Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Native & Cross-Platform Mobile App Development

10 Aug 2021 by Billy Gani
Saat ini, untuk menghadirkan pengalaman perangkat yang berkualitas untuk pengguna, merancang aplikasi native bukanlah satu-satunya pilihan. Jika Anda sudah memutuskan untuk membuat aplikasi perangkat yang tepat untuk bisnis atau perusahaan Anda, langkah selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah memilih antara native atau cross-platform untuk mobile apps Anda. Anda dapat memilih dari pengembangan native atau Anda dapat menggunakan alat cross-platform seperti react-native. Dalam artikel berikut ini, kami memberikan Anda beberapa informasi dalam menjelajahi kedua opsi agar dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
 
Native App Development
 
Pengembangan aplikasi native mengacu pada pembuatan aplikasi secara eksklusif untuk satu platform seperti Android atau iOS. Aplikasi ini dibuat menggunakan alat yang tersedia untuk platform tertentu, seperti bahasa pemrograman Java dan Kotlin untuk Android dan Objective C atau Swift untuk iOS.
 
Aplikasi yang dibuat secara native dikenal dengan kinerjanya yang sangat tinggi dan pengalaman pengguna yang berkualitas. Dalam aplikasi native, para developer memiliki akses dalam semua fitur perangkat. Hal ini memungkinkan mereka untuk menggunakan fungsionalitas yang kompleks dan canggih.
Mari kita lihat beberapa keunggulan dari pengembangan aplikasi perangkat berbasis Native :

  • Performa Yang Tinggi & Fungsionalitas Yang Luas

    Aplikasi native memberikan kinerja dan performa yang lebih tinggi karena berinteraksi langsung dengan kode dan sumber daya yang Anda miliki. Developer Anda juga memiliki akses pada setiap alat dan API yang disediakan oleh platform berbasis native ini. Fungsionalitas luas tersedia juga tentunya dapat diakses dengan aplikasi native ini.

  • Pengalaman Pengguna Yang Berkualitas

    Dengan kinerja dan fungsionalitas yang tinggi, aplikasi native menawarkan pengalaman pengguna yang tentunya berkualitas tinggi. Desainer dan developer juga  memiliki lebih banyak kebebasan berkreasi untuk membuat aplikasi terlihat lebih menarik dan berfungsi dengan lancar.

  • Skalabilitas & Fleksibilitas Yang Baik

    Aplikasi native senantiasa lebih terukur berkat lingkungan pengembangan yang fleksibel dan berbagai alat yang tersedia. Pada aplikasi berbasis native, antarmuka sepenuhnya dapat disesuaikan dengan platform Anda.

Tentunya, selain keuntungan yang dimiliki, ada juga kekurangan dari pengembangan aplikasi berbasis native ini, misalnya:
 
  • Biaya Yang Tinggi

    Pengembangan aplikasi berbasis native menjadi sangat mahal ketika Anda membangun nya untuk Android dan juga untuk iOS. Kedua platform ini memerlukan basis kode terpisah serta membutuhkan dua tim terpisah untuk setiap platform.

  • Waktu Pengembangan Yang Lebih Lama

    Pengembangan aplikasi berbasis native memakan waktu karena Anda tidak dapat menggunakan kode yang sama untuk platform yang berbeda. Oleh karena tentunya Anda membutuhkan tim yang berbeda untuk pengembangan aplikasi yang sama.

Cross-Platform App Development
 
Pengembangan aplikasi lintas platform (cross-platform) adalah proses pengembangan aplikasi yang dapat berjalan dalam beberapa sistem operasi seperti Android dan iOS. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan alat seperti React Native, Flutter, atau Xamarin. Kerangka kerja dari lintas platform ini menyesuaikan aplikasi dengan beberapa sistem operasi sehingga Anda tidak perlu membuat elemen yang berbeda untuk setiap platform.
 
Mari kita lihat beberapa keunggulan dari pengembangan aplikasi perangkat berbasis cross-platform :
 
  • Waktu Pengembangan Yang Lebih Singkat

    Dalam pengembangan aplikasi lintas platform, sebagian besar basis kode native dapat digunakan kembali untuk berbagai platform seperti android dan iOS. Hal ini dapat membantu developer untuk mengurangi waktu dalam membuat basis kode dan elemen UI yang berbeda.

  • Biaya Yang Lebih Murah

    Dalam pengembangan lintas platform, sebagian besar basis kode native digunakan untuk banyak platform sehingga membutuhkan satu tim yang dapat mengembangkan aplikasi untuk berbagai platform. Dan juga, biaya yang diperlukan untuk platform yang berbeda juga akan berkurang.

  • Jumlah Pengguna Yang Lebih Besar

    Dalam pengembangan aplikasi lintas platform, sebagian besar aplikasi yang berjalan di beberapa sistem operasi memberikan fungsionalitas yang lebih pada sejumlah besar penggunaan.

Tentunya, selain keuntungan yang dimiliki, ada juga kekurangan dari pengembangan aplikasi berbasis cross-platform  ini, misalnya:
 
  • Performa

    Ada kesenjangan yang cukup besar antara kinerja aplikasi native dan lintas platform. Karena kebutuhan akan lapisan abstraksi dan proses rendering, aplikasi lintas platform dimuat lebih lambat daripada aplikasi berbasis native. Hal ini menjadi kelemahan utama dari pengembangan aplikasi lintas platform.

  • Dukungan Akan Fitur Dari Basis Native

    Kerangka kerja pengembangan aplikasi lintas platform tidak mendukung semua fitur dan fungsionalitas platform native. Dan juga, dukungan dari layanan pihak ketiga terbatas dalam kerangka ini.

  • UX Yang Terbatas

    Aplikasi lintas platform tidak memberikan UX dan UI yang sama dengan aplikasi native. Dan juga, beberapa elemen dari basis native tidak tersedia pada aplikasi berbasis lintas platform.



Berikut adalah beberapa pemahaman tentang native & cross-platform mobile app development. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan mobile apps native atau cross-platform untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: DevTo

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon