Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Stroke & Penyebabnya -  Hemorrhagic  &  Ischemic Stroke

10 Aug 2021
Penyakit stroke dapat terjadi ketika suplai darah ke bagian otak Anda terganggu atau berkurang, mencegah jaringan otak untuk mendapatkan oksigen dan nutrisi yang diperlukan. Sel-sel otak mulai mati dalam hitungan menit karena itulah stroke menjadi keadaan darurat medis, dan perawatan langsung sangatlah penting. 
 
Tindakan dini dapat mengurangi kerusakan otak dan komplikasi lainnya dari penyakit ini. Tetapi, kabar baiknya adalah saat ini semakin sedikit orang yang meninggal karena stroke jika dibandingkan dengan masa lalu atau 10 tahun belakangan ini. Perawatan yang efektif juga dapat membantu mencegah kecacatan akibat terjadinya stroke pada pasien.
 
Gejala Yang Dirasakan 
 
Jika Anda atau seseorang yang bersama Anda mungkin mengalami stroke, berikan perhatian khusus pada saat gejala dimulai. Beberapa pilihan pengobatan bekerja dengan efektif jika diberikan segera setelah stroke dimulai.
 
Beberapa tanda dan gejala adanya penyakit stroke meliputi:
 
  • Kesulitan berbicara dan memahami apa yang dikatakan orang lain - Anda mungkin mengalami kebingungan, kata-kata tidak jelas, atau kesulitan memahami ucapan.

  • Kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, lengan atau kaki -  Anda mungkin mengalami mati rasa, kelemahan, atau kelumpuhan secara tiba-tiba di wajah, lengan, atau kaki Anda. Hal ini terjadi dan seringnya  mempengaruhi hanya satu sisi tubuh Anda. Cobalah untuk mengangkat kedua tangan Anda di atas kepala secara bersamaan. Jika salah satu lengan Anda mulai tidak terasa, Anda mungkin mengalami stroke. Dan juga, jika satu sisi mulut Anda mungkin terkulai saat Anda mencoba tersenyum.

  • Masalah penglihatan pada satu atau kedua mata -  Anda mungkin tiba-tiba mengalami penglihatan kabur atau menghitam di satu atau kedua mata, atau Anda mungkin melihat bayangan di sekitar benda yang Anda lihat.

  • Sakit kepala -  Sakit kepala parah yang tiba-tiba, yang mungkin disertai dengan muntah, pusing, atau kesadaran yang berubah, dapat mengindikasikan bahwa Anda mengalami stroke.

  • Kesulitan Berjalan -  Anda mungkin tersandung atau kehilangan keseimbangan. Anda mungkin juga mengalami pusing mendadak atau kehilangan keseimbangan dari tubuh.

Kapan Anda Perlu Menemui Dokter
 
Cari pertolongan medis segera jika Anda melihat tanda atau gejala akan adanya stroke, bahkan jika itu tampaknya datang dan pergi atau hilang sama sekali. Pikirkan  dengan "CEPAT" dan lakukan hal berikut:
 
  • Wajah -  Minta orang yang mengalami gejala untuk tersenyum. Apakah satu sisi wajah lemas atau terkulai?
  • Lengan -  Minta orang tersebut untuk mengangkat kedua tangannya. Apakah satu lengan melayang ke bawah? Atau apakah satu tangan tidak dapat diangkat?
  • Berbicara dengan jelas -  Minta orang tersebut untuk mengulangi beberapa frasa sederhana. Apakah ucapannya tidak jelas atau aneh?
  • Waktu -  Jika Anda mengamati salah satu dari tanda-tanda ini, segera hubungi rumah sakit atau bantuan medis darurat.

Jangan menunggu untuk melihat apakah gejalanya berhenti. Setiap menit tentunya sangat berarti untuk penderita stroke. Semakin lama stroke tidak diobati, semakin besar potensi kerusakan otak dan kecacatan.
 
Jika Anda bersama seseorang yang Anda curigai mengalami stroke, perhatikan orang tersebut dengan hati-hati sambil menunggu bantuan darurat.
 
Penyebab Terjadinya Stroke
 
Ada dua penyebab utama stroke: arteri yang tersumbat (Stroke Iskemik) atau kebocoran atau pecahnya pembuluh darah (Stroke Hemoragik). Beberapa orang mungkin hanya mengalami gangguan sementara aliran darah ke otak, yang dikenal sebagai serangan Iskemik Transien (TIA), yang tidak menyebabkan gejala yang bertahan lama.
 
Stroke Iskemik (Ischemic Stroke)
 
Jenis ini adalah jenis stroke yang paling umum. Stroke dengan jenis ini dapat terjadi ketika pembuluh darah otak menyempit atau tersumbat, menyebabkan aliran darah sangat berkurang (iskemia). 
 
Pembuluh darah yang tersumbat atau menyempit disebabkan oleh timbunan lemak yang menumpuk di pembuluh darah atau oleh gumpalan darah dan kotoran lain yang mengalir melalui aliran darah Anda dan bersarang di pembuluh darah di otak Anda.
 
Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa infeksi COVID-19 mungkin menjadi penyebab stroke iskemik, tetapi studi lebih lanjut masih diperlukan.
 
Stroke Hemoragik (Hemorrhagic Stroke)
 
Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak Anda bocor atau pecah. Pendarahan otak dapat terjadi akibat banyak kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah Anda. Faktor-faktor yang berhubungan dengan stroke hemoragik meliputi:
 
  • Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol
  • Pengobatan berlebihan dengan pengencer darah (antikoagulan)
  • Tonjolan di titik lemah di dinding pembuluh darah Anda (aneurisma)
  • Trauma (seperti kecelakaan mobil)
  • Deposit protein pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan kelemahan pada dinding pembuluh darah (cerebral amyloid angiopathy)
  • Stroke iskemik yang menyebabkan perdarahan.

Penyebab lainnya dari perdarahan yang kurang umum di otak adalah pecahnya jalinan abnormal pembuluh darah berdinding tipis (malformasi arteriovenosa).
 
Transient Ischemic Attack (TIA)
 
Transient ischemic attack (TIA) - yang terkadang dikenal sebagai mini stroke - merupakan periode gejala sementara yang mirip dengan gejala yang Anda alami pada stroke. TIA tidak menyebabkan kerusakan permanen. Kehadirannya disebabkan oleh penurunan sementara suplai darah ke bagian otak Anda, yang mungkin berlangsung hanya selama lima menit.
 
Seperti stroke iskemik, TIA terjadi ketika adanya gumpalan yang mengurangi atau menghalangi aliran darah ke bagian dari sistem saraf Anda. Cari bantuan darurat bahkan jika Anda mengira Anda menderita TIA karena gejala Anda membaik. Tidak mungkin semudah itu untuk mengetahui apakah Anda mengalami stroke atau TIA hanya berdasarkan gejala Anda.
 
Jika Anda pernah mengalami TIA, hal tersebut dapat diartikan bahwa Anda mungkin memiliki arteri yang sebagian tersumbat atau menyempit yang mengarah ke otak Anda. Memiliki TIA meningkatkan risiko Anda mengalami stroke parah di kemudian hari.
 
Diagnosa
 
Segalanya dapat bergerak cepat begitu Anda tiba di rumah sakit, saat tim medis darurat mencoba menentukan jenis stroke yang Anda alami. Hal tersebut dapat berarti bahwa Anda akan menjalani CT scan atau tes pencitraan lainnya segera setelah tiba. Dokter juga perlu menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari gejala Anda, seperti tumor otak atau reaksi obat.
 
Beberapa tes yang mungkin Anda lakukan meliputi:
 
  • Pemeriksaan Fisik -  Dokter akan melakukan sejumlah tes yang Anda kenal, seperti mendengarkan detak jantung dan memeriksa tekanan darah Anda. Anda juga akan menjalani pemeriksaan neurologis untuk melihat bagaimana potensi stroke mempengaruhi sistem saraf Anda.

  • Tes Darah -  Anda mungkin menjalani beberapa tes darah, termasuk tes untuk memeriksa seberapa cepat pembekuan darah, apakah gula darah terlalu tinggi atau rendah, dan apakah Anda memiliki infeksi.

  • CT Scan -  Pengujian dilakukan dengan menggunakan serangkaian sinar-X untuk membuat gambar detail otak Anda. CT scan dapat menunjukkan perdarahan di otak, stroke iskemik, tumor atau kondisi lainnya. Dokter mungkin menyuntikkan pewarna ke dalam aliran darah Anda untuk melihat pembuluh darah di leher dan otak Anda secara lebih rinci (computerized tomography angiography).

  • Pencitraan Resonansi Magnetik (MRI) - MRI menggunakan gelombang radio dan magnet yang kuat untuk melihat tampilan otak Anda secara mendetail. MRI dapat mendeteksi jaringan otak yang rusak akibat stroke iskemik dan pendarahan otak. Dokter Anda mungkin menyuntikkan pewarna ke dalam pembuluh darah untuk melihat arteri dan vena dan menyoroti aliran darah (magnetic resonance angiography atau magnetic resonance venography).

  • USG Karotis -  Dalam tes ini, gelombang suara menampilkan gambar detail bagian dalam arteri karotis di leher Anda. Tes ini menunjukkan penumpukan timbunan lemak (plak) dan aliran darah di arteri karotis Anda.

  • Angiogram Serebral - Dalam tes yang jarang digunakan ini, dokter akan memasukkan tabung tipis dan fleksibel (kateter) melalui sayatan kecil, biasanya di bagian pangkal paha, dan memandunya melalui arteri utama Anda dan masuk ke arteri karotis atau vertebral Anda. Setelah itu, dokter akan menyuntikkan pewarna ke dalam pembuluh darah Anda untuk membuatnya terlihat di bawah pencitraan sinar-X. Prosedur ini memberikan gambaran rinci tentang arteri di otak dan leher Anda.

  • Ekokardiogram - Ekokardiogram menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar detail jantung Anda. Ekokardiogram dapat menemukan sumber gumpalan di jantung Anda yang mungkin telah berpindah dari jantung ke otak dan menyebabkan stroke Anda.

Perawatan 
 
Perawatan darurat untuk stroke bergantung pada apakah Anda mengalami stroke iskemik atau stroke yang melibatkan pendarahan ke otak (hemoragik).
 
Stroke Iskemik (Ischemic Stroke)
 
Untuk mengobati stroke iskemik, dokter harus segera mengembalikan aliran darah ke otak Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan:
 
  • Perawatan Darurat IV -  Terapi ini dilakukan dengan obat-obatan yang dapat memecah gumpalan yang harus diberikan dalam waktu 4,5 jam sejak gejala pertama kali muncul jika diberikan secara intravena. Semakin cepat obat ini diberikan, semakin baik. Perawatan cepat tidak hanya meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup tetapi juga dapat mengurangi komplikasi.

    Injeksi IV aktivator plasminogen jaringan rekombinan (tPA) - juga disebut alteplase (Activase) - adalah pengobatan standar berkualitas untuk stroke iskemik. Suntikan tPA biasanya diberikan melalui pembuluh darah di lengan sejak tiga jam pertama. Terkadang, tPA dapat diberikan hingga 4,5 jam setelah gejala stroke dimulai.

    Obat ini mengembalikan aliran darah dengan melarutkan bekuan darah yang menyebabkan stroke Anda. Dengan menghilangkan penyebab stroke dengan cepat, obat ini dapat membantu untuk lebih cepat pulih secara keseluruhan dari stroke. Dokter Anda akan mempertimbangkan risiko tertentu, seperti potensi pendarahan di otak, untuk menentukan apakah tPA sesuai untuk Anda.

  • Prosedur Endovaskular Darurat - Dokter terkadang mengobati stroke iskemik langsung dari dalam pembuluh darah yang tersumbat. Terapi endovaskular telah terbukti secara signifikan meningkatkan hasil dan mengurangi kecacatan jangka panjang setelah stroke iskemik. Prosedur ini harus dilakukan sesegera mungkin:
    • Obat dimasukkan secara langsung ke otak - Dokter memasukkan tabung tipis panjang (kateter) melalui arteri pada pangkal paha dan memasukkannya ke otak Anda untuk mengirimkan tPA langsung ke tempat stroke terjadi. Jendela waktu untuk perawatan ini agak lebih lama jika dibandingkan dengan tPA yang disuntikkan, tetapi masih terbatas.

    • Menghilangkan pembekuan dengan Stent Retriever -  Dokter dapat menggunakan alat yang terpasang pada kateter untuk secara langsung mengeluarkan bekuan darah dari pembuluh darah yang tersumbat di otak Anda. Prosedur ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan gumpalan besar yang tidak dapat sepenuhnya larut dengan tPA. Prosedur ini sering dilakukan dalam kombinasi dengan tPA yang disuntikkan.

Stroke Hemoragik
 
Perawatan darurat stroke hemoragik berfokus pada pengendalian perdarahan dan mengurangi tekanan di otak Anda yang disebabkan oleh kelebihan cairan. Beberapa pilihan pengobatan meliputi:
 
  • Tindakan darurat - Jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, Anda mungkin akan diberikan obat atau transfusi produk darah untuk melawan efek pengencer darah. Anda juga dapat diberikan obat untuk menurunkan tekanan di otak Anda (tekanan intrakranial), menurunkan tekanan darah Anda, mencegah kejang bagi pembuluh darah Anda dan mencegah kejang.

  • Pembedahan -  Jika area pendarahan besar, dokter Anda mungkin melakukan operasi untuk mengeluarkan darah dan mengurangi tekanan pada otak Anda. Pembedahan juga dapat digunakan untuk memperbaiki masalah pembuluh darah yang berhubungan dengan stroke hemoragik. Dokter Anda mungkin merekomendasikan salah satu dari prosedur ini setelah stroke atau jika aneurisma, malformasi arteriovenosa (AVM) atau jenis masalah pembuluh darah lainnya menyebabkan stroke hemoragik Anda.

  • Kliping Bedah -  Seorang ahli bedah menempatkan penjepit kecil pada dasar aneurisma, untuk menghentikan aliran darah ke arah tersebut. Penjepit ini dapat menjaga aneurisma agar tidak pecah, atau dapat mencegah aneurisma yang baru saja mengalami pendarahan agar tidak berdarah lagi.

  • Embolisasi Endovaskular -  Prosedur ini dilakukan dengan kateter yang dimasukkan ke dalam arteri di pangkal paha Anda dan dipandu menuju ke otak. Dokter bedah akan menempatkan gulungan kecil yang bisa dilepas ke dalam aneurisma untuk mengisinya. Hal ini dapat menghalangi aliran darah ke aneurisma dan menyebabkan darah menggumpal.

  • Pengangkatan AVM Bedah -  Ahli bedah dapat menghapus AVM yang lebih kecil jika terletak di area yang dapat diakses oleh otak Anda. Hal ini menghilangkan risiko pecah dan menurunkan risiko stroke hemoragik. Namun, tidak selalu mungkin untuk mengangkat AVM jika terletak jauh di dalam otak, ukurannya besar, atau pengangkatannya akan menyebabkan terlalu banyak dampak pada fungsi otak.

  • Radiosurgery Stereotactic -  Dengan menggunakan beberapa sinar radiasi yang terfokus, radiosurgery stereotactic adalah perawatan invasif yang cukup canggih yang digunakan untuk memperbaiki malformasi pembuluh darah.



Berikut adalah beberapa informasi lebih mendalam yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam mengenal tentang penyakit stroke dan penyebabnya. Jika Anda sedang mencari dokter ahli bedah saraf yang Anda percaya dan sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam menangani pasien bedah saraf seperti Stroke, dokterjoy.id dapat menjadi solusi Anda.
 
Mardjono Tjahjadi, Sp.BS, PhD atau lebih dikenal sebagai ‘dokter Joy’ merupakan Dokter Spesialis Bedah Saraf yang memiliki jam terbang tinggi dalam melakukan operasi otak, terutama kasus tumor otak, perdarahan dan penyumbatan otak pada stroke, aneurisma otak, varises (AVM) otak, dan trigeminal neuralgia serta berbagai kasus sulit lainnya. dokterjoy.id merupakan tempat yang tepat dimana Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi & penanganan profesional dari dokter bedah saraf otak yang berpengalaman dan terpercaya di Jakarta, Indonesia.
 
 
 
 
 
Reference : Mayo Clinic

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon