Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Website Downtime & Cara Yang Tepat Dalam Menanganinya

04 Sep 2021 by Billy Gani
Ketika website Anda tidak tersedia secara online atau tidak berjalan dengan baik bagi pengguna dalam menyelesaikan tindakan mereka, website Anda dapat dianggap mengalami waktu henti atau biasa disebut downtime.
 
Meskipun teknologi saat ini telah meningkat dan banyak provider yang sudah memiliki sistem untuk membantu menghilangkan waktu henti, terkadang downtime tetap tidak dapat dihindari. Bahkan perusahaan besar seperti Google dan Facebook terkadang mengalami downtime.
 
Apa yang Dimaksud Dengan Downtime?
 
Pada awalnya, sebuah website dapat dikatakan mengalami downtime ketika website tersebut tidak dapat diakses oleh pengguna. Sedangkan pengertian downtime saat ini sedikit bergeser menjadi ketika pengguna menganggap sebuah website atau layanan di dalamnya tidak aktif dan pengguna tidak dapat menyelesaikan tindakan mereka.
 
Misalnya, website e-commerce akan dianggap mati jika pengguna tidak dapat memasukkan barang ke keranjang belanja mereka. Faktanya, pengunjung lebih memaklumi website yang mengalami pemadaman total daripada website dengan fungsionalitas yang rusak. Performa yang buruk juga dapat masuk dalam kategori downtime jika mempengaruhi kemampuan pengguna untuk mencapai tujuan mereka.
 
Apa Saja Hal Yang Dapat  Menyebabkan Downtime?
 
Banyak hal yang dapat menyebabkan downtime bagi website Anda, diantaranya:
 
  • Kesalahan Manusia - Seperti dalam segala hal, ketika terjadi kesalahan, akar masalahnya biasanya mengarah pada satu kesalahan yang dilakukan oleh individu atau tim. Perubahan kode yang tampaknya tidak berpengaruh dapat mempengaruhi hal lain yang tidak muncul selama pengujian regresi, sistem menjadi offline ketika seharusnya tidak, atau entri DNS yang diperbarui secara tidak benar.
  • Kegagalan Peralatan - Peralatan yang mungkin rusak, dan peralatan baru yang tidak berfungsi tanpa peringatan. Pemeliharaan yang tepat dan redundansi perangkat keras adalah satu-satunya cara untuk meminimalkan waktu henti karena perangkat keras ini. 
  • Adanya Peretasan - Peretas dapat menemukan cara baru dari waktu ke waktu untuk menyusup dan mengganggu bisnis setiap saat. Salah satu metode umum yang digunakan adalah Distributed Denial-of-Service (DDoS). Serangan ini dilancarkan dengan mencoba membanjiri server akan permintaan. Permintaan datang secara bersamaan dan berulang kali dari beberapa lokasi dapat menyebabkan kelebihan beban pada server website. Dan karena itu, karena banyaknya permintaan, hal tersebut dapat website menjadi down.

    Jenis peretasan lain yang dapat diluncurkan oleh hacker dapat dengan cara menyusup ke cache Domain Name System (DNS) dan mengubah alamat IP ke alamat yang memungkinkan mereka untuk mengeksploitasi pengguna website, sehingga pada dasarnya, website yang ditargetkan dapat menjadi tidak aktif. Serangan lain juga dapat melibatkan sertifikat SSL dan malware.

Bagaimana Anda Dapat Menghindari Downtime Dari Website Anda?

Developer dan admin sistem secara teratur dapat berfokus pada strategi untuk menciptakan infrastruktur yang handal untuk meminimalkan waktu henti atau downtime. Alasan dari hal ini adalah bahwa begitu banyak perusahaan sekarang bergantung pada layanan berbasis internet, membuat downtime dapat merugikan secara finansial.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya downtime pada website Anda:

Pemantauan dan Peringatan

Memantau infrastruktur Anda dengan benar adalah langkah pertama dan merupakan cara paling efisien untuk menemukan masalah sebelum hal tersebut dapat mempengaruhi pengguna dari website Anda.

Hal ini juga termasuk dalam menggabungkan dan mempertahankan catatan statistik seperti metrik kinerja dari aplikasi atau website, dan pemanfaatan sumber daya sistem. Data kemudian dibangun di atas kumpulan metrik melalui evaluasi aturan terhadap metrik saat ini. Dengan kata lain pantauan tersebut dapat mencari dan menemukan hal yang tidak sesuai.

Data sering diimplementasikan pada setiap host yang mengumpulkan metrik untuk pemantauan, dan kemudian melaporkan kembali ke server pusat. Metrik disimpan dalam database dan tersedia untuk layanan seperti pencarian, peringatan, dan grafik. Anda dapat melakukan pemantauan website Anda menggunakan beberapa aplikasi berikut:

  • Graphite -  Graphite menyediakan API yang mendukung puluhan aplikasi dan bahasa pemrograman. Metrik didorong, disimpan, dan dibuat grafik pada instalasi Graphite pusat.

  • Prometheus -  Prometheus dapat digunakan untuk menarik data dari berbagai komunitas yang didukung dan klien resmi. Aplikasi ini memiliki sistem peringatan yang terintegrasi, sangat skalabel, dan dilengkapi dengan pustaka klien untuk beberapa bahasa pemrograman.

Peningkatan Penyimpanan Perangkat Lunak

Strategi penyebaran perangkat lunak/ software deployment merupakan salah satu area yang diabaikan banyak orang, tetapi memiliki dampak besar pada downtime Anda.

Memiliki proses penyebaran yang sangat kompleks, atau memerlukan sejumlah langkah manual untuk diselesaikan berkontribusi pada perilisan perangkat lunak yang berisiko karena setiap penerapan menjadi serangkaian perubahan yang jauh lebih besar, dan secara alami membawa risiko masalah yang jauh lebih tinggi. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan banyak bug, yang memperlambat pengembangan dan berpotensi menyebabkan tidak tersedianya sumber daya. Untuk mengatasi ini, Anda memerlukan beberapa perencanaan di awal.

Menemukan strategi yang memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan alur kerja, integrasi kode, penerapan, dan pengujian, akan memberi Anda peluang terbaik untuk menyinkronkan lingkungan produksi dengan lingkungan pengembangan Anda.

Untuk mulai mengotomatiskan penerapan, Anda perlu memastikan bahwa Anda mengikuti praktik terbaik terkait continuous integration and delivery (CI/CD) dan menguji perangkat lunak. Praktik terbaik ini meliputi:
 
  • Pertahanan akan satu repository - Mempertahankan satu repository memastikan agar setiap orang dalam tim pengembangan bekerja pada kode yang sama, dan dapat menguji perubahan dengan mudah.

  • Otomatisasi pengembangan dan proses pengujian -  Hal ini sangat penting karena dapat menyederhanakan penerapan di lingkungan yang mirip dengan kasus penggunaan akhir, dan sangat membantu saat men-debug masalah khusus platform.
Melaksanakan High Availability

Strategi terakhir yang dapat Anda gunakan ketika mencoba meminimalkan downtime website adalah dengan menggunakan konsep ketersediaan tinggi (high availability) pada setiap infrastruktur. Hal ini termasuk prinsip-prinsip yang digunakan dalam merancang sistem yang tangguh untuk website Anda.

Sistem website Anda harus dapat mendeteksi kesehatan sistem itu sendiri. Jika sistem gagal, hal tersebut perlu tahu persis di mana kegagalan terjadi. Sistem harus dapat mengarahkan traffic yang menjadi hal penting dalam meminimalkan downtime karena memastikan traffic antar server senantiasa cepat, dengan gangguan yang minimal.

Hilangkan titik kegagalan dari muatan website -  Hal ini dapat diartikan  bahwa beberapa server terkadang bersifat redundan saat digunakan. Pindahlah ke beberapa server website dan seimbangkan beban dari satu server ke server lainnya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara Anda untuk meningkatkan infrastruktur dari website Anda. Penyeimbangan beban ini dapat dilakukan sebagai upaya pemeriksaan kesehatan reguler dalam server website dan mengarahkan traffic dari server yang gagal.

Meningkatkan ketahanan database menggunakan replikasi database adalah cara lain Anda dapat menambahkan ketahanan dan redundansi. Model database yang berbeda memiliki konfigurasi replikasi yang berbeda. Namun replikasi grup adalah yang paling menarik karena memungkinkan Anda untuk memiliki operasi baca dan tulis pada server yang berlebihan. Server yang gagal dapat dideteksi dan perutean dilakukan untuk menghindari waktu henti.
 
Menyelidiki perubahan dapat Anda lakukan untuk mengurangi waktu henti merupakan salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan dalam perangkat lunak; mulai dengan meningkatkan penerapan, memantau metrik Anda, dan memastikan ketersediaan infrastruktur yang tinggi.

 
 
 
Berikut adalah pengertian website downtime dan beberapa cara untuk meminimalisirnya. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website Anda, Eannovate dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
Reference: Developer Drive
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon