Image

QUICK CONTACT













Image

Kenali Beberapa Macam Quality Assurance Testing Untuk Mobile App

06 Sep 2021 by Billy Gani
Ketika Anda sudah memvalidasi, mendesain, dan mengembangkan aplikasi Anda, jangan lupa untuk melakukan protokol jaminan kualitas atau quality assurance (QA) yang lengkap untuk aplikasi perangkat Anda. Menurut sebuah penelitian, alasan utama mengapa pengguna menghapus aplikasi setelah menginstal adalah karena crash atau kesalahan instalasi. Angka ini berjumlah sekitar 62%. Maka dari itu, QA untuk aplikasi Anda sangat penting untuk dilakukan sebelum aplikasi diluncurkan.
 
Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai quality assurance pada mobile app dan praktik terbaik yang terlibat dalam QA mobile app untuk memastikan aplikasi Anda dapat menghasilkan performa optimal saat digunakan oleh pengguna.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Quality Assurance (QA)?
 
Jaminan kualitas atau quality assurance (QA) merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk memastikan bahwa Anda memberikan produk dan pengalaman terbaik kepada pengguna. Pada akhirnya, sebagai penyedia aplikasi perangkat, Anda ingin memastikan bahwa semuanya berfungsi sebagaimana mestinya, pada kecepatan yang seharusnya, dan pada perangkat yang digunakan pengguna.
 
Seperti yang diketahui, pengguna memiliki toleransi yang rendah untuk aplikasi perangkat yang buruk dan pada dasarnya proses QA yang tidak optimal. Anda juga dapat menghilangkan faktor virus potensial apapun dalam penyebaran aplikasi perangkat Anda yang dapat mengurangi lalu lintas organik. Risiko ini menjadi sebuah alasan tentang mengapa Anda perlu membuat strategi QA yang baik dalam mengatasi masalah fungsionalitas, kegunaan, kinerja, keamanan secara lintas platform.
 
Berbeda dengan QA, quality control (QC) bertujuan untuk memastikan bahwa produk dari software memenuhi persyaratan sebagaimana hal tersebut diperuntukkan. Klien akan memberi Anda dokumen persyaratan terperinci, dan QC akan memastikan produk yang Anda berikan sesuai dengan spesifikasi mereka. QA ditujukan untuk mencegah adanya kesalahan atau kecacatan teknis, sedangkan QC bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki cacat di seluruh siklus aplikasi perangkat dan menyesuaikannya dengan spesifikasi produk yang dibutuhkan.
 
Perbedaan utama antara QA dengan QC adalah bahwa QA merupakan tindakan proaktif untuk memastikan kualitas, sementara lagi, QC adalah langkah reaktif, yang juga membuat QA senantiasa berjalan dan dilaksanakan sebelum QC. Anda tentunya ingin terus memastikan bahwa software Anda konsisten dengan standar Anda mengembangkannya. Oleh karena itu, Anda dapat menguji aplikasi perangkat Anda untuk menghindari bug yang mahal dan meningkatkan biaya pengembangan aplikasi di masa mendatang.
 
Pentingnya QA Dalam Mobile Apps
 
Menjalankan aplikasi perangkat senantiasa berbeda dengan sekedar menjalankan komputer atau laptop. Itulah mengapa pengujian khusus harus dilakukan untuk memastikan kinerja dan performa yang berkualitas. Pengalaman desktop berbeda secara drastis dari pengalaman dari aplikasi perangkat, seringkali karena sumber daya perangkat seluler yang terbatas jika dibandingkan dengan komputer desktop atau laptop.
 
Perangkat seluler memiliki layar yang bervariasi dalam ukuran, ekstensi, dan profil warnanya. Variasi ini  juga membuat Anda harus membuat dan menguji beberapa perangkat. Hal lain yang cenderung dilupakan orang adalah bahwa proses QA yang baik mengurangi biaya keseluruhan proyek Anda. Program jaminan kualitas yang kuat pada akhirnya memastikan biaya perawatan yang lebih rendah di seluruh siklus hidup dari produk. Pengurangan biaya ini disebabkan karena Anda dapat menemukan masalah dan mengatasinya jika dibandingkan dengan membiarkannya menumpuk di akhir yang akan merugikan pelanggan Anda.
 
Strategi Pengujian QA Untuk Mobile Apps 
 
Penting untuk menerapkan strategi yang tepat dalam pengujian QA untuk mobile apps Anda. Seringkali disarankan untuk menerapkan beberapa pendekatan pengujian karena dimensi software senantiasa berasal platform, hosting, user interface libraries, performa, dan kerentanan keamanan yang berbeda. 
 
Berikut adalah daftar pengujian yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda:
 
  • Pengujian Fungsional

    Pengujian fungsionalitas dari perangkat seluler biasanya dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi berfungsi sesuai dengan persyaratan awal. Dimulai dari mempertimbangkan industri dan layanan tempat aplikasi perangkat dibuat, dan setelah diidentifikasi, juga mempertimbangkan saluran distribusi.

    Hal ini juga dilakukan dengan menyediakan setiap fungsi dengan input yang diperlukan, memverifikasi output, dan kemudian membandingkan hasilnya dengan persyaratan awal. Dilakukan untuk memastikan fungsionalitas yang sempurna, dan sangat penting untuk aplikasi perangkat apa pun.
  • Pengujian Regresi

    Pengujian regresi sangat penting dalam QA mobile apps untuk memastikan kode awal tidak crash beberapa minggu atau bulan kemudian karena pengoptimalan, pemfaktoran ulang, atau penerapan fitur dengan software baru.

Seringkali, modifikasi kode kecil dapat merusak fitur yang tidak terkait secara tidak terduga. Misalnya, ketika Anda menerapkan fitur geolokasi yang merusak modul otorisasi Anda tanpa alasan yang jelas. Efek semacam ini menjelaskan mengapa pengujian regresi diperlukan dan harus dilakukan pada lebih dari sekadar beberapa fungsi penting.
Model strategi regresi yang baik dapat mengintegrasikan beberapa pengujian otomatis. Hal ini dapat bisa berupa:
 
  • Otomatisasi beberapa platform;
  • Regresi berbasis risiko;
  • Eksekusi paralel untuk menghemat waktu;
  • Analisis dampak kinerja; dan
  • Metodologi QA pengujian berkelanjutan.

Pengujian regresi untuk aplikasi seluler terjadi setelah rilis untuk mengidentifikasi masalah seperti bug dan gangguan.
 
  • Pengujian Lintas Platform

    Seperti yang kita semua tahu, ada dua sistem operasi utama untuk perangkat seluler yaitu Android, dan iOS, yang berarti Anda harus menguji di seluruh platform dan perangkat dalam dua versi ini. Setiap platform dapat memiliki fitur dan fungsi yang berbeda, jadi Anda harus menguji keduanya untuk melihat bagaimana aplikasi Anda di render, bagaimana tampilan antarmuka pengguna, dan bagaimana kinerja aplikasi secara keseluruhan.
  • Pengujian Kegunaan

    Pengujian kegunaan adalah dimana Anda memiliki pengguna untuk menguji dan bermain dengan aplikasi Anda untuk menentukan seberapa mudah aplikasi tersebut bagi mereka. Performa aplikasi, ikon dan teks yang mudah dibaca dapat memungkinkan mereka untuk menelusuri aplikasi Anda secara intuitif. Pengujian semacam ini juga dapat menjadi peluang untuk mengungkap gangguan apa pun dalam aplikasi Anda.

    Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah pengujian kegunaan dengan cepat bahkan sebelum Anda membuat kode adalah dengan membuat mock-up dan prototipe yang Anda bagikan dengan pengguna yang ada atau dengan tim internal Anda.
  • Pengujian Kinerja

    Hal ini menjadi salah satu tahap penting lainnya dalam alur kerja proses QA mobile apps. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja aplikasi, seperti penggunaan secara bersamaan yang memuat aplikasi di perangkat, khususnya baterai atau ram. Pengujian QA kinerja sangat penting untuk dipertimbangkan karena Anda tidak ingin dikenal sebagai aplikasi yang menguras baterai atau memperlambat faktor lain dalam perangkat pengguna.

  • Pengujian Keamanan

    Memiliki aplikasi yang berfungsi dengan baik bisa menjadi hal yang baik dan memiliki aplikasi yang tidak memiliki sistem keamanan yang tepat dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Risiko keamanan ini membuat Anda harus menguji otentikasi yang tepat dan penyimpanan data pribadi yang aman.

    Anda juga harus memastikan bahwa Anda hanya mengizinkan pengguna yang asli dan mengizinkan mereka untuk mengakses informasi mereka saja. Langkah ini akan menentukan bagaimana dan di mana Anda menyimpan informasi dan layanan apa yang Anda gunakan. Hal ini akan membantu Anda dalam menilai struktur basis data untuk aplikasi seluler multi-penyewaan Anda.




Berikut adalah beberapa pemahaman mengenai beberapa macam quality assurance testing untuk mobile apps Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan aplikasi perangkat yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: TopFlight

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon