Image

QUICK CONTACT













Image

Yuk Kenali Cara Menyimpan Produk Dari Olahan Susu Yang Baik!

05 Aug 2021 by Billy Gani
Susu kini senantiasa menjadi bahan yang tidak dapat lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda jika susu sapi dapat diolah menjadi berbagai macam produk? Selain menjadi bentuk susu seperti UHT dan susu sterilisasi, susu sapi juga dapat diolah menjadi yoghurt, keju, mentega hingga whipped cream
Selain itu, susu juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, sehingga cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Susu sapi segar maupun olahan memiliki risiko terkontaminasi dan tidak tahan lama jika produk tidak disimpan dengan baik. Maka dari itu, cara penyimpanan produk olahan susu sapi harus diperhatikan agar produk dapat bertahan lama dan tidak cepat basi.
 
Pada artikel kali ini kami mencoba untuk membantu Anda dalam mencegah hal tersebut. Yuk kita lihat beberapa tips untuk menyimpan beberapa produk olahan susu sapi yang benar :
 
Susu UHT

Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang diolah dengan pemanasan pada suhu tinggi (135-150℃) dan waktu singkat (2-3 detik). Susu UHT dapat disimpan selama 6-12 minggu, meskipun begitu, lebih baik segera konsumsi dan habiskan susu setelah kemasan dibuka.
 
Selain itu, langkah penyimpanan produk susu UHT antara lain:
  • Simpan di suhu ruang 25-27℃;
  • Pastikan ruang penyimpanan bebas dari binatang;
  • Hindari paparan sinar matahari langsung dan simpan di tempat kering.

Keju Cheddar
 
Keju Cheddar menjadi salah satu keju yang paling umum dan mudah ditemukan. Proses pembuatan keju cheddar menggunakan bakteri Lactococcus lactis yang akan memisahkan susu menjadi bagian curd dan whey. Masa simpan keju cheddar dapat berlangsung dari 2 hingga 4 bulan.
 
Cara penyimpanan keju cheddar lainnya yaitu:
  • Dapat disimpan di chiller;
  • Dapat disimpan di suhu ruang 25-27℃;
  • Simpan di tempat yang tertutup, misalnya dengan plastic wrap,

Cream Cheese 

Cream Cheese atau krim keju merupakan krim yang bertekstur lembut seperti mentega, berwarna putih dengan rasa yang gurih. Cream cheese terbuat dari susu sapi dengan kandungan lemak susu (33%), kadar air 55% dan pH asam 4,4 - 4,9. Cream cheese banyak digunakan pada pengolahan kue dan makanan pencuci mulut lainnya.
 
Langkah penyimpanan cream cheese yang baik antara lain:
 
  • Suhu penyimpanan berkisar antara 2-4℃;
  • Produk disimpan pada chiller dan tidak disarankan pada freezer;
  • Simpan produk sisa yang tidak terpakai dengan ditutup menggunakan plastic wrap maksimal 3 hari
  • Thawing (cairkan) produk terlebih dahulu sebelum digunakan pada suhu ruang 25-27℃ selama 1 jam

Whipped Cream

 
Whipped cream atau krim kocok merupakan produk olahan susu sapi dengan 30% lemak susu. Whipped cream banyak digunakan pada pengolahan kue. Cara menggunakan whipped cream yaitu dengan mengocok whipped cream dengan air es. Whipped cream dapat mudah meleleh pada suhu ruang. Maka, beberapa langkah penyimpanan whipped cream antara lain:
 
  • Simpan pada chiller dengan suhu 2-4℃;
  • Segera gunakan dan habiskan whipped cream setelah kemasan dibuka.Maksimal penyimpanan selama 3 hari dalam wadah tertutup setelah kemasan dibuka.




Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda pahami tentang bagaimana menyimpan produk olahan susu yang baik. Jika Anda sedang mencari produk susu dan olahan susu seperti butter atau cream cheese yang berkualitas untuk membuat makanan Anda menjadi lebih lezat, Dairy Diary hadir untuk Anda.
 
Dairy Diary (Anchor Food Professionals) merupakan distributor bahan baku kue di Indonesia yang menyediakan berbagai produk Anchor food professional berkualitas dan terbaik seperti mentega/ Anchor butter, cream cheese (krim), milk (susu), natural cheese dan processed cheese (keju) sebagai wujud persembahan dari PT Fonterra Brands Indonesia. Dairy Dairy merupakan salah satu bentuk komitmen Fonterra Indonesia dalam memajukan bisnis food service khususnya dalam bidang bahan baku kue & produk mentega di Indonesia.
 
 
 
 
 
Reference: Dairy Diary

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon