This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

6 Kunci Dalam Merancang Desain Kartu Nama Bisnis 


08 Feb 2021 by Billy Gani

Kartu nama bisnis merepresentasikan setiap langkah ke depan dari mimpi bisnis Anda untuk menjadi kenyataan. Dan untuk banyak konsumen potensial, hal tersebut dapat menjadi interaksi pertama mereka dengan brand Anda, jadi pastikan kehadirannya membawa dampak positif untuk Anda.
 
Sebuah kartu nama bisnis yang dipikirkan dengan matang dapat lebih dari sekedar membawa informasi kontak Anda. Hal tersebut dapat membuat Anda terlihat lebih profesional, membangun kepercayaan konsumen, dan membuat bisnis Anda dapat lebih menonjol dari kompetitor lainnya.  Tetapi, sebelum Anda mulai memberikannya kepada setiap orang dan calon potensial konsumen Anda, sudahkah Anda memikirkan tentang apa yang membuat kartu nama bisnis Anda berkualitas? Bagaimana cara Anda membuatnya agar menarik perhatian dan membawa keuntungan untuk bisnis Anda?
 
Jawabannya adalah dengan menggunakan kombinasi tepat dari informasi yang Anda masukkan, dan bagaimana cara Anda mempresentasikannya. Berikut ini kami berikan beberapa kunci penting dalam merancang desain kartu nama bisnis yang dapat mempresentasikan bisnis Anda secara tepat berdasarkan saran dari Tristan Le Breton, Direksi kreatif dari 99Designs.
 
Temukan Template Yang Merefleksikan Kepribadian Dari Brand Anda
 

 
Kartu nama bisnis Anda berbicara banyak tentang Anda dan bisnis yang Anda jalankan. Maka dari itu, pilihlah desain yang sesuai dengan kepribadian dari bisnis Anda. Mungkin jika Anda merupakan ahli dalam bidang dekorasi interior yang memiliki spesialisasi dalam membuat gaya ruangan yang minimalis atau klasik Anda dapat merepresentasikan kartu nama Anda secara rapi dan juga sederhana. Atau jika Anda merupakan orang yang outgoing dan senang bersosialisasi - Anda dapat merefleksikan hal tersebut dengan kartu nama bisnis dengan desain yang fun dan tidak terlalu formal.
 
Temukan Font Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda
 
Jika memang ada font yang Anda gunakan dalam website atau material promosi lain dari bisnis Anda, masukkan hal tersebut dalam kartu nama bisnis Anda. Font yang Anda pilih harus dapat merepresentasikan brand Anda. Misalnya, jika Anda merupakan seorang penulis, Anda dapat menggunakan jenis font yang berbentuk seperti hasil ketikan atau typewriter. Jangan lupa untuk memperhatikan agar font Anda senantiasa dapat terbaca dengan minimal ukuran 8 pts. Tetapi, untuk informasi yang lebih penting seperti nama dan bisnis Anda dapat dicetak dengan ukuran, font, atau penebalan yang lebih.
 
Rekomendasi dari Tristan Le Breton adalah dengan membuat nama bisnis atau perusahaan Anda berukuran lebih besar dari 12 pt dan tidak menggunakan ukuran yang lebih kecil dari 8pt untuk detail lainnya. 
 
Tentukan Ukuran Dan Bentuk Yang Tepat 
 

 
Ukuran dan orientasi dari kartu nama bisnis Anda dapat mempengaruhi ukuran teks dan jumlah informasi yang ingin Anda masukkan ke dalamnya serta membuat pernyataan tersendiri tentang brand Anda. 
 
Kebanyakan kartu nama bisnis dicetak dengan bentuk persegi panjang, dalam ukuran sejenis dengan kartu kredit dan memiliki orientasi horizontal. Setiap orang senantiasa familiar dengan format ini, sehingga dapat menjadi salah satu pilihan aman untuk Anda. Tetapi, jika Anda ingin menjadi beda dan lebih menonjol, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan bentuk kotak, ujung yang membulat (rounded corners) atau orientasi vertikal.
 
Atur Secara Tepat Tentang Informasi Yang Ingin Anda Tampilkan
 
Berbicara tentang informasi, kartu nama bisnis Anda harus dapat memberikan calon pelanggan tentang apa yang mereka butuhkan saat ingin mengontak Anda, mencari Anda secara online, atau menemukan dimana kantor Anda berada. Selain berisikan nama dan jenis pekerjaan yang Anda lakukan, kartu nama Anda dapat mencantumkan nama bisnis, nomor kontak, website, alamat email, atau media sosial yang Anda miliki. Pastikan bahwa kartu nama bisnis Anda memiliki seluruh informasi tersebut sehingga calon pelanggan potensial atau klien Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda dengan cara yang nyaman.
 
Ketika Anda menambahkan informasi untuk template dari kartu nama bisnis Anda, pertimbangkan orientasi penempatannya. Setiap bagian dari informasi yang Anda masukkan haruslah mudah dibedakan tetapi juga tetap berjalan bersamaan dengan komponen lain di dalamnya. “Alur visual yang baik dari sebuah desain kartu nama bisnis dapat dimulai dari logo, nama bisnis atau nama Anda, lalu berpindah pada informasi sekunder seperti alamat email, dan kontak Anda,” kata Tristan. Ia juga menambahkan bahwa Anda dapat mengubah alur visual dari kartu nama bisnis tersebut dengan menyesuaikan ukuran tiap elemen, mengubah lokasi penempatan, atau menambahkan ruang negatif pada kartu nama Anda.
 
Maksimalkan Penggunaan Kartu Nama Bisnis Anda
 
Buatlah kartu nama bisnis Anda bekerja dua kali lebih berat untuk Anda dan bisnis yang Anda jalankan. Gunakan bagian belakang dari kartu Anda sebagai tempat pengingat akan jadwal, stempel loyalitas, atau sebagai kanvas kosong tempat Anda menunjukkan hal apapun tentang bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis restoran, Anda dapat memasukkan resep singkat untuk signature drink yang Anda buat. Jika Anda menjalankan bisnis pembuatan produk handmade, Anda dapat menggunakan kartu nama tersebut dengan desain hangtag dari produk seperti pakaian, aksesoris, dan sebagainya.
 
Salah satu cara lain untuk membuat kartu nama bisnis Anda lebih menonjol adalah dengan membuatnya menjadi magnet. Teknik ini bekerja dengan baik untuk Anda yang menjalankan bisnis berbasis jasa atau layanan seperti perbaikan pipa, pemeliharaan taman, salon, bengkel mobil, restoran,dan sebagainya. Konsumen Anda dapat menempelkannya pada kulkas mereka dan lebih mudah untuk mengakses detail kontak Anda jika mereka membutuhkan layanan Anda.
 
Opsi untuk senantiasa memperbarui kartu nama bisnis Anda senantiasa ada dan dapat memastikan agar kartu nama bisnis Anda semakin meraih audiens yang lebih besar, bertahan lama, serta menghadirkan impresi yang lebih kuat.
 
Tambahkan Hal Istimewa Dalam Kartu Nama Bisnis Anda
 

 
Menurut Tristan, penyelesaian yang spesial dari sebuah kartu nama bisnis dapat meninggalkan kesan yang lama dan melekat pada calon pelanggan potensial, rekan kerja, dan juga klien yang Anda miliki. Salah satu cara untuk menerapkannya adalah dengan menambahkan elemen desain yang kreatif atau dengan menggunakan pencetakan yang spesial untuk kartu nama bisnis Anda. Aksen foil menambahkan sentuhan dengan kilau yang sophisticated, dan penggunaan teknik glossy emboss menghasilkan kartu nama Anda sentuhan 3 dimensi yang menarik dan sulit dilupakan oleh penerimanya. 
 
Penggunaan lapisan tambahan dari pencetakan bahan dari kartu nama Anda juga dapat menambahkan hal spesial dari kehadirannya. Contohnya, lapisan ketebalan kertas dapat meningkatkan kesan elegan, sementara kertas kraft yang didaur ulang memberikan nuansa organik pada kartu nama bisnis Anda. Pastikan bahwa fitur spesial ini senantiasa sesuai dengan branding yang Anda jalankan - jika bisnis Anda tidaklah terlalu glamor, mungkin aneh jika Anda menggunakan kesan penambahan foil dalam kartu nama Anda. 
 
 
Nah, berikut adalah beberapa kunci yang dapat kami berikan berdasarkan saran dari Tristan Le Breton untuk merancang desain dari kartu nama bisnis Anda. Jika Anda sudah memilikinya dan membutuhkan pencetakan yang berkualitas untuk merealisasikan desain dari kartu nama Anda, Instaprint dapat membantu.
 
Instaprint merupakan percetakan digital berkualitas yang berpusat di Tangerang. Instaprint menyediakan berbagai macam layanan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Layanan yang mereka tawarkan mencakup perlengkapan seperti pencetakan kartu nama bisnis, stiker dan label produk kemasan, kalender, brosur, cetak dokumen A3, poster, pas photo, blueprint, dan masih banyak lagi. Instaprint juga memiliki layanan pencetakan souvenir dan pelengkap untuk bisnis Anda seperti t-shirt, tote bag, pin, banner dan stiker meteran, hingga kartu souvenir seperti flazz dan e-money. 
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak kebutuhan untuk bisnis Anda tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, desain cetakan untuk bisnis Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Reference: VistaPrint