Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Cara Meningkatkan Konversi Penjualan E-Commerce Untuk Bisnis Anda

25 Aug 2021 by Billy Gani
Jika Anda menjalankan bisnis berbasis digital, tentunya mungkin Anda pernah memikirkan, atau setidaknya pernah mendengar istilah tentang tingkat konversi. Tingkat konversi merupakan salah satu indikator kunci performa atau biasa dikenal dengan KPI yang digunakan untuk menentukan seberapa baik performa dari setiap bisnis. Mengetahui tingkat konversi dari toko online Anda pada marketplace dapat membantu Anda untuk menentukan tindakan apa yang perlu Anda optimalkan di halaman Anda dan tentunya juga untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis Anda. 
 
Tetapi, apa sebenarnya tingkat konversi? Terdengar sangat teknis akan tetapi sederhananya, merupakan metode dimana Anda dapat mengukur seberapa banyak konsumen yang mengunjungi halaman toko online Anda hingga menyelesaikan pembelian mereka. Transaksi penjualan tersebutlah yang dimaksud dengan konversi dari hasil penjelajahan konsumen yang berakhir dengan pembelian. Dan dalam kata lain, konversi merupakan hasil terakhir dari corong penjualan yang Anda miliki.
 
Tetapi hal yang sebenarnya paling penting dari berjalannya bisnis berbasis e-commerce Anda adalah bahwa setiap tingkat industri memiliki tingkat konversi yang bervariatif, dengan standar benchmarks yang juga berbeda. Tapi pahamilah senantiasa bahwa memahami tingkat konversi senantiasa penting untuk menjadi bagian dari perencanaan strategi dan pengimplementasian serta peningkatan performa bisnis online Anda.
 
Apa yang Dimaksud dengan Tingkat Konversi yang Baik?
 
Ketika berbicara tentang “tingkat konversi yang baik,” apa yang kami bahas adalah tentang tolak ukur, atau pengembangan standar industri yang dinilai baik, rata-rata, maupun buruk. Hal ini senantiasa berbanding dengan varian sektor yang Anda jalankan. Variasi ini juga dapat terjadi karena beberapa faktor. Misalnya, produk dengan harga jual tinggi biasanya memiliki tingkat konversi yang lebih rendah karena produk tersebut membutuhkan pertimbangan penuh dan keputusan pembelian yang besar bagi konsumen. Sebaliknya, konsumen dapat lebih menjadi impulsif dalam pembelian produk yang cukup murah dan tentunya akan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.
 
Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Mengelola Tingkat Konversi
 
Tingkat konversi senantiasa berbeda berdasarkan jenis perangkat yang konsumen gunakan untuk mencari dan terkoneksi langsung dengan bisnis Anda. Lihatlah apakah jumlah rasio konversi Anda lebih tinggi dari pelanggan yang menggunakan perangkat seluler atau komputer desktop untuk melakukan pembelian mereka.
 
Secara global, menurut Monetate eCommerce Quarterly, nilai pesanan rata-rata melalui perangkat komputer adalah sebesar 55% lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan pada perangkat seluler. Jadi, meskipun sebagian besar konversi Anda berasal dari perangkat seluler, Anda tetap harus mempertimbangkan nilai transaksi tersebut jika dibandingkan dengan nilai transaksi dari saluran lain, seperti desktop, untuk menganalisis di mana Anda harus melakukan perbaikan.
 
Dan karena itulah, tingkat konversi Anda akan berbeda sesuai dengan dari mana traffic utama toko online Anda berasal. Anda mungkin mendapatkan lebih banyak konversi dari pemasaran e-mail, atau pencarian organik, dari iklan berbayar, atau media sosial. Ini semua adalah cara yang berbeda bagi setiap pelanggan untuk tiba dalam online marketplace. Dan saat mempelajari tingkat konversi dari toko online, Anda akan menemukan bahwa beberapa rute menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi daripada yang lain.
 
Beberapa Cara untuk Meningkatkan Konversi dari Toko Online di Marketplace
 
Setelah Anda menganalisis tingkat konversi terhadap pesaing Anda dan mengidentifikasi alat yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan tingkat konversi, Anda mungkin juga dapat melangkah lebih jauh dan meninjau berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan konversi bisnis online Anda, berikut beberapa caranya :
 
Memanfaatkan Gambar & Video Berkualitas Tinggi
 
Dalam hal menampilkan produk pada toko online Anda, menggunakan gambar dan video berkualitas tinggi akan membantu menghidupkan produk Anda di mata pelanggan. Hal ini juga telah terbukti meningkatkan konversi.
 
Buatlah Deskripsi Produk yang Rinci
 
Memberikan deskripsi produk yang rinci, termasuk konten video, dapat memungkinkan pelanggan Anda untuk melihat dengan tepat tentang apa yang mereka beli dan kemungkinan besar akan menghasilkan penjualan. Melakukan hal ini juga dapat meningkatkan SEO Anda, jadi hal ini tentunya menjadi strategi yang efektif untuk Anda terapkan.
 
Berinvestasi Pada Konten Toko Online Anda
 
Menerbitkan konten yang tepat dapat menginformasikan banyak hal tentang toko online Anda. Ketika Anda meluangkan waktu untuk berinvestasi dalam produk dan konten dari halaman produk Anda, seperti konten blog yang informatif, mendidik, dan promosi menarik, Anda akan dapat memenangkan hati pelanggan dan juga meningkatkan loyalitas dari brand Anda. Belum lagi jika Anda memberikan konten premium yang juga dapat membantu optimasi SEO toko Anda di dalam marketplace.
 
Menawarkan Pengiriman Gratis
 
Dalam dunia e-commerce saat ini, sebagian besar pelanggan sudah terbiasa ditawari pengiriman gratis oleh semua brand besar. Jika Anda masih mengenakan biaya untuk pengiriman, Anda dapat merusak tingkat konversi Anda.

Dengan memasukkan biaya pengiriman ke dalam harga produk Anda dan menawarkan pengiriman "gratis", hal ini secara tidak sadar beresonansi dengan pelanggan potensial dan dapat membuat semua perbedaan antara membuat atau kehilangan penjualan.
 
Tambahkan Kode Kupon dengan Waktu yang Terbatas
 
Menawarkan kode kupon yang dapat habis masa aktifnya pada tanggal tertentu dapat membantu Anda untuk mendapatkan calon pelanggan dengan lebih cepat. Ketika kupon memiliki tenggat waktu, hal ini juga akan mendorong urgensi dan pengambilan keputusan oleh pelanggan.
 
Periksa Harga yang Anda Berikan
 
Penetapan harga yang kompetitif bukan tentang meremehkan persaingan. Hal ini dilakukan dan berbicara tentang mengetahui posisi Anda di pasar dan menetapkan harga yang sesuai. Menyesuaikan pemasaran untuk menonjolkan kualitas produk akan memungkinkan Anda untuk dapat bersaing pada titik harga yang lebih tinggi, tanpa harus mengorbankan margin Anda.
 
Optimalkan Pengaturan Toko Online Anda
 
Anda tentunya tidak ingin memperumit sistem pengaturan dari toko online pada marketplace atau mempersulit pelanggan untuk menemukan apa yang ingin mereka cari. Semakin sederhana Anda dalam memberikan navigasi untuk menemukan produk, semakin besar kemungkinan mereka untuk menyelesaikan pembelian mereka. 
 
Mengoptimalkan toko online berbasis e-commerce Anda untuk memungkinkan calon konsumen dalam berbelanja berdasarkan produk unggulan atau item unggulan membuat pengalaman berbelanja mereka lebih mudah dan lebih cenderung menghasilkan konversi yang lebih baik pula.
 
Tambahkan Filter untuk Kategori di Dalam Etalase Produk 
 
Hal ini tentunya senantiasa berkaitan dengan persiapan dari penjualan dalam toko online Anda. Filter kategori dalam toko online Anda dapat membantu pembeli menemukan dengan tepat apa yang mereka cari, baik berupa produk dengan warna, ukuran, atau dengan harga tertentu. Semakin mudah pelanggan dalam berbelanja pada toko online Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan penjualan.
 
Optimalkan Toko Online Anda untuk Perangkat Seluler
 
Berbelanja dengan menggunakan perangkat seluler senantiasa meningkat jumlahnya dalam beberapa dekade terakhir. Penjualan yang dihasilkan dari penggunaan perangkat seluler ini pun sekarang mencapai hampir setengah dari seluruh hasil penjualan dalam sektor e-commerce
 
Dengan begitu banyak pelanggan yang berbelanja melalui perangkat seluler, tentunya hal ini menjadi lebih penting. Setiap langkah perjalanan pelanggan, dari halaman beranda hingga halaman pembayaran, harus memberikan pengalaman pengguna yang lebih intuitif dan mudah dalam perangkat seluler mereka.
 
Masukkan Ulasan dari Pelanggan
 
Pelanggan Anda dapat menjadi pendukung terbesar Anda dan dengan menyertakan ulasan pelanggan, Anda dapat membangun kredibilitas terhadap produk dan brand Anda, meyakinkan calon pelanggan lain bahwa produk Anda layak untuk dibeli. Anda dapat mendorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan positif dengan menawarkan kupon atau promo diskon jika mereka melakukannya.
 
Dapatkan Testimonial Produk dari Pelanggan
 
Selain ulasan dari pelanggan, Anda juga dapat menawarkan produk Anda untuk diulas secara lebih baik oleh pelanggan. Hal ini tidak hanya akan membantu toko online Anda untuk lebih dikenal tetapi juga akan membantu meningkatkan pandangan positif akan kredibilitas produk Anda.
 
Menawarkan Kebijakan Pengembalian
 
Kebijakan pengembalian yang wajar yang cepat dan mudah akan sangat membantu dalam membangun loyalitas dan kepercayaan pelanggan untuk brand Anda. Menawarkan kebijakan pengembalian yang fleksibel dan mudah mungkin tampak seperti praktik bisnis yang biasa, tetapi hal ini juga merupakan faktor yang membantu mendorong konversi penjualan untuk toko online Anda.
 
 
 
Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat dipertimbangkan untuk mengoptimalkan serta meningkatkan konversi dari toko online berbasis e-commerce. Jika Anda merasa bisnis atau perusahaan Anda membutuhkan tenaga ahli untuk membantu bisnis Anda dalam hal ini, maka ini adalah saatnya untuk mempertimbangkan jasa dari perusahaan e-commerce enabler seperti Jet Commerce.

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand Anda di ranah e-commerce.
 
Layanan e-commerce kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, pemenuhan order oleh fulfillment center, hingga layanan B2B & B2C omni channel marketing yang terintegrasi untuk mendukung proses pengembangan dari bisnis e-commerce Anda.
 
Layanan kami merupakan solusi lengkap bagi Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di pasar online, khususnya di marketplace-marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lain sebagainya.
 
 
 
 
Reference : eDesk

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon