This page is enhanced for Mobile user. Visit our full website here.

Several Ways To Earn Customer Trust When You Have Zero Sales


12 Jan 2021 by Billy Gani

Bayangkan ketika Anda pertama kali mengunjungi toko online untuk pertama kalinya. Anda tentunya tidak mengetahui apapun tentang brand, kualitas produk, atau kepuasan yang akan Anda dapatkan jika memutuskan berbelanja pada toko tersebut. Sama seperti kebanyakan orang yang berbelanja lainnya, Anda tentunya mencari ulasan dari konsumen yang sudah pernah membeli produk atau menggunakan jasa layanan dari toko tersebut dan mencari bukti bahwa toko tersebut merupakan toko yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.
 
Tetapi, ketika berbicara tentang toko online Anda sendiri yang merupakan brand baru dengan penjualan yang masih nol - dan mungkin belum ada ulasan dari produk Anda - bagaimana cara yang tepat untuk menjembatani ruang dalam kepercayaan calon konsumen potensial Anda? Hal ini terkadang menjadi dilema yang senantiasa dihadapi para pebisnis baru.
 
Kepercayaan konsumen sangatlah sulit didapat ketika Anda belum memiliki konsumen. Tetapi, Anda perlu mendapatkan kepercayaan tersebut sebelum mereka memilih produk dan jasa yang Anda tawarkan. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini dan menetapkan kepercayaan sebagai salah satu titik mula dan awal dari perkembangan bisnis online Anda.
 
Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba memberikan Anda beberapa tips dan langkah yang dapat Anda pertimbangkan penggunaannya dalam memenangkan kepercayaan pengguna dan mulai mengembangkan bisnis online Anda.
 
Bagikan Sisi Humanis Dari Bisnis Anda
 
Sebagai konsumen, kita senantiasa cenderung tidak mempercayai brand tertentu saat pertama kali mengenalnya. Tujuan utama mereka, tentunya untuk mendapatkan penjualan. Tetapi, Anda harus dapat terbuka untuk dipercaya oleh mereka. Itulah mengapa menunjukkan sisi humanis dari bisnis Anda dapat mengatasi skeptisitas dari konsumen. Pertimbangkan pengenalan diri Anda dan brand- orang di balik bisnis Anda - kepada konsumen, khususnya jika hal tersebut dapat menambahkan keaslian dan kredibilitas bagi brand Anda, misalnya jika Anda menjual produk yang Anda buat sendiri dengan tangan Anda (homemade).
 
Tempat yang tepat untuk melakukan hal ini adalah di bagian Tentang Kami atau About Us dari website Anda. Dengan berfokus pada diri Anda sebagai pemilik bisnis dibandingkan produk, Anda dapat memberitahukan cerita di balik motivasi Anda serta bisnis yang Anda jalankan. Hal ini membantu konsumen untuk lebih mengetahui siapa Anda, yang membangun pondasi dari kepercayaan mereka akan brand dan bisnis Anda.
 
Bangun Hubungan Melalui Konten
 
Konten merupakan alat yang kuat untuk menghubungkan Anda dengan pengguna baru yang tidak mengetahui sama sekali tentang Anda. Hal ini memberikan Anda kesempatan secara perlahan untuk memperkenalkan diri Anda kepada mereka tanpa terkesan terburu-buru. Memasukkan konten dalam blog secara berkala dapat menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam bisnis, industri, dan masalah yang pengguna alami sehingga mereka memiliki kesan positif terhadap brand Anda.
 
Konten juga dapat membantu konsumen untuk menjadi lebih familiar akan brand Anda, khususnya jika Anda sudah membagikan cerita dan membantu brand yang menonjol di antara kompetitor Anda. Kebanyakan dari hal ini akan menunjukkan personalia dari brand Anda dan membantu setiap orang untuk lebih merasa memahami diri dan mempercayai Anda. Hal ini selanjutnya dibantu dengan mendorong diskusi yang memungkinkan Anda terhubung dengan setiap pengguna. Meskipun pengguna hanya memberikan komentar singkat, hal ini memberi Anda kesempatan berharga untuk berbicara dengan mereka secara pribadi, membangun hubungan pribadi melalui layar mereka dan mengundang mereka untuk mengunjungi halaman Anda kembali percakapan tersebut.
 
Pemasaran melalui konten juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendemonstrasikan keahlian Anda. Jika konsumen melihat Anda, sebagai pemilik bisnis yang mengetahui secara lengkap akan produk atau jasa yang Anda jual, mereka tentunya akan percaya dengan kualitas penawaran produk dan jasa Anda tersebut. 
 
Jika Anda ingin hal ini berjalan dengan efektif, Anda harus menyajikan konten yang memiliki nilai tinggi, berkualitas dan secara berkala.
 
Tunjukkan Kepada Konsumen Bahwa Keamanan Adalah Prioritas Anda
 
Dua strategi pertama berfokus pada menunjukkan kepercayaan Anda sebagai sebuah bisnis. Hal tersebut menjadi langkah awal yang penting. Namun, Anda tentunya juga ingin memastikan bahwa website Anda sendiri terlihat terpercaya. Keamanan dalam dunia maya merupakan salah satu masalah besar dengan banyaknya peretas yang mengekspos bahkan menargetkan berbagai bisnis. Jadi, masuk akal jika konsumen berhati-hati dalam memberikan informasi kartu kredit mereka kepada siapa pun.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi yang meningkatkan keamanan dan tidak hanya menambahkan lapisan perlindungan lain, tetapi juga memberitahu pelanggan dengan menampilkan lencana keamanan di toko Anda. Menawarkan beberapa opsi pembayaran juga dapat menjadi cara lain untuk membuat konsumen merasa sedikit lebih nyaman untuk membeli dari Anda. Beberapa pembeli juga lebih menyukai metode pembayaran tertentu yang dapat Anda pertimbangkan.

Jika Anda dapat menawarkan opsi pembayaran yang lebih dipercaya oleh pengguna, mereka juga tentunya akan lebih percaya pada brand Anda.
 
Garis Bawahi Kebijakan Pengembalian Produk 
 
Jika Anda ragu untuk melakukan pembelian, apa hal yang membuat Anda merasa lebih baik tentang pembelian tersebut? Tentunya kebijakan pengembalian yang baik. Kebijakan pengembalian yang baik dipandang sebagai tanda layanan pelanggan yang berkualitas. Kehadirannya menunjukkan bahwa Anda memprioritaskan pengalaman pelanggan dan bahwa Anda yakin tentang produk Anda, sedemikian rupa sehingga pelanggan dapat mengirimkannya kembali untuk pengembalian dana jika mereka tidak menyukainya.
 
Kebijakan pengembalian menurunkan resiko potensial yang diasumsikan dari konsumen ketika mereka berbelanja secara online. Jika Anda menawarkan biaya gratis untuk pengembalian produk dalam 30 hari setelah pembelian, tentunya konsumen akan merasa lebih aman dan percaya lalu membeli produk Anda. Jika Anda memang tidak dapat memberikan penawaran tersebut, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan hal tersebut dan mengarahkannya ke dalam program loyalitas keanggotaan (loyalty member).
 
Pertimbangkan Pemberian Sampel Produk Gratis
 
Temukan beberapa pelanggan pertama yang dapat memberi Anda kesempatan untuk membantu Anda dalam mendapatkan daya tarik lebih terkadang dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Salah satu cara pasti untuk membawa produk Anda ke tangan pelanggan adalah dengan memberikannya. 
 
Contoh sampel produk atau hadiah dapat membangkitkan minat pada bisnis Anda dan mendatangkan kepercayaan serta menghilangkan risiko. Menawarkan pelanggan kesempatan untuk "mencoba sebelum membeli" memang bukanlah untuk setiap bisnis. Tetapi jika Anda menjual produk yang mampu Anda berikan dalam jumlah yang lebih kecil (seperti makanan), Anda dapat memperoleh kepercayaan konsumen pada produk tersebut terlebih dahulu dan kemudian dengan mudah mengubah konsumen menjadi pelanggan yang membayar setelahnya.
 
Ada beberapa cara berbeda untuk membagikan produk Anda secara gratis dengan cara yang akan memberikan hasil yang sebenarnya, seperti:
 
Ingatlah bahwa contoh produk dan hadiah merupakan cara yang baik untuk mulai membangun kepercayaan. Tetapi agar upaya ini senantiasa berjalan efektif, Anda harus memberikan produk di tangan yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan Anda.
 
 
Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan kepercayaan konsumen saat Anda baru saja merintis bisnis online dan belum mendapatkan penjualan apapun. Jika Anda masih memerlukan bantuan untuk bisnis online Anda dan ingin meningkatkan visibilitas dari website dan bisnis Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Shopify