Image

QUICK CONTACT













Image

Beberapa Cara Membuat Website Company Profile Berkualitas Untuk Bisnis Anda

08 Sep 2021 by Billy Gani
Company profile atau profil perusahaan merupakan gambaran umum tentang perusahaan yang memberi tahu calon pelanggan atau target audiens tentang produk, layanan dan informasi lengkap mengenai perusahaan atau bisnis Anda. Setiap bisnis ataupun perusahaan tentunya wajib memiliki company profile ini.
 
Company profile tidak hanya memberi tahu audiens  apa yang Anda jual, tetapi juga memberi tahu mereka alasan mengapa Anda menjualnya. Company profile sering kali memuat cerita menarik tentang bagaimana Anda memulai bisnis, serta visi dan nilai yang Anda jalankan.
 
Lalu, bagaimana cara membuat company profile Anda terlihat lebih menarik? Anda dapat mencoba mempertimbangkan dua contoh pengenalan dalam company profile di bawah ini :
 
Contoh 1
 
“Halo, kami adalah perusahaan / bisnis A. Kami hadir untuk memberikan solusi untuk masalah Anda. Kami memiliki beberapa proyek besar dalam beberapa bulan ke depan. Jika Anda ingin bekerja sama dengan kami, Anda dapat menghubungi kami langsung pada halaman ini (sertakan link halaman Contact Us Anda sebagai tautan)!”
 
Contoh 2
 
“Halo, adalah perusahaan / bisnis B. Kami telah menjadi bagian dari (program atau proyek  terkenal dan berhasil milik Anda) baru-baru ini bersama dengan (perusahaan besar yang Anda kerjakan proyeknya). Studi kasus terbaru kami, (kasus 1) dan (kasus 2), telah diterbitkan di (media yang Anda cukup terkenal). Proyek-proyek ini memiliki (hasil yang sejalan dengan bisnis Anda). Kami di sini untuk memberikan Anda solusi serupa!”
 
Terkadang, kalimat yang pendek tidak selalu tepat. Selain dari segi panjang kalimat, Contoh 1 masih terlihat kurang detail, seperti menggunakan istilah "memberikan solusi," "beberapa proyek besar." Contoh 1 juga tidak berusaha membangun hubungan apapun dengan audiens. Pernyataan kurang didukung oleh data dan tidak spesifik, serta terlalu singkat.
 
Di sisi lain, Contoh 2 lebih terlihat spesifik. Deskripsinya mengirimkan pesan "berdasarkan nilai", dengan contoh dan hasil yang sesuai, berbicara langsung pada target audiens. Sebagai tambahan, hal ini menunjukkan pendekatan yang lebih ramah dibandingkan dengan Contoh 1. 
 
Company profile Anda – dari halaman “Tentang Kami” hingga profil media sosial Anda – berbagi kepribadian Anda dengan target audiens, dan hal itu penting untuk  dipahami karena dapat membantu perusahaan Anda agar lebih menonjol dan mudah diingat oleh audiens.
 
Pentingnya Penggunaan Website Company Profile Dalam Mengembangkan Brand

Website merupakan kantor virtual Anda di dunia maya, dan profil media sosial menjadi “outlet” online yang mewakili perusahaan atau bisnis Anda dalam masing-masing saluran. Apa pun yang Anda katakan dalam profil ini mencerminkan citra dan nilai dari bisnis atau perusahaan Anda.
 
Company profile harus dapat memperkuat dan mengembangkan otoritas brand Anda melalui cerita yang dikembangkan dengan tepat. Oleh karena itu, penting untuk menginvestasikan waktu dalam menciptakan company profile yang berkualitas dan juga menarik. 
 
Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan dalam membuat company profile yang menarik.
 
Buat Tone Of Voice Yang Sesuai Dengan Karakteristik Bisnis Anda
 
Pertama-tama, penting untuk mengembangkan tone of voice atau nada yang tepat yang sesuai dengan persona calon pelanggan yang Anda miliki. Lebih penting lagi, tone of voice merupakan hal yang harus dapat membuat pengguna senantiasa merasa nyaman dan dapat disesuaikan pada semua media pemasaran dari bisnis atau  perusahaan Anda.
 
Berikut beberapa  contoh tone of voice dari suatu perusahaan:
 
  • Passionate / Bersemangat - gunakan kalimat yang kuat. Contoh: “Kami bertekad untuk mengubah cara dunia bekerja dengan layanan yang kami berikan.”

  • Formal - gunakan contoh yang tidak terduga, ambil sudut pandang yang berlawanan, dan ekspresikan bisnis atau perusahaan Anda dengan cara yang unik. Contohnya, “Kami tidak takut untuk mengubah status bisnis Anda menjadi bisnis yang lebih maju.”

  • Friendly - gunakan bahasa yang ceria dan santai. Contohnya, “Kami menganggap serius produk dan layanan kami , tetapi kami tidak menganggap diri kami terlalu serius.”

  • Otentik - gunakan kalimat yang tidak bertele-tele dan langsung pada poin. Contoh: “Kami akan memberi Anda layanan dan wawasan yang Anda butuhkan untuk mempermudah pekerjaan Anda.”
 
Tetap Sederhana
 
Company profile tidak boleh terlalu pendek. Namun, pada saat yang sama, terlalu panjang dan bertele-tele juga bisa merugikan. Berikut beberapa contoh yang tidak mungkin tidak menarik untuk audiens:
 
Contoh 
 
“Halo, kami Perusahaan C! Kami baru-baru ini bekerja dengan proyek Perusahaan A di Korea. Ditangani oleh personel kami A, B, dan C yang masing-masing berspesialisasi dalam (keahlian 1, 2, dan 3), kami telah mencapai hasil yang luar biasa dalam proyek yang dibuat (variabel 1, 2, dan 3) dan masing-masing memiliki 230% meningkat sementara hanya memiliki margin kesalahan sebesar 2%.”
 
Contoh ini mungkin terlihat baik dan meyakinkan untuk sebuah company profile. Namun, contoh diatas akan teras terlalu panjang dan memiliki banyak detail yang tidak perlu. Audiens Anda ingin tahu apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya, dan bagaimana hasilnya dengan rincian yang mudah dipahami dalam beberapa detik.
 
Bahasa yang digunakan juga harus cukup sederhana sehingga bahkan anak berusia 11 tahun dapat memahaminya. Penting untuk memastikan audiens di luar industri Anda dapat dengan mudah memahami company profile Anda.
 
Buatlah Agar Company Profile Anda Lebih “Bercerita” Kepada Target Audiens 
 
Setiap orang senantiasa terikat pada cerita. Saat mendiskusikan hasil kerja dari bisnis atau perusahaan Anda dengan calon pelanggan, company profile Anda juga perlu menunjukkan kepribadiannya dengan misi dan tujuan yang ingin Anda raih. Dapatkan minat pembaca untuk membacanya dan sesuaikan profil Anda untuk membantu audiens Anda terhubung.
 
Jika Anda memasang company profile berbasis website atau melalui media sosial, misalnya, gunakan tempat yang disediakan untuk menulis bagian "Tentang Kami" dari bisnis atau perusahaan Anda. Coba ceritakan kisah asal usul perusahaan atau bisnis Anda dan nilai-nilai yang membuat perusahaan atau bisnis Anda hingga sekarang ini. Anda dapat coba melihat contoh dari profil LinkedIn Coca Cola yang berupa jaringan yang memungkinkan lebih banyak ruang untuk menulis profil yang panjang. Di jejaring sosial lain, Anda dapat mencoba untuk memadatkannya sambil mempertahankan cerita yang ingin Anda sampaikan.
 
Atur Narasi Yang Anda Sertakan
 
Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ada banyak perspektif yang dapat ditambahkan dalam company profile dengan mengembangkan cerita mengenai perusahaan atau bisnis Anda.
 
Berikut beberapa contoh dengan gaya berbeda yang masing-masing berfokus pada hal yang berbeda untuk narasi bisnis atau perusahaan:
 
  • The Friendly Neighborhood Business -  Narasinya berfokus pada nilai-nilai brand dalam hal menciptakan produk atau menyediakan layanan. Usaha kecil dan menengah yang menargetkan komunitas lokal mereka sangat diuntungkan dari jenis narasi ini. Misalnya, narasi Riverside Foods berfokus pada foodmart pertama dari keluarga pendiri dan pengalaman mereka menembus standar yang mereka miliki dalam menyediakan produk dan layanan berkualitas mereka.

  • Solusi Profesional & Rapi - Bisnis menengah hingga besar yang menargetkan bisnis lain dapat menggunakan narasi khusus ini dalam deskripsi mereka. Narasi ini berfokus pada proses dan pengembangan dalam mengoptimalkan operasi mereka. Contohnya adalah Addiction Foods, yang merupakan produsen makanan hewan peliharaan khusus untuk brand makanan anjing. Mereka menulis di halaman “About Us” bahwa mereka berfokus untuk menciptakan dan merevolusi formulasi produksi makanan hewan peliharaan secara konsisten untuk klien mereka.

  • The Doer atau Pelaku - Semua bisnis dengan skala yang berbeda dapat menemukan gaya naratif khusus. Hal ini efisien dalam mengembangkan retensi merek terlepas dari tone of voice yang objektif dan didorong oleh pencapaian. Henrik Plumbing dari California menggunakan pendekatan naratif orang ketiga dalam deskripsinya. Hal ini merinci spesialisasi mereka dalam layanan perpipaan perumahan, komersial, dan industri. Hal selanjutnya ditempatkan pada operasi mereka yang efisien karena pengalaman mereka selama 25 tahun dalam menyediakan layanan yang berkualitas.

Uji Terlebih Dahulu Company Profile Anda
 
Sebelum mempublikasikan deskripsi dari perusahaan atau bisnis Anda melalui website berbasis company profile, mintalah orang lain untuk membacanya terlebih dahulu. Selain untuk menemukan kesalahan editorial, Anda dapat dengan mudah mengembangkan visi saat menulis deskripsi tersebut. Pembaca dapat membantu untuk mengungkapkan area yang dapat ditingkatkan dan membuatnya lebih menarik.
 
Company profile memberi tahu setiap orang tentang apa yang dapat dilakukan oleh bisnis atau perusahaan Anda, bagaimana memulainya, dan apa yang telah Anda capai. Hal ini dapat menjadi hal yang layak untuk diinvestasikan dan dibuat dengan hati-hati. Selain itu, tentunya hal ini sangat  mudah untuk dilakukan.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips dalam membuat company profile dan membuatnya terlihat lebih profesional dan berkualitas serta menarik. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website berbasis company profile Anda, Eannovate dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang website company profile yang berkualitas dengan harga yang terjangkau melalui ExpressWeb. ExpressWeb hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis Anda.
 
Selain itu, ExpressWeb dari Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai company profile, website, UI UX atau SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: 2Stallions & HubSpot

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon