Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Cara Merawat Ban Dari Kendaraan Anda Untuk Daya Guna Yang Lebih Lama

05 Oct 2021 by Billy Gani
Ban merupakan komponen yang senantiasa penting bagi kendaraan. Selain berfungsi untuk menggerakan kendaraan, ban juga dapat mengurangi getaran yang terjadi pada kendaraan ketika menyentuh permukaan tanah dengan berbagai macam karakteristik. Maka dari itu, perawatan ban sangat penting untuk keselamatan Anda. Beberapa kerusakan ban yang sering terjadi, diantaranya yaitu ban kempes, bocor, aus, dan sebagainya. Berikut beberapa tips merawat ban kendaraan Anda untuk pemakaian jangka panjang serta nyaman untuk dikendarai.
 
Hindari Mengemudi Dengan Ban Kempes
 
Banyak alasan mengapa ban kendaraan kempes, diantaranya akibat banyaknya gesekan antara permukaan ban dengan debu, pasir dan lainnya pada jalanan. Hal ini pun seringkali tidak dapat dihindari oleh pengguna. Mengemudi dengan kondisi ban yang kempes dapat menimbulkan risiko keselamatan diri sendiri maupun pengguna lainnya. Ketika ban kendaraan kempes, Anda tidak dapat mengendarai kendaraan dengan lurus atau dengan kecepatan yang sesuai. 
 
Saat Anda berkendara dengan ban kempes, velg roda menjepit ban di dekat jalan dan merusak lapisan dalam ban. Jika Anda terus mengemudi pada jalan yang datar, Anda dapat merusak atau membengkokkan velg, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen. 
 
Jika ban kempes terus menerus digunakan, ban akan rusak secara keseluruhan. Saluran rem, rotor, kaliper, dan komponen suspensi juga dapat rusak dan tidak dapat diperbaiki jika Anda mengemudi dengan ban kempes.
 
Jika Anda mengalami ban kempes pada saat keadaan tidak terduga, Anda dapat mengatasinya dengan mengendarai dengan kecepatan lambat dan menyalakan lampu hazard sebagai penanda bagi kendaraan lainnya.
 
Isi Angin Ban Anda Dengan Benar
 
Setiap jenis ban dan kendaraan memiliki batas tekanannya masing-masing. Anda dapat mengetahuinya pada buku manual atau stiker yang terdapat di dekat pintu samping pengemudi atau pintu bahan bakar.
 
Memantau tekanan yang tepat untuk ban kendaraan Anda dapat mencegah masalah yang lebih besar kedepannya. 
 
Saat ini, banyak kendaraan yang memiliki sistem pemantauan tekanan ban atau tire pressure monitoring system (TPMS) yang dapat mengingatkan ketika tekanan ban Anda tidak sesuai. Jika peringatan sudah muncul, ada baiknya Anda memperbaikinya. Suhu pada jalanan sekitar Anda juga dapat mempengaruhi tekanan pada kendaraan.
 
Jika Anda ingin melakukan tes tekanan pada ban dengan sederhana, Anda dapat menjalankan penny test. Tempelkan uang logam pada ban untuk mengukur kedalaman tapak ban. Jika banyak bagian yang tenggelam, mungkin sudah waktunya untuk mengganti ban Anda.
 
Perhatikan Keselarasan Saat Kendaraan Digunakan
 
Jika kendaraan Anda berat sebelah ke satu sisi atau Anda melihat keausan pada bagian dalam atau tepi luar ban, mungkin sudah waktunya untuk menyelaraskan ban Anda. Peralatan khusus pada bengkel kendaraan dapat mengatasi hal ini dan menyeimbangkan posisi ban yang seharusnya.
 
Seimbangkan Roda & Putar Ban Anda
 
Penyelarasan ban dapat menyesuaikan sudut roda Anda, sedangkan pada penyeimbangan, bobot pada velg ban bagian dalam dan luar akan diseimbangkan. Jika mobil Anda dinyalakan, inilah saatnya untuk menyeimbangkan ban Anda. Seiring waktu, ban Anda mulai berubah bentuk karena aus, umur penggunaan, terkena lubang, dan pengereman yang keras terus menerus. 
 
Mengemudi pada medan yang berat juga dapat mempengaruhi kesimbangan roda kendaraan Anda. Membersihkan ban dan melakukan test drive dapat membantu untuk menentukan apakah Anda perlu menyeimbangkan ban dan jenis aplikasi berat apa yang paling tepat. 
 
Sambil memastikan roda Anda seimbang, penting juga untuk memutar ban Anda. Putarlah ban setiap 5.000 hingga 8.000 km untuk membantu meratakan keausan pada ban dan membantunya bertahan lebih lama.
 
Berhati - Hatilah Saat Memarkir Kendaraan
 
Perhatikan posisi roda dan sekitar lahan parkir. Ketika sedang memarkirkan kendaraan, bagian samping ban mobil akan bergesekan dengan permukaan lahan parkir, hal ini dapat membuat sisi ban terkikis dan merusak bagian samping ban.
 
Hindari Lubang Saat Berkendara Sebisa Mungkin
 
Semua lubang dapat merusak ban mobil, tetapi lubang pada jalan aspal adalah permukaan yang paling berdampak dan membuat ban cepat rusak. Lubang di jalan beraspal membuat velg Anda tajam dan dapat memaksa ban melentur serta meregang. Hal ini dapat menyebabkan lecet, bocor, dan sobek. Semakin besar kecepatan Anda dalam melewati lubang aspal, semakin besar kemungkinan terjadinya kerusakan ban.
 
Usahakan Untuk Tidak Memutar Roda Kendaraan Secara Mendadak
 
Mempercepat laju dan berhenti dengan cepat atau tiba-tiba dapat merusak permukaan ban karena ada gesekan besar yang terjadi. Semakin hati-hati seorang pengemudi dalam berakselerasi dan mengerem, semakin lama tapak ban kendaraan akan bertahan.
 
Hindari Ruas Jalan Yang Berbatu Kecil / Kerikil
 
Jalan yang berkerikil memiliki permukaan yang tajam dan bergerigi. Ban yang dirancang untuk penggunaan sehari-hari di jalan raya tidaklah cocok untuk dikendarai di jalanan berkerikil dalam waktu lama, kecuali jika Anda memiliki ban khusus untuk off-road. Jika Anda harus melewati jalanan berkerikil, pastikan untuk mengemudi secara perlahan dan berjalan di tempat yang sebelumnya sudah dilalui oleh kendaraan lain.
 
Keadaan jalanan merupakan hal yang tidak dapat Anda kontrol. Maka dari itu, ketika Anda melalui jalanan yang berpotensi merusak kendaraan, Anda perlu berhati-hati. Perhatikan kondisi ban kendaraan Anda untuk memastikan kualitas dan kondisinya. Jadwalkan perawatan kendaraan Anda dengan rutin agar kendaraan dapat terawat dengan tepat dan memperpanjang umur pemakaian.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam melakukan perawatan ban kendaraan untuk daya guna yang lebih lama. Meskipun memang Anda dapat melakukan beberapa tips di atas secara manual, pemeliharaan besar secara keseluruhan untuk mobil Anda jugalah diperlukan. Jika Anda ragu tentang biaya yang perlu Anda keluarkan ketika menggunakan jasa layanan dari profesional, jangan khawatir. KJS Motor dapat menjadi salah satu solusi Anda.
 
KJS Motor merupakan salah satu bengkel mobil di Jakarta Barat yang profesional dan berkualitas serta menawarkan harga terjangkau untuk melakukan pemeliharaan terhadap mobil Anda. KJS Motor menawarkan berbagai layanan perawatan seperti built up, perbaikan mesin, service transmisi mobil, ganti oli, sampai dengan bongkar mesin mobil. KJS Motor juga menawarkan penawaran gratis untuk check-up kendaraan mobil Anda.
 
 
 
 
 
Reference: Mysynchrony

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon