This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Psychological Hacks To Boost Your Digital Marketing Game


18 Jan 2021 by Billy Gani

Pada tahun 2013, varian coklat baru dari Cadbury’s Dairy Milk telah membuat beberapa konsumen marah karena rasanya yang lebih manis dari sebelumnya dan batang coklat yang lebih berbentuk persegi panjang. Dalam pembelaan Cadbury, diumumkan bahwa formulasinya tidaklah berubah. Siapa yang benar apa perbedaan yang dihasilkan dari batang coklat berbentuk bulat dan persegi panjang? Bukankah hal tersebut sama saja dengan  coklat susu di dalamnya?
 
Jawaban atas pergeseran persepsi tersebut terletak pada kenyataan bahwa bentuk kotak atau persegi panjang seringkali lebih diasosiasikan dengan kepahitan, karbonasi, rasa asin dan asam. Di sisi lain, bentuk yang bulat senantiasa dipasangkan dengan rasa manis yang dapat ditemukan dalam sederetan makanan seperti yoghurt dan jus buah.
 
Bentuk, karbonasi dan rasa pahit dapat diasosiasikan seperti kurang baik karena dapat merujuk pada bahaya untuk tubuh. Otak kita secara otomatis memproses hal tersebut ketika melihat objek dengan bentuk yang memiliki sudut tajam seperti pisau. Keasaman (berpotensi memiliki racun) dan karbonasi (berpotensi terlalu matang), dan sebagainya.
 
Dari sisi sebaliknya, konsumen cenderung mempersepsikan hal yang manis dengan hal positif seperti hal nya dengan kasus yang dialami oleh Cadbury diatas.
 
Dalam dunia dimana persepsi senantiasa membentuk apa yang kita lihat, seberapa penting branding dan pengiklan untuk mengubah produk yang mereka jual menjadi apa yang dipersepsikan oleh konsumen?
 
Pemasaran Emosional
 
Nama dari sebuah brand merupakan representasi dari sebuah produk dalam benak konsumen. Strategi pemasaran yang menekankan representasi mental hanya mengetuk atribut dan fitur produk tanpa tautan untuk mempengaruhi preferensi pembelian dari konsumen.
 
Bayangkan hal ini - Anda berjalan pada sebuah toko untuk membeli palu, bagaimana memilih palu apa yang terbaik untuk kebutuhan Anda? Berbagai palu yang dipamerkan dengan menawarkan fungsi yang identik dengan tingkat daya tahan yang serupa - dibuat dengan bahan yang sama dengan merek yang biasa Anda gunakan. Merek yang lebih baik dalam membedakan dirinya dari pesaingnya menghasilkan pengaruh yang jauh lebih besar pada loyalitas Anda sebagai pelanggan, bukan?
 
Brand yang kuat merepresentasikan kepribadiannya. Sebagai manusia, kita senantiasa cenderung tertarik pada satu jenis kepribadian, yang berdasarkan emosi, tidak rasional. Anda dapat menggunakan efek ini untuk mengubah tentang bagaimana konsumen melihat brand Anda. 
 
Salah satu contoh yang dapat Anda lihat dari pembahasan ini adalah produk Apple. Apple merupakan perusahaan yang pintar dalam mempengaruhi respon emosional positif untuk terhubung langsung dengan konsumennya dan meningkatkan loyalitas merek. Kampanye #ShootiPhone yang terkenal dari Instagram tersebut menarik emosi konsumen yang memungkinkan mereka menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar karena pengguna dapat menceritakan kisah pribadi melalui gambar dan video. Undangan massal untuk pengguna iPhone reguler di seluruh dunia ini menciptakan komunitas tempat orang-orang berbagi momen paling berharga yang diambil dengan iPhone mereka.
 
Kesimpulan yang dapat Anda ambil adalah:
 
Bukti Sosial
 
Siapa yang tidak menyukai berbelanja secara online? Tokopedia dan Shopee mungkin menjadi salah satu toko e-commerce favorit Anda dan saya, saat ini untuk mencari dan menjelajahi berbagai produk yang ditawarkan dalam harga yang murah jika dibandingkan dengan toko ritel fisik di luar sana. Karena perkembangan toko online saat ini dan juga keadaan yang senantiasa membuat kita lebih senang berbelanja secara online, kita senantiasa menjadi jauh dari pengalaman fisik dalam berbelanja. Kita tidak dapat merasakan material produk dan juga menentukan kualitasnya berdasarkan harga yang ditawarkan. Sama seperti, kita tidak dapat menentukan seberapa terpercaya sales yang menjual atau menawarkan layanan online dari perusahaan mereka. 
 
Hal tersebut kerap menjadi alasan tentang mengapa kita senantiasa membaca ulasan online terlebih dahulu untuk melihat seberapa baik sebuah produk atau layanan tertentu. Bukti sosial ini menjadi salah satu taktik paling berpengaruh untuk meyakinkan konsumen Anda. 
 
Setiap orang senang untuk mengikuti perilaku dari orang lain yang ia lihat. Kita dapat membeli pakaian baru karena kita senantiasa ingin tetap up to date dengan tren yang sedang berlangsung. Kita dapat berinvestasi pada beberapa saham karena ada banyak orang yang sukses dalam menjalankannya. Kita juga berencana untuk makan di tempat yang mendapatkan banyak ulasan positif secara online dan penasaran tentang seberapa baik makanan yang dijual di tempat tersebut. Pemasaran dari mulut ke mulut ini atau tindakan dari orang yang kita lihat tersebutlah yang kita percaya.
 
Berikut adalah contoh dari SodaStream yang menggunakan Scarlett Johansson - seorang artis wanita yang sangat bertalenta dan berperan sebagai Black Widow dalam Marvel Cinematic Universe - sebagai representatif diri mereka dalam iklan. Sejak setiap orang mengasosiasikan produk dengan orang yang merepresentasikannya secara tidak langsung, konsumen senantiasa merasa familiar dan merasa dekat dengan selebriti tersebut. Hal ini mengakibatkan mereka untuk dapat melihat refleksi dari diri mereka dan membuat mereka ingin membeli produk berkaitan.
 
Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mempekerjakan selebritas bagi strategi pemasaran Anda, terutama jika Anda seorang pengusaha yang memiliki bisnis berskala kecil. Pemeriksaan sosial juga dapat berfungsi dengan baik untuk pelanggan biasa seperti Anda dan saya yang telah menggunakan produk atau layanan .
 
Kesimpulan yang dapat Anda ambil adalah:
 
Paradoks Pilihan Pengguna
 
Menurut psikolog Barry Schwartz, terkadang menawarkan banyak pilihan dapat menghasilkan penjualan yang lebih sedikit. Mengapa? Hal ini karena terlalu banyaknya pilihan yang dimiliki sehingga membuatnya lebih sulit untuk dipindai satu demi satu. Menawarkan produk atau layanan yang terlalu banyak kepada konsumen dapat memberikan beban psikologis yang dapat menjadikan mereka malah meninggalkan website Anda. Hal ini dikarenakan semakin banyak pilihan yang mereka miliki, semakin banyak waktu dan upaya yang mereka butuhkan untuk memahami setiap nilai dari penawaran Anda.
 
Bukan berarti Anda harus membatasi brand Anda dengan memiliki opsi tiga hingga empat saja. Memiliki pilihan merupakan cara Anda untuk memaksimalkan kesempatan dalam mengisi kebutuhan pengguna. Triknya disini adalah bagaimana cara Anda menyediakan berbagai pilihan yang juga dapat menghilangkan rasa kecemasan pengguna yang berakhir dengan hasil pemasaran yang lebih efektif. 
 
Kita ambil contoh dari Amazon. Mereka menawarkan ribuan produk tetapi juga dapat menyelesaikan masalah dari terlalu banyaknya pilihan bagi pengguna dengan menggarisbawahi beberapa penjual terbaik dari berbagai kategori produk dalam homepage mereka, yang masing-masing memiliki kurang dari 7 produk untuk dipilih oleh pengguna.
 
Kesimpulan yang dapat Anda ambil adalah:
 
Celah Dari Rasa Ingin Tahu Pengguna
 
Pernahkah Anda menemukan artikel yang membangkitkan rasa ingin tahu Anda dengan judulnya? Respons emosional yang kuat ketika Anda melihat ada kesenjangan antara apa yang Anda ketahui dan apa yang tidak, itulah yang mendorong Anda untuk mengklik artikel sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda akan pengetahuan.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, istilah "clickbait" muncul di seluruh bagian website. Intinya, clickbait menipu pengguna agar mengklik halaman hanya untuk menyadari bahwa apa yang dijanjikan untuk diungkapkan tidak termasuk dalam artikel.
 
Contoh klasik dari iklan yang tepat dalam mengonversi klik terdiri dari headline utama seperti:
 
Clickbait menggunakan teori dari celah ingin tahu pengguna ini. Namun, jika Anda dapat menggunakan prinsip di balik celah ingin tahu pengguna ini untuk memberikan apa yang diharapkan mereka, Anda dapat meningkatkan target traffic untuk brand Anda dan menjadikannya viral.
 
Buzzfeed dapat menjadi salah satu contoh dalam menghasilkan berita utama dengan celah rasa ingin tahu yang kuat - Anda tentunya pernah menjelajahi banyak artikel dalam Buzzfeed selama berjam-jam atau sekedar mengikuti kuisnya bukan?
 
Berikut beberapa tips untuk Anda dalam menghasilkan headline yang kreatif dan menarik:
 
Kesimpulan yang dapat Anda ambil adalah:
 
Berikut adalah beberapa tips dalam segi psikologi pengguna yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan permainan dalam pemasaran digital untuk bisnis Anda. Jika Anda masih memerlukan bantuan, kami dengan senang hati hadir untuk Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
 
Reference: BetterMarketing