Image

QUICK CONTACT













Image

Menerapkan Pengujian SEO (SEO Testing) Dalam Mengevaluasi & Meningkatkan KPI Bisnis Anda

29 Sep 2021 by Billy Gani
Jika Anda sedang menjalankan tahap evaluasi dari website Anda, senantiasa ingat untuk melihat sumber traffic yang mengarah ke dalam website Anda. Periksalah akan strategi SEO yang Anda terapkan apa berhasil atau tidak dengan menjalankan SEO testing
 
Pada dasarnya, pengujian SEO atau SEO testing merupakan salah satu proses pengukuran dari dampak traffic yang dihasilkan melalui pencarian organik dengan menggunakan teknik SEO untuk melihat perubahan yang dihasilkan pada website Anda. Jika Anda ingin memahami lebih dalam tentang pengujian SEO, dan mengapa Anda harus mempertimbangkan penerapannya, berikut ini beberapa informasi yang dapat kami berikan :
 
SEO Testing
 
Pengujian SEO (SEO testing) merupakan sebuah proses untuk melihat tampilan website mana yang dapat menghasilkan traffic terbaik di halaman mesin pencari (SERP) seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya. Hasil yang didapat lalu dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk evaluasi dan perubahan yang dapat diterapkan pada website. Pengujian dapat memberitahu praktik apa yang sebaiknya diimplementasikan pada website sehingga Anda dapat lebih  menghemat waktu dan biaya.
 
Misalnya, satu konfigurasi, desain atau frasa pada halaman, mengubah title tag untuk melihat CTR, menyesuaikan panjang konten untuk menguji posisi peringkat dapat mempengaruhi peringkat website Anda pada SERP.
 
Mengapa Anda Perlu Melakukan SEO Testing?
 
Dengan algoritma Google yang senantiasa berubah, Anda perlu mengikuti beberapa daftar praktek terbaik SEO untuk mendapatkan peringkat atas dan memiliki pengalaman pengguna yang lebih positif. Dalam menjalankan SEO testing, bentuklah hipotesis tentang apa saja hal yang dapat membawa hasil positif dan jalankan tes untuk membuktikan keberhasilan strategi SEO tersebut. Dengan cara ini, Anda dapat mengkonfirmasi apa saja hal yang berhasil diterapkan untuk website Anda dan juga pengguna.
Berikut beberapa manfaat dari melakukan SEO testing pada website Anda:
 
Dapat Dengan Lebih Mudah Mengetahui Keberhasilan Performa SEO Website

Dengan melakukan SEO testing, Anda dapat memecah dan menguji proyek Anda menjadi beberapa halaman (seperti satu kategori halaman untuk blog atau satu halaman yang membutuhkan kecepatan halaman tertentu - AMP) untuk membuktikan keberhasilan strategi SEO sebelum Anda berpindah ke proyek yang lebih besar. Dari sini, Anda dapat melihat apa saja strategi yang berhasil membawa perubahan untuk website Anda.
 
Menghemat Waktu Anda 
 
Dengan melakukan pengujian terhadap SEO (SEO testing), Anda dapat mengetahui apakah perubahan yang Anda lakukan dalam setiap strategi dapat berdampak positif dalam waktu yang lebih singkat dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit atau banyak.
 
Mendapatkan Data Yang Lebih  Tepat
 
Pengujian membantu menyelesaikan lebih banyak hal. Dari sini, akan didapatkan hasil performa SEO yang sesuai dengan data, bukan hanya berdasarkan pendapat saja. Pengujian SEO yang terukur dengan baik menunjukkan peluang pasar dan potensi pertumbuhan yang lebih baik dan  memungkinkan untuk mendapatkan strategi SEO yang lebih baik kedepannya.
 
 
Beberapa Elemen Pengujian SEO Testing
 
Sebenarnya, tidak ada batasan tertentu yang dapat Anda gunakan dalam melakukan pengujian akan SEO website. Hal ini dikarenakan Anda dapat memeriksa setiap elemen SEO dan menguji pengaruhnya terhadap peringkat, traffic dan berbagai matriks lainnya. Berikut beberapa elemen pengujian yang umumnya digunakan:
 
Meta Tag Data 
 
Hal ini dapat dilakukan dengan pengujian dan validasi metadata yang berbeda untuk meningkatkan CTR ke website Anda. Anda dapat mengubah tag judul atau deskripsi meta Anda. Misalnya Anda dapat mengubah penempatan keyword, panjang konten, mengedit isi konten, dan sebagainya di dalam website Anda.
 
Tag judul dan deskripsi meta dapat berdampak besar pada peringkat dari SERP website Anda. Setelah pengguna mengetik kata kunci tertentu pada mesin pencarian, Google akan menunjukkan hasil yang relevan dengan kata kunci dalam bentuk halaman metadata. Pastikan kata kunci serta konten yang Anda miliki dapat menarik pengguna untuk mengunjungi website Anda.
 
Skema / Data Yang Terstruktur
 
Menambahkan data terstruktur ke dalam daftar pencarian dapat memberi Anda hasil peringkat yang lebih baik pada mesin pencarian dan dapat meningkatkan visibilitas pencarian. Ada beberapa jenis skema yang dapat membantu Anda pada SERP seperti skema FAQ dan skema review.

Answer Box
 
Answer box pada mesin pencarian merupakan format konten yang banyak dijadikan persaingan pada saat ini. Tidak ada praktek yang dapat membuat konten Anda dengan mudah dimuat dalam answer box, tetapi Anda dapat menguji hal-hal seperti menambahkan daftar kata kunci tertentu dalam konten website Anda untuk membuatnya lebih relevan bagi answer box. Sehingga, daftar konten atau website Anda dapat muncul di bagian atas dari halaman hasil pencarian. Pemilihan kata kunci yang sesuai juga dapat mempengaruhi hal ini.
 
Cakupan & Relevansi Konten
 
Sesuaikan konten Anda untuk membuat topik dengan tingkat pencarian yang lebih tinggi. Selain itu, format dan isi konten Anda juga mempengaruhi matriks seperti bounce rate dan time on page.
 
Elemen Yang Menarik
 
Elemen yang menarik seperti gambar dan video bisa menjadi nilai tambah untuk pengalaman pengguna, tetapi perhatikan efeknya pada kecepatan muatan dari website Anda. Anda dapat menjalankan tes untuk melihat apakah elemen-elemen ini penting, atau apakah elemen tersebut cukup mengurangi kecepatan halaman dan malah menghasilkan bounce rate.
 
Video juga dapat Anda uji untuk melihat apakah penggunaanya akan masuk ke dalam bagian hasil dari mesin pencarian, yang juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dari pengguna akan website Anda.
 
CTA
 
Ada kemungkinan Anda akan mendapatkan lebih banyak konversi ketika ada tombol CTA yang jelas di bagian atas atau pada akhir halaman, jika dibandingkan dengan CTA pada tengah konten.
 
Pertimbangan lain dengan menggunakan tombol CTA adalah bentuk penyajiannya. Hasil konversi website Anda mungkin berbeda jika CTA disajikan sebagai tombol atau tautan teks dengan link di dalamnya.
 
Tautan Internal
 
Tautan internal merupakan cara yang tepat untuk Anda gunakan dalam mempengaruhi pengguna untuk mengunjungi website Anda. Tetapi, perhatikan pemilihan tautan internal Anda untuk mendapatkan klik yang mengarahkan pengunjung lebih dalam pada website Anda. Pengujian SEO dapat dilakukan untuk mengarahkan Anda pada pendekatan yang paling efektif.
 
Pengalaman Pengguna (User Experience)
 
Ada banyak cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam website Anda. Mulai dari seberapa variatifnya Anda dalam menyajikan konten, warna, dan format. Anda dapat mencoba untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada versi mobile dari segi kecepatan muatan halaman. Pengalaman pengguna yang positif dimulai dengan kegunaan website yang tepat dan juga cepat.

 
Beberapa Langkah Teknik Pengujian (SEO Testing) Yang Dapat Anda Lakukan
 
  • Identifikasikan Hal Yang Dapat Anda Lakukan Terlebih Dahulu

    Subjek pengujian Anda dapat berupa penyesuaian pada konten halaman, deskripsi meta, desain, atau pembaruan kinerja untuk meningkatkan kecepatan halaman, misalnya.

  • Kelompokkan Halaman Arahan Yang Akan Menerima Variabel Tautan

    Kelompokkan halaman Anda masing-masing sesuai dengan isinya. Struktur URL akan membantu Anda mengelompokkan hal ini.

  • Temukan Kata Kunci Yang Dapat Dikaitkan Dengan Halaman Tertentu

    Tentukan 2-5 kata kunci yang sesuai dengan topik tiap halaman.

  • Terapkan Variabel Pada Halaman Landing di Grup Pengujian

  • Tinjau Ulang KPI (Key Performance Indicator) Yang Anda Miliki

    Tinjau matriks kinerja utama seperti peringkat rata - rata (average rank) dengan pengujian keyword tag dan matriks website seperti traffic, conversion rate, bounce rate, dan session per page dengan pengujian page tag. Perhatikan bagaimana efek perubahan kata kunci yang digunakan terhadap kontrol untuk menilai performa dari penerapan SEO testing Anda.

  • Putuskan Apakah Pengujian Mempengaruhi Penentuan Posisi Peringkat Dari SEO Website Anda


Beberapa Praktik Terbaik Pengujian SEO (SEO Testing)
 
Banyak metode yang dapat Anda gunakan dalam menguji SEO website seperti A/B testing, multivariate, on/off, dan sebagainya. Anda perlu memperhatikan kapan dan bagaimana tiap pengujian perlu dilakukan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda implementasikan pada website Anda:

  • Lakukan pengujian dalam dalam batch kecil - Pilih satu, beberapa, atau halaman tertentu untuk diuji;
  • Lakukan pengujian halaman non-strategis terlebih dahulu; dan
  • Cobalah untuk memisahkan beberapa jenis mesin pencarian (Google, Yahoo, Bing, dsb) untuk menguji populasi traffic yang lebih kecil. Jika Anda mengetahui bahwa sebagian besar traffic Anda berasal dari Chrome atau Firefox, coba arahkan traffic dari Bing atau Yahoo menuju pengujian Anda untuk mengurangi dampak negatif dari pengguna.

Pengujian yang tepat dan pengukuran dampak peningkatan SEO sangat penting untuk strategi SEO apa pun. Penerapannya berguna untuk membangun proyek baru dan mempelajari dampak pengoptimalan website, dan juga pembaruan website yang terjadi di luar permintaan dari segi SEO.
 
Memahami peningkatan dan proyek SEO sebagai "ujian" dapat sangat membantu Anda dalam membangun program SEO yang memiliki performa berkualitas. Yakinlah bahwa berbagai keputusan SEO Anda senantiasa dapat berdampak pada visibilitas pencarian.
 
 
 
Berikut adalah pembahasan secara lebih mendalam mengenai penerapan SEO testing dalam mengevaluasi dan meningkatkan KPI bagi bisnis Anda. Jika Anda sudah memiliki website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda tetapi masih bingung untuk mencari vendor yang tepat dalam mengoptimalkan SEO dan pemasaran berbasis konten untuk website Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: SEO Clarity

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon