This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

10 Usability Heuristics for User Interface Design


16 Feb 2021 by Billy Gani

Kontras dengan artinya pada diagnosa medis, heuristik merupakan salah satu hal penting untuk desain setiap UI yang sukses. Berbicara tentang diagnosa, kata heuristik sendiri datang dari bahasa Yunani kuno yang berarti “untuk mencari atau ditemukan.” Kebanyakan, heuristik ini berupa panduan - pendekatan berbasis pengalaman untuk menyelesaikan sebuah masalah.
 
Penting untuk mengingat bahwa heuristik bukanlah sekumpulan hukum dalam desain UI. Heuristik membantu membentuk desain dengan menuntun designer agar senantiasa memikirkan pengguna dalam setiap pekerjaannya. Mari kita lihat lebih lanjut.
 
Visibilitas Dari Status Sistem
 

 
Nielsen menggarisbawahi bahwa pengguna perlu mengetahui tentang apa yang sedang terjadi dan mendapatkan respon balik dalam waktu yang juga sesuai untuk mereka. Tidak mengetahui tentang mengapa halaman tertentu tidak termuat atau mengapa pembayaran tidak terproses merupakan dua contoh nyata dari buruknya visibilitas dari status sistem.
 
Kesamaan Antara Sistem & Dunia Nyata
 
Pengguna perlu memahami konten yang ia lihat. Gunakan bahasa dan referensi yang umum sehingga pengguna dapat mengikuti website atau aplikasi Anda dengan baik. Tentunya hukum “less is more” berlaku pada hal ini. Pengguna perlu melihat relevansi antara sistem dan dunia nyata mereka. 
 
Kontrol & Kebebasan Pengguna
 
Umum bagi pengguna untuk memilih opsi yang salah. Buatlah cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk kembali pada langkah sebelumnya dimana mereka berada dalam website atau aplikasi perangkat Anda. Jika sistem Anda terlalu ketat dan terbatas, pengguna tidak segan untuk meninggalkan website atau aplikasi perangkat Anda tanpa berusaha untuk memecahkan solusinya.
 
Konsistensi & Standar
 
Anda tentunya pernah mendengar bahwa “konsistensi adalah kunci.” Ilmuwan komputer Ben Shneiderman mengatakan bahwa konsistensi perlu diprioritaskan dalam desain UI. Setiap menu, dropdowns, filter, dan dialog perlu dibuat konsisten dalam proses desain Anda.
 
Pencegahan Kesalahan
 
Mencegah terjadinya kesalahan merupakan tujuan utama, bukan? Kita tentunya mengetahui bagaimana masalah dapat terjadi pada proses desain. Untungnya, masalah tersebut tidak terlalu berpengaruh besar pada desain dan merusaknya. Senantiasa uji untuk kesalahan, tetapi juga tempatkan keamanan ketika hal tersebut terjadi. Berikan pengguna opsi untuk keluar dari kesalahan seperti dengan bentuk pop-up untuk mengkonfirmasi tentang apakah mereka benar-benar ingin meninggalkan halaman, mengisi detail halaman pembayaran kembali, dan sebagainya.
 
Kurangi Langkah Yang Harus Pengguna Lewati
 
Heuristik ini merupakan kunci. Desain UI Anda perlu membantu pengguna dalam menjalankan dan merasakan pengalaman navigasi yang lebih mudah. Pengguna senantiasa ingin dengan mudah berpindah dari A ke B tanpa masalah. Pengguna yang sering menggunakan website atau aplikasi Anda juga lebih mendapatkan keuntungan dengan memiliki jalan pintas seperti dalam menyimpan informasi yang sudah pernah mereka isi sebelumnya pada halaman checkout
 
Fleksibilitas & Efisiensi Penggunaan
 
Layani pengguna yang berpengalaman dan belum berpengalaman dengan akselerator. Membangun akselerator akan mempercepat proses dan langkah yang diambil pengguna yang sering mengakses website atau aplikasi Anda dan langkah yang tidak diperhatikan oleh pengguna yang memang  tidak perlu menggunakannya.
 
Desain Yang Estetis & Minimalis
 
Kita sudah berbicara tentang konsistensi dalam desain, tetapi perlu juga untuk diingat bahwa keseluruhan visual yang estetis juga penting. Desain Anda perlu terlihat sesuai di mata pengguna. Memiliki desain yang minimalis memperbolehkan pengguna untuk lebih mudah bernavigasi dan memahami keseluruhan makna brand dan pesan yang Anda sampaikan.
 
Bantu Pengguna Memahami, Mendiagnosa & Pulih Dari Kesalahan
 
Banyak dari Anda yang pernah memasuki website yang gagal saat memuat halaman atau membuat kita aman melalui halaman pembayaranya. Untuk semakin membuat Anda frustasi, beberapa website tersebut mungkin belum menawarkan solusi. Halaman tersebut dapat saja menjadi kosong atau muncul dengan beberapa kesalahan umum di dalamnya. Desain yang Anda rancang haruslah jauh dari hal ini. Anda dapat melakukannya dengan mempertimbangkan kesalahan dan memberikan solusi yang jelas kepada pengguna. 
 
Bantuan & Dokumentasi
 
“Saya bertahan dengan sedikit bantuan dari teman-teman saya.” Menerapkan bantuan dan dokumentasi mungkin tampak seperti tugas yang membosankan dalam desain UI, tetapi hal ini sangat berfungsi efektif bagi pengguna. Berikut tips dari Jakob Nielsen -  “Informasi seperti hal tersebut harus mudah dicari, berfokus pada tugas pengguna, memberikan daftar langkah-langkah konkret yang harus dilakukan, dan tidak terlalu besar.” Dengan kata lain, bantu pengguna tanpa membuat mereka kewalahan.
 
10 heuristik kegunaan untuk desain UI ini dapat memandu tim Anda dalam membuat sistem kerja yang menguntungkan pengguna dan Anda sendiri. Pikirkan heuristik ini sebagai tiang penuntun dan bukan aturan yang ditetapkan –– meskipun semuanya relevan dengan desain apa pun. 
 
 
Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam merancang desain website yang tepat untuk bisnis Anda, Eannovate dapat membantu.
 
 Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Punchy.Design