This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

3 Common Digital Content Problems and How to Avoid Them


21 Jan 2021 by Billy Gani

Menciptakan dan mengelola website atau aplikasi yang berkualitas, yang menghubungkan Anda dengan konsumen secara langsung dan memberikan Anda konversi, tentunya memiliki konten pada waktu dan ditujukan pada konsumen yang juga tepat. Dalam artikel ini, kami akan mencoba memberikan beberapa kesalahan umum yang dapat Anda temukan saat memproduksi konten dan cara mengelolanya. 5 kesalahan ini biasa ditemukan setiap harinya. 
 
Tidak Memiliki Gambaran Jelas
 
Berikut salah satu contoh - A memiliki banyak sekali pakaian dalam lemarinya. Lemari milik A dapat terlihat terlalu penuh dan sewaktu-waktu dalam membuyarkan seluruh isi di dalamnya. Dan lemari tersebut tidaklah berukuran kecil. Tentunya, kuranglah baik bagi A untuk membeli produk yang sebelumnya sudah pernah ia miliki dengan desain yang serupa dengan tumpukan baju pada lemarinya, bukan? Dan ketika A mulai membereskan lemarinya, ia baru menyadari bahwa banyak pakaian yang sebenarnya dia tidak pernah pakai atau terlupa untuk digunakan.
 
Tentunya A tidaklah senang jika memiliki masalah ini terus menerus. Hal tersebut menunjukkan bahwa dirinya senantiasa membeli pakaian terlalu banyak dan juga menjadi masalah yang jelas bahwa ia tidak memiliki gambaran jelas tentang apa yang ingin ia pakai.
 
Diri dan website Anda dapat menjadi A dalam contoh kasus diatas. Anda bisa saja menghadapi masalah yang sama dengan tidak memiliki gambaran jelas tentang konten dalam website Anda. Ketika Anda mengelola website, baik oleh diri Anda sendiri maupun dengan bekerja sama dengan orang lain, lama kelamaan tentunya Anda akan mengumpulkan semakin banyak konten yang mungkin tidak Anda prediksi sebelumnya. Coba pikirkan tentang hal tersebut - tentunya mungkin saja ada konten produk, unggahan blog, halaman about us, halaman kontak, halaman kebijakan privasi, dan masih banyak lagi. 
 
Setelah menjalankan website Anda dalam beberapa waktu, Anda bisa saja berakhir dengan konten duplikasi, konten yang tidak lagi relevan, konten yang membingungkan, dan bagian yang kurang tepat dengan keseluruhan konten lainnya. Anda telah kehilangan gambaran dari konten Anda.
 
Untungnya, lebih mudah untuk membuat gambaran tentang konten Anda daripada menyusun pakaian yang berantakan dalam kamar Anda. Untuk konten, Anda dapat menggunakan crawl otomatis maupun manual dan membuat inventarisasi pada spreadsheets. Pastikan Anda memasukkan beberapa meta data berikut:
 
Mungkin Anda sudah melakukan pelacakan tentang hasil dari upaya pemasaran menggunakan konten Anda. Hal tersebut dapat menjadi titik awal Anda.
 
Sekarang setelah Anda memiliki inventaris, Anda sudah mengetahui konten mana yang harus Anda tingkatkan atau awasi, dan konten mana yang harus Anda hapus dari website Anda. Hal ini juga akan menunjukkan kepada Anda tentang hal apa  yang mungkin kurang (analisis kesenjangan) dan konten mana yang dapat Anda gunakan kembali.
 
Tidak Ada Koherensi
 
Masalah lain yang masih dapat terjadi dan terkait dengan masalah pakaian diatas adalah setiap pakaian yang dimiliki tidak dapat dikombinasikan atau sesuai satu dan yang lain. Satu sama lain pakaian tersebut bertabrakan dari segi gaya, bentuk, ataupun warna. Karena A tidak ingin membuang pakaian tersebut, A menemukan bahwa lemarinya memiliki banyak sekali pakaian yang sangat berbeda di dalamnya.
 
Hal ini juga dapat menjadi salah satu hal yang dapat terjadi pada website Anda. Karena website bukanlah proyek yang hanya dirilis dan ditinggalkan melainkan sebuah tempat yang senantiasa berkembang. Begitu pula konten di dalamnya. Secara keseluruhan, Anda mungkin tidak memiliki perbedaan besar, misalnya, formal hingga kasual. Namun di dalam masing-masing elemen tersebut, ada beberapa spektrum gaya yang berbeda. Sangat mungkin bahwa tone di dalamnya dapat berubah seiring waktu. Anda mungkin ingin menambahkan konten di berbagai tempat, dan dengan cara tersebut, menciptakan ketidakkonsistenan gaya dalam aliran pengguna pada website Anda.
 
Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus dapat menciptakan panduan umum untuk gaya konten yang Anda inginkan. Hal tersebut harus senantiasa terikat dengan identitas brand dan dengan kebutuhan serta ekspektasi dari pengguna. Dalam panduan tersebut Anda dapat mendeskripsikan gaya umum, nuansa yang ingin Anda berikan kepada pengguna dan “suara” dari konten Anda. Anda dapat menggunakan deskripsi seperti “happy & bubbly” atau “eksklusif & berkelas”. Keduanya merupakan contoh yang memiliki nuansa berbeda dan Anda dapat memikirkan secara langsung tentang frasa dan tampilan visual yang dapat Anda rancang dari dua kata tersebut.
 
Tetapi, jangan berhenti hanya pada satu deskripsi saja. Gali lebih dalam dan jadilah lebih spesifik. Hal ini dapat membuat konten Anda menjadi lebih unik. Dan juga, deskripsikan batasan tertentu seperti “kami ceria dan menyenangkan tetapi tidak naif atau sembrono” atau “kami eksklusif dan klasik namun tidak arogan.”
Kemudian, buatlah daftar jenis konten yang berbeda, misalnya:
 
Untuk masing-masing halaman atau konten, jelaskan tone ideal yang harus diikuti. Anda mungkin ingin sedikit lebih sederhana dalam konten pada halaman layanan daripada pada deskripsi produk. Contoh dan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selalu merupakan ide yang baik untuk disertakan. Gunakan panduan gaya ini sebagai dokumen desain dan perbaiki serta tambahkan saat diperlukan. Hal akan membantu Anda dan penulis lain yang bekerja dalam website terkait untuk senantiasa menjaga konsistensi dalam konten Anda.
 
Menyajikan Konten Pada Tahap Terakhir
 
Jika Anda merancang produk pakaian, Anda tentunya perlu mengetahui tentang siapa orang yang akan menggunakan pakaian tersebut. Mengetahui ukuran, bagaimana cara mereka bergerak, dan apa yang perlu mereka lakukan akan memberikan Anda gambaran tentang desain dan material yang diperlukan dan juga penting untuk memastikan bahwa produk tersebut akan pas dan berguna untuk mereka.
 
Dan juga, Anda tentunya pernah membeli pakaian yang terlalu cantik, meskipun sedikit terlalu ketat untuk Anda. Alasan mengapa Anda membelinya mungkin karena Anda berpikir dapat menurunkan berat badan, atau pakaian tersebut dapat meregang dan beradaptasi dengan tubuh Anda. Hal ini menjadi cara berbelanja yang buruk karena 9 dari 10 orang tentunya akan kecewa, baik oleh pakaian atau diri Anda sendiri. 
 
Website atau aplikasi Anda, juga sama. Kehadirannya merupakan wadah bagi konten. Tentunya, desain dan UX memainkan peranan besar tentang bagaimana pengguna mempersepsikannya - dan seberapa baik hal tersebut terkonversi. Tetapi, jika desain dan UX tersebut tidak sesuai dengan konten yang Anda berikan, tentunya Anda kehilangan kunci dari hal tersebut. Tidaklah efektif bagi Anda untuk tidak memiliki konten yang disesuaikan keinginan desainer, karena mereka tidak dapat melihat seperti apa wadah ( halaman, widget, atau komponen) dari konten Anda.
 
Jangan lupa juga bahwa kata atau frasa merupakan bagian dari desain dan UX. Tips: Minta penulis UX website Anda untuk melihat semua potongan kecil dari copy yang memandu pengunjung dalam website atau aplikasi Anda.
 
 
Berikut adalah 3 kesalahan umum dalam konten digital yang dapat Anda hindari dalam memproduksi konten untuk website Anda dan menyajikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Jika Anda masih baru dalam dunia website dan design atau konten, kami dapat membantu Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
 
Reference: Shopify