Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Matriks Penting Dalam Website E-Commerce & Cara Meningkatkannya

07 Sep 2021 by Billy Gani
Website merupakan salah satu aset terpenting yang dimiliki bisnis Anda, karena itulah sangat penting untuk memperhatikan matriks dari website Anda untuk melihat performa kerja bisnis secara berkelanjutan. Mulai dari hal-hal seperti traffic website hingga detail yang lebih kecil seperti seberapa cepat halaman Anda dimuat, dapat memberi Anda keunggulan atas pesaing Anda.
 
Berikut beberapa matriks yang dapat Anda perhatikan:
 
  • Traffic Lalu Lintas Website
  • Sumber Traffic
  • Kecepatan Muatan Halaman
  • Tayangan & Klik dari Search Engine 
  • Konversi website; dan
  • Halaman Teratas.

Pentingnya Matriks Dalam Website
 
Matriks merupakan cara Anda mengukur kinerja dari website. Matriks  memberitahu apa yang berhasil, apa yang tidak, dan di mana Anda dapat meningkatkannya. Tanpa memperhatikan matriks, Anda bekerja berdasarkan asumsi, dan tidak tahu seberapa besar website yang Anda miliki dapat membantu bisnis untuk bertumbuh atau peluang yang Anda lewatkan. Matriks dapat diukur dalam hitungan menit dengan menggunakan alat gratis seperti Google Analytics.
 
Beberapa Matriks Website Yang Dapat Anda Kelola
 
Ada begitu banyak matriks yang dapat Anda ukur, tetapi tidak berarti Anda harus mengukur semuanya. Berikut beberapa matriks yang penting untuk bisnis Anda ukur beserta beberapa cara untuk meningkatkannya:
 
Traffic Website
 
Traffic atau lalu lintas sangat penting untuk website apa pun - matriks ini memberitahu Anda seberapa banyak kunjungan yang diterima oleh website Anda. Mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda selama waktu tertentu merupakan cara yang tepat untuk mengetahui apakah website Anda berkembang, stagnan, atau bahkan menurun dari segi performa. Tanpa traffic yang mengarah ke dalam website Anda, tidak ada hal lain yang dapat Anda ukur untuk mengembangkan bisnis Anda.
 
Anda dapat berfokus pada taktik yang akan berdampak langsung, seperti mengarahkan traffic dari media sosial, sambil juga memikirkan strategi jangka panjang dan mengerjakan beberapa taktik SEO.
 
Sumber Traffic
 
Setelah Anda mengetahui seberapa banyak kunjungan yang diterima dari website Anda, ada baiknya Anda untuk mengetahui dari mana pengunjung berasal. Hal ini berguna untuk memberitahu Anda tentang bagaimana pengguna dapat datang ke dalam website Anda dan membantu Anda menentukan:
 
  • Sumber yang mengarahkan traffic terbanyak; dan
  • Cara Anda untuk meningkatkan traffic Anda.

Data ini dapat Anda lihat di Google Analytics dan, secara default, dikelompokkan ke dalam enam saluran:
 
  • Direct - Traffic dari pengguna yang mengetik URL website Anda dalam mesin pencarian mereka.
  • SocialTraffic dari saluran media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.
  • Email -  Klik dari kampanye email, atau tautan dalam pesan email apa pun yang dikirimkan kepada pengguna.
  • Organic SearchTraffic dari mesin pencari seperti Google dan Bing.
  • Referral -  Kunjungan ke dalam website Anda dari tautan di halaman website lain.
  • Others -  Bahkan Google tidak dapat mengetahui semuanya. Ketika Google Analytics tidak yakin bagaimana mereka dapat mengkategorikan traffic, Google akan menambahkannya di dalam bagian ini.
Dengan menganalisis sumber traffic, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan traffic dari website Anda. Misalnya, jika traffic pencarian organik Anda rendah, Anda dapat mencari cara untuk meningkatkan SEO Anda. Atau jika traffic organik Anda menyumbang sebagian besar kunjungan website, Anda mungkin dapat sedikit lebih memvariasikan sumber traffic Anda.
 
Page Speed atau Kecepatan Muat Halaman
 
Semakin cepat halaman Anda dimuat, semakin baik. Pengguna tidak sabar dalam menunggu halaman website untuk dimuat -  jika halaman Anda tidak dimuat secara cepat, beberapa pengunjung akan keluar sebelum mereka dapat melihat konten Anda. Selain itu, kecepatan halaman yang lebih cepat membantu peringkat website Anda untuk berada pada peringkat yang  lebih tinggi di Google.
 
Untuk meningkatkan kecepatan muatan dari website Anda, ada satu cara pasti untuk meningkatkan kecepatan muatan ini, yaitu dengan mengoptimalkan ukuran gambar.
 
Mengoptimalkan gambar adalah cara terbaik untuk mempengaruhi kecepatan halaman. Dengan mengoptimalkan gambar-gambar menjadi ukuran lebih kecil, dapat dipastikan halaman website Anda dapat dimuat lebih cepat dan pengguna dapat berinteraksi di dalam website Anda dengan lebih cepat.
 
Rasio Penayangan (Impressions) & Klik dari Search Engine

Mesin pencari merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic ke dalam website Anda. Saat mengukur kinerja penelusuran dari website, Anda dapat berfokus pada dua matriks, yaitu:
 
  • Klik -  Frekuensi pengguna mengklik, memencet ke situs Anda dari Google.
  • Tayangan (Impressions) - Frekuensi seberapa banyak website Anda ditampilkan pada hasil penelusuran.

Kedua matriks ini berjalan beriringan -  sering kali, saat tayangan meningkat, klik juga akan meningkat. Tetapi jika Anda melihat tayangan meningkat dan klik tetap sama, hal ini memberi Anda beberapa peluang untuk meningkatkan metrik ini.
 
Untuk meningkatkan tayangan, Anda perlu menghasilkan konten berkualitas tinggi yang menargetkan kata kunci yang relevan dengan apa yang dicari audiens. Hal tersebut menjadi cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan peringkat.
 
Saat meningkatkan klik, pengoptimalan kecil dapat sangat membantu. Misalnya, cukup perbarui judul untuk salah satu konten Anda.  Saat mencoba menghasilkan klik, konten Anda bersaing dengan setiap halaman lain yang tercantum dalam hasil pencarian. Judul konten Anda dapat menjadi kesempatan Anda untuk menonjol, karena itulah buat judul yang menarik untuk konten Anda.
 
Konversi Goals
 
Apa tindakan yang utama, tujuan atau goals yang ingin Anda lakukan ketika audiens mengunjungi website Anda? Bisa jadi pendaftaran email, melakukan pembelian, atau mengunduh sesuatu. Apa pun itu, Anda dapat mengukur tujuan Anda dengan Google Analytics.
Di Google Analytics, Anda dapat mengukur sasaran dengan empat cara:
 
  • Destinasi atau tujuan -  URL tertentu dalam website Anda yang dikunjungi pengguna.
  • Durasi -  Sesi yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu atau lebih lama, seperti 1 menit atau lebih yang dihabiskan pengguna dalam website Anda.
  • Halaman -  Jumlah halaman yang dikunjungi per sesi.
  • Events -  Tindakan yang Anda inginkan agar dilakukan oleh pengguna dalam website Anda, seperti memutar video atau menekan tombol CTA.

Dengan mengukur konversi goals di Google Analytics, Anda mendapatkan gambaran singkat tentang kinerja website Anda dan kemajuan yang Anda buat menuju goals utama Anda.
 
Kinerja sasaran Anda akan bergantung pada apa yang Anda ukur. Misalnya, mengoptimalkan waktu di halaman mungkin terlihat sangat berbeda dari mengoptimalkan klik CTA. Maka, sesuaikan strategi yang Anda buat dalam website agar pengguna dapat melakukan tindakan yang mengarah pada goals Anda.
 
Halaman Teratas
 
Sebagian besar traffic ke dalam website Anda hanya berasal dari beberapa halaman teratas Anda. Ketika hanya beberapa halaman yang menghasilkan begitu banyak traffic pada website Anda, penting untuk mengawasi bagaimana kinerja halaman tersebut.
 
Halaman teratas sangat berharga — mereka menyumbang begitu banyak traffic pada website Anda, dan seringkali juga konversi — jadi Anda harus memperlakukan halaman teratas dengan hati-hati.
 
Seringkali, meningkatkan halaman teratas berfokus pada detail kecil, seperti:
 
  • Memastikan CTA relevan (dan mendorong klik ke halaman Anda yang berkonversi tinggi);
  • Memeriksa konten terbaru (terutama tangkapan layar apa pun); dan
  • Menambahkan detail ketika ada perubahan.

Selain menggunakan Google Analytics, Anda dapat memeriksa halaman teratas melalui Google Search Console untuk melihat apakah ada peluang untuk menguji judul dan deskripsi baru untuk meningkatkan klik.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa matriks yang dapat Anda kelola dan pantau untuk website Anda dan cara mengoptimalkannya. Jika Anda masih bingung untuk mencari vendor yang tepat dalam merealisasikan website toko online Anda atau mengelola bisnis berbasis website e-commerce Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
Reference: Sumo

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon