Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Beberapa Jenis Alat Berat Dalam Industri Lanskap  

07 Oct 2021 by Billy Gani
Penggunaan alat berat dapat digunakan dalam berbagai sektor industri besar maupun kecil, termasuk industri lanskap. Industri lanskap sendiri mencakup bisnis atau perusahaan yang merawat dan memelihara lanskap untuk tempat tinggal, dan area di sekitar kompleks seperti perumahan atau perusahaan. Industri ini juga mencakup bisnis dan perusahaan yang merancang dan membangun jalur, dinding dan pagar,  serta teras dan dek.
 
Alat berat senantiasa digunakan untuk memindahkan tanah pada industri lanskap. Maka dari itu, dibutuhkan alat yang sesuai untuk penggunaan dalam berbagai kondisi dan kebutuhan. Berikut beberapa cara memilih dan jenis alat berat yang dapat digunakan dalam industri lanskap.
 
Memilih Peralatan Terbaik Untuk Kebutuhan Lanskap
 
Sebelum memilih peralatan yang sesuai, Anda harus memeriksa pekerjaan yang akan dilakukan. Berikut beberapa pertimbangan dalam memilih peralatan untuk proyek lanskap Anda: 
 
Ukuran Peralatan
 
Pastikan Anda memilih peralatan dengan ukuran yang sesuai dengan area proyek Anda. Mesin yang digunakan harus sesuai agar pekerjaan menjadi efisien dan pastikan alat berat memiliki cukup ruang untuk bergerak dan bermanuver.
 
Jika proyek yang Anda kerjakan berskala kecil, alat seperti compact track loader, mini excavator atau skid steer loader dapat digunakan. Sedangkan alat berat seperti wheel loader, excavator atau backhoe loader cocok untuk proyek dengan skala dan ukuran lahan yang lebih besar.
 
Kapasitas Mesin
 
Pada industri lanskap yang sebagian besar pekerjaannya berhubungan dengan pemindahan tanah, Anda perlu mengetahui berapa banyak tanah yang akan dipindahkan. Jika volume yang akan dikerjakan cukup besat, alat seperti backhoe dan wheel loader cocok untuk hal ini. Sedangkan mesin yang lebih kecil seperti skid steer loader dapat digunakan untuk volume yang lebih kecil. Alat berat dapat digunakan untuk membersihkan atau meratakan tanah yang luas.
 
Jenis Tanah
 
Jenis tanah yang akan dikerjakan dapat berpengaruh pada pilihan jenis mesin. Alat berat dengan roda berantai lebih cocok untuk digunakan dalam meratakan tanah dan dapat mengurangi jumlah tekanan yang diberikan alat berat ke tanah. Jika proyek dikerjakan di atas rumput, kondisi basah, tanah tidak rata atau pasir, alat berat berantai ini dapat digunakan untuk meminimalisir kerusakan pada tanah. Sedangkan alas beroda dapat digunakan pada tanah kasar. 
 
Mesin yang lebih besar akan meninggalkan jejak yang lebih besar di tanah, tergantung pada medannya. Sebagai penata taman, pilihlah dengan bijak alat berat yang Anda gunakan untuk melestarikan area sekitar saat melakukan pekerjaan Anda.
 
Beberapa Jenis Peralatan Untuk Kebutuhan Lanskap
 
Berikut beberapa alat berat yang digunakan dalam industri lanskap, sesuai dengan fungsinya masing-masing:
 
Alat Berat Untuk Menggali
 
Jika Anda perlu menggali tanah, perhatikan ukuran lubang dan sisa galian yang perlu dibersihkan. Ukuran attachment bucket dapat mempengaruhi seberapa banyak tanah yang bisa Anda gali secara bersamaan. Alat berat seperti excavator memiliki bucket yang lebih besar dan dapat menggali lubang lebih cepat.
 
Peralatan lanskap penting yang diperlukan untuk menggali meliputi skid steer loader, track loader, multi-terrain loaders, backhoe loader, excavator, dan wheel loader.
 
Alat Berat Untuk Memuat 
 
Alat ini dapat digunakan untuk mengambil sisa galian, batu, dan sebagainya untuk kemudian dimuat ke dalam truk. Kapasitas muatan dapat menentukan ukuran attachment pada alat berat. Alat berat loader seperti skid steer loader, multi-terrain loaders, wheel loaders dan backhoe loader dapat menjadi pilihan utama untuk fungsi ini.
 
Alat Berat Untuk Meratakan Tanah
 
Untuk meratakan tanah, alat berat dengan blade yang dipasang dapat digunakan untuk fungsi ini. Pilih alat yang sesuai dengan lebar tanah yang akan Anda kerjakan untuk memudahkan mendorong galian tanah ke sekeliling agar tanah menjadi rata.
 
Peralatan yang dapat dipasangkan pisau grading meliputi track loader, skid steer loader, multi-terrain loader dan backhoe.
 
Alat Berat Untuk Membawa Bahan Proyek
 
Untuk membawa bahan material di sekitar lokasi proyek, Anda memerlukan peralatan yang dapat membantu tugas Anda. Alat berat dapat membawa bahan-bahan yang berat dalam volume yang besar. Misalnya, untuk memindahkan batu atau pasir, Anda memerlukan alat berat dengan bucket yang kuat dan serbaguna untuk dapat menampung bahan. Namun, ingatlah untuk tidak mengisi bucket dengan beban yang lebih berat daripada beban yang dapat ditanggung oleh mesin.
 
Untuk membawa material, gunakan bucket yang dipasang pada jenis mesin seperti skid steer loader, backhoe, multi-terrain loader, wheel loader dan track loader.
 
 
Alat Berat untuk Proyek Lanskap
 
Alat berat tersedia dalam berbagai ukuran dan model untuk menyesuaikan kebutuhan pekerjaan di lapangan proyek. Berikut beberapa alat berat yang biasa digunakan dalam pekerjaan lanskap:
 
Backhoe Loader
 
Backhoe loader memiliki alat dengan bucket untuk menggali dan menimbun material, serta loader di sisi lain untuk memindahkan material. Backhoe loader menjadi alat yang praktis dan dapat sangat membantu pekerjaan Anda.
 
Compact Track and Multi-Terrain Loaders
 
Track loader dapat digunakan pada kondisi tanah yang lunak, basah atau tidak rata. Mesin ini memiliki kegunaan yang mirip dengan skid steer loader. Di antara peralatan yang digunakan untuk lanskap, track dan loader multi-medan ini adalah contoh alat yang paling serbaguna. 
 
Jika Anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan mesin berukuran kecil dan kerusakan tanah yang lebih sedikit, pilihlah multi-terrain loader. Jika Anda membutuhkan ukuran kecil dan kemampuan manuver dalam kondisi basah atau berlumpur, pilihlah track loader yang lebih ringkas.
 
Excavator
 
Excavator memiliki berbagai macam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Excavator besar dapat digunakan untuk menggali lubang atau parit besar. Pada industri lanskap, excavator mini dapat digunakan untuk menggali, membuat lubang untuk menanam pohon, dan sebagainya.
 
Excavator mini dapat menjadi alat yang ideal untuk dibawa ke mana saja saat Anda membutuhkan alat berat penggali yang kuat dalam jangkauan trek. Undercarriage track dapat membawa excavator ke bagian mana pun di lokasi kerja, bahkan di atas area tanah yang belum selesai yang masih memiliki bebatuan, lumpur, atau tanah lepas. 
 
Jika Anda membutuhkan alat untuk menggali, excavator mini dapat memenuhi kebutuhan Anda. Pilih excavator mini untuk menjangkau ruang sempit atau pilih model yang lebih besar saat Anda perlu memindahkan sejumlah bahan material dalam jumlah besar dalam waktu singkat.
 
Skid Steer Loader
 
Meskipun kecil, skid steer loader merupakan salah satu pilihan favorit bagi para penata area lanskap karena desainnya yang mudah digerakkan dan berbagai macam alat attachment yang dapat ditambahkan. 
 
Kegunaan skid steer loader sangat mirip dengan wheel loader seperti memiliki radius belok yang jauh lebih kecil. Jika Anda membutuhkan solusi ringkas untuk bekerja di ruang kecil, skid steer loader akan lebih mudah Anda gunakan jika dibandingkan dengan wheel loader.
 
Wheel Loader
 
Beberapa alat dan perlengkapan dalam industri lanskap hanya memiliki beberapa pilihan yang sedikit berbeda dalam ukuran dan kekuatan. Wheel loader, tersedia dalam berbagai ukuran, dari yang kecil hingga besar.
 
Untuk pekerjaan lanskap yang lebih kecil, Anda dapat menggunakan wheel loader kecil. Bahkan model wheel loader yang paling ringkas membutuhkan lebih banyak ruang daripada skid steer loader, dan penggunaannya membutuhkan lebih banyak ruang untuk berputar.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi mengenai beberapa jenis alat berat yang dapat digunakan pada industri lanskap. Jika Anda sedang mencari distributor atau tempat yang menjual serta menyewakan alat berat berkualitas dan profesional di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia.

THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
 
Reference: Gregory Poole

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon