Image

QUICK CONTACT













close
logo Website, Mobile Android and iOS App Design Development in Jakarta, Indonesia - Eannovate
Creative Tech News
eannovate.com
GET - ON Google play store
View

E-NEWS

iOS
Image

Fitur-Fitur Aplikasi Terbaik di iOS 10

15 Jun 2016 by Feliza Budirahardjo

Pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2016, secara resmi Apple telah memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile besutan mereka, iOS.

Apple mengumumkan iOS 10 sebagai penerus sistem operasi perangkat mobile mereka. Banyak perubahan yang dibawa oleh iOS 10, antara lain adalah:

1. Aplikasi dari Apple Bisa Dihapus

View image on Twitter

Dikatakan bahwa pada iOS 10 pengguna dapat menghapus aplikasi bawaan dari Apple yang dirasa tidak pernah digunakan. Pada ajang WWDC 2016 ini Tim Cook membenarkan rumor yang beredar itu bahwa nantinya pengguna dapat menghapus aplikasi sistem bawaan Apple yang dirasa tidak penting. Cook mengatakan bahwa mereka ingin memberikan kebebasan pada para pengguna nantinya.

2. Lock Screen

Pada iOS 10 ini Apple menata ulang tampilan lock screen yang berbeda jauh dari iOS 9. Pada sistem operasi yang terbaru ini disebutkan bahwa pengguna tidak perlu lagi menekan tombol apapun untuk menghidupkan layar dari posisi mati. Di iOS 10, sensor accelerometer akan merespon ketika Anda mengangkat iPhone dengan menyalakan layar secara otomatis dan memperlihatkan notifikasi terbaru yang ada di lockscreen.

3. Siri

Apple angkat bicara mengenai Siri dan menjadikannya terbuka kepada semua pengembang, yang mana ini bisa dikatakan langkah yang sangat mengesankan. Jadi nantinya Siri bakal mendukung aplikasi pihak ketiga juga, seperti, “Siri pesankan aku taksi”.

Asisten virtual tersebut bisa mengirim pesan lewat klien non-Apple, seperti memesan mobil lewat Uber. Bahkan Siri juga bisa mencari foto-foto lewat aplikasi-aplikasi edit foto dari pengembang aplikasi lain, serta bisa disuruh untuk melakukan pembayaran.

4. Peningkatan Quick Type

ios-10-2

Pada aplikasi keyboard Apple, Quick Type kali ini juga akan didukung oleh penggunaan Siri. Jadi misal ada kawan Anda yang menanyakan Anda sedang berada dimana, Siri nantinya akan memberikan saran jawaban akan lokasi Anda sekarang berdasarkan GPS. Atau mungkin ada kerabat Anda menanyakan berapa nomor telepon adik Anda, maka Siri secara cepat akan memberikan informasi nomor telepon adik Anda cukup dengan sekali sentuhan tangan Anda.

5. Apple Maps

ios-10-4

Apple merombak salah satu aplikasi andalan, Apple Maps, yang mana selain mengalami perubahan desain, Apple juga menanamkan fitur baru, yaitu menyuguhkan tingkat kepadatan lalu lintas. Maps kini mampu menampilkan jalan tercepat ke tujuan Anda dan semua informasi lalu lintas di sepanjang jalan.

Selain itu, Apple Maps kini juga lebih aktif dengan memberikan saran lokasi yang mungkin ingin Anda kunjungi. Misal saja Anda membuka aplikasi Apple Map pada waktu makan malam, maka aplikasi ini akan memberikan lokasi makan malam yang mungkin dapat Anda kunjungi.

Aplikasi Maps juga mendapat suntikan Artificial Intelligence (AI) sehingga menjadi lebih pintar di iOS 10. Khusus untuk aplikasi Maps di CarPlay juga mendapat tambahan fitur baru, seperti memperluas navigasi turn-by-turn ke layar dashboard pengguna.

6. Photos (Gallery)

ios-10-3

Aplikasi foto pada iOS atau mungkin lebih familiar dengan nama galeri foto, kini juga mengalami pembaruan yang cukup signifikan. Keterlibatan Artificial Intelligence (AI) dalam Memories, yang akan memindai foto-foto dan mengurutkannya menjadi album-album secara otomatis berdasarkan tempat bersejarah, hewan, orang, topik, dan beragam kriteria lainnya.

7. Messages (SMS)

ios-10-7

Pengguna bisa mengirim foto GIF, serta akses untuk membuka foto dan live camera jadi lebih mudah tanpa perlu keluar dari aplikasi. Bila alamat tersebut mengarah pada alamat tautan sebuah lagu dari Apple Music, maka lagu tersebut dapat diputar tanpa harus meninggalkan aplikasi perpesanan tersebut. Begitu juga dengan alamat tautan sebuah video, maka video tersebut bisa diputar langsung melalui aplikasi perpesanan. Selain itu aplikasi perpesanan pada iOS 10 ini juga mendukung penulisan tangan dan sentuhan digital seperti pada perangkat Apple Watch.

Tidak hanya itu saja, tampilan emoji juga dibuat tiga kali lebih besar dan pengguna bisa memasukkan tulisan tangan atau tulisan digital dalam pesan.

8. Apple Music

ios-10-5

Aplikasi pemutar lagu dari Apple Music memang belum berumur lama dan masih mendapatkan banyak keluhan dari penggunanya. Demi menebusnya, Apple akhirnya merombak aplikasi Music dengan fitur terbaru dan kemudahan dalam mengaksesnya. Salah satu fitur yang paling menarik adalah dukungan terhadap lirik lagu, jadi nantinya kita dapat mengunduh lirik dari lagu yang kita putar.

Selain itu Apple Music juga akan mendeteksi lagu apa yang sering diputar oleh penggunanya, sehingga aplikasi ini dapat memberikan saran lagu lainnya.

9. Phone

Apple telah memperbarui aplikasi Phone dengan beberapa fitur baru. Semua aplikasi VoIP pihak ketiga sekarang menggunakan calling screen yang sama dengan default aplikasi Phone. Skype, Viber dan yang lain-lain punya notifikasi full screen dengan foto, beberapa opsi, dan slider penjawab berukuran besar.

Dalam phonebook kita sekarang bisa memilih aplikasi apa yang hendak dipakai untuk menelepon nomor tertentu. Voice Mail bisa menampilkan transkrip pesan dan bisa mendeteksi sebuah pesan yang datang dari nomor tak dikenal, bahkan sebelum masuk Voice Mail.

10. HomeKit

Homekit iOS 10

HomeKit adalah cara mengendalikan beragam peralatan rumah tangga yang dapat terhubung ke perangkat iOS secara nirkabel. Sebut saja membuka pintu garasi secara remote, mengendalikan suhu ruangan, menyalakan lampu, atau beragam hal lainnya.

Pengguna bisa mengakses semua perangkat HomeKit yang sudah didukung oleh Apple dalam satu aplikasi saja dengan tampilan yang personal.

Selain mengatur beragam perangkat HomeKit, pengguna juga bisa membuat profil pengaturan yang fleksibel. Seperti tombol Good Night yang akan langsung mematikan semua lampu di dalam ruangan, menutup tirai jendela dan mengunci pintu. Bahkan Home juga dapat digunakan bersama Siri untuk sekedar mengatakan selamat pagi - sebagai cara baru membuka tirai, menyalakan lampu dan membuka kuncian pintu.

Apple juga menjamin keamanan akses di Home jika pengguna ingin melakukan pengaturan dari jauh. Koneksi yang digunakan sudah berbasis end to end encryption demi menjaga keamanan rumah dan setiap orang di dalamnya.

Pembaharuan dan penambahan fitur iOS 10 ini cukup fantasis. Kita tunggu ya peluncuran resminya!

 

Ref: telegraph

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA
Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta.

GERMANY
Berger Halde 11, 88079. Kressbronn am Bodensee.
Image
TELEPON
INDONESIA
+62 21 5437 5601


GERMANY
+49 176 4561 8263
Image
E-MAIL
hello [at] eannovate.com
Image
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 5.00pm
Sat 9.00am - 3.00pm