Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Pembongkaran Bangunan

17 Sep 2021 by Billy Gani
Entah seberapa kokoh sebuah bangunan, pastinya bangunan tersebut senantiasa memiliki ’umur struktural. Di luar umur struktural tersebut, bangunan dianggap tidak aman untuk digunakan oleh individu atau tujuan komersial apa pun. Dalam kebanyakan kasus, renovasi dilakukan pada bangunan untuk menambah umur pemakaian dan membuatnya lebih aman. Jika renovasi tidak dapat dilakukan, maka pembongkaran menjadi pilihan untuk pemanfaatan ruang dengan lebih baik.
 
Pembongkaran tidak hanya melibatkan penghancuran struktur, namun, melibatkan proses untuk merobohkan bangunan tanpa merusak potensi dan memberikan efek berbahaya yang dapat ditimbulkannya terhadap lingkungan dan struktur lain di sekitarnya. Namun, hal ini tidak sama dengan dekonstruksi, yang melibatkan pemindahan bagian-bagian yang tidak diinginkan sambil melestarikan bagian-bagian bangunan yang berguna dengan melibatkan pelestarian beberapa komponen yang dapat dimanfaatkan kembali.
 
Struktur yang lebih kecil yang seperti bangunan 3 lantai seringkali lebih mudah dihancurkan. Menghancurkan bangunan ini membutuhkan penggunaan buldoser atau secara manual. Penghancuran ini memiliki dampak buruk yang lebih sedikit terhadap lingkungan sekitar atau struktur di dekatnya seperti dampak kebisingan dan getaran yang lebih minim. Jumlah debu yang dihasilkan juga lebih sedikit, yang dapat diabaikan karena memiliki efek samping yang dapat diabaikan terhadap lingkungan.
 
Pembongkaran struktur yang lebih besar, bagaimanapun, merupakan usaha yang melibatkan dan membutuhkan pertimbangan akan dampak yang mungkin ditimbulkan oleh proses tersebut terhadap lingkungan. Efek samping ini termasuk gangguan getaran, dampak potensial pada struktur & properti yang berdekatan, dan bahkan debu yang dihasilkan dalam proses tersebut. 
 
Dengan berhati-hati ketika menghancurkan bangunan besar, Anda dapat meningkatkan proses pembongkaran dan membuatnya lebih murah dalam jangka panjang. Pelaksanaan pembongkaran struktur yang sangat besar memerlukan keterlibatan ahli seperti insinyur bersertifikat dan pekerja yang memiliki pengalaman lapangan dengan pekerjaan tersebut. Hal ini dikarenakan ada banyak celah yang mungkin tidak diinginkan dalam prosesnya.
 
Berikut beberapa hal utama yang harus Anda ketahui sebelum Anda menghancurkan bangunan Anda:
 
Tentukan Peralatan Yang Tepat Untuk Digunakan
 
Proses pembongkaran bangunan melibatkan penggunaan peralatan yang bervariasi untuk meningkatkan proses. Biasanya, bola besi atau wrecking ballyang tergantung di tower cranedapat digunakan untuk menghancurkan sebuah bangunan. Hal ini bekerja dengan aksi gaya gravitasi serta momentum kinetik. Peralatan lain yang digunakan dapat mencakup ekskavator dan buldoser. Proses penghancuran biasanya dicapai dengan pembongkaran bagian paling kritis dari struktur, misalnya pilar dan kolom dapat hancur pada tingkat pondasi yang pada gilirannya membuat seluruh bangunan tidak stabil, dan akibatnya, runtuh.
 
Lakukan Survei Terlebih Dahulu
 
Memahami prinsip di mana sebuah bangunan dibangun sangat penting terutama untuk tujuan pembongkaran. Informasi ini akan memudahkan penetapan titik-titik utama bangunan yang akan memungkinkannya untuk jatuh dengan mudah. Faktor lain seperti kondisi tanah dan area sekitar juga merupakan bagian penting dalam memutuskan bagaimana Anda dapat membongkar bangunan. 
 
Offload memiliki efek yang menghasilkan dilatancy, sehingga, dapat menyebabkan condongnya struktur yang berdekatan. Oleh karena itu, Anda harus secara sadar mensurvei seluruh struktur untuk dapat membuat penilaian yang baik tentang mekanisme di mana mereka dapat melakukan pembongkaran.
 
Penghapusan Zat berbahaya Dari Bangunan
 
Pada setiap bangunan, mungkin saja terdapat zat berbahaya seperti asbes dan bahan radioaktif. Pada saat survei awal, pemindahan zat-zat ini harus dipertimbangkan sebelum pembongkaran yang sebenarnya dimulai. Hal ini dikarenakan zat tersebut dapat menjadi sangat berbahaya bagi lingkungan serta kesehatan manusia. Jika Anda meragukan jenis zat berbahaya yang mungkin ada di dalam bangunan, konsultasikan dengan ahli bangunan terlebih dahulu untuk pemeriksaan.
 
Penggunaan Excavator Dengan Jangkauan Tinggi
 
Pembongkaran gedung-gedung tinggi dilakukan per bagian, hal ini untuk meminimalisir dampak dari hancurnya bangunan secara mendadak dari struktur tersebut. Penggunaan ekskavator jangkauan tinggi atau high reach excavatormemastikan bahwa struktur dibongkar dari atas sampai ke bawah. Hal ini akan memastikan bahwa lebih sedikit dampak dari kejatuhan tiba-tiba yang mungkin terjadi.
 
Sesuai rekomendasi dari tenaga yang berpengalaman di lapangan, mereka sering melakukan pembongkaran dari atas sampai ke bawah karena hal ini dapat membantu memanfaatkan keterbatasan ruang yang tersedia terutama ketika proses dilakukan di daerah perkotaan.
 
Merobohkan Gedung Dengan Metode Seperti Menjatuhkan Pohon 
 
Dalam kebanyakan kasus, terutama jika tersedia ruang yang cukup, pembongkaran sering dilakukan dengan cara menjatuhkan bangunan seperti pohon. Hal ini banyak diaplikasikan karena sejauh ini merupakan teknik yang paling hemat biaya untuk dilakukan. Biasanya hal ini membuat struktur tidak stabil dari lantai dasar dengan mengorbankan bagian penahan. Penggunaan ekskavator serta wrecking balldapat digunakan dalam proses ini, namun harus berhati-hati karena proses ini biasanya sangat berbahaya. Bangunan mungkin jatuh pada mesin penghancur atau individu, oleh karena itu, langkah-langkah keamanan penting untuk diperhatikan.
 
Merobohkan Bangunan Secara Tegak Lurus Dengan Jejak Kakinya
 
Di daerah di mana sebuah bangunan berada di pusat kota yang padat, bangunan yang berdekatan tidak memungkinkan untuk dilakukan pembongkaran dengan teknik lain tetapi jatuh di dalam jejaknya. Hal ini biasanya dicapai dengan cara membongkar bangunan di dalam tapak tanpa harus berdampak pada properti yang berdekatan. Teknik ini dikenal membutuhkan biaya yang cukup mahal dan biasanya sering dihindari penggunaannya. Namun, dalam kasus daerah padat, cara ini menjadi salah satu cara terbaik yang dapat direkomendasikan.
 
Merobohkan Bangunan Dengan Cara Ledakan
 
Ada beberapa contoh ketika penghancuran bangunan dicapai melalui ledakan. Proses pembongkaran melibatkan struktur yang mungkin sulit untuk ditangani, terutama yang dirancang untuk melampaui banyak generasi dan berumur panjang. Pembongkaran bangunan seperti itu mungkin tidak mudah jika dicapai hanya dengan menggunakan excavator. Hal ini membutuhkan teknik yang lebih kuat untuk digunakan.
 
Pembongkaran sebuah bangunan dengan cara ledakan disebut sebagai implosion. Biasanya teknik ini diaplikasikan pada wilayah yang harus ditinggalkan. Bahan peledak yang digunakan biasanya berbahaya, oleh karena itu, lebih baik dilakukan dari jarak jauh dan diamati secara aktif.
 
Persiapan Bangunan Untuk Dilaksanakan Pembongkaran
 
Pembongkaran bangunan merupakan proses yang melibatkan perobohan bangunan dan mengabaikan  beberapa potensi kerusakan beberapa bagian bangunan yang berguna. Oleh karena itu, agar bangunan siap untuk diproses, diharapkan barang-barang berharga dikeluarkan sebelum alat berat digunakan untuk membongkar bangunan tersebut.
Pembuangan barang yang mengandung bahan berbahaya dan berpotensi membahayakan lingkungan harus disingkirkan atau diblokir sebelum proses pembongkaran dilakukan. Merobohkan bangunan mengharuskan sistem air limbah diturunkan terlebih dahulu. Selain itu, saluran listrik harus dicabut dan diputus dari sumbernya untuk menghindari korsleting dan gangguan pada sistem jaringan.
 
Mendapatkan Izin Dari Otoritas Terkait
 
Pembongkaran sebuah bangunan biasanya mensyaratkan bahwa otoritas daerah memvalidasi proses tersebut. Hal ini penting karena ada struktur yang mungkin terpengaruh. Oleh karena itu, keputusan tidak boleh sepenuhnya bergantung pada pihak pemilik, tetapi harus inklusif untuk keselamatan dan dampak sosial yang dihadapi dalam proses tersebut.
 
Perhatikan Keselamatan Dari Pekerja Bangunan Dalam Proses Pembongkaran
 
Siapa pun yang mengambil bagian dalam proses pembongkaran harus selalu memastikan bahwa mereka aman dari potensi dan risiko yang terkait dengan tindakan tersebut. Pembongkaran biasanya melibatkan benda jatuh dari ketinggian. Oleh karena itu, para pekerja harus memastikan bahwa mereka memakai alat pelindung untuk menjaga mereka aman dari kecelakaan yang mungkin terjadi.
 
Menjaga jarak dari bangunan merupakan hal yang utama. Terkadang, mengetahui sisi mana dari sebuah struktur akan jatuh merupakan tugas yang sulit, oleh karena itu, lebih baik jika Anda menjaga jarak setidaknya dua kali dari tinggi bangunan.
 
Dalam hal adanya zat berbahaya seperti bahan radioaktif serta asbes, para pekerja harus selalu memakai perlengkapan yang akan mencegah zat tersebut menembus tubuh mereka. Juga disarankan agar mereka membawa oksigen karena udara yang terkontaminasi oleh kandungan radioaktif dapat berbahaya.
 
Melakukan Operasi Akan Penilaian Risiko
 
Mengevaluasi struktur untuk mengidentifikasi berbagai risiko merupakan langkah kunci untuk keselamatan pekerja. Biasanya, pekerjaan ini diserahkan kepada insinyur yang memiliki pengalaman di lapangan dan sangat memahami bangunan.
 
Selain itu, pembersihan atau perlindungan terhadap harta benda di sekitarnya juga perlu dilakukan. Penilaian risiko harus relatif konservatif dan diharapkan, sehingga, semua kerusakan dapat diantisipasi dan ditangani dengan baik.
 
Pada struktur di dekatnya, beban pada material tanah sering memiliki efek dilatancy. Mengevaluasi area pengaruh sebelum pembongkaran bangunan akan memungkinkan Anda untuk berfokus tentang bagaimana pekerja dapat menggantikan beban yang dilepaskan dari tanah yang dapat mempengaruhi struktur yang berdekatan.
 
Pembersihan Ruang Setelah Pembongkaran
 
Setelah pembongkaran struktur selesai, pembersihan lokasi seringkali diperlukan untuk membuatnya siap untuk struktur baru. Dalam hal ini, memastikan bahwa bahan seperti baja yang dapat didaur ulang diambil untuk digunakan lebih lanjut, seringkali menjadi penting, karena bahan tersebut dapat digunakan kembali.
 
Pembersihan melibatkan penggunaan dumping truckyang mengangkut puing-puing ke lokasi pembuangan. Excavator yang dipasang dengan tambahan toolsember dapat digunakan untuk mengumpulkan puing-puing dari lokasi.
 
Dalam beberapa kasus yang melibatkan pondasi yang keras, langkah-langkah ledakan lebih lanjut dapat diambil untuk memfasilitasi proses tersebut. Ledakan ini dianggap sebagai cara termudah untuk memecahkan benda keras di lokasi konstruksi. Oleh karena itu, untuk operasi pembersihan, ledakan dapat dilakukan untuk memecah bagian-bagian yang tersisa untuk kemudahan pengumpulan dan transportasi ke tempat pembuangan.
 
Selalu disarankan bahwa, sebelum memulai proyek baru, sebidang tanah harus dibiarkan terbuka selama beberapa waktu, biasanya satu tahun, untuk memungkinkan tanah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya untuk memudahkan dalam memperkirakan kekuatan dukung dan tanah.
 
Pemeriksaan lebih lanjut dari puing-puing bangunan yang tersisa harus dilakukan untuk memeriksa keberadaan bahan kimia berbahaya yang mungkin terkubur di dalamnya. Anak-anak juga harus dijauhkan dari lokasi dan harus dilarang menjadikan tempat tersebut sebagai tempat bermain mereka.
 
Peralatan Terbaik Untuk Pembongkaran atau Dekonstruksi
 
Ada sejumlah peralatan khusus yang membantu menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan efektif. Alat berat ini biasanya akan menggunakan attachment untuk memudahkan pekerjaan. Berikut beberapa jenis alat berat yang dapat digunakan:
 
Excavator
 
Salah satu alat berat paling serbaguna, excavator dapat melakukan berbagai macam pekerjaan pembongkaran, termasuk membersihkan lahan dengan merobohkan pohon, memungut nya, dan memuatnya ke dalam truk.
 
Track Loader 
 
Alat berat yang kuat ini dapat menggali, memuat, meratakan, dan membawa material dengan mudah. Sering dipasangkan dengan bucket, trek mendistribusikan bobot alat berat yang dapat bermanuver dan serbaguna di atas medan basah atau berpasir.
 
Buncher
 
Feller Buncher dapat menebang, menangkap, dan memindahkan beberapa pohon sekaligus untuk cara yang efektif dalam membuka hutan.
 
Skid Steer Loader
 
Skid Steer Loaderyang kecil dan serbaguna dapat bermanuver dengan baik di area yang sempit. Mesin ini dapat dipasangkan dengan banyak attachment, paling sering dengan bucketuntuk memindahkan material dari suatu lokasi.
 
Dozer
 
Alat berat ini dapat berfungsi sebagai tulang punggung bisnis Anda ketika perlu memindahkan material dalam jumlah besar. Alat ini dapat digunakan untuk dozing, ripping, land clearing, grading, pekerjaan scraper, dan banyak lagi. Setelah material dihancurkan, material handlerdengan boom lift, front-end loader, atauskid steerdapat digunakan untuk memuat material ke truk.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi mengenai pembongkaran bangunan menggunakan alat berat. Jika Anda sedang mencari distributor atau tempat yang menjual serta menyewakan alat berat berkualitas dan profesional di Indonesia, THIdapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat beratdari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia.

THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon