Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Cara Kerja & Fungsi Dari Thermostat Kendaraan Anda

13 Oct 2021 by Billy Gani
Untuk menjaga suhu mesin kendaraan agar tetap dingin dan stabil, dibutuhkan komponen thermostat di dalam setiap kendaraan. Mesin pada kendaraan bekerja dengan tingkat kecepatan serta kerumitan yang tinggi. Karena itulah, suhu dalam mesin kendaraan meningkat dari waktu ke waktu penggunaan. Disinilah fungsi utama thermostat kendaraan bekerja. Penggunaannya adalah untuk menjaga suhu mesin kendaraan agar senantiasa berada pada keadaan ideal saat digunakan. 
 
Fungsi Thermostat Mobil
 
Pada sistem pendingin mobil, thermostat menjadi salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan. Fungsi utamanya adalah untuk mengatur sirkulasi mesin dari radiator untuk mencegah terjadinya overheat atau mesin yang terlalu panas. Sedangkan, sistem pendingin mesin berfungsi agar suhu di dalam mesin tetap pada kondisi ideal. Thermostat terletak di dalam saluran air yang mengalir dari mesin ke radiator.
 
Kondisi ideal agar proses pembakaran mesin optimal berkisar pada suhu 80-92℃. Hal ini perlu diperhatikan agar tenaga mesin dapat bekerja secara maksimal dan konsumsi bahan bakar yang efisien.
 
Cara Kerja Dari Thermostat Mobil
 
Sebelumnya telah dijelaskan bahwa fungsi utama dari thermostat yaitu untuk menjaga suhu mesin pada titik ideal. Cara kerja thermostat akan mengikuti kinerja komponen pendingin mesin lainnya.
 
Pertama, pompa air membiarkan air jatuh ke mesin melalui jaket air. Pada tahap ini air akan mengalir di sekitar mesin untuk menangkap panas dari dalam mesin. Kemudian, air akan keluar melalui selang, dan masuk ke bagian atas radiator.
 
Pada proses ini, temperatur mesin akan turun karena terbawa oleh air pendingin yang terdapat pada radiator. Panas yang masuk ke radiator akan dikeluarkan melalui gril radiator kemudian didinginkan oleh kipas di belakang radiator.
 
Air yang suhunya turun setelah melalui gril radiator akan keluar dari selang yang terletak di bagian bawah radiator untuk dipompa kembali ke mesin dan melakukan proses penurunan suhu mesin. Proses ini terjadi berulang kali selama mesin dihidupkan, terutama saat mesin berada pada temperatur maksimum.
 
Namun pada saat mesin memiliki suhu yang dingin, air yang berputar ini akan tertutup oleh thermostat sehingga sirkulasi air tidak mengalir melalui radiator dan mesin mobil dapat mencapai suhu yang lebih optimal. Thermostat kemudian akan terbuka pada suhu 85-90℃ untuk memberi jalan kepada air pendingin dalam melakukan proses pendinginan mesin yang melewati radiator.
 
Sederhananya, thermostat berfungsi sebagai saklar pada sistem pendingin mobil. Saat dibutuhkan, thermostat akan bekerja untuk mengatur proses dari pendinginan mesin.
 
Beberapa Jenis Thermostat Dalam Kendaraan
 
Berdasarkan jenisnya, thermostat mobil dapat dibagi menjadi dua, yaitu tanpa bypass valve dan dengan bypass valve.
 
Thermostat Tanpa Bypass Valve
 
Thermostat jenis ini biasanya digunakan pada kendaraan lama, dan sangat jarang untuk mobil baru yang menggunakan jenis ini. Thermostat ini terdapat pada inlet radiator dan masih belum dilengkapi dengan line cadangan yang dapat membuat air pendingin mengalir ketika terjadi kerusakan pada thermostat. Air akan terperangkap di radiator dan water jacket saat mesin mobil kembali pada suhu yang dingin.
 
Kelebihan thermostat jenis ini adalah harganya yang murah. Namun, ada beberapa kelemahan juga. Jika terjadi kerusakan, thermostat tanpa katup bypass tidak memiliki garis pengaman. Selain itu, tidak ada saluran air yang akan mendinginkan mesin mobil saat suhu kendaraan sedang tinggi.
 
Thermostat Dengan Bypass Valve
 
Berbeda dengan jenis sebelumnya, thermostat dengan katup bypass sudah umum berada pada mobil-mobil terbaru. Jenis thermostat ini dapat ditemukan pada outlet radiator dan memiliki katup bypass yang terintegrasi ke dalam thermostat. Pada tipe ini, pendingin air tidak dapat bersirkulasi di dalam radiator tetapi akan mengalir dari water jacket menuju thermostat yang akan masuk ke water pump dan dipompa kembali ke water jacket.
 
Kelebihan thermostat dengan bypass valve ini adalah adanya jalur pengaman saat terjadi kerusakan dan dapat langsung mendinginkan suhu mesin yang panas karena memiliki bypass valve. Sedangkan kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal karena memiliki konstruksi yang cukup rumit.
 
Ciri Kerusakan & Cara Yang Tepat Dalam Merawat Thermostat
 
Beberapa ciri kerusakan pada thermostat yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

  • Pada suhu ruang, tutup thermostat terbuka;
  • Thermostat macet atau tidak bekerja pada suhu yang seharusnya;
  • Kinerja mesin membutuhkan waktu yang lama;
  • Boros bahan bakar; dan
  • Mesin sering mengalami overheat.

Untuk merawat thermostat, Anda harus membuka saluran mesin yang mengarah ke bagian radiator. Saluran mesin yang dibuka akan membuat sirkulasi cairan pendingin menjadi lancar dan stabil. Anda harus memastikan bahwa cairan pendingin yang masuk pada radiator tersebut dapat didinginkan.
 
Penting untuk selalu merawat kendaraan dengan cara menjaga suhu mesin Anda pada kondisi yang ideal. Hal ini diperlukan agar mesin kendaraan tidak mengalami overheat yang dikhawatirkan dapat merusak komponen mesin lainnya.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang thermostat kendaraan Anda. Meskipun memang Anda dapat melakukan perawatan mobil secara manual di rumah, pemeliharaan besar secara keseluruhan untuk mobil Anda jugalah diperlukan. Jika Anda ragu tentang biaya yang perlu Anda keluarkan ketika menggunakan jasa layanan dari profesional, jangan khawatir. KJS Motor dapat menjadi salah satu solusi Anda.
 
KJS Motor merupakan salah satu bengkel mobil di Jakarta Barat yang profesional dan berkualitas serta menawarkan harga terjangkau untuk melakukan pemeliharaan terhadap mobil Anda. KJS Motor menawarkan berbagai layanan perawatan seperti built up, perbaikan mesin, service transmisi mobil, ganti oli, sampai dengan bongkar mesin mobil. KJS Motor juga menawarkan penawaran gratis untuk check-up kendaraan mobil Anda.
 
 
 
 
Reference: Wuling

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon