Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Penggunaan & Jenis Dari Pipa Baja ( Steel Pipes )

24 Aug 2021 by Billy Gani
Sejak pengembangan baja tahan karat lebih dari seratus tahun yang lalu, baja telah menjadi bahan yang paling banyak digunakan dan populer di dunia. Hal ini dikarenakan bahan stainless steel memiliki ketahanan korosi yang menonjol dan dapat membantu meningkatkan fitur dengan kandungan kromium. Resistensi dapat ditunjukkan dalam mengurangi asam serta terhadap serangan seperti dalam larutan klorida. Dan juga, penggunaannya hanya membutuhkan perawatan yang kecil dan menjadikannya bahan yang ideal dan terbaik untuk pipa SS.
 
Bahan serbaguna ini sangat diperlukan dalam berbagai industri yang luas. Tentunya juga bagi sejumlah aplikasi terutama untuk pipa SS yang menguntungkan pengguna dengan sifat positif. Paduan yang mengandung besi dan terbuat lebih dari dua unsur kimia dikenal sebagai baja tahan karat (stainless steel). Alat ini banyak digunakan dalam berbagai aplikasi yang komprehensif. Paduan baja tahan karat pada dasarnya adalah paduan baja dengan kandungan persentase besi, nikel, dan kromium yang melimpah.
 
Baja tahan karat telah ada selama berabad-abad, karena rentan terhadap korosi dan bekerja lebih baik dalam kondisi sulit. Baja tahan karat mulai dikenal di akhir tahun 1800-an dengan kombinasi besi-kromium dengan ketahanan karat yang ditawarkan. Sejak saat itu, pipa stainless steel atau baja dicetak sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi industri.
 
Pipa baja tersedia dalam berbagai jenis produk seperti pipa las dan pipa seamless. Komposisinya dapat bervariasi dan hal ini memungkinkan untuk digunakan di industri masing-masing. 
 
Mari kita lihat beberapa jenis pipa baja dan penggunaannya :
 
Pipa Seamless
 
Pipa yang tidak memiliki sambungan las atau sambungan disebut pipa seamless. Pipa ini dapat menahan suhu dan tekanan yang intens atau ekstrim. Pipa dengan jenis ini digunakan dalam berbagai aplikasi yang komprehensif seperti aplikasi gas dan minyak. Pipa ini juga digunakan dalam industri mekanik dan teknik. Hal inilah yang membuatnya serbaguna dengan tingkat presisi yang memastikan jaminan kualitasnya yang tinggi.
 
Pipa Baja Yang Di Las (Welded Pipe)
 
Pipa baja yang di las hampir dapat digunakan dalam setiap industri karena fleksibilitasnya. Namun, biayanya lebih mahal jika dirancang untuk melayani ketahanan korosi yang tinggi hingga dapat menahan tekanan. Pipa yang di las secara ringan karena jenis bahan yang digunakan. Jenis pipa ini lebih hemat biaya dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.
 
Pipe Flanges
 
Bagian penting lain dari keseluruhan sistem perpipaan yang dibutuhkan adalah flensa pipa (pipe flanges). Jenis pipa ini tersedia dalam berbagai macam seperti ulir, semi, sambungan, dan kerai. Pipa ini memiliki bahan yang kokoh dan tahan lama yang memastikan penawaran produk berkualitas tinggi dengan tingkat keandalan tinggi.
 
Karakteristik
 
Ketahanan Akan Korosi
 
Hampir semua pipa baja yang tersedia di pasaran merupakan paduan berbahan dasar besi dengan kandungan krom minimal 10,5%. Lapisan oksida atau pelindung terbentuk pada paduan ketika mengandung kromium. Pipa baja ini mendapatkan sifat ketahanan korosi melalui pembentukan lapisan oksida. Karakteristik  dari lapisan oksida ini menyiratkan bahwa ketahanan korosi yang utuh dapat dicapai terlepas dari cara fabrikasi.
 
Jenis pipa ini juga memiliki kemampuan untuk melawan ketahanan korosi yang tinggi bahkan jika permukaan pipa mengalami kerusakan atau pemotongan. Di sisi lain, lapisan pelindung dibentuk oleh karbon normal dengan pelapisan atau pengecatan seperti galvanisasi. Baja yang mendasari serta korosi terpapar pada modifikasi permukaan.
Cara kerja ketahanan korosi mungkin berbeda dengan nilai pipa baja  yang berbeda di berbagai lingkungan. Pipa baja ini memiliki dua karakteristik utama yang sama- mereka memiliki ketahanan dan mengandung kromium yang membuatnya kebal terhadap tempaan. Pipa baja ini tidak terpengaruh oleh alkali agresif, asam, dan bahan kimia lainnya.
 
Nilai pipa yang mengandung nikel, molibdenum dan kromium tinggi menunjukkan ketahanan yang lebih terhadap korosi.
 
Resistensi Kriogenik (Suhu Rendah)
 
Resistensi kriogenik pada suhu rendah diukur dengan ketangguhan atau keuletan pada suhu di bawah nol. Kekuatan tarik baja tahan karat austenitik secara substansial lebih tinggi pada suhu kriogenik, dibandingkan dengan suhu lingkungan. Jenis pipa ini juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan ketangguhan yang sangat baik, di lingkungan yang lebih keras.
 
Pada suhu di bawah nol, pipa baja pengerasan presipitasi, martensit, dan feritik tidak boleh digunakan. Pada suhu rendah, ketangguhan grade turun secara signifikan. Sering ditemukan dalam beberapa kasus, resistensi kriogenik turun lebih dekat ke suhu atmosfer.
 
Kekuatan Akan Panas
 
Kekuatan tinggi dapat dipertahankan pada suhu puncak atau tinggi. Nilai pipa baja yang mengandung kromium atau silikon besar, dapat mengandung nitrogen yang bertanggung jawab atas kekuatan panas. Kekuatan akan tekanan panas yang tinggi dapat ditawarkan untuk nilai nilai feritik kromium.
 
Pipa baja dengan kandungan kromium tinggi dapat membantu menahan penskalaan pada suhu puncak atau tinggi.
 
Kekuatan & Kemampuan Untuk Dibentuk
 
Pipa baja  dengan kelas berbeda menawarkan rentang kekuatan yang berbeda. Dibandingkan dengan kekuatan ringan, kekuatannya lebih konstan dalam kondisi lunak. Baja austenitik yang lebih lembut mengandung pemanjangan dan keuletan yang luar biasa. Oleh karena itu, pipa ini dapat ditempa dengan dingin sehingga menghasilkan produk dan menjadi rangkaian semi-fabrikasi yang ekstensif. Untuk mencapai kondisi akhir, ketangguhan dan kekuatan digabungkan secara efektif.
 
Rentang keuletan dan kekuatan yang baik ditawarkan oleh pipa baja tahan karat feritik. Penempaan panas selanjutnya menghasilkan kekerasan dan kekuatan tinggi, dalam kasus pipa baja martenisitik.
 
Pengaplikasian
 
Industri Minyak & Gas
 
Dalam industri gas dan minyak, teknologi dan peralatan memainkan peran penting. Selama beberapa tahun terakhir, persyaratan sistem perpipaan tahan korosi telah dieksplorasi secara mendalam. Pipa baja dengan dupleks super banyak digunakan di industri minyak dan gas. Hal ini menunjukkan ketahanan korosi yang luar biasa dalam kondisi yang keras dan sulit. Jika ada kerusakan, sistem pipa tidak akan dapat digunakan dan mudah meledak untuk kedalaman yang lebih dalam. Oleh karena itu disarankan agar pipa yang kokoh digunakan dalam industri gas dan minyak agar dapat bekerja dengan baik di industri.
 
Industri Nuklir 
 
Mengumpulkan energi dari inti atom bukanlah tugas yang mudah. Jenis reaktor nuklir yang menawarkan uap melalui air yang dialirkan untuk memutar turbin di dekat pantai sehingga mendapatkan energi untuk kebutuhan pendinginan. Kemudian air dipompa ke reaktor melalui pipa baja. Pipa-pipa ini memenuhi kebutuhan atau persyaratan yang bersifat korosif pada air laut. Untuk dapat bertahan terhadap korosi, pipa baja  harus memenuhi syarat agar dapat digunakan untuk industri tenaga nuklir.
 
 
 
Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kami informasikan tentang penggunaan pipa baja seamless untuk kebutuhan konstruksi pada industri minyak dan gas. Sekiranya, jika Anda memerlukan produsen atau supplier pipa baja yang berkualitas dan juga terpercaya, Bakrie Pipe dapat menjadi pilihan Anda. 
 
PT Bakrie Pipe Industries merupakan pabrik & produsen pipa baja pertama, terbesar, dan terkemuka yang memproduksi berbagai varian pipa baja di Indonesia. Bakrie Pipe senantiasa berkomitmen untuk menjadi steel pipe factory, industry & supplier yang memberikan produk pipa baja berkualitas untuk kebutuhan Anda.
 
 
 
Reference: PipingMart

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon