Image

QUICK CONTACT













Image

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menyewa Alat Berat Untuk Kebutuhan Industrial Anda 

26 Aug 2021 by Billy Gani
Jika Anda belum pernah menyewa alat berat sebelumnya, proses ini terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Peluang dimana Anda masih bingung memastikan alat mana yang sesuai kebutuhan, pertanyaan apa yang perlu Anda ajukan kepada penyedia jasa sewa dan bagaimana Anda dapat menyewa peralatan tersebut salah satunya. Salah satu hal pertama yang dapat Anda catat adalah untuk mencari penyedia jasa sewa yang menyewakan masing-masing alat dan tidak secara keseluruhan. Jika Anda juga belum memiliki operator untuk alat berat, hal ini juga dapat Anda pertimbangkan terlebih dahulu.
 
Untungnya, hal ini tidak menjadi masalah ketika Anda sudah mengetahui terlebih dahulu informasi apa yang perlu Anda kumpulkan dan memiliki daftar pertanyaan yang perlu Anda tanyakan. Bekerja dengan penyedia jasa sewa yang berkualitas juga dapat membantu Anda, meskipun terkadang sulit ditemukan. 
 
Itulah mengapa, dalam artikel berikut ini, kami memberikan beberapa informasi lainnya untuk membantu Anda dalam menentukan apakah alat dan penyedia jasa sewa terkait cocok untuk Anda gunakan jasanya.
 
Hal Yang Perlu Anda Ketahui Saat Menyewa Alat Berat
 
Jika Anda belum memiliki jawaban yang tepat untuk beberapa hal di bawah, pertimbangkan jasa penyedia lainnya. Jasa penyewaan alat berat yang berkualitas tentu dapat memberikan rekomendasi alat terbaik khususnya jika Anda sudah memberitahu mereka spesifikasi alat yang Anda butuhkan :
 
Lingkungan Proyek
 
Perhatikan lingkungan proyek dimana Anda bekerja. Sediakan rincian tentang apakah proyek Anda dilakukan di dalam atau luar ruangan, dengan dasar tanah yang rata atau berbatu, dan informasi lainnya tentang lingkungan proyek dimana Anda akan bekerja. Informasi ini memberikan penyedia jasa sewa pengetahuan lebih dalam dan dapat merekomendasikan alat berat yang tepat untuk lingkungan kerja Anda. Dalam banyak kasus, ada berbagai jenis alat berat yang berbeda - ada yang dirancang untuk pekerjaan dalam ruangan, dan juga yang dikhususkan untuk digunakan di luar ruangan.
 
Selain lingkungan proyek di sekitar  lokasi, jangan lupa untuk memperhitungkan area apa pun yang mungkin dilintasi saat alat berat digunakan. Meskipun hal ini tidak selalu mempengaruhi rekomendasi dari alat yang dapat Anda gunakan, akan lebih baik jika Anda memberikan detail ini untuk berjaga-jaga.
 
Jenis Alat Berat
 
Hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah jenis alat berat yang Anda perlukan. Jangan memperumit hal yang Anda butuhkan dengan spesifikasi detail, pikirkan terlebih dahulu fungsi alat berat. Kegunaan apa yang Anda perlukan? Apakah Anda perlu alat yang dapat memindahkan tumpukan material yang banyak? Anda mungkin butuh buldozer. Membutuhkan alat yang dapat meraih tempat tinggi? Anda butuh lift, dan sebagainya.
 
Mungkin hal ini terdengar sederhana, tetapi banyak bagian dari alat berat yang berbeda dan tersedia untuk Anda sewa. Terkadang, kunci untuk mendapatkan alat berat yang sesuai adalah dengan mengkomunikasikan apa yang Anda perlukan kepada penyedia alat berat.
 
Ukuran Alat Berat
 
Ketika Anda sudah dapat menentukan jenis alat berat yang Anda perlukan, ini saatnya untuk menjadi lebih spesifik. Seberapa banyak material yang perlu Anda pindahkan? Berapa berat kasar dari keseluruhan material yang perlu diangkat? Seberapa tinggi material perlu diangkat? Dan sebagainya. Pada titik ini, Anda dapat memasukkan spesifikasi untuk pekerjaan yang Anda  jalankan. Anda tidak perlu memasukkan jumlah pastinya, tetapi cobalah untuk memberikan setidaknya jangkauan umumnya. 
 
Peralatan Tambahan Yang Diperlukan
 
Sekarang setelah Anda menghitung ukuran alat berat yang Anda butuhkan, saatnya untuk mempertimbangkan perlengkapan tambahannya. Apakah ada peralatan khusus lainnya yang dapat mempermudah pekerjaan Anda? Jika Anda tidak memiliki pengetahuan luas tentang apa yang tersedia, telusuri website atau mesin pencarian akan jasa penyewaan alat berat yang Anda butuhkan untuk mengetahui pilihan Anda. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan ini ketika Anda berbicara dengan jasa penyedia alat berat  untuk mengetahui apakah ada cara yang lebih efisien untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.
 
Jangka Waktu Penyelesaian Proyek
 
Panjang periode proyek tampaknya cukup sederhana, tetapi bisa jadi rumit jika tidak diperhatikan dengan baik. Pertama-tama, Anda mungkin tidak tahu berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan bagian proyek yang membutuhkan alat berat. Tujuan utama dalam mengetahui hal ini adalah menemukan keseimbangan dan memastikan bahwa Anda memiliki alat berat yang tepat selama Anda membutuhkannya. Hal ini membuat Anda lebih efisien, tidak membuang banyak waktu untuk beristirahat, menghabiskan ruang, dan membuang-buang budget tentunya.
 
Untuk beberapa proyek, durasi ini dapat berkisar satu hari, dan untuk jenis proyek tertentu bisa berlangsung selama beberapa  minggu atau bulan. Kabar baiknya adalah, kontrak sewa saat ini tersedia untuk jangka pendek dan jangka panjang sehingga Anda dapat memilih periode waktu yang lebih baik untuk kebutuhan industrial Anda.
 
Pengambilan Atau Pengiriman Alat Berat Yang Anda Sewa
 
Meskipun alat berat yang Anda sewa senantiasa menjadi fokus Anda, ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, bagaimana Anda akan membawa alat berat tersebut dari penyedia jasa sewa ke lokasi Anda? 
 
Jika Anda belum memiliki cara yang tepat dalam mengangkut alat berat tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Perusahaan penyedia jasa sewa yang berkualitas hampir selalu menawarkan layanan pengiriman. Jika Anda ingin memanfaatkannya, pastikan Anda hanya menggunakan jasa dari penyedia jasa sewa yang mengirimkan alat berat di wilayah Anda.
 
Kebijakan Asuransi & Perlindungan Alat Berat
 
Setiap kali Anda bekerja dengan alat berat, asuransi merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Bagaimana jika kecelakaan, pencurian, atau peristiwa lain terjadi saat alat berat berada di lokasi Anda? Dari pihak Anda, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meneliti tanggungan asuransi yang sudah ada sebelumnya yang mungkin Anda miliki untuk jenis alat berat ini dengan perusahaan asuransi Anda saat ini.
 
Jika Anda adalah bagian dari industri atau perusahaan yang bekerja di bidang konstruksi atau menggunakan alat berat yang Anda sewa untuk sektor tertentu seperti pertanian atau peternakan, kemungkinan besar Anda memiliki polis asuransi bisnis untuk menggunakan alat berat tersebut. Jika Anda memiliki bisnis sendiri, Anda mungkin tidak memiliki asuransi untuk jenis alat berat yang Anda sewa. Pada titik ini, pastikan Anda mengetahui cakupan apa yang Anda miliki.
 
Pelatihan Operator Alat Berat
 
Seperti yang disebutkan sebelumnya, alat berat yang Anda sewa tidak akan dilengkapi dengan operator terlatih, jadi Anda harus memiliki rencana tentang cara mengoperasikan alat berat tersebut. Namun, tidak berarti bahwa Anda atau pekerja yang akan mengerjakan proyek harus sudah tahu cara menggunakan alat berat khusus ini.
 
Dalam beberapa kasus, unit rental dari alat berat tertentu mengharuskan operator memiliki sertifikasi untuk menggunakan peralatan tersebut. Jika Anda tidak memiliki pelatihan yang diperlukan, atau bahkan jika Anda membutuhkan operator yang sudah bersertifikasi, perusahaan rental yang berkualitas biasanya dapat membantu. Banyak perusahaan penyedia jasa rental saat ini yang menawarkan pelatihan untuk memastikan bahwa setiap orang yang menyewa dari mereka terlatih dan merasa nyaman menggunakan alat berat.
 
Konsultasi Penyewaan
 
Jika suatu saat Anda tidak yakin tentang apa yang Anda butuhkan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan konsultasi untuk meneliti secara lebih awal pada tempat rental yang Anda pilih. Mintalah untuk berbicara dengan seorang profesional dalam bidang rental alat berat. Jika Anda menjelaskan proyek atau pekerjaan yang sedang Anda kerjakan, lingkungan tempat Anda berada, dan hasil apa yang ingin Anda capai, mereka harus dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar tentang beberapa hal spesifik yang Anda butuhkan.
 
 
 
 
Nah, berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi yang dapat kami berikan seputar hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk menyewa alat berat dalam memenuhi kebutuhan industrial Anda. Jika Anda sedang mencari distributor atau tempat yang menjual dan menyewakan alat berat berkualitas dan profesional di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia.

THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan dan rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan Anda. 
 
 
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon