Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Skimmed Milk  (Susu Rendah Lemak) Serta Manfaatnya Untuk Tubuh Anda

06 Oct 2021 by Billy Gani
Saat ini, banyak jenis susu yang ada di pasaran yang dapat membuat bingung Anda sebagai pembeli. Misalnya, ada jenis susu full cream, susu rendah lemak, dan susu skim (skimmed milk). Sebenarnya, perbedaan dari jenis susu tersebut terdapat pada kandungan lemaknya. Anda pun bebas memilih jenis susu yang Anda sukai dan cocok untuk tubuh Anda.
 
Jika Anda ingin mengetahui tentang skimmed milk atau susu rendah lemak dari kandungan, proses pembuatan, serta manfaatnya untuk tubuh Anda, yuk baca lebih lanjut.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Skimmed Milk?
 
Skimmed milk atau susu skim pada dasarnya merupakan susu dengan kandungan lemak yang sangat rendah, dibawah 0,5%. Jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya, susu skim memiliki kandungan lemak yang paling rendah. Susu murni mengandung 3,5% lemak, sedangkan susu low fat mengandung 1-2% lemak.
 
Skimmed milk memiliki beberapa sebutan di pasaran, misalnya susu skim, skim, susu rendah lemak, susu bebas lemak, atau susu tanpa lemak. Penamaan ini bergantung pada brand dan perusahaan yang menyediakannya.
 
Proses Produksi Skimmed Milk
 
Secara singkat, skimmed milk dibuat dengan menghilangkan kandungan lemak dari susu murni. Terdapat metode tradisional maupun modern yang dapat digunakan untuk mengolah skimmed milk ini. 
 
Pada metode tradisional, Anda hanya perlu menaruh susu murni di dalam lemari es dan menunggu krim untuk meluap ke atas hingga membentuk lapisan padat. Ketika Anda memisahkan bagian susu dengan krim, Anda akan mendapatkan susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Anda perlu mengulang proses ini beberapa kali untuk mendapatkan susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah.
 
Sedangkan, proses produksi secara modern pada pabrik, digunakan alat yang disebut dengan separator. Fungsi dari alat ini adalah untuk memisahkan lemak dari susu. Cara kerja dari mesin separator adalah dengan berputar pada kecepatan tinggi dengan gaya sentrifugal yang membuat krim akan menyatu di tengah dan memisahkan susu skim ke bagian lainnya. Setelah itu, susu skim akan ditampung dan dikumpulkan pada satu wadah tersendiri.
 
Proses pembuatan susu skim sangat sederhana dan tidak memerlukan penambahan bahan kimia apapun. Karena itulah, susu skim dapat menjadi salah satu pilihan produk sehat untuk Anda konsumsi. Tetapi, ada beberapa peraturan pemerintah untuk menambahkan kandungan gizi lainnya seperti vitamin A dan D ke dalam susu skim. Hal ini dikarenakan pada proses pembuatannya, produk susu banyak kehilangan unsur mikro yang baik untuk tubuh.
 
Susu Rendah Lemak (Skimmed Milk) vs Susu Murni
 
Perbedaan antara skimmed milk dengan susu murni tidak hanya pada kandungan lemaknya saja. Dengan hilangnya lemak pada susu, rasa dan kegunaannya juga terpengaruh. Produk susu sendiri banyak digunakan sebagai bahan resep masakan. Untuk hal ini, konsistensi dari susu sangat mempengaruhi hasil produk akhir.
 
Jika Anda menambahkan susu ke dalam resep kue Anda, ada baiknya Anda menggunakan susu murni. Susu dengan kandungan lemak yang rendah seperti skimmed milk akan membuat protein susu saling menempel hingga dapat membuat gumpalan pada adonan Anda. Selain itu, kurangnya lemak juga akan mengurangi penampilan dan rasa dari hasil kue Anda. Namun, produk susu skim dapat Anda konsumsi dengan sereal dan tidak akan mengubah rasanya.
 
Skimmed milk memiliki rasa yang hambar dengan tekstur yang encer. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih dan cara mengkonsumsi produk susu.
 
Beberapa Manfaat Skimmed Milk Untuk Kesehatan Anda
 
Salah satu kekurangan dari skimmed milk adalah rendah vitamin karena sejumlah vitamin larut lemak dapat hilang pada proses pemisahan susu dengan krim. Namun, skimmed milk sebenarnya tidak jauh berbeda dari susu lainnya. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi skimmed milk:
 
Lemak Tidak Baik Untuk Sebagian Orang
 
Kandungan lemak dalam tubuh memiliki banyak manfaat seperti untuk melarutkan vitamin, dan sebagai cadangan sumber energi. Maka seharusnya tidak perlu takut akan lemak dan mitos mengenai banyak lemak dalam tubuh yang akan membuat tubuh menjadi gemuk. Tentu saja ada batas konsumsi per harinya bagi tiap nutrisi yang kita konsumsi.
 
Batas konsumsi lemak sendiri berkisar antara 44 hingga 77 gram lemak setiap harinya. Dalam 200 ml susu murni terdapat sekitar 7,4 gram lemak. Maka dari itu, jika Anda ingin mengkonsumsi susu dalam batas konsumsi yang wajar, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mengkonsumsi skimmed milk.
 
Selain itu, orang dengan penyakit kardiovaskular tidak boleh mengkonsumsi produk dengan kandungan lemak yang tinggi karena dapat meningkatkan kadar kolesterol yang akan mempengaruhi kerja jantung. Skimmed milk dapat menjadi alternatif bagi penderita penyakit ini.
 
Kandungan Protein Yang Tinggi
 
Dalam 200 ml skimmed milk terkandung 7,3 gram protein. Sedangkan pada 200 ml susu murni hanya mengandung 7 gram protein. Kandungan protein yang tinggi dapat membantu membangun otot dari tubuh Anda.
 
Mengandung Lebih Banyak Kalsium
 
Pada 200 ml skimmed milk terkandung 260 mg kalsium jika dibandingkan dengan susu murni yang hanya mengandung 240 mg kalsium. Manfaat kalsium bagi tubuh adalah untuk kesehatan aliran darah, otot, tulang, dan gigi.
 
Rendah Kalori
 
200 ml susu skim hanya mengandung 71 kkal, sedangkan susu murni dalam jumlah yang sama mengandung 130 kkal. Jika Anda mencoba mengendalikan asupan kalori Anda, ada baiknya memilih susu rendah lemak daripada susu murni atau full cream.
 
Banyak Mengandung Fosfor, Kalium & Vitamin
 
200 ml susu skim mengandung 200 mg fosfor dan 337 mg kalium, yang lebih banyak jika dibandingkan dengan 198 mg fosfor dan 323 mg kalium dalam jumlah yang sama dari susu murni. Kalium membantu otot kita bergerak dengan baik dan menjaga sistem saraf kita tetap sehat. Sedangkan fosfor membantu membangun tulang dan gigi yang lebih kuat yang juga berperan dalam mengubah makanan menjadi energi. 
 
Selain itu, susu skim mengandung lebih banyak vitamin seperti A dan D, karena produsen biasanya menambahkannya ke dalam produk tersebut. Oleh karena itu, susu rendah lemak mungkin lebih bermanfaat dalam hal mineral dan vitamin daripada susu murni.
 
Skimmed milk memiliki semua manfaat yang baik untuk kesehatan Anda dan tidak jauh berbeda dari susu lainnya yang ada pada pasaran. 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi mengenai susu rendah lemak (skimmed milk), kandungan, proses pembuatan, serta manfaatnya untuk tubuh Anda. Jika Anda sedang mencari produk susu atau olahan susu seperti butter dan cream cheese yang berkualitas untuk membuat makanan Anda menjadi lebih lezat, Dairy Diary hadir untuk Anda.
 
Dairy Diary (Anchor Food Professionals) merupakan distributor bahan baku kue di Indonesia yang menyediakan berbagai produk Anchor food professional berkualitas dan terbaik seperti mentega/ Anchor butter, cream cheese (krim), milk (susu), natural cheese dan processed cheese (keju) sebagai wujud persembahan dari PT Fonterra Brands Indonesia. Dairy Dairy merupakan salah satu bentuk komitmen Fonterra Indonesia dalam memajukan bisnis food service khususnya dalam bidang bahan baku kue & produk mentega di Indonesia.
 
 
 
Referensi: Milky Day

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon