Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang  Perbedaan Dari Dynamic & Static Websites

19 Aug 2021 by Billy Gani
Sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk menggunakan website, ada baiknya jika Anda  mengenal secara lebih dalam tentang beberapa jenis website yang ada saat ini. Pada dasarnya berdasarkan teknologi, ada dua jenis website, yaitu  statis dan dinamis. Namun hal ini mungkin dapat membingungkan karena mungkin ada elemen statis dalam website dinamis atau elemen dinamis yang berasal dari website bersifat statis. Jika Anda masih belum yakin tentang perbedaan di antara keduanya, berikut ini kami jelaskan perbedaannya.
 
Perbedaan Antara Website Statis & Dinamis
 
Website statis berisikan halaman web dengan konten tetap yang dikodekan dalam HTML dan disimpan dalam  server. Isi website statis tidaklah berubah, tetap sama, atau "statis" untuk setiap pengunjung.
 
Sedangkan website dinamis (juga disebut sebagai situs berbasis basis data) memerlukan pemrograman web dan desain basis data. Situs site yang bersifat dinamis berisi informasi dan konten yang berubah, tergantung pada faktor-faktor seperti pengunjung, zona waktu, atau bahasa asli negara pengguna) secara real-time
Berikut 6 perbedaan website statis dan dinamis yang dapat Anda pahami lebih lanjut :
 
Bahasa Pemrograman
 
Bahasa pemrograman/ code pada website statis menggunakan bahasa pemrograman yang sederhana, yakni hanya CSS dan HTML, karena konten yang ditampilkan tetap sama untuk tiap pengguna. Website bersifat statis tidak memerlukan pemrograman web khusus atau desain basis data. Statis merupakan bentuk website yang paling dasar dan sederhana untuk dibuat dan cocok untuk website dan bisnis yang berjalan dengan skala kecil.
 
Sedangkan pada website dinamis,  bahasa pemrograman yang digunakan jauh lebih rumit, yakni PHP, HTML, CSS, Javascript dan juga ASP. Hal ini dikarenakan website yang bersifat dinamis berinteraksi dengan pengguna yang mengakses website dan merender konten. Salah satu contoh website bersifat dinamis adalah web apps. Misalnya, Twitter sebagai contoh: ketika Anda masuk, Twitter akan menampilkan konten yang dipersonalisasi hanya untuk Anda. Website yang bersifat dinamis ini cukup kuat dan juga kompleks. Seiring dengan kompleksitas ini, banyak keuntungan dan kerugian yang tentunya juga melekat pada pembuatan dari website bersifat dinamis.
 
Penggunaan Database
 
Pada website statis, konten jarang sekali diperbarui atau diubah dan tidak disajikan secara real time. Sehingga, website tidak terhubung ke database ataupun menggunakan CMS.
 
Pada website dinamis, Anda dapat menghubungkan konten secara langsung ke dalam database dan dapat dengan mudah mengakses informasi dengan cara yang terorganisir dan terstruktur untuk membuat dan menampilkan konten sesuai dengan bagaimana pengguna ingin menginginkannya. 
 
Anda juga dapat terhubung ke secara langsung dan menggunakan CMS. Konten yang disimpan dalam CMS dapat terdiri dari berbagai jenis, mulai dari teks hingga gambar , tata letak halaman, pengaturan website, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan fleksibilitas saat membangun website, dan juga memungkinkan banyak pengguna untuk dapat membuat konten sesuai kebutuhan mereka.
 
Delivery
 
Delivery pada website statis merupakan halaman pra-render yang biasanya di-cache dan dikirim melalui jaringan pengiriman konten (content delivery network atau CDN).
Sedangkan pada website dinamis, delivery dihasilkan secara real time saat adanya permintaan oleh server. Saat pengguna mengunjungi website Anda, data diteruskan ke server dari browser pengguna. Halaman dibuat dengan cepat (real-time) kepada pengguna berdasarkan data mereka. Kode skrip dianalisis dan diinterpretasikan pada server web dan HTML yang dihasilkan ditampilkan ke browser  pengguna. 
 
Hal ini membuat pengguna dapat mengakses konten yang berbeda dan dapat dihasilkan dalam waktu yang berbeda dalam sehari, atau berdasarkan cookie (potongan kecil data yang disimpan oleh server web di komputer pengguna), atau variabel lingkungan (jenis browser apa yang digunakan, berapa IP pengguna alamatnya, atau halaman apa yang mereka kunjungi sebelum halaman saat ini).
 
Browser Yang Digunakan
 
Browser atau mesin pencarian juga dapat mempengaruhi tentang apakah sebuah website bersifat statis atau dinamis. Website bersifat statis tetap senantiasa sama untuk semua pengguna yang mengaksesnya, apa pun jenis mesin pencariannya. Sedangkan untuk website yang bersifat dinamis, penggunaan Javascript diperlukan dalam membuat halaman dinamis real time.
 
Interaksi Dengan Pengguna
 
Pada situs website yang bersifat statis, Anda tidak dapat berinteraksi langsung dengan pengguna. Website Anda dapat mengumpulkan informasi dari pengguna dan mengirimkannya ke database, tetapi tidak mengizinkan pengguna untuk masuk atau melakukan interaksi lainnya karena tidak meminta informasi penggunaan dari database.
Sedangkan pada website yang bersifat dinamis, pengguna dapat berinteraksi dengan website Anda untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Website bersifat dinamis memiliki fitur untuk membuat pengguna login, menerima pembayaran untuk berbelanja, berinteraksi dengan pengguna lain, dan banyak lagi.
 
Biaya Maintenance
 
Biaya maintenance atau perawatan untuk website statis tergolong rendah karena halaman tidak senantiasa harus terhubung ke database untuk menghasilkan konten dan merender tampilan.
 
Sedangkan pada website dinamis, karena Anda dapat menghubungkan website dinamis ke CMS, ada sedikit atau tidak ada biaya berkelanjutan yang perlu Anda keluarkan. Hal ini terkecuali jika ada perubahan dalam desain dasar atau kemampuan tambahan yang ditambahkan ke dalam website.
 
Berikut beberapa pemahaman lebih dalam tentang website dengan sifat dinamis maupun statis. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan website statis memberikan Anda kemudahan akses, lebih cepat serta murah untuk dikembangkan. Sedangkan untuk website dengan sifat dinamis memiliki lebih banyak fungsi, konten yang bervariasi dapat menarik lebih banyak pengunjung dan dapat lebih mudah masuk ke dalam search engine.
 
Untuk kekurangan dari website statis adalah konten dan isi website bisa menjadi stagnan serta membutuhkan web developers untuk memperbarui situs. Sedangkan kekurangan website dinamis adalah kompleks dan rawan kejahatan berkaitan dengan data pengguna. 
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk Anda dalam memahami strategi dalam perbedaan website statis dan dinamis. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan website Anda, Eannovate dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Zesty.io

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon