Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Dalam Meningkatkan Nilai Dari Konten Anda Dengan Teknik On-Page Optimization 

16 Sep 2021 by Billy Gani
Ada beberapa teknik untuk mengoptimasi konten Anda melalui SEO, salah satunya adalah SEO on-page. Lalu, apa yang dimaksud dengan SEO on-pagedan apa saja yang termasuk kedalam optimasi SEO on-page?
 
SEO On-pagemerupakan keadaan dimana Anda dapat mengkombinasikan teknik menulis dengan ilmu SEO untuk meningkatkan peringkat halaman pada mesin pencari untuk kata kunci tertentu. SEO pada setiap halaman website mencakup keseluruhan, mulai dari meta tag, format konten, dan pengoptimalan kata kunci untuk membuat konten Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
 
SEO on-pagememandu konten Anda agar dapat sesuai dengan niat pencarian, keterlibatan audiens, dan taktik untuk meningkatkan konversi website.
 
Sebelum membuat konten, Anda harus memahami terlebih dahulu cara menyusun konten dalam website untuk membantu meningkatkan hasil penelusuran dan memenuhi kebutuhan pengguna dan mendorong lebih banyak konversi yang masuk.
 
Tidak mudah untuk menulis konten dalam website dan mendapatkan peringkat atas dalam Google dan mendorong konversi. Tetapi, jika Anda mengikuti beberapa langkah sederhana ini, Anda dapat segera mencapai peringkat atas, mendorong lebih banyak klik, dan menarik pengguna di semua jenis perangkat. 
 
Berikut beberapa strategi pengoptimalan SEO on-pageyang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang dan waktu yang tepat.
 
Buatlah Format Konten Anda Dapat Dipahami Oleh Pengguna & Juga Robot Dari Google
 
Strategi SEO harus senantiasa dibangun berdasarkan kebutuhan pengguna untuk mencapai peringkat atas dan membuat mereka dapat terlibat secara langsung dengan konten Anda. Buatlah format konten Anda dengan cara yang dapat menarik perhatian robot crawlGoogle dan para pengguna untuk memindai konten dan berfokus pada informasi yang Anda sampaikan.
 
Meskipun sudah banyak sekali "tips SEO" yang dapat Anda temui, cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan konversi adalah dengan membuat konten Anda dengan format yang sesuai bagi pengguna dan robot crawldari Google. Hal ini termasuk bagaimana Anda dapat memecah teks, menjaga paragraf tetap pendek, dan membuat daftar poin-poin tertentu menjadi lebih mudah dibaca dan meningkatkan peringkat.
 
Pisahkan Teks Dengan Subjudul / H2
 
Salah satu hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO on-pageadalah memecah teks dengan subjudul H2. Subjudul ini memungkinkan Anda memasukkan kata kunci untuk mendorong sisi teknis SEO. Halini juga membantu pembaca dalam memindai konten Anda saat mereka pertama kali mencapai situs Anda.
Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan subjudul:
 
  • Tambahkan subjudul H2 pada setiap 300 kata atau lebih;
  • Sisipkan judul H3 dengan konten tambahan 50 kata untuk setiap bagian; dan
  • Gunakan kata kunci target dan pertanyaan pencocokan tepat di subjudul.

Jadikan konten Anda lebih mudah dibaca oleh pengguna dan mesin pencari dengan memecah konten Anda dengan subjudul H2 atau H3. Jangan lupa untuk memaksimalkan strategi SEO pada halaman dengan memasukkan kata kunci dan pertanyaan pencocokan tepat di judul bagian untuk hasil maksimal.
 
Buat Paragraf Anda Singkat & Jelas
 
Jika Anda ingin melibatkan pembaca dan mendorong lebih banyak konversi, maka Anda harus mengoptimalkan setiap detail konten Anda berdasarkan kebutuhan audiens. Blok teks yang besar dan panjang lebih sulit dibaca, terutama pada perangkat ponsel atau tablet.
 
Batasi paragraf menjadi hanya 2-3 kalimat masing-masing untuk memastikan konten terlihat lebih baik pada perangkat seluler dan tidak membanjiri pengguna saat mereka membaca konten.
 
Gunakan Poin - Poin
 
Poin-poin, listicleatau daftar merupakan alat copywriting yang kuat karena memungkinkan Anda untuk meringkas informasi secara ringkas serta menarik perhatian pada informasi penting dalam format yang menarik. 
 
Berikut adalah beberapa alasan untuk menggunakan poin dalam konten Anda dalam meningkatkan SEO on-page:
 
  • Memisahkan konten dan membuat blok teks lebih mudah dibaca pada perangkat seluler;
  • Tandai informasi penting untuk meningkatkan konversi pada halaman web layanan dan halaman produk;
  • Tambahkan tautan internal dalam poin-poin untuk membantu memandu pelanggan melalui perjalanan pembeli; dan
  • Cobalah untuk menyimpan daftar poin-poin masing-masing antara 3-7 poin. Daftar yang lebih pendek terlihat tidak terlalu rapi, dan daftar yang panjang membuat pengguna terkadang malas untuk  membaca.

Masukkan daftar pada paragraf pertama setiap unggahan konten blog agar membantu pembaca memahami konten Anda. Selain itu, tambahkan daftar di dekat tombol CTA untuk menarik perhatian pembaca dalam mendorong lebih banyak konversi ke website Anda.
 
Poin-poin hanyalah menjadi salah satu contoh akan bagaimana Anda dapat memformat konten untuk membantu pembaca dan mesin pencari - keduanya merupakan keseimbangan sempurna antara pemasaran menggunakan konten dan strategi SEO secara teknis.
 
Optimalkan Konten Anda Untuk Snippets
 
Seiring perubahan pencarian secara online, Google terus memperbarui algoritmanya untuk memberikan informasi yang tepat kepada pencari secepat mungkin. Cuplikan unggulan atau snippetsadalah cuplikan informasi berukuran kecil yang ditempatkan Google di atas cantuman organik berdasarkan pertanyaan penelusuran tertentu.
 
Berikut adalah beberapa alasan untuk memformat konten baru dan mengoptimalkan konten yang ada untuk mendapatkan snippets:
 
  • Dominasi "posisi nol" di atas iklan berbayar dan hasil penelusuran organik lainnya;
  • Bangun otoritas brandAnda dengan memberi peringkat di bagian atas halaman hasil mesin pencari untuk kata kunci target;
  • Dorong trafficyang lebih berkualitas ke dalam website Anda;
  • Bangun lebih banyak backlink karena lebih banyak orang mengklik dan menautkan ke konten Anda.

Ada beberapa jenis snippetsyang dapat ditampilkan Google berdasarkan maksud penelusuran, kueri penelusuran, dan riwayat penelusuran. Berikut tiga cara yang dapat Anda dapat lakukan untuk memformat konten Anda untuk meningkatkan snippets:
 
Cuplikan Konten Terbaik Dalam Bentuk Paragraf
 
Snippetsparagraf menunjukkan penjelasan 40-50 kata berdasarkan kueri penelusuran dengan tautan ke sumber konten. Jenis snippetsini dapat dilakukan untuk memaksimalkan SEO on-pageyang tepat dan pemformatan konten.
 
Rangkum jawaban dan poin utama konten pada paragraf pertama unggahan blog untuk memberikan lebih banyak snippets pada paragraf. Selain itu, membuat ringkasan singkat dari berbagai bagian dapat membantu memicu lebih banyak snippetsdalam seluruh konten Anda.
 
Cuplikan Konten Dalam Bentuk Daftar
 
Sebagian besar jenis pertanyaan penelusuran mengenai "petunjuk" akan menampilkan cuplikan fitur dalam bentuk daftar. Informasi ini disajikan dalam daftar bernomor atau daftar berpoin, dan merupakan cara yang tepat untuk menghasilkan lebih banyak trafficbagi website atau konten  yang memiliki banyak proses di dalamnya. Tambahkan daftar atau daftar dengan poin-poin sebelum mencantumkan bagian terperinci untuk bisa muncul pada snippets.
 
Cuplikan Konten Dalam Bentuk Tabel
 
Google dapat menyertakan tabel di bagian atas mesin pencari untuk pertanyaan penelusuran tentang opsi harga, perbandingan, dan data. Sebagian besar snippetstabel memiliki lebar 3-4 kolom dan panjang 6-7 baris.
 
Tambahkan tabel HTML dalam unggahan blog untuk meringkas proses, menunjukkan perbandingan harga, atau hanya untuk memberikan ringkasan akan berbagai jenis data. Google lebih menyukai tabel HTML dibandingkan dengan tabel yang dibuat dalam CSS atau bahasa lain.
 
Tambahkan Bagian Dan Skema FAQ (Frequently Asked Questions/ Pertanyaan Yang Sering Diajukan)
 
Data terstruktur merupakan potongan kode yang dapat Anda tambahkan ke dalam konten dan halaman website untuk membantu Google agar lebih memahami konten Anda. Anda dapat memformat konten dengan bahasa markup untuk memberikan informasi pada mesin pencarian tentang konten Anda dan membentuk tampilan yang sesuai dan Anda inginkan pada SERP.
 
Setelah Anda menambahkan bagian FAQ pada bagian bawah konten, Anda bisa mendapatkan lebih banyak konversi dengan menambahkan skema FAQ ke bagian belakang konten. Skema FAQ menawarkan sejumlah manfaat untuk strategi SEO Anda seperti:
 
  • Meningkatkan rasio penayangan atau impressions-  Skema FAQ akan membantu mendorong lebih banyak tayangan organik, yang dapat menghasilkan Click Through Rate (CTR)yang lebih tinggi.

  • Lebih banyak klik dalam website - Saat halaman Anda mendapatkan lebih banyak tayangan, Anda akan mulai melihat lebih banyak klik dalam website dan konten Anda.
  • Internal Linking-  Anda dapat menambahkan tautan ke setiap jawaban dalam skema FAQ Anda. Arahkan tautan internal pada konten non-penjualan (seperti unggahan blog) untuk membantu mendorong lebih banyak keterlibatan pengguna.

Tambahkan 3-4 pertanyaan umum dan jawaban di bagian bawah setiap unggahan blog dan halaman website untuk membantu pengguna dan mesin pencarian. FAQ di akhir konten dapat membantu peringkat kata kunci dan memungkinkan untuk menerapkan skema FAQ untuk lebih mudah ditemukan di mesin pencari.
 
Strategi SEO yang tepat dimulai dari penyampaian pesan kepada orang yang tepat dan pada waktu yang tepat. Dan strategi SEO pada setiap halaman dapat membantu Anda ditemukan secara online dan mendorong lebih banyak konversi.
 
Gunakan beberapa tips di atas untuk membuat konten Anda lebih mudah dibaca, lebih mudah dipindai, dan bahkan membentuk peringkat untuk konten Anda pada SERP dari sekarang.
 
 
Berikut adalah pembahasan secara lebih mendalam mengenai optimasi konten pada website Anda dengan SEO on-page. Jika Anda sudah memiliki website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda tetapi masih bingung untuk mencari vendoryang tepat dalam mengoptimalkan SEO dan pemasaran berbasis konten untuk website Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untukSEO services di Jakartadengan FREESEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Selain itu,ExpressWebjuga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Moz

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon