Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Berbagai Jenis Alat Berat Serta Fungsi & Cara Kerjanya 

04 Aug 2021 by Billy Gani
Berbagai pekerjaan dalam bidang konstruksi senantiasa membutuhkan alat berat sebagai alat penunjang kerja. Alat berat merupakan alat yang digunakan untuk membantu manusia melakukan pekerjaan pembangunan konstruksi struktur bangunan. Fungsi dari alat berat adalah untuk memudahkan pekerjaan seperti pengerjaan tanah, pemindahan bahan bangunan dan lain sebagainya. Dan tidak hanya pada bidang konstruksi saja, alat berat juga dapat digunakan pada bidang pertanian dan pertambangan.
Penggunaan alat berat diharapkan dapat mempersingkat waktu pembangunan untuk mencapai hasil yang sesuai dengan target. Jika penggunaan kurang sesuai, maka Anda dapat mengalami beberapa kerugian seperti rendahnya produksi, target tidak tercapai sesuai waktu dan kerugian biaya. Maka, penggunaan alat berat perlu disesuaikan dengan tujuan dan bidang industri yang sedang dikerjakan.
 
Berikut jenis-jenis alat berat yang banyak digunakan beserta spesifikasi, fungsi dan cara kerjanya :
 
Dozer
 
Dozer Kecil D1, D2, dan D3 Cat® baru | Cat | Caterpillar
 
 
Dozer adalah alat yang digunakan untuk pekerjaan tanah seperti membuka lahan, penggalian tanah atau membuat dan mendorong timbunan material. Terdapat beberapa jenis dozer yang ada berdasarkan jenis rodanya, yaitu Wheel Tractor Dozer (menggunakan roda karet) dan Crawler Tractor Dozer (menggunakan roda kelabang); serta jenis Swamp Bulldozer yang biasa digunakan untuk daerah rawa. Pada bagian depan alat terdapat pelat logam lebar dan tajam yang dapat digunakan untuk menggusur tanah.

Wheel Loader
 
Chinese OEM releases wheel loader in Australia | Industrial Vehicle  Technology International
 
 
Wheel loader merupakan alat yang hampir sama dengan dozer, namun memiliki kapasitas dan jarak tempuh yang lebih singkat. Alat ini biasa digunakan untuk memindahkan material dari satu tempat ke lainnya dalam jarak yang relatif pendek.
 
Excavator
 
Next Gen Cat excavator 'boosts operator efficiency up to 45 %' | Industrial  Vehicle Technology International
 
 
Merupakan alat yang memiliki banyak fungsi seperti menggali tanah, pemindahan material, mengangkat beban, menghancurkan bebatuan dan sebagainya. Pada bagian depan alat terdapat alat yang berbentuk seperti penggaruk yang digunakan untuk menjalankan fungsinya.


Terdapat beberapa jenis excavator berdasarkan jenis ban yang digunakan, seperti Crawler Excavator (roda kelabang)  dan Wheel Excavator (roda ban).
 
Tower Crane
 
Tower Crane - Pengertian, Jenis, Bagian, Cara Kerja [LENGKAP]
 
Tower crane merupakan alat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material ke permukaan yang lebih tinggi atau sebaliknya. Alat berat ini biasa terlihat pada pembangunan gedung bertingkat tinggi. Umumnya, tower crane bisa mengangkat beban hingga mencapai ketinggian 70 m dengan beban berat hingga 19 ton.


Pada bagian atas tower, terdapat tempat untuk operator yang bertugas mengoperasikan alat. Selain tower crane, terdapat beberapa jenis crane yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tempat, diantaranya yaitu: mobile crane, hydraulic crane, crawler crane dan overhead crane.
 
Grader
 
John Deere Adds Automation Features to GP Motor Graders | For Construction  Pros
 
Grader merupakan alat berat yang umumnya digunakan pada saat proses akhir konstruksi. Alat ini memiliki pisau panjang yang terletak di antara kedua ban depan yang digunakan untuk meratakan tanah dan permukaan yang diinginkan. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk penggusuran tanah, pencampuran tanah, meratakan tanggul dan sebagainya.



Nah, berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi yang dapat kami berikan seputar berbagai alat berat dan fungsi serta cara kerjanya. Jika Anda sedang mencari distributor atau tempat yang menjual dan menyewakan alat berat berkualitas dan profesional di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia.

THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon