This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Tips Dalam Melakukan Tune Up Untuk Mobil Anda Sendiri Di Rumah


10 Feb 2021 by Billy Gani

Anda tidak perlu menjadi mekanik, atau bahkan penyuka mobil untuk melakukan perawatan standar pada mobil Anda. Anda dapat lebih menghemat pengeluaran dan memahami lebih dalam tentang langkah-langkah untuk merawat kendaraan agar senantiasa memiliki umur panjang. Berikut ini kami berikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan di rumah untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan Anda:
 
Bagian Pertama
 
Lakukan Inspeksi Dasar Akan Mobil Anda
 
Bagian Kedua
 
Melakukan Tune-Up Secara Rutin
 
Ganti Oli Setiap 5.000 KM
 
Untuk menjaga agar mesin Anda berfungsi secara maksimal, Anda perlu menguras oli lama sepenuhnya dan mengisinya dengan oli baru yang sesuai dengan jenis mesin di mobil Anda. Anda juga sebaiknya mengganti filter oli, yang biasanya memiliki masa pakai sekitar 24.000 km. Namun, saat Anda mengganti oli, hal ini juga  menjadi kesempatan bagus untuk mengganti filter, yang meningkatkan umur kendaraan Anda.
 
Mengganti oli merupakan pekerjaan dengan tingkat kesulitan menengah. Meskipun tidak ada yang sulit tentang tugas itu sendiri, Anda harus memiliki ruang dan bahan yang diperlukan. Relatif murah dan cepat jika Anda membawanya pada bengkel mobil untuk menyelesaikannya, terutama jika Anda tinggal di kota dan tidak memiliki tempat yang tepat untuk menyetel sendiri mobil Anda.
 
Interval servis berkisar antara 5.000 km dapat bervariasi dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya. Selalu ikuti rekomendasi dari pabrik mobil Anda; namun, tidak ada salahnya untuk lebih sering mengganti oli.
 
Ganti Filter Udara Mobil Anda
 
Bagian filter udara berada di atas mesin, di bawah penutup yang besar dan bulat, dan terbuat dari logam atau plastik. Melepas filter udara dan membersihkannya secara menyeluruh (bahkan hanya dengan meniupkan udara terkompresi secara perlahan dan mengelapnya) dapat sangat membantu memperpanjang umur mesin Anda. Ingatlah bahwa beberapa bahan filter udara sangat lembut dan rapuh. Semburan keras udara terkompresi dapat melubangi beberapa filter udara dan mencegahnya menyaring udara sama sekali.
 
Jika filter udara Anda tidak berada di atas mesin, filter tersebut mungkin terletak di kotak udara dengan saluran kerja yang bergerak dari depan kendaraan menuju boks lalu ke badan akselerasi. Beberapa pembersih udara bahkan tidak terlihat dari bawah kap dan harus diservis dari bawah mobil.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam melakukan perawatan untuk kendaraan Anda sendiri. Meskipun memang Anda dapat melakukan beberapa tips di atas secara manual di rumah, pemeliharaan besar secara keseluruhan untuk mobil Anda jugalah diperlukan. Jika Anda ragu tentang biaya yang perlu Anda keluarkan ketika menggunakan jasa layanan dari profesional, jangan khawatir. KJS Motor dapat menjadi salah satu solusi Anda.
 
KJS Motor merupakan salah satu bengkel mobil di Jakarta Barat yang profesional dan berkualitas serta menawarkan harga terjangkau untuk melakukan pemeliharaan terhadap mobil Anda. KJS Motor menawarkan berbagai layanan perawatan seperti built up, perbaikan mesin, service transmisi mobil, ganti oli, sampai dengan bongkar mesin mobil. KJS Motor juga menawarkan penawaran gratis untuk check-up kendaraan mobil Anda.
 
 
 
 
 
 
Reference: WikiHow