Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Memilih Jenis Excavator Yang Tepat Untuk Pekerjaan Anda

02 Sep 2021 by Billy Gani
Ketika Anda memiliki pekerjaan atau proyek baru, tentu Anda senantiasa memastikan bahwa Anda memiliki peralatan yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Terdapat banyak jenis alat berat yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan industrial Anda di lapangan, salah satunya adalah excavator.
 
Excavator merupakan alat yang memiliki banyak fungsi seperti untuk menggali tanah, memindahkan material, mengangkat beban, menghancurkan bebatuan dan sebagainya. Pada bagian depan excavator terdapat alat yang berbentuk seperti penggaruk dan digunakan untuk menjalankan fungsinya. 
 
Excavator terdiri dari boom, dipper (atau tongkat) dan bucket. Bagian-bagian ini terhubung pada tempat operator yang dapat berputar. Kebanyakan mesin excavator ini dapat berputar 360 derajat penuh. Excavator tersedia dengan trek atau roda tergantung pada pabrikan dan sifat proyeknya.
 
Excavator tersedia dalam berbagai ukuran dan beratnya dapat mencapai 180.000 lbs. Ada banyak attachment lain untuk excavator yang dapat menggantikan bucket atau penggali untuk mendiversifikasi jenis excavator. Dengan menukar bucket dengan auger, bor, ripper, atau penggaruk, excavator dapat digunakan untuk banyak pekerjaan yang berbeda.
 
Excavator adalah salah satu alat berat yang paling umum dari mesin konstruksi berat yang mungkin dibutuhkan Anda untuk kesuksesan proyek industrial. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, memilih excavator yang tepat untuk memenuhi tuntutan pekerjaan spesifik bisa sedikit memberikan tantangan.
 
Memilih Excavator Yang Tepat Untuk Setiap Pekerjaan
 
Cara terbaik untuk memilih alat berat excavator yang dibutuhkan untuk proyek Anda adalah dengan menilai apa yang sebenarnya Anda perlukan untuk dilakukan oleh alat berat tersebut. Mengidentifikasi ukuran excavator yang tepat, attachment apa yang diperlukan, dan berapa lama Anda perlu menyewa atau membeli alat tersebut akan membantu dalam menemukan alat berat terbaik untuk pekerjaan Anda. Akan lebih efisien bagi suatu pekerjaan untuk menyewa peralatan dengan ukuran yang tepat dan disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan jika dibandingkan dengan mencoba membuat satu bagian cocok untuk berbagai pekerjaan.
 
Berikut beberapa panduan untuk memilih excavator yang dapat kami berikan :
 
Pertimbangkan Ukuran Excavator
 
Persempit pencarian Anda dengan meninjau ukuran dan jenis excavator: kecil, sedang, atau besar.
 
  • Excavator yang lebih kecil tentunya dapat bergerak dengan lebih gesit dan mudah dipindahkan jika dibandingkan dengan alat dengan ukuran yang lebih besar. Karena itulah, excavator kecil dapat menjadi pilihan utama untuk proyek yang kecil atau dalam lokasi dengan kebutuhan ruang yang sempit. Pilih excavator yang berkualitas untuk perbaikan pondasi, pemasangan di dalam gedung, dan perbaikan saluran air.

  • Excavator dengan ukuran sedang - Excavator ini dapat bekerja dengan baik pada hampir seluruh ruang dengan sebagian besar jenis pekerjaan, seperti konstruksi infrastruktur, pembangunan rumah baru, dan konstruksi jembatan. Didukung oleh banyak tenaga, excavator dengan ukuran sedang masih mudah untuk diangkut atau dipindahkan
    .
  • Excavator dengan ukuran besar -  Merupakan alat berat yang dirancang untuk menyediakan daya berkelanjutan untuk konstruksi besar. Excavator ini sulit untuk berpindah atau bergerak, tetapi karena kurangnya mobilitas, excavator ini sangat kuat untuk pekerjaan berat.

Top Attachment
 
Excavator umumnya dilengkapi dengan bucket yang menggali ke arah depan dari alat berat. Bucket penggali ini dapat dilengkapi dengan ibu jari yang memudahkan untuk mengangkat dan memindahkan material. Ada jenis bucket lain yang dapat dipasang pada excavator untuk memudahkan pekerjaan.
 
Excavator Anda tentunya membutuhkan alat tambahan yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan. Pertimbangkan beberapa attachment berikut untuk mencocokkan excavator dengan pekerjaan Anda:
 
  • Auger – Dapat digunakan untuk menggali lubang tiang, pijakan, dan lubang untuk penanaman semak dan pohon dengan mudah dan efisien.

  • Brooms/ Sapu – Jenis attachment ini dapat digunakan untuk membersihkan lokasi kerja Anda. Cukup sesuaikan antarmuka dan jenis mesin Anda untuk memilih sambungan sapu yang tepat untuk kebutuhan konstruksi Anda.

  • Bucket/ Ember Bucket adalah penggunaan attachment paling umum untuk excavator. Tinjau dengan cermat jenis bucket yang didukung excavator dan kapasitas maksimum yang dapat ditampung oleh bucket.

  • Forks/ Garpu – Untuk lokasi konstruksi atau industri, attachment jenis garpu Anda butuhkan untuk memindahkan berbagai macam material.

Selain dari ukuran dan jenis attachment, Anda perlu mengetahui beberapa jenis excavator untuk memudahkan Anda pada tiap pekerjaan.
 
  • Crawler Excavator - Excavator yang paling umum dikenal digunakan untuk penambangan, penggalian parit, dan perataan lanskap, excavator perayap adalah apa yang kebanyakan orang bayangkan ketika mereka mendengar kata "excavator". Excavator jenis ini tersedia di atas roda, bukan di trek.

  • Dragline Excavator - Jenis excavator ini berukuran lebih besar dan menggunakan tali untuk menarik dengan sistem dragline untuk membersihkan tanah untuk proyek bawah air, pemancangan tiang pancang, atau penggalian jalan.

  • Suction Excavator - Jenis excavator ini menggunakan pancaran atau suction air dan vakum bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran, tanah, dan berbagai serpihan. Dioperasikan dari kendaraan beroda, excavator hisap digunakan untuk pengaplikasian pada proyek bawah tanah, pembersihan puing dan proyek penggalian rumit lainnya.

  • Long Reach Excavator - Dengan lengan yang dapat memanjang hingga 100 kaki disertai attachment, excavator ini cocok untuk penggalian tugas berat dan proyek demo industrial.

  • Mini Excavator - Crawler excavator versi yang lebih kecil dan ringkas, excavator mini – sering disebut sebagai penggali mini – dapat digunakan di lokasi kerja yang sempit, lokasi kerja dengan rintangan, dan pekerjaan dengan medan yang sulit seperti lanskap. Excavator mini memiliki kemampuan sayap dan ideal untuk pekerjaan kecil.

  • Wheeled Excavator - Excavator beroda sama saja dengan excavator biasa tetapi dipasang di atas roda, bukan di rel.




Nah, berikut adalah beberapa pemahaman mengenai jenis-jenis excavator yang dapat digunakan untuk pekerjaan Anda. Jika Anda sedang mencari distributor atau tempat yang menjual dan menyewakan alat berat berkualitas dan profesional seperti excavator di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia.

THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan, rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan Anda.
 
 
 
 
 
Referensi: Carter Machinery

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon