mereka miliki.
 
Berikut ini salah satu contohnya dari aplikasi pemesanan makanan DoorDash yang melakukan pekerjaan yang baik dalam menampilkan waktu pengiriman melalui aplikasinya. Seperti yang terlihat di bawah ini, Anda dapat dengan jelas mengetahui berapa lama produk pesanan sampai ke tangan Anda.
 

 
DoorDash juga menyajikan biaya pengiriman mereka dengan baik. Letaknya berdekatan dengan produk menu tertentu dan mereka juga mengiklankan pengiriman murah yang mereka berikan. Untuk produk yang memiliki pengurangan biaya pengiriman, ada tulisan yang menunjukkan bahwa jika produk makanan yang dipesan melebihi $15, pengirimannya akan gratis” yang dapat dengan jelas dilihat pengguna.
 
Untuk aplikasi pemesanan makanan, hal ini menjadi salah satu aspek UX penting yang harus disertakan. Pengguna harus dapat melihat berapa jumlah biaya pengiriman dengan jelas. Aplikasi apa pun yang menyembunyikan biaya pengirimannya hingga akhir biasanya akan memiliki UX yang lebih buruk. Penetapan harga yang transparan sangat penting untuk UX yang baik dan membuat proses pemilihan lebih nyaman bagi pengguna aplikasi.
 
Sistem Peringkat Yang Jelas Dan Mudah Untuk Dimasukkan
 
Jika pengguna tidak menggunakan aplikasi pengantaran makanan dan ingin pergi ke restoran tersebut secara langsung, sebagian besar dari mereka akan memeriksa ulasan sebelum pergi ke tempat tersebut. Aplikasi pengantaran makanan juga tidaklah berbeda.
 
Sambil memberikan pengalaman pengiriman makanan yang berkualitas, aplikasi Anda harus memiliki sistem peringkat dan ulasan yang transparan serta mudah dilihat. Aplikasi pengiriman makanan, seperti GrabFood, GoFood, dan Kulina, menggunakan bintang untuk menerjemahkan opini pengguna tentang sebuah restoran.
 
Bervariasi berdasarkan tempat mereka menempatkan bintang-bintang ini, beberapa dari mereka menempatkannya di samping restoran saat menggulir, sementara yang lain memiliki bintang yang hanya terlihat ketika pengguna menekan restoran tertentu. Bagaimanapun, sistem peringkat tersebut senantiasa mudah ditemukan.
 
Untuk pengalaman UX terbaik, sistem peringkat harus diskalakan dengan cara yang komprehensif dan universal. Bintang menjadi salah satu ikon umum yang mudah dipahami saat menerjemahkan peringkat dari sebuah restoran.
 
Namun, satu area di UX yang kami mungkin masih kurang dari beberapa aplikasi di luar sana adalah kurangnya ulasan restoran. Selain dari sistem peringkat bintang, beberapa aplikasi masih tidak memiliki area untuk menampilkan komentar dari pengguna. Untuk membuat proses pengantaran makanan lebih mudah bagi pengguna, Anda harus dapat memiliki kesempatan untuk melihat komentar pengguna lain pada menu yang mereka coba sebelumnya.

Penggabungan kedua sistem ulasan aplikasi ini dapat membuat pengguna lebih mengetahui setiap pilihan menu dan membuat proses pemilihan mereka menjadi lebih mudah.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi yang dapat kami berikan tentang apa saja yang diperlukan dalam UX aplikasi pengantaran makanan yang harus dimiliki agar senantiasa menghasilkan pengalaman pengguna yang positif. Jika Anda memiliki bisnis makanan dan ingin menggunakan aplikasi sebagai salah satu metode pengantaran pesanan, atau ingin mempercantik desain baik dari UI ataupun UX website atau aplikasi Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: UsabilityGeek