Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Memilih Palet Warna untuk UI / UX Dari Website Anda

16 Aug 2021 by Billy Gani
Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya satu hal yang harus dipersiapkan dengan matang adalah visual identity. Hal ini senantiasa berhubungan dengan branding bisnis Anda, sehingga dapat dengan mudah dibedakan dengan kompetitor, mudah diingat oleh audiens, dan meningkatkan loyalitas konsumen.
 
Pada dasarnya, visual identity adalah segala sesuatu yang dapat dilihat oleh audiens secara fisik baik itu logo hingga packaging produk dari suatu brand. Elemen-elemen dalam visual identity termasuk dalam logo, tipografi dan warna. Oleh karena itu, visual identity yang kuat akan membuat pengguna mudah mengenali bisnis Anda.
 
Salah satu elemen penting dalam visual identity adalah warna. Setiap warna memiliki makna dan kepribadian yang sesuai dengan bisnis Anda, dan itulah mengapa memilih warna logo yang tepat sangat penting untuk bisnis Anda.
 
Mengenal Psikologi Warna
 
Warna senantiasa dapat ditemukan mana-mana, dan setiap warna yang Anda temui memberi Anda pengalaman emosional yang berbeda. Misalnya, hijau dan biru membangkitkan perasaan tenang, dan kuning membuat Anda merasa bersemangat . Hal ini disebut dengan color psychology atau psikologi warna.
 
Psikologi warna merupakan studi tentang bagaimana warna dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku konsumen. Dalam marketing dan branding, psikologi warna difokuskan pada bagaimana warna mempengaruhi kesan konsumen terhadap suatu merek dan apakah warna tersebut membujuk konsumen untuk mempertimbangkan merek tertentu hingga melakukan pembelian.
 
Psikologi warna senantiasa penting untuk dipertimbangkan saat membuat aset pemasaran, membangun bisnis baru, atau mengubah citra bisnis yang sudah ada. Dalam sebuah penelitian berjudul "Dampak warna pada pemasaran," para peneliti menemukan bahwa hingga 90% penilaian cepat tentang sebuah produk oleh konsumen didasarkan pada warna saja.
 
Memahami psikologi warna dapat menjadi aset berharga bagi Anda para desainer dan pengusaha saat memilih warna dari brand Anda. Memilih warna yang tepat dapat membuat audiens Anda akan langsung tahu siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan tentang apa bisnis Anda. Pemilihan warna yang kurang tepat bisa saja membuat audiens Anda malah akan menjauh.
 
Pentingnya Warna untuk Bisnis Anda
 
  • Warna yang tepat sesuai dengan bisnis Anda. Hubungan antara bisnis, brand dan warna bergantung pada kesesuaian yang dirasakan dari warna yang digunakan untuk merek tertentu. Dengan kata lain: Apakah warnanya sesuai dengan yang dijual?
  • Warna yang tepat menunjukkan kepribadian dari brand Anda. Niat membeli konsumen sangat dipengaruhi oleh warna karena pengaruhnya terhadap persepsi brand; warna mempengaruhi bagaimana pelanggan melihat "kepribadian" dari brand sebuah bisnis.
  • Warna yang tepat akan menarik audiens.
  • Warna sebagai pembeda brand. Memilih warna yang tepat dapat membantu brand Anda menonjol.
  • Warna yang tepat memiliki nama yang tepat. Nama warna yang lebih tidak biasa dan unik lebih disukai untuk segala hal oleh konsumen.

Temukan Warna yang Cocok untuk Anda

 
Sama seperti warna, brand Anda memiliki kepribadiannya sendiri, dan konsumen mencari produk yang sesuai dengan kepribadian mereka sendiri. Menentukan kepribadian dari brand Anda membantu pelanggan membuat keputusan pembelian, dan membantu Anda menargetkan orang yang tepat.
 
Jadi, apa kepribadian dari bisnis Anda? Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri enam pertanyaan ini:
 
  • Gender: Apakah brand saya secara tradisional maskulin atau feminin?
  • Nada: Apakah brand saya menyenangkan atau serius?
  • Nilai: Apakah brand saya mewah atau terjangkau?
  • Waktu: Apakah brand saya modern atau klasik?
  • Umur: Apakah brand saya muda atau dewasa?
  • Energi: Apakah brand saya keras atau lemah?

Jawaban Anda akan memberikan gambaran tentang kepribadian brand Anda, dan dapat digunakan untuk melihat warna apa yang paling cocok untuk Anda.
Jika Anda sudah mengetahui kepribadian dari bisnis Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menentukan palet warna bisnis Anda:
 
Tetap Trendy!
 
Tren desain berubah setiap tahun. Meskipun tidak mungkin untuk memperbarui palet warna brand Anda sesering itu, hanya dengan mengetahui tren warna terbaru dapat membantu brand Anda.
 
Selain pada logo, pertimbangkan penggunaan warna aksen pada website dan materi pemasaran Anda sehingga audiens tahu bahwa Anda mengikuti perkembangan tren.
 
Ikuti Warna Dasar Dalam Industri Anda
 
Setelah Anda memahami warna kepribadian brand Anda, lihat mana saja warna yang cocok dengan industri Anda.
 
Beberapa industri condong ke warna tertentu. Teknologi menyukai warna biru dan ritel memilih warna merah, pertanian memilih warna hijau. Anda dapat bermain aman dan bergabung dengan kerumunan, atau mengambil risiko dan melakukan hal Anda sendiri.
 
Terapkan Warna untuk Brand Anda
 
Tidak hanya pada logo dan kemasan, penggunaan warna yang selaras dengan bisnis Anda juga dapat diterapkan pada aset digital bisnis Anda seperti aplikasi dan media sosial.
 
Pada pembuatan aplikasi ataupun website, desainer perlu memahami apa arti warna dan reaksi apa yang mereka bangkitkan untuk menyampaikan nada, pesan, dan panggilan yang tepat kepada pengguna untuk melakukan tindakan yang diharapkan. Setiap warna memiliki pengaruhnya sendiri pada pikiran kita, dan pengetahuan tentang reaksi yang mungkin terjadi dapat membantu desainer dalam mentransfer pesan yang tepat dan memanggil pengguna untuk mengambil tindakan.
 
Begitu pula dengan media sosial Anda. Sesuaikan halaman media sosial Anda dengan warna bisnis Anda agar tetap selaras dan mudah diingat oleh para pengguna.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan pemahaman tentang bagaimana memilih palet warna bagi bisnis dapat berdampak pada bisnis Anda. Jika Anda masih memerlukan bantuan dalam pengoptimalannya, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: 99designs, HelpScout

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon